Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Rabu, 21 November 2018

Cara Membuat Ikan Gurame Menjadi Lebih Cepat Besar Dan Siap Untuk Panen.

| Rabu, 21 November 2018
Cara mempercepat dan meningkatkan hasil panen ikan gurami - pustakapengetahuan.com


Dalam membudidayakan ikan gurami tentu kita ingin ikan gurami dapat tumbuh lebih cepat sehingga panen pun dapat meningkat. Untuk mempercepat pertumbuhan ikan gurami dan meningkatkan hasil panen dapat dilakukan dengan cara berikut :

Mencari Lokasi Yang Tepat Untuk Membuat Kolam


Mencari lokasi kolam ikan - pustakapengetahuan.com


Hal pertama yang harus Anda perhatikan agar bisa membuat ikan gurame Anda cepat tumbuh besar adalah lokasi pembuatan kolam. Kolam ikan gurame yang bagus dan baik yaitu kolam yang mendapatkan sinar matahari langsung yang cukup. Hal itu dikarenakan ikan gurame mempunyai habitat asli di tempat berdataran rendah yang mana suhunya sekitar 25 hingga 28 derajat celcius.

Jadi memilih lokasi kolam di dataran rendah lebih diutamakan daripada memilih lokasi kolam di dataran tinggi. Dan setelah diteliti lebih mendalam, ternyata ikan gurame akan cepat tumbuh besar di tempat yang memiliki ketinggian maksimal 800 meter di atas permukaan laut.


Memilih Benih Ikan Gurame Yang Sehat.


Memilih benih ikan gurami sehat - pustakapengetahuan.com


Langkah selanjutnya adalah memilih benih ikan gurame yang sehat. Yang mana bisa dikategorikan sehat adalah ikan gurame yang memiliki berat sekitar 100 gram atau berumur lebih dari setahun. Dengan mengikuti cara tersebut, Anda akan lebih cepat memanen ikan gurame yang mana biasanya akan siap jual atau panen ketika sudah memiliki berat sekitar 500 gram.

Selain itu, carilah benih ikan gurame tersebut di tempat yang tidak jauh dengan lokasi Anda membudidayakannya. Hal itu bertujuan agar benih ikan gurame yang Anda beli bisa lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Karena bila tempat Anda membeli benih terlalu jauh dari tempat Anda, dikhawatirkan ikan gurame Anda mengalami kesulitan dalam beradaptasi dan bisa menyebabkan ikan gurame Anda mengalami stress dan kematian.


Mengeringkan Kolam Sebelum Memasukkan Benih Ikan Gurame.


Mengeringkan kolam ikan - pustakapengetahuan.com


Cara yang selanjutnya adalah melakukan pengeringan kolam sebelum memasukkan benih gurame baru. Hal ini dilakukan agar benih ikan gurame Anda bisa terhindar dari serangan berbagai macam penyakit ikan gurame seperti jamur dan lain-lain.

Lakukanlah pengeringan kolam selama 10-14 hari dan berilah kapur pertanian sebanyak kurang lebih 200 gram per meter persegi. Selain itu, rendamlah semua peralatan yang Anda pakai untuk budidaya ikan gurame Anda ke dalam larutan kaporit kurang lebih setengah jam kemudian keringkan. Bila Anda menemukan ikan gurame yang terserang penyakit, segera pisahkan dan rendamlah dalam larutan garam dapur sekitar 20 miligram per liter air selama satu jam.


Memberikan Pakan Yang Banyak Mengandung Protein Nabati Dan Protein Hewani


Memberikan pakan ikan yang mengandung protein - pustakapengetahuan.com


Pakan yang bagus untuk ikan gurame adalah pakan yang mengandung banyak protein baik protein nabati maupun protein hewani. Oleh karena itu Anda sangat dianjurkan untuk memberi ikan gurame Anda dengan pakan yang memiliki kandungan dua protein tersebut.

Protein hewani merupakan kandungan protein yang bisa membuat ikan gurame Anda cepat tumbuh besar. Hal itu disebabkan ikan gurame membutuhkan setidaknya 25% protein hewani agar bisa cepat berkembang besar. Sedangkan untuk protein nabati, Anda bisa memberikan makanan seperti daun kangkung, daun singkong, daun talas dan selada air kepada ikan gurame Anda. Selain itu, Anda juga bisa memberikan enzim komplek sekitar 2% dari pakan pabrik.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar