Sabtu, 19 Agustus 2023

Sitoplasma Dan Fungsi Organel Sitoplasma

| Sabtu, 19 Agustus 2023

Kata sitoplasma merupakan istilah yang sering dijumpai dalam pelajaran biologi di sekolah. Kegunaan sitoplasma ini sangat penting dalam tubuh makhluk hidup, terutama manusia. Jika tidak ada sitoplasma dalam tubuh makhluk hidup, maka sel dan jaringan tubuh tidak dapat bekerja dengan maksimal. Oleh karena itu, mari kita mencoba mengetahui apa itu sitoplasma dan fungsinya dalam tubuh manusia.


organel sitoplasma


Pengertian Sitoplasma

Sitoplasma ialah bagian dari sel yang terbungkus atau diselubungi oleh membran plasma yang terdiri dari air, protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin, sebagai tempat penyimpanan bahan kimia sel yang penting bagi metabolisme sel, seperti enzim - enzim, ion - ion, gula, lemak dan protein.

Dapat dikatakan bahwa sitoplasma bersifat koloid. Dengan ukuran partikel yang terlarut yaitu 0,001-0,1 mikron dan bersifat transparan. Letak sitoplasma terdapat di dalam sel tapi berada di luar nukleus dan organel - organel sel. Di dalam sitoplasma terdapat juga bagian - bagian yang disebut organel, yang berfungsi menjalankan fungsi sel. 

Organel Sitoplasma

Di dalam sitoplasma terdapat berbagai organel - organel sel. Berikut ini merupakan organel - organel sitoplasma beserta fungsinya, yakni:

1. Mitokondria

Organel mitokondria terdapat di semua sel eukariotik aerob dan berfungsi dalam proses oksidasi dan mualisasi. Mitokondria terlindungi oleh membran ganda yang terdiri dari dua lapis.

2. Plastida

Organel plastida merupakan organel yang hanya dimiliki oleh sel tumbuhan yang berisi pigmen atau pemberi warna. Plastida berisi pigmen klorofil yang disebut kloroplas, di dalamnya terkandung klorofil, berfungsi dalam fotosintesis.

3. Vakuola

Organel vakuola berfungsi untuk menyimpan cairan dan senyawa seperti enzim, alkaloid, lipid, garam mineral, asam amino, dan asam organik.

4. Ribosom

Organel ribosom terdapat di dalam sitoplasma secara bebas dan terikat pada RE. Ribosom memiliki fungsi yakni sebagai tempat berlagsungnya sintesis protein. Ketika fungsi ribosom terganggu, misalnya menjadi terlalu aktif, sel tubuh akan berkembang biak dan membelah diri terlalu cepat dan tidak terkendali. Hal ini biasanya terjadi akibat pertumbuhan sel - sel kanker.

5. Retikulum Endoplasma

Organel retikulum endplasma adalah struktur ruang berdinding membran yang saling berhubungan membentuk anyaman. RE menghubungkan antara inti sel dengan sitoplasma. RE dibedakan menjadi dua:

Retikulum endoplasma kasar berperan sebagai tempat melekatnya ribosom. Hasil sintesa ribosom selanjutnya diangkat menuju badan golgi sebagai bahan sekresi.

Retikulum endoplasma halus berperan sebagai sintesis lipid, kholesterol, hormon steroid, dan metabolisme mineral.

6. Badan Golgi

Organel badan golgi terdiri dari kumpulan gelembung-gelembung pipih yang berbentuk kantong berkelok-kelok siterna. Badan golgi berfungsi secara aktif dalam sekresi dan sintesis polisakarida.

7. Lisosom

Organel lisosom merupakan organel kecil yang terbungkus oleh selapis membran, berisi enzim hidrolitik yang disebut lisozim. Lisosom berperan dalam proses matinya sel – sel. Ketika sel – sel tubuh rusak akibat kondisi tertentu, seperti infeksi, peradangan, kanker, atau paparan zat beracun, lisosom juga akan memerintah sel tubuh untuk menghancurkan dirinya sendiri (apoptosis). Hal ini bertujuan agar sel dan jaringan sehat di sekitarnya tidak terkena gangguan yang serupa.


Letak Sitoplasma

Jika kita lihat dari buku Biologi Sel, sitoplasma berada di dalam sel selain nukleoplasma (plasma inti). Sitoplasma tersusun atas cairan atau padatan. Cairan sitoplasma disebut sitosol. Sifat fisik dari sitosol berubah karena mengandung protein.


Ciri - Ciri Struktur Sitoplasma

Ciri - ciri sitoplasma yaitu dari bentuk padatan sitoplasma yang memiliki sifat bisa berubah - ubah karena adanya fase sol (cair) dan fase gel (padat), tergantung pada kondisi sel. Karena sitosol pada sitoplasma terdiri dari air, protein, asam amino, asam lemak, gula, vitamin, ion, dan nukleotida. Sitoplasma memiliki sifat pewarna diferensial.


Fungsi Sitoplasma

Sebagai fungsi penting sitoplasma yaitu menahan komponen sel dan melindunginya dari kerusakan – kerusakan dan menyimpan molekul yang diperlukan lalu memberikan bentuk pada sel.

Berikut ini ada beberapa fungsi dari sitoplasma dalam tubuh yang perlu anda ketahui adalah:

  • Sebagai tempat penyimpanan bahan-bahan kimia yang paling penting bagi metabolisme sel, seperti enzim-enzim, lemak dan protein.
  • Sebagai tempat terjadinya metabolisme sitosolik, misalnya, glikolisis serta tempat terjadinya sintesis protein oleh ribosom
  • Sebagai sarana atau fasilitator agar organel tertentu di dalam sel dapat bergerak. Hal ini dikarenakan adanya aliran sitoplasma.
  • Sebagai tempat penyimpanan bahan kimia sel yang penting bagi metabolisme sel, seperti enzim-enzim, ion-ion, gula, lemak dan protein.
  • Tempat berlangsung beberapa reaksi kimia sel dan tenggelamnya organel sel.
  • Menerima material mentah dari lingkungan eksternal (seperti dari makanan yang dicerna) dan mengubahnya menjadi energi yang dapat digunakan melalui reaksi dekomposisi.
  • Area tempat substansi baru dibuat atau diproduksi untuk digunakan oleh sel.
  • Tempat berbagai bahan kimia dikemas untuk ditransportasikan ke bagian sel lainnya atau ke sel lain dalam tubuh.
  • Tempat berbagai bahan kimi memfasilitasi ekskreasi prosuk sisa.
  • Perantara transportasi zat dari luar sel ke organel (inti sel).
  • Memberi bentuk pada suatu sel.
  • Pelarut untuk semua protein dan senyawa di dalam sel.


Demikianlah artikel yang berjudul Sitoplasma Dan Fungsi Organel Sitoplasma. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Pustaka Pengetahuan mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, dapat membantu tugas sekolah klik Berbagai Reviews 

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm 

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel 

Media sosial silahkan klik facebook 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar