Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Minggu, 12 November 2023

Ruang Lingkup dan Peranan Biologi

| Minggu, 12 November 2023
peranan biologi

Sahabat Pustaka Pengetahuan, biologi sebagai ilmu memiliki ruang lingkup yang membatasi kajiannya. Dalam ruang lingkup tersebut meliputi objek biologi dan permasalahannya pada berbagai tingkat organisasi kehidupan. Oleh karena objek kajian yang begitu luas, maka biologi memiliki berbagai cabang yang lebih spesifik. Berbagai cabang tersebut biologi dapat diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan. 

1. Objek dan Permasalahan Biologi


objek dan permasalahan biologi

      Ilmu biologi mempelajari tentang makhluk hidup (organisme) yang setiap makhluk hidup tersusun atas sel. Ada berbagai makhluk hidup yang hanya terdiri atas satu sel (uniseluler), misalnya Amoeba. Dan ada pula makhluk hidup yang terdiri atas banyak sel (multiseluler), misalnya tumbuhan dan hewan. Di dalam organisme multiseluler, sel – sel yang sejenis berkumpul membentuk jaringan, kumpulan jaringan membentuk organ, dan organ - organ tersebut membentuk sistem organ, serta sistem organ menyusun organisme.

Sedangkan tubuh tumbuhan terdiri atas berbagai organ, yaitu akar, batang, dan daun. Pada tumbuhan yang dewasa akan terbentuk bunga serta biji. Adapun sebagai organ fotosintesis, daun disusun oleh berbagai jaringan, yaitu jaringan epidermis, jaringan tiang, jaringan bunga karang, jaringan pengangkut, dan jaringan epidermis. Masing-masing jaringan tersebut disusun oleh sel - sel. Jaringan tiang pada daun misalnya, disusun oleh kumpulan sel yang berbentuk seperti tiang. 

Satu unit organisme disebut individu, contohnya adalah satu pohon mangga, seekor burung dara, atau seorang anak. Individu-individu yang sejenis bila berkumpul pada tempat dan waktu tertentu akan membentuk populasi, contohnya adalah populasi pohon mangga, populasi burung dara, dan populasi anak. Kumpulan individu tersebut disebut populasi apabila berada pada tempat dan waktu yang sama. Beberapa populasi bila berkumpul pada waktu dan tempat yang sama akan membentuk komunitas. Apabila komunitas-komunitas  tersebut  berinteraksi  dengan  lingkungan,  maka akan membentuk ekosistem. Contoh ekosistem adalah ekosistem kolam, ekosistem sungai, ekosistem laut, ekosistem sawah, dan ekosistem hutan.  

Adapun variasi geografis seperti ketinggian di atas permukaan laut dan garis lintang menyebabkan daratan di bumi terbagi menjadi sejumlah zona habitat. Kumpulan dari berbagai komunitas pada setiap zona habitat disebut bioma. Dengan suatu bioma diberi nama berdasarkan tumbuhan yang dominan. Jika tumbuhan dominannya adalah rumput, maka dinamakan bioma padang rumput. Tumbuhan yang ada di bioma tersebut menentukan jenis hewan yang hidup di dalamnya. 

Dengan demikian, pada bioma padang rumput ada hewan yang akan kita temukan sebagian besar adalah hewan pemakan rumput (herbivora). Pada bumi terdapat 6 bioma yaitu bioma gurun, bioma padang rumput, bioma hutan hujan tropis, bioma hutan 4 musim, bioma taiga, dan bioma tundra. Tiga bioma yang disebut pertama adalah khas untuk daerah tropis, contoh yang ada di Indonesia adalah bioma hutan hujan tropis dan bioma padang rumput. Semua bioma yang ada di bumi atau semua zona kehidupan di bumi disebut biosfer (lapisan kehidupan). Biosfer meliputi semua lapisan kehidupan, dari dasar laut yang dalam sampai lapisan udara di mana masih terdapat kehidupan. Jadi, biologi mempelajari berbagai tingkat organisasi kehidupan.

Berbagai tingkat organisasi kehidupan memiliki permasalahan yang menarik untuk dipelajari. Jadi, biologi tidak hanya mempelajari sosok luar makhluk hidup, tetapi juga sampai tingkat sel atau biomolekul. Bahkan sisa-sisa makhluk hidup jutaan tahu yang lalu yang telah menjadi fosil pun tetap dipelajari. Fosil-fosil tersebut merupakan sumber informasi yang berharga. Dari fosil, kita dapat mengetahui gambaran bumi di masa lalu dan bagaimana kehidupannya.  

2. Cabang – Cabang Biologi 

Biologi sebagai ilmu memiliki ruang lingkup sangat luas karena menyangkut segala permasalahan makhluk hidup dan kehidupannya. Dalam upaya memperdalam berbagai objek dan permasalahan tersebut, para biolog membuat kajian - kajian khusus sehingga muncul berbagai cabang biologi. Dengan berkembangnya berbagai pendalaman ini, para ahli biologi dapat menanggapi berbagai masalah biologi dengan lebih baik. 

 Adapun cabang - cabang yang termasuk dalam biologi yang mempelajari kelompok - kelompok makhluk hidup (taksonomi) secara umum. Dengan masih banyak cabang biologi yang lainnya, secara lebih khusus dari cabang - cabang yang telah ada atau merupakan cabang yang baru. Contohnya adalah Briologi yang mem- pelajari tumbuhan lumut (bryophyta). Adapun Contoh lain adalah mikologi (mempelajari jamur), mammologi (mempelajari mamalia), dan etologi (mempelajari tingkah laku hewan). 

3. Manfaat dan Bahaya Biologi bagi Kehidupan

     Adapun pemanfaatan biologi dapat kalian lihat dalam berbagai bidang kehidupan. Misalnya di bidang pertanian, kehutanan, perkebunan, agrobisnis,  sosial,  kedokteran,  ekonomi,  pangan,  kesehatan,  obat- obatan (farmasi) dan banyak lagi yang lainnya. Dengan pemanfaatan biologi dalam bidang kehutanan, misalnya dalam peningkatan  daya  guna  hutan,  penelitian  di  bidang  agroforestri, maupun konservasi. Dalam berbagai bidang seperti : di bidang pertanian, biologi berperan dalam penemuan bibit unggul yang tahan hama, cepat panen, hasil panen tinggi, sehingga kebutuhan manusia akan pangan dapat terpenuhi. Dengan biologi pula manusia dapat mempelajari berbagai jenis hama dan penyakit tanaman serta bagaimana penularannya sehingga manusia dapat menemukan cara untuk mengatasinya.  

Dalam bidang gizi, contoh sumbangsih biologi adalah ditemukannya jenis-jenis makanan yang baik dan mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh. Dengan mengembangkan pengetahuan biologi, para ahli farmasi dapat mene mukan berbagai macam obat, vaksin, ataupun anti bakteri. Dengan demikian, kesehatan manusia dapat ditingkatkan dan dapat menurunkan angka kematian. Pemanfaatan biologi dalam kedokteran juga memberikan sumbangsih yang sangat mencengangkan, terutama dengan perkembangan di bidang bioteknologi. 

Adapun Sebagai contoh, penemuan  transplantasi  gen  dan  teknik  bayi  tabung  maupun  cloning membuat manusia kagum dan memiliki harapan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kehidupannya.Terjaganya kelestarian flora dan fauna adalah peran biologi dalam bidang konservasi. Pemanfaatan flora dan fauna secara arif dapat men jamin kelestarian sumber daya hayati. Akibatnya, manfaat yang kita peroleh dari keberadaan tumbuhan dan hewan tersebut bisa optimal sekaligus terjaga kelestariannya. Menjaga kelestarian flora berarti pula menjaga kelestarian sumber air di muka bumi ini manusia dapat menemukan cara untuk mengatasinya.  


Demikianlah artikel yang berjudul Ruang Lingkup dan Peranan Biologi. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Pustaka Pengetahuan mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, jika membantu tugas sekolah silahkan klik Berbagai Reviews

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel

Untuk belajar budidaya, silahkan Baraja Farm

Media sosial silahkan klik facebook.com

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar