Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Sabtu, 11 Mei 2024

Musik Modern Beserta, Fungsi, jenis - Jenis, Ciri - Ciri Dan Contoh

| Sabtu, 11 Mei 2024
jenis - jenis dan contoh musik


Sahabat Pustaka Pengetahuan, Musik modern berbeda dengan musik tradisional. Musik modern mempunyai ketentuan komposisi seperti tangga nada, notasi, instrumen musik dan lain sebagainya. Musik modern juga mempunyai sifat keterbukaan, oleh sebab itu, musik modern dapat terus mengalami perkembangan. Musik modern sifatnya universal dan menyeluruh menjadikan semua orang dapat saja mengerti, memahami, dan menikmati musik modern itu.


Pengertian Musik Modern.

Musik modern adalah jenis musik yang memperoleh suatu sentuhan instrumen dan teknologi. Yang tidak berasal dari musik masyarakat yang ada. Jenis musik ini hadir sesudah zaman musik klasik, dan selalu mengalami perkembangan sampai sekarang ini.

Secara umum pengertian musik modern adalah musik yang mendapatkan sentuhan dari instrument dan juga teknologi dan tidak terlahir dari musik masyarakat adat. Musik modern ini muncul setelah era musik klasik yang terus berkembang hingga saat ini. Definisi musik modern ini juga dipengaruhi oleh perkembangan dari teknologi dari bidang musik. Simak selengkapnya mengenai penjelasan musik modern berikut ini.

Musik modern menggunakan aturan dari komposisi seperti tangga nada, notasi dan juga dari bantuan instrument musik lainnya. Musik modern berbeda dengan musik tradisional dan perbedaan tersebut ada pada darimana musik tersebut berasal. Jika musik tradisional berasal dari musik adat dan masyarakat, sedangkan musik modern berasal dari perkembangan musik dan teknologi yang saling dipadukan yang bersifat terbuka dan akan terus berkembang.


Pengertian Musik Modern Menurut Para Ahli

Musik modern yang didasarkan pada pendapat para ahli ini dapat lebih memperjelas pemahaman kita secara umum. Berikut ini adalah pengertian musik modern menurut para ahli:

1. Camus : 1998.

Musik modern terlahir karena adanya budaya modern seperti band, marching band, orkestra simponi dan juga konser yang pada umumnya berorientasi pada kebudayaan populer.

2. Subiyakto : 2006.

Musik modern adalah musik yang sudah menggunakan instrument yang berkembang atau sudah terkena sentuhan dari teknologi.

3. Menurut Sylado.

Merupakan suatu wujud dari beberapa ilusi serta alunan suara. Alunan musik dan nadanya mampu untuk menggerakkan penikmatnya. Terlebih, dengan beberapa kumpulan ilusi yang di padukan pada musik berkualits.

4. Menurut Suhastjarja.

Perasaan indah dari manusia yang di bentuk dengan konsep pemikiran terbaik. Mengandung sebuah ritme serta harmoni dan mampu untuk memberikan nuansa kepada orang lain. Terutama, pada ruang lingkung musik yang di gemari.


Ciri - Ciri Musik Modern.

Dalam musik modern, terdapat ciri-ciri yang menjadi pembeda dengan jenis musik lain. Berikut ini ciri dari musik modern, yaitu:
  • Menggunakan lirik dengan bahasa nasional
  • Sentuhan teknologi modern mempengaruhi musiknya
  • Seringkali jenis musik ini dipasarkan (dijual kepada publik untuk memperoleh keuntungan/uang)
  • Tempo yang ada pada musik modern cenderung lebih cepat dan kencang
  • Musiknya diiringi dengan alat musik modern
  • Gaya musik modern cenderung mengarah bebas dan tidak terikat oleh satu aturan tertentu
  • Musik modern seringkali dipengaruhi oleh kebudayaan barat/luar
  • Pada umumnya dibuat dengan tangga nada tujuh nada (nada diantonis)
  • Identitas pencipta dan penulis lagu diketahui (bukan anonim)
  • Kadang-kadang musik modern terpengaruhi oleh trend yang tengah berkembang di kalangan masyarakat
  • Bersifat tidak tahan lama dan hanya populer dalam jangka waktu tertentu
  • Tema yang diangkat pada musik modern cenderung luas atau bervariasi


Fungsi Musik Modern.

Musik modern memiliki fungsi tertentu yang melatarbelakangi munculnya jenis musik modern. Selain fungsi utamanya untuk hiburan atau mengekspresikan diri, terdapat juga fungsi dari berbagai bidang. Berikut ini adalah beberapa fungsi musik modern selengkapnya:

1. Sebagai Media Hiburan.

Fungsi dari musik modern yang pertama ini sebagai media hiburan. Fungsi hiburan ini mengharuskan musik dan lagu-lagu modern saling seiring berirama untuk dinikmati oleh para pendengarnya. Banyak lagu-lagu yang bagus dan enak untuk didengar dan membuat siapa saja yang mendengarnya menjadi terhibur. Musik ini biasa kita dapati ketika ada acara pertemuan atau pernikahan.

2. Sebagai Media Promosi.

Fungsi musik modern yang kedua yaitu sebagai media promosi melalui lirik lagu atau penggunaan musik dengan sebuah tema yang disesuaikan dengan objek yang akan dipromosikan oleh pemusik itu sendiri.

3. Sebagai Media Pertunjukan.

Sebagai media pertunjukan, fungsi ini dapat dijadikan sebagai media pertunjukan seperti konser-konser musik yang ada di era modern dan banyak dihadiri oleh penikmat musik. Pertunjukan musik secara langsung memang bisa menjadi daya tarik untuk masyarakat terutama untuk musik – musik yang popular dan mudah diterima disemua kalangan masyarakat.

4. Sebagai Media Ekonomi.

Fungsi musik modern sebagai media ekonomi dimaksudkan dengan mengkormesialisasi musik yang ada tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan menjual rekaman atau juga mengadakan sebuah pertunjukan yang dibuka untuk umum dan bagi siapa saja yang ingin menonton perunjukkan tersebut diharuskan untuk membeli tiket masuk.

5. Sebagai Media Pendidikan.

Fungsi musik modern yang terakhir ini bisa digunakan sebagai media pendidikan. Dalam dunia pendidikan, musik modern ini bisa dijadikan sebagai medianya agar ilmu yang ada dari suatu pendidikan tersebut bisa tersalurkan dengan mudah. Seperti pelajaran listening bahasa inggris lebih mengasikkan jika mendengarkan musik bahasa inggris.


Jenis - Jenis Musik Modern.

Jika tadi sudah mengetahui mengenai pengertian-pengertian dan fungsi dari musik modern. Maka kali ini akan dijelaskan mengenai apa saja yang termasuk ke dalam jenis musik modern. Berikut adalah jenis-jenis dari musik modern yang ada:

1. Musik Pop
Pop yaitu jenis musik modern yang populer dan banyak dinyanyikan oleh masyarakat luas. Kata pop sendiri diambil dari singkatan kata Populer. Contoh penyanyi musik pop yang terkenal seperti Michael Jackson, Madonna, dan Adele.

2. Musik Rock
Rock yaitu genre musik yang akarnya berasal dari R&B dan Country dari tahun 40an dan 50an. Contoh dari band rock yang terkenal seperti The Beatles, Led Zeppelin, dan The Rolling Stones.

3. Musik Jazz
Jazz yaitu genre musik yang berasal dari kawasan New Orleans, Amerika Serikat dan berasal dari kalangan warga Afrika-Amerika. Musik Jazz sendiri dikembangkan dari genre musik Blues dan Ragtime. Contoh penyanyi jazz terkenal seperti Miles Davis, Charlie Parker dan Duke Ellington.

4. Musik Hip Hop
Hip hop yaitu jenis musik yang teknik bernyanyinya dilakukan dengan cepat dan tidak lepas dari teknik musik rap, teknik beatbox, musik DJ, tarian breakdance, dan juga tulisan graffiti. Contoh dari penyanyi hip hop yang terkenal seperti Jay-Z, Eminem dan Kanye West.

5. Musik R&B
Musik R&B ini yaitu musik yang menggabungkan aliran musik jazz, gospel, dan juga blues. Contoh penyanyinya yang terkenal seperti Mariah Carey, Usher dan Beyonce.

6. Musik Country
Musik country ini berkembang dari musik gospel dan juga musik lagu rakyat Amerika yang sudah ada sejak tahun 1920-an.

7. Musik Blues
Blues yaitu musik dari perkembangan aliran musik folk dan musik tradisional afrika. Contoh penyanyi blues terkenal yaitu B.B. King, Robert Johnson, dan Muddy Waters.

8. Musik Gambus
Gambus adalah alat musik petik seperti mandolin yang berasal dari Timur Tengah. Paling sedikit gambus dipasangi 3 senar sampai paling banyak 12 senar. Gambus dimainkan sambil diiringi gendang. Sebuah orkes memakai alat musik utama berupa gambus dinamakan orkes gambus atau disebut gambus saja.

9. Musik Reggae
Reggae yaitu aliran musik modern yang berasal dari Jamaika di akhir tahun 60an. Contoh penyanyi reggae terkenal yaitu Bob Marley, Peter Tosh, dan Jimmy Cliff.


Alat Musik Modern.


musik modern


Adapun alat-alat musik modern antara lain:
  • Gitar akustik atapun gitar elektrik
  • Keyboard
  • Piano
  • Biola
  • Organ
  • Saxophone
  • Harmonika
  • Terompet
  • Seruling
  • Drum


Contoh Musik Modern.


musik modern


Beberapa contoh dari musik modern, antara lain:
  • Electronic Dance Music (EDM)
  • Hip-Hop, Rap
  • Marching Band
  • Opera
  • Anime Music
  • K-Pop
  • Jazz
  • Blues
  • R&B, Soul
  • Reggae
  • Rock
  • Musik Pop


Demikianlah artikel dari pustakapengetahuan.com mengenai "Musik Modern Beserta, Fungsi, jenis - Jenis, Ciri - Ciri Dan Contoh . Cara Menentukan Letak Gagasan Utama ". Jika ada kesalahan kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar yang berguna bagi perbaikan artikel ini selanjutnya. Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar