Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Rabu, 21 November 2018

Teori Dasar Musik, Istilah Not Balok, Basic Music Theory, Art.

| Rabu, 21 November 2018
Teori dasar musik - pustakapengetahuan.com


Pengertian Seni Musik.

Seni musik adalah seni yang disampaikan melalui media suara manusia atau suara alat               
musik.

Suara Musik.

Teori musik menjelaskan bagaimana suara dinotasikan atau dituliskan dan bagaimana         suara   tersebut ditangkap dalam benak pendengarnya. Dalam musik, gelombang suara        biasanya dibahas tidak dalam panjang gelombangnya maupun periodenya, melainkan          dalam frekuensinya. Aspek-aspek dasar suara dalam musik biasanya dijelaskan dalam tala (Inggris: pitch, yaitu tinggi nada), durasi (berapa lama suara ada), intensitas, dan timbre (warna bunyi).

Nada Musik.

 Nada adalah bunyi yang beraturan, yaitu memiliki frekuensi tunggal tertentu. Dalam teori musik, setiap nada memiliki tinggi nada atau tala tertentu menurut frekuensinya ataupun menurut jarak relatif tinggi nada tersebut terhadap tinggi nada patokan. Nada dasar suatu karya musik menentukan frekuensi tiap nada dalam karya tersebut. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Istilah "nada" sering dipertukarkan penggunaannya dengan "not", walaupun kedua istilah tersebut memiliki perbedaan.

Bentuk Nada.

Nada dalam not dibedakan bentuknya menjadi 3 yaitu :
  1. Not angka : not yang dilambangkan dengan angka, misal 1 (do), 2 (re) dst, Not angka dibedakan menjadi 3 yaitu : oktaf tinggi , oktaf sedang , dan oktaf rendah,
  2. Not huruf : not yang dilambangkan dengan huruf, misal C, D, E, F dst, Notasi huruf dibedakan menjadi 5 yaitu oktaf kecil, oktaf bergaris 1, oktaf besar, oktaf kontra dan sub kontra,
  3. Not balok : sistem penulisan lagu atau karya musik lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar. Not balok didasarkan pada paranada dengan lambang untuk tiap nada menunjukkan durasi dan ketinggian nada tersebut. Tinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horisontal. Durasi nada ditunjukkan dalam ketukan

Istilah dalam Not Balok.
  • PARANADA adalah lima garis lurus yang berjajar mendatar dan berjarak sama. Paranada digunakan untuk menuliskan lambang-lambang bunyi sesuai dengan sifat nada yang dilambangkan. 
  • TANDA KUNCI adalah tanda untuk menetapkan letak salah satu nada dalam Not-balok. Untuk menulis partiur gitar digunakan tanda kunci G, artinya dalam not balok tersebut nadaG terletak pada garis ke-2.
  • BIRAMA adalah gerak melody yang teratur dalam sebuah lagu atau karya musik lainnya.
  • Garis birama adalah garis yang dituliskan secara tegak lurus dengan paranada yang berfungsi untuk membatasi antar ruas birama yang satu dengan ruas birama yang lainnya.
  • BAR (ruas birama) adalah ruas yang terdapat diantara dua garis birama. bar berfungsi untuk menuliskan not sesuai denga birama yang dipergunakan. nilai not dalam suatu bar selalu sama. mungkin sobat sering menjumpai nilai not yang terdapat pada bar pertama dan bar terakhir berbeda dengan bar-bar lainnya. tetapi apabila nilai not yang terdapat pada kedua bar tersebut sobat jumlahkan, maka akan sama dengan bar-bar lainnya.
  • GARIS PENUTUP adalah dua buah garis tebal tipis yang dituliskan tegak lurus dengan paranada yang berfungsi sebagai petunjuk berakhirnya sebuah lagu atau karya musik lainnya.
  • RITME
  • Ritme adalah pengaturan bunyi dalam waktu. Birama merupakan pembagian kelompok ketukan dalam waktu.


Notasi Musik.

Notasi musik merupakan penggambaran tertulis atas musik. Dalam notasi balok, tinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horisontal. Kedua unsur tersebut membentuk paranada, di samping petunjuk-petunjuk nada dasar, tempo, dinamika, dan sebagainya.

Melodi Musik.

Melodi adalah serangkaian nada dalam waktu. Rangkaian tersebut dapat dibunyikan sendirian, yaitu tanpa iringan, atau dapat merupakan bagian dari rangkaian akord dalam waktu (biasanya merupakan rangkaian nada tertinggi dalam akord-akord tersebut).

Melodi terbentuk dari sebuah rangkaian nada secara horisontal. Unit terkecil dari melodi adalah Motif. Motif adalah tiga nada atau lebih yang memiliki maksud atau makna musikal. Gabungan dari Motif adalah Semi Frase, dan gabungan dari Semi Frase adalah Frase (Kalimat). Sebuah Melodi yang paling umum biasanya terdiri dari dua Semi Frase yaitkalimat tanya (Antisiden) dan kalimat jawab (Konsekuen).

Harmoni Musik.

Harmoni secara umum dapat dikatakan sebagai kejadian dua atau lebih nada dengan tinggi berbeda dibunyikan bersamaan, walaupun harmoni juga dapat terjadi bila nada-nada tersebut dibunyikan berurutan (seperti dalam arpeggio). Harmoni yang terdiri dari tiga atau lebih nada yang dibunyikan bersamaan biasanya disebut akord.

Tangga Nada.

Tangga nada mayor

Dalam teori musik, skala mayor atau tangga nada mayor adalah salah satu Tangga nada diatonik. Skala ini tersusun oleh delapan not. Interval antara not yang berurutan dalam skala mayor adalah : 
1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2.
Sebagai contoh, tangga nada A minor adalah C, D, E, F, G, A, B, C'

Ciri-ciri tangga nada mayor
  • Bersifat riang gembira
  • Bersemangat
  • Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do
  • Mempunyai pola interval : 1 , 1 , ½, 1 , 1 , 1, ½.


Tangga nada minor.

Dalam teori musik, tangga nada minor adalah salah satu tangga nada diatonik. Tangga nada ini tersusun oleh delapan not. Interval antara not yang berurutan dalam tangga nada minor (asli) adalah : 1, 1/2, 1, 1, 1/2, 1, 1.
Sebagai contoh, tangga nada A minor adalah Am, Bm, Cm, Dm, Em, Fm, Gm, Am'
Tangga nada minor dapat dilihat sebagai mode musik keenam dalam tangga nada mayor. Tangga nada minor kadangkala dianggap mempunyai bunyi yang cenderung lebih sedih dibandingkan dengan tangga nada mayor.

Ciri - ciri tangga nada minor 
  • Bersifat sedih
  • Kurang Bersemangat
  • Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada La = A
  • Mempunyai pola interval : 1, ½ , 1 , 1 , ½ , 1 , 1

Tangga nada pentonik.

Skala Pentatonik atau Tangga Nada Pentatonik adalah suatu skala yang terdiri lima nada untuk setiap oktafnya, Penta (lima) dan Tonik (nada), jadi nada pentatonik ini menghilangkan nada ke-4 + nada ke-7 (tipe A) dan nada ke-2 + nada ke-6 (tipe B) dari 8 nada setiap oktafnya.
Diatonik                  (c - d - e - f - g - a - b - c')  = 1 oktaf
Pentatonik tipe A    ( c - d - e - g - a - c' ) tanpa 'f' dan 'b'
Pentatonik tipe B    ( c - e - f - g - b - c' ) tanpa 'd' dan 'a'

Nada dasar.

Nada Dasar adalah nada pertama yang terdapat pada sebuah tangga nada.
Cara mencari nada yang digunakan dalam sebuah tangga nada adalah dengan menggunakan interval scale Major 1-1-1/2-1-1-1-1/2

Pola dalam sebuah nada dasar

Cara mencari chord dalam sebuah nada dasar adalah dengan menggunakan Pola 1-4-5 untuk Chord Major dan 2-3-6 untuk Chord Minor

Kesimpulannya seperti ini :
  • Urutan 1 chords selalu major
  • Urutan 2 chords selalu minor
  • Urutan 3 chords selalu minor
  • Urutan 4 chords selalu major
  • Urutan 5 chords selalu major
  • Urutan 6 chords selalu minor
  • Urutan 7 chords selalu diminished

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang sifatnya membangun, Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Pengertian Seni

Pengertian Seni Lukis

Macam - Macam Aliran Seni Lukis

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar