Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Sabtu, 19 Agustus 2023

Perwujudan Nilai - Nilai Pancasila

| Sabtu, 19 Agustus 2023

Pancasila sebagai ideologi bangsa merupakan dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Nilai - nilai yang terkandung dalam Pancasila dijadikan sebagai landasan pokok atau fundamental bagi penyelenggaraan pemerintahan di negara Indonesia. Namun kita sebagai warga negara Indonesia, terkadang lupa dan hanya menganggap Pancasila sebagai simbolis saja. Pancasila berperan sebagai arah dan juga pandangan hidup bangsa. Oleh karena itu, kita sebagai bangsa Indonesia harus mewujudkan Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan antara lain :

Perwujudan nilai Pancasila dalam bidang politik dan hukum

pemilu

Dalam perkembangan dibidang politik antara lain meliputi persoalan Lembaga negara, hak asasi manusia, demokrasi, dan hukum. Pengembangan Lembaga negara dapat berdasarkan pada Lembaga yang sudah ada dalam masyarakat, menciptakan Lembaga baru, atau mencontoh Lembaga negara dari negara lain. Negara Indonesia memiliki lembaga negara MPR, DPR, DPD, Presiden, MA, MK, KY, dan BPK sebagai sesuatu yang baru dalam system pemerintahan Indonesia. Lembaga negara ini harus sesuai dengan sistem pemerintahan yang berdasarkan nilai - nilai Pancasila. Dalam hal hak asasi manusia, demokrasi dan penerapan hukum di Indonesia, Pancasila merupakan standar yang harus jadi patokan dalam melaksanakannya.

Pada sila keempat dan kelima sangatlah berperan dalam aspek politik serta hukum. Segalanya termasuk pemilihan wakil rakyat harus dilaksanakan secara demokratis. Dari segi hukum, seluruh rakyat Indonesia berhak mendapatkan kesempatan dan juga keadilan yang sama. Tidak boleh ada diskriminasi apa pun dalam pelaksanaannya. Salah satu contoh perwujudan nilai nilai Pancasila dibidang politik, yaitu pemilihan Presiden dan wakil Presiden dengan surat suara.

Perwujudan nila Pancasila dalam bidang ekonomi

ekonomi

Dalam perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi, dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional. Negara Indonesia memiliki sistem perekonomian yang dikembangkan dan dijiwai oleh nilai - nilai Pancasila. Landasan operasional system ekonomi yang berdasarkan nilai - nilai Pancasila ditegaskan dalam UUD NRI tahun 1945 Pasal 33. Salah satu contoh perwujudan nilai - nilai Pancasila dibidang Ekonomi adalah koperasi sekolah. Perekonomian yang baik tidak hanya menguntungkan satu pihak saja, namun juga harus memerhatikan keadilan terhadap pihak-pihak lainnya.

Perwujudan nilai Pancasila dibidang sosial budaya

sosial budaya

Dalam Pancasila ada nilai - nilai kesopanan, musyawarah, gotong royong dan nilai luhur lainnya masih terus dipegang oleh warga negara Indonesia. Sehingga derasnya budaya barat atau westernisasi tidak membuat orang Indonesia lupa pada Pancasila. Sikap feodal dan paham kedaerahan yang sempit serta budaya asing yang bertentang dengan nilai-nilai Pancasila harus dicegah perkembangannya di Indonesia.

Sehingga sistem nilai sosial yang ada dalam masyarakat Indonesia terus dikembangkan agar lebih maju dan modern. Oleh karena itu, proses modernisasi perlu terus dikembangkan. Berikut ini adalah salah satu contoh perwujudan nilai nilai Pancasila dibidang sosial buaya, yaitu melestarikan budaya daerah, seperti tarian daerah agar terus berkembang. 

Perwujudan nilai Pancasila dalam bidang beragama

bidang agama

Dalam sila pertama berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Bahwa negara Indonesia yang menjamin kebebasan beragama lewat Undang - Undang Dasar 1945 Pasal 29. Artinya, setiap warga negara Indonesia berhak memeluk dan meyakini kepercayaan yang dianut tanpa perlu diusik dan diganggu. Sebagai warga negara Indonesia, kita juga harus menjunjung tinggi nilai - nilai toleransi dalam kehidupan beragama. Jangan sampai kita merasa paling benar hingga justru menyalahkan orang lain yang agamanya berbeda dengan kita.     

Perwujudan nilai Pancasila dibidang Pertahanan dan Keamanan

pertahanan dan keamanan

Pembangunan bidang pertahanan dan keamanan secara tegas dinyatakan dalam UUD NRI tahun 1945 Pasal 27 Ayat 3 yang menegaskan bahwa pembelaan negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara. Salah satu contoh perwujudan nilai nilai Pancasila dibidang Pertahanan dan Keamanan adalah dengan membela negara dari segala bentuk ancaman.

Dalam pasal 27 ayat (3) Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menegaskan bahwa pembelaan negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara. Dalam pasal 30 ayat (1) Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 juga menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Oleh sebab itu, sebagai warga negara yang baik kita harus rela berjuang dan mempertahankan kemerdekaan NKRI. Dalam perjuangan tidak hanya lewat senjata, namun juga dengan pemikiran - pemikiran kritis para cendekiawan bangsa yang dimulai sejak dini.


Demikianlah artikel yang berjudul "Perwujudan Nilai Pancasila Dalam Berbagai Bidang Kehidupan". Jika ada kesalahan ataupun kekurangan artikel ini, pustakapengetahuan.com mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan komentar yang sifatnya membuat artikel ini menjadi lebih baik. Terima kasih sudah mengunjungi dan semoga bermanfaat.



Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar