Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Senin, 20 November 2023

Macam - Macam Virus Dan Cara Pencegahan Terhadap Virus

| Senin, 20 November 2023
macam - macam virus

Sahabat Pustaka Pengetahuan, perlu diketahui bahwa virus dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal. Dalam memaparkan pengelompokan virus berdasarkan asam nukleatnya. Kemudian setelah itu, kita akan menyimak pula tentang peranan virus dalam kehidupan

Macam - Macam Virus Berdasarkan Asam Nukleat

Berdasarkan asam nukleatnya, virus dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu virus ADN dan virus ARN. Virus AND adalah virus yang asam nukleatnya berupa ADN sedangkan virus ARN adalah virus yang asam nukleatnya berupa ARN.

1). Adenovirus    

Adenovirus merupakan kelompok virus ADN penyakit yang disebabkan yakni Menginfeksi alat digesti (usus), alat respirasi, konjungtiva, tumor pada manusia

2). Herpes simplex virus 

Herpes simplex virus adalah kelompok virus ADN yang menyebabkan penyakit yakni infeksi pada mulut, alat kelamin manusia, dan tumor rahim pada manusia, kutil pada manusia dan kanker pada hewan, penyakit polio, campak jerman (rubella).

3). Papavovirus 

Papavovirus kelompok Virus ADN yang menyebabkan penyakit yaitu Pneumonia atibical, penyakit gondong dan campak

4). Poliovirus 

Poliovirus merupakan kelompok virus AND yang menyebabkan penyakit pilek (flu)

5). Virus Rubella 

Virus Rubella merupakan kelompok virus AND yang menyebabkan penyakit campak, cacar

6). Orthomycovirus 

Orthomycovirus kelompok virus ARN yang menyebabkan penyakit influenza

7). Hepatitis 

Hepatitis merupakan kelompok virus ARN yang menyebabkan penyakit Hepatitis

8). Paramyxovirus 

Paramyxovirus merupakan kelopok virus ARN yang menyebabkan NCD (tetelo pada ayam)

9). Picornavirus 

Picornavirus merupakan kelompok virus ARN yang menyebabkan penyakit Infeksi perut, poliomyelitis, dan Hepatitis A

10). Rhabdovirus 

Rhabdovirus merupakan kelompok virus ARN yang menyebabkan penyakit rabies

11). Reovirus 

Reovirus merupakan kelompok virus ARN yang menyebabkan penyakit muntah dan diare

12). Retrovirus 

Retrovirus merupakan kelompok virus ARN yang menyebabkan penyakit tumor kelenjar susu, leukemia, AIDS, dan sarcoma pada ayam

13). Togo virus (Flavivirus) 

Togo virus merupakan kelompok virus ARN yang menyebabkan penyakit demam berdarah dan demam kuning

14). Tobacco Mosaic Virus (TMV) 

Tobacco Mosaic Virus (TMV) merupakan kelompok virus ARN yang menyebakan penyakit mosaic pada daun tembakau

15). Myxovirus

Myxovirus merupakan kelompok virus ARN yang menyebabkan penyakit influenza

Peranan Virus Dalam Kehidupan

Dalam kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan virus dapat merugikan dan menguntungkan. Pada umumnya virus merugikan tubuh makhluk hidup yang menjadi inangnya. Virus bisa merugikan karena menimbulkan penyakit baik pada manusia, hewan, maupun tumbuhan. Tetapi ternyata ada juga virus yang menguntungkan, terutama bagi ma- nusia. Berikut akan diberikan contoh jenis-jenis virus tersebut. 

a. Virus yang merugikan tubuh manusia  

Berikut ini adalah beberapa contoh virus yang merugikan manusia, antara lain : 

1).  HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Human Immunodeficiency Virus (HIV)

Virus  ini  menyebabkan  penyakit  AIDS  (Acquired  Immune Deficiency Syndrome), menyerang sel-sel darah putih limfosit T. Gejala penyakitnya adalah seperti gabungan gejala beberapa jenis penyakit karena menurunnya sistem kekebalan tubuh. 

2).  Virus ebola (ebola virus).

virus

Virus ini menyebabkan penyakit ebola yang mematikan. Virus ini menyerang sel-sel pertahanan tubuh. Gejalanya adalah demam yang disertai pendarahan. 

3).  Virus hepatitis (Hepatitis virus).

hepatitis virus

Virus ini menyebabkan penyakit hepatisis B. Virus ini menyerang sel-sel hati, sehingga perut penderita membesar dan tubuhnya berwarna kuning.  

4).  Measles virus 

Measles virus menyebabkan penyakit cacar. Virus ini menyerang sel kulit dan menimbulkan gejala awal seperti demam, pilek, kemudian  muncul  luka  cacar,  yang  dimulai  dari  wajah  dan akhirnya keseluruhan tubuh. 

5).  Herpes Simplex virus.

herpes simplex virus

Virus ini menyebabkan penyakit herpes. Virus ini menyerang membran mukus (lendir) pada mulut, alat kelamin, dan kulit. Gejala penyakitnya adalah kulit memerah dan muncul bintil- bintil seperti luka melepuh. 

6).  Human Papilomavirus 

Virus ini menyebabkan penyakit kutil pada manusia. Virus ini menyerang sel-sel kulit dan dapat menyebabkan kanker. Gejalanya adalah munculnya benjolan kulit. 

7).  Adeno virus 

Virus  ini  menyebabkan  gangguan  pada  sistem  respirasi  dan menyebabkan tumor rahim pada wanita. Gejala serangan virus ini adalah perut sakit seperti menstruasi dan timbul benjolan di dalam rahim (perut). 

8).  Mumps virus 

Virus ini menyebabkan penyakit gondong atau parotitis. Virus ini menyerang kelenjar parotis, sehingga menimbulkan bengkak atau radang pada rahang.  

9).  Orthomycovirus.

Orthomycovirus

Orthomycovirus  menyebabkan  penyakit  influenza. Gejalanya panas tubuh tinggi, sesak nafas, keluar lendir pada rongga hidung, nafsu makan berkurang, pusing kepala, batuk, dan demam. 

10). Rabiez virus (Virus rabies).

rabies virus

Virus rabies menyerang sistem syaraf pada hewan atau manusia. Penyakit ini disebut penyakit anjing gila. Penyakit ini ditularkan pada manusia lewat gigitan hewan anjing, kucing, atau kera yang menderita rabies.Vaksin rabies pertama kali ditemukan oleh Louis Pasteur. 

11). Poliomyelitis (Virus polio).

Poliomyelitis

Virus ini menyerang sistem syaraf, yaitu pada sistem alat gerak anak balita, sehingga menyebabkan kelumpuhan pada anggota gerak  bagian  bawah  (kaki).  Penyakit  polio  ini  dapat  dicegah dengan pemberian vaksin polio. Vaksin polio ditemukan pertama kali oleh Jonas Salk. 

b. Virus yang merugikan tubuh hewan 

Berikut ini adalah berbagai jenis virus juga dapat menimbulkan penyakit pada hewan, antara lain : 

1). Paramyxovirus 

Virus  ini  menyebabkan  penyakit  NCD  (New  Castle  Desease), menyerang sistem syaraf pada unggas (misal: ayam). Penyakit ini sering disebut penyakit tetelo atau parrot fever. Gejala penyakitnya mencret dan batuk-batuk. 

2). Foot and Mouth Desease 

Virus ini menyebabkan penyakit pada kuku dan mulut, menyerang hewan ternak, seperti sapi, kuda, kerbau, domba, biri-biri, dan keledai. 

3). Rhabdo virus 

Virus ini menyerang sistem syaraf pada hewan (anjing, kucing, kera), menyebabkan penyakit rabies. Penyakit ini dapat menular ke manusia melalui gigitan hewan yang telah menderita penyakit rabies. 

4). Rous Sarcoma Virus (RSV) 

Virus ini menyebabkan penyakit tumor pada ayam. 

5). Bovine Papilo virus 

Virus ini menyebabkan penyakit tumor pada sapi. 

c. Virus yang merugikan tanaman 

Berikut ini merupakan contoh virus yang dapat merugikan tanaman adalah virus Mosaik Tembakau, virus Tungro, dan virus CVPD. Berikut penjelasannya.

1)   Virus Mosaik Tembakau (Tobacco Mosaic Virus, TMV) 

Virus ini menyebabkan penyakit mosaik pada daun tembakau. Gejalanya  adalah  timbulnya  bercak-bercak  berwarna  kuning pada daun tembakau, sehingga menghambat pertumbuhan daun tembakau. 

2). Virus Tungro 

Virus ini menyerang batang dan akar padi, sehingga tumbuhan padi menjadi kerdil (pertumbuhan yang tidak normal). Virus ini ditularkan melalui serangga yaitu wereng coklat dan wereng hijau. 

3). Virus CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration) 

Virus ini menyebabkan penyakit degenerasi (penyakit tumor) pada batang  dan daun jeruk. Virus ini menyerang sistem pembuluh pengangkut floem pada tanaman jeruk. 

d. Virus yang menguntungkan 

Di antara manfaat penting virus adalah virus berperan sebagai vektor  pada  bidang  rekayasa  genetika.  Virus dimanfaatkan dalam kloning gen, yaitu produksi ADN yang identik secara genetis, untuk dimanfaatkan bagi kepentingan manusia. Beberapa contoh jenis virus ini adalah: 

  • Virus yang digunakan untuk membuat hormon insulin, untuk menyembuhkan penyakit gula (diabetes melitus). Hal ini meru- pakan rekayasa yang berguna di bidang kedokteran. 
  • Virus yang bermanfaat untuk mengendalikan serangga yang dapat merusak tubuh tanaman. Sehingga bisa digunakan untuk mem- basmi hama dalam bidang pertanian. 
  • Virus untuk terapi gen. Terapi gen adalah upaya penyembuhan suatu penyakit keturunan yang disebabkan oleh pewarisan gen.   

Pencegahan Terhadap Virus

Adapun tindakan pencegahan terhadap serangan virus bisa dilakukan baik secara kuratif maupun secara preventif. Tindakan preventif adalah dengan memberikan suntikan vaksin, disebut vaksinasi. Vaksin adalah suatu zat yang mengandung mikroorganisme patogen (penyebab pe- nyakit) yang sudah  dilemahkan.  

Dengan pemberian  vaksin  tersebut  dapat memberikan kekebalan secara aktif. Sedangkan tindakan kuratif adalah dengan memberikan obat pada penderita penyakit yang disebabkan oleh virus. Jadi, tindakan ini diambil setelah terjadi serangan virus. Saat ini telah ditemukan berbagai macam vaksin untuk mencegah penyakit akibat virus. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut: 

  • Vaksin cacar, digunakan untuk mencegah penyakit cacar. 
  • Vaksin polio, digunakan untuk mencegah penyakit polio. 
  • Vaksin campak, digunakan untuk mencegah penyakit campak. 
  • Vaksin hepatitis (A,B,C), digunakan untuk mencegah penyakit hepatitis. 
  • Vaksin rabies, digunakan untuk mencegah penyakit rabies. 
  • Vaksin influenza, digunakan untuk mencegah penyakit influenza. 
  • Sampai di sini, pembahasan kita tentang virus sudah selesai.


Itulah artikel yang berjudul Kebudayaan Dan Teknologi Masa Praaksara. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Pustaka Pengetahuan mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, jika membantu tugas sekolah silahkan klik Berbagai Reviews

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel

Media sosial silahkan klik facebook.com

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar