Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Senin, 15 Agustus 2022

Busana Pesta

| Senin, 15 Agustus 2022
party dress


Pada acara - acara pesta tertentu, sering kali kita lihat orang - orang dengan menggunakan berbagai macam busana yang menarik melekat ditubuhnya. Bahkan busana - busana yang digunakan tersebut, berbeda - beda tergantung waktu pesta dimulai. Untuk lebih lanjutnya silahkan dipahami artikel di bawah ini.


Pengertian Busana Pesta

Busana merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi, berasal dari bahasa sansekerta yaitu “BHUSANA” yang dalam bahasa indonesia diartikan “PAKAIAN” namun pengertian busana dan pakaian ada sedikit perbedaan. Busana dalam pengertian luas adalah segala sesuatu yang dipakai dari kepala sampai ujung kaki yang memberi kenyamanan dan menampilkan keindahan bagi si pemakai. 

Busana pesta adalah busana yang digunakan pada kesempatan pesta, dimana busana tersebut dibagi menurut waktunya yaitu pagi, siang, malam (Prapti Karomah dan Sicilia S, 1998:8-9). Menurut Sri Widarwati (1993:70) busana pesta adalah busana yang dibuat dari bahan yang bagus dan hiasan yang menarik sehingga kelihatan istimewa.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan busana pesta adalah Busana yang dikenakan untuk kesempatan pesta dan dibuat lebih istimewa dari busana lainnya, baik dalam hal bahan, desain, hiasan, maupun teknik jahitannya.  Menurut Enny Zuhni Khayati (1998:3)busana pesta adalah busana yang dikenakan pada kesempatan pesta baik pagi hari, siang hari, dan malam hari. Sedangkan mnurut Chodiyah dan Wisri A. 2 Mamdy (1982:166) busana pesta adalah busana yang dikenakan pada kesempatan pesta, biasanya menggunakan bahan berkualitas tinggi dengan hiasan dan perlengkapan yang bagus dan lengkap sehingga kelihatan istimewa.


Fungsi Busana

Seseorang kelihatan lebih indah, dapat menutupi bagian – bagian badan yang kurangideal Jadi busana pesta memiliki fungsi utama, yaitu untuk memenuhi  kebutuhan keindahan, karena pesta sendiri merupakan kesempatan yang  istimewa, sehingga busana yang dikenakan untuk mengunjungi pesta pun harus istimewa dan tidak biasa. 

Pada umumnya, ada beberapa fungsi busana, antara lain : 

  • Memenuhi kebutuhan kesusilaan dan kebudayaan suatu bangsayang berkebudayaan dan menunjang tinggi kesusilaan, pasti menempatkan busana sebagai kebutuhan 
  • Memenuhi kebutuhan kesehatan busana, gunanya untuk melindungi badan dari udara dingin, panas, angin 
  • Memenuhi kebutuhan keindahan, yang artinya busana dapat membuat diri 

Jadi busana pesta adalah busana yang dikenakan pada kesempatan pesta baik pesta pagi, siang, sore maupun malam hari, dimana busana yang diekenakan lebih istimewa dibandingkan dengan busana sehari – hari, baik dari segi bahan, teknik jahit, desain, maupun hiasannya. 


Karakteristik Busana Pesta

Busana yang digunakan orang - orang pada acara pesta, tentunya memiliki perbedaan. Sebagaimana karakteristik busana pesta ada 4, diantaranya adalah : 

  1. Busana terlihat lebih mewah 
  2. Menggunakan bahan yang bagus dan berkualitas 
  3. Model busana memiliki bentuk yang lebih bervariasi 
  4. Menggunakan pelengkap busana untuk menambah kesan glamour, seperti payet, renda, dan lainnya.


Penggolongan Busana Pesta

Untuk membedakan busana - busana yang digunakan pada acara pesta, maka busana pesta dapat digolongkan, yaitu :

a. Busana pesta pagi 


penggolongan busana pesta


Busana pesta pagi atau siang adalah busana yang dikenakan pada kesempatan pesta antara pukul 09.00-15.00. Busana pesta ini terbuat daribahan yang bersifat halus, lembut, menyerap keringat dan tidakberkilau, sedangkan pemilihan warna sebaiknya dipilih warna yang lembut tidak terlalu gelap.


b. Untuk gaun pagi menuju siang 


busana pesta


Dengan ciri - ciri

  • Model berlengan
  • Warna lembut dan cerah
  • Panjang sesuai selera, diatas lutut atau di bawah lutut
  • Terbuat dari bahan yang halus dan lembut

c. Busana pesta sore 


busana pesta


Busana pesta sore adalah busana yang dikenakan pada kesempatan sore menjelang malam. Pemilihan bahan sebaiknya bertekstur agak lembut dengan warna bahan yang cerah atau warna yang agak gelap dan tidak mencolok. 

Untuk gaun sore menuju malam : 

  • Model berlengan atau tanpa lengan 
  • Leher terbuka 
  • Warna bahan yang menyala/gelap, dan berkilau 
  • Panjang sebaiknya dibawah lutut/Long Dress 

Untuk menentukan panjang gaun: 

~ Mini           : model pakaian yang mempunyai panjang rok 10 – 15 cm di atas lutut. 

~ Kini            : model pakaian yang mempunyai panjang rok sampai lutut. 

~ Midi            : model pakaian yang mempunyai panjang rok 10 – 15 cm di bawah lutut. 

~ Maxi           : model pakaian yang mempunyai panjang rok diatas pergelangan kaki. 

~ Long Dress : model pakaian yang mempunyai panjang rok sampai ke lantai atau sampai  tumit. 


d. Busana pesta malam


busana pesta


Busana pesta malam adalah busana yang dikenakan pada kesempatan pesta malam hari. Pemilihan bahan yaitu yang bertekstur lebih halus dan lembut. Mode busana kelihatan mewah atau berkesan glamour. Warna yang digunakan lebih mencolok, baik mode ataupun hiasannya lebih mewah. 


e. Busana pesta malam resmi 


busana pesta


Busana pesta malam resmi adalah busana yang dikenakan pada saat resmi, mode masih sederhana, biasanya berlengan tertutup sehingga kelihatan rapi dan sopan tetapi tetap terlihat mewah. 


f. Busana pesta malam gala 


busana pesta


Busana pesta malam gala adalah busana pesta yang dipakai pada malam hari untuk kesempatan pesta, dengan ciri-ciri mode terbuka, glamour, mewah. Misalnya : Backlees (punggung terbuka), busty look (dada terbuka), decolette look(leher terbuka) dan lain-lain. 


Jenis Gaun Pesta

Adapun beberapa jenis - jenis busana atau gaun pesta, antara lain :

1. Black Dress 


jenis busana pesta

Gaun ini merupakan busana dengan model sederhana, menggunakan warna hitam dan tidak terlalu banyak hiasan yng digunakan. 


2. A-line 


jenis busana pesta


Gaun pesta ini merupakan gaun pesta perpaduan dari straples dengan rok A line. Bagian rok dapat menggunkan petticoat atau tidak.


3. Gaun strapless 


jenis busana pesta


Gaun ini adalah gaun dengan model punggung terbuka yang dipadukan dengan rok dengan bermacam model rok yang digunakan. 


4. Shift 


jenis busana pesta


Model gaun ini merupakan gaun model yang sangat sederhana. Model busana tidak terlalu pas badan, model nya pun juga tidak terlalu rumit. 


5. Shaped Shift 


jenis busana pesta


Gaun ini merupakan model gaun dengan potongan lurus dengan desain yang tidak rumit dengan panjang knee legh dress atu mini dress.


Demikianlah yang dapat saya sampai tentang "Busana Pesta". Apabila ada kesalahan atau kekurangannnya, pustakapengetahuan.com mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan komentar yang sifatnya untuk membangun atau memperbaiki artikel ini untuk ke depannya. Terima kasih sudah mengunjungi pustakapengetahuan.com dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar