Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Kamis, 14 Desember 2023

Peranan Protista Dalam Kehidupan

| Kamis, 14 Desember 2023
protista

Sahabat Pustaka Pengetahuan tentu pernah menikmati lezatnya es krim, agar-agar, dan es rumput laut. Jenis makanan tersebut merupakan salah satu contoh produk hasil olahan dari Protista. Protista tidak hanya bersifat menguntungkan, tapi ada beberapa anggota Protista bersifat parasit pada hewan dan manusia yang dapat menimbulkan penyakit. 

Berikut ini merupakan salah satu contoh Protista yang bersifat menguntungkan dan merugikan, antara lain :

Protista yang bersifat menguntungkan

olahan protista

Minyak  bumi  merupakan  salah  satu  sumber  daya  alam  yang memerlukan penghematan dalam penggunannya. Keberadaan minyak bumi dalam suatu lapisan batuan dapat dideteksi dengan ditemukannya Foraminifera. Sedangkan Radiolaria di dasar perairan akan membentuk tanah radiolarian. Tanah ini mengandung zat kersik yang dapat digunakan sebagai bahan penggosok. Entamoeba coli hidup dalam usus besar manusia  dan membantu proses pembusukan sisa-sisa makanan dan mensintesis vitamin K. 

Ganggang merupakan anggota Protista yang memberikan kon- tribusi, baik dalam penyediaan energi jaring-jaring makanan maupun dalam bidang industri. Pada ekosistem perairan, ganggang bertindak sebagai ļ¬toplankton yang dapat menghasilkan energi bagi organisme heterotrof karena kemampuannya untuk melakukan fotosintesis. Sedangkan dalam bidang industri, ganggang dapat dimanfaatkan sebagai bahan dalam industri es krim, agar-agar, kosmetik, bahan pembuatan dinamit, dan sebagai bahan penggosok. 

Dinding sel ganggang coklat (Phaeophyta) mengandung asam alginat yang dapat dimanfaatkan sebagai pengemulsi dalam industri es krim, sebagai obat-obatan, dan cat. Laminaria lavaniea mengandung kalsium, dapat dimanfaatkan sebagai pupuk pertanian dan makanan ternak.  Sedangkan  Laminaria  digitalis  dapat  dimanfaatkan  sebagai penghasil yodium, untuk obat penyakit gondok. 

Ganggang  merah  (Rhodophyta)  dapat  dimanfaatkan  sebagai bahan campuran dalam es, bahan kosmetika, bahan pembuatan agar- agar dan sebagai pemadat media pertumbuhan bakteri. Contoh spesies yang sering dimanfaatkan antara lain Gracilaria sp., Gellidium sp., dan Eucheuma spinosum.  

Ulva, Caulerpa dan Enteromorpha dapat dijadikan sebagai sumber makanan berupa sayur, sedangkan Chlorella dapat dijadikan sebagai sumber makanan alternatif bergizi tinggi. Tanah diatom merupakan deposit silika dari cangkang ganggang keemasan (Chrysophyta). Bahan ini dapat digunakan sebagai agen penyaring untuk menjernihkan cairan, sebagai ampelas, dan penggosok perak. Tanah diatom juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan isolasi, bahan pembuat dinamit, bahan pembuat saringan, dan bahan pasta gigi 

Protista yang bersifat merugikan

Toxoplasma gondii

Beberapa anggota Protozoa yang bersifat parasit sering menyebab- kan penyakit pada manusia dan hewan. Misalnya Entamoeba ginggivalis merupakan  Rhizopoda  parasit  dalam  tubuh  manusia.  Entamoeba ginggivalis menyebabkan kerusakan gigi dan gusi (penyakit ginggivitis), sedangkan Entamoeba hystolitica menyebabkan  desentri. 

Beberapa jenis Trypanosoma juga menyebabkan penyakit pada hewan  dan  manusia.  Organisme  tersebut  antara  lain  Trypanosoma gambiense   dan   Trypanosoma   rhodesiense,   menyebabkan   penyakit tidur pada manusia di benua Afrika. Hospes perantara Trypanosoma gambiense adalah lalat Tse tse jenis Glosina palpalis, sedangkan hospes perantara Trypanosoma rhodesiense adalah lalat Tse tse jenis Glosina morsitans. Trypanosoma evansi menyebabkan penyakit surra (malas) pada hewan ternak. Hospes perantaranya adalah lalat Tabanus. Contoh yang lain adalah Trychomonas vaginalis, menyebabkan penyakit pada alat kelamin wanita (keputihan) dan juga pada saluran kelamin pria. Trypanosoma  cruzi,  menyebabkan  penyakit  chagas  (anemia)  pada anak-anak. Trypanosoma brucei, menyebabkan penyakit nagana pada hewan ternak. Leismenia donovani, menyebabkan penyakit kala azar (leishmaniasis) pada manusia. Penyakit ini ditandai dengan gejala hati dan limpa membengkak, serta demam yang berkepanjangan. Hospes perantaranya adalah nyamuk Pholobotomus. 

Anggota  Sporozoa  yang  sering  menyebabkan  penyakit  adalah Plasmodium  dan  Toxoplasma.  Plasmodium  menyebabkan  penyakit malaria,   sedangkan   Toxoplasma   dapat   menyebabkan   penyakit toxoplasmosis yang menyerang manusia, kucing, babi, dan kambing. Toxoplasmosis dapat menyebabkan radang pada hati, paru-paru, otot, saraf pusat, dan keguguran. Toxoplasma masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan atau minuman yang tercemar kista Toxoplasma dan tidak dimasak secara sempurna dan dapat hidup bertahun-tahun dalam tubuh manusia. 

Protista menyerupai jamur yang sering menimbulkan masalah antara lain Saprolegnia yang bersifat parasit pada sisik dan insang ikan yang terluka dan Phytoptora infestans yang menyebabkan penyakit late blight pada kentang.

Demikianlah artikel yang berjudul Peranan Protista Dalam Kehidupan. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Pustaka Pengetahuan mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, jika membantu tugas sekolah silahkan klik Berbagai Reviews 

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm 

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel

Media sosial silahkan klik facebook


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar