Kamis, 17 Agustus 2023

Pengertian Membran Sel Beserta Fungsi

| Kamis, 17 Agustus 2023
 
Membran sel atau membran plasma merupakan sebuah struktur selaput tipis yang menyelubungi sebuah sel. Selaput tersebut akan membatasi keberadaan sebuah sel. Selain itu, akan memelihara perbedaan pokok antara isi sel dan lingkungannya. Akan tetapi, membran sel itu tidak sekadar sebuah penyekat pasif saja.


membran sel


Pengertian Membran Sel.

Membran sel atau membran plasma adalah membran semipermeabel pada sebuah sel yang mengelilingi dan membungkus isi sitoplasma dan nukleoplasma yang memisahkan sel dari cairan interstitial (komponen utama dari cairan ekstraseluler di sekitarnya. Pembentukan membran sel dilakukan dengan bahan dasar berupa lipoprotein yang dibentuk oleh lemak dan protein. 

Membran plasma terdiri atas lipida dwilapis, termasuk koleterol (komponen lipid) yang berada di antara fosfolipid untuk mempertahankan fluiditasnya pada berbagai suhu. Membran sel juga mengandung protein membran, termasuk protein integral yang melintasi membran (berfungsi sebagai transporter membran) dan protein perifer yang secara longgar menempel pada sisi luar (perifer) membran sel, yang bertindak sebagai enzim yang membentuk sel. 

Melainkan sebuah filter yang mempunyai kemampuan untuk memilih. Memilih bahan-bahan yang melintas dengan tetap memelihara perbedaan kadar ion dari luar dan dari dalam sel. Bahan-bahan yang dibutuhkan oleh sel bisa masuk. Sedangkan bahan-bahan yang termasuk limbah sel dapat keluar melintasi sel.

Fungsi Membran Plasma

Membran plasma atau membran sel memiliki peran penting pada makhluk hidup, berikut ini adalah fungsi - fungsi dari membran plasma :

1. Melindungi sel

Membran sel akan melindungi keutuhan bagian dalam pada sel. Caranya adalah dengan membiarkan zat tertentu masuk ke dalam sel tersebut. Membran sel akan menjadi sebuah penghalang dan menjaga unsur - unsur sel yang akan masuk serta zat - zat lain yang akan keluar.

2. Menyelubungi sel

Membran sel akan memberikan batas sekaligus menyelubungi suatu ruangan yang disebut kopertemen. Seluruh isi sel akan diselubungi oleh membran sel. Membran sel yang bertugas untuk membatasi nukleus dan ruang - ruang di dalam sitoplasma sehingga membran sel sebagai penghalang yang tangguh. Melalui adanya membran sel, akan memungkinkan beberapa zat terlarut lewat dan tetap menghalangi yang lain.

3. Interaksi antar sel

Membran sel akan mengatur interaksi antara satu sel dengan sel lainnya yang terjadi pada organisme yang memiliki banyak sel. Hal tersebut terjadi dengan tidak memandang apakah sel sudah dipakai pada tempat - tempat tertentu, seperti dari sebuah jaringan.

4. Mengatur pertumbuhan sel

Fungsi selanjutnya dari membran sel adalah sebagai pengatur pertumbuhan sel. Pengaturan ini dilakukan melalui keseimbangan antara endositosis dan eksositosis. Di dalam endositosis, lipid dan protein akan dikeluarkan dari membran sel. Hal ini terjadi ketika zat diinternalisasi. Sementara pada eksositosis, vesikel yang memiliki kandungan protein dan lipid akan menyatu. Hal itu terjadi dengan membran sel yang meningkatkan ukuran selnya.

5. Transfer Informasi

Membran sel juga memiliki peran dalam mentransfer informasi antara sel satu dengan sel lainnya. Di dalam membran, terdapat sebuah reseptor.

6. Sebagai perantara zat

Zat terlarut yang ingin keluar akan diperantarai oleh membran sel. Hal inilah yang membuat membran sel memiliki fungsi sebagai perantara. Kemampuan dari membran plasma meluluskan substansi tertentu supaya dapat masuk ke dalam sel, atau keluar dari sel. Akan tetapi, akan membatasi pergerakan substansi tertentu yang disebut permeabilitas selektif. Sebuah membran dikatakan permeabel terhadap sebuah substansi tersebut.

7. Pembawa reseptor

Membran plasma akan membawa reseptor, yang termasuk tempat pelekatan untuk zat - zat tertentu yang telah berinteraksi dengan sel. Setiap reseptor disusun untuk mengikat zat - zat tertentu. Contohnya seperti reseptor permukaan membran yang membuat suatu perubahan pada bagian dalam. Seperti enzim yang terdapat pada jalur metabolisme. Jalur metabolisme ini memiliki peran penting untuk menyediakan energi bagi sel dan membuat zat khusus bagi sel. Selain itu, dapat juga memecah limbah seluler atau racun yang harus dibuang.

8. Penyediaan Enzim

Dalam membrane juga terdapat sistem enzim, sistem enzim tersebut dinamakan adenilsiklase. Adenilsiklase berada pada hampir seluruh jaringan mamalia, kecuali pada sel darah merah. Aktivasi terhadap adenilsiklase akan menimbulkan perubahan ATP menjadi adenosin monosofastat siklik atau cAMP yang ada di dalam sel.

9. Tempat berlangsung reaksi kimia

Membran sel berfungsi sebagai tempat berlangsungnya reaksi kimia. Reaksi kimia tersebut terjadi di dalam sel yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini dikarenakan beberapa reaksi kimia diantaranya terjadi di dalam bagian membran sel.

10. Mencegah bakteri dan virus

Membran sel memiliki berfungsi untuk menjaga komponen - komponen sel supaya tetap terisolasi dari lingkungan luar. Komponen intraseluler dari lingkungan ekstraseluler yang sudah terpisah dari fungsi membran sel sudah membuat berbagai ancaman.


Demikianlah artikel yang berjudul Memahami Pengertian Membran Sel Beserta Fungsi. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Pustaka Pengetahuan mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, dapat membantu tugas sekolah klik Berbagai Reviews

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel

Media sosial silahkan klik facebook

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar