Jumat, 23 Juni 2023

Hewan Peliharaan Jinak Beserta Ciri - Ciri Dan Karakteristiknya

| Jumat, 23 Juni 2023

Ada beberapa orang menyenangi suasana rumah dengan tambahan penghuni seperti hewan - hewan lucu dan unik. Hewan - hewan ini jinak, sehingga bisa dengan mudah untuk dipelihara serta memiliki warna yang menarik. Berbagai jenis hewan peliharaan yang dapat kita pilih, tapi pada umumnya yang sering dipelihara adalah kucing dan anjing. Kedua hewan tersebut, memiliki bulu halus, memiliki tampilan yang elegan dan berwajah imut serta pemeliharaannya yang mudah. Jika ingin merawatnya, kita sebagai pemilik hewan juga perlu memberikan makan dan minuman yang cukup, perawatan ekstra serta tempat tinggal yang nyaman. 

Sebagai hewan peliharaan pada umumnya jinak dan sangat menggemaskan. Ada sebagian besar diantaranya sanga mudah dipelihara di dalam rumah sehingga cocok bagi sipemelihara yang masih pemula ataupun anak - anak. Hewan - hewan jinak yang dipelihara ini, dapat memberikan suasana baru di rumah dan memberikan manfaat lainnya bagi sipemelihara. 

Berikut ini merupakan beberapa hewan - hewan jinak yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah, yaitu :

1 Ayam Hias

a. Ayam Kapas

ayam

Ayam sutra atau ayam kapas merupakan salah satu ras ayam yang dinamakan sesuai bulunya yang halus dan terasa seperti sutra. Ras ayam ini memiliki sifat - sifat yang tidak biasa seperti kulit dan tulang hitam, cuping telinga biru, dan kaki bercakar lima sedangkan ayam lain hanya ada empat cakar setiap kaki. Ayam sutra terbagi menjadi ayam yang berjanggut dan tidak berjanggut. Ayam sutra berjanggut ada satu lagi sarung bulu di bawah paruh yang menutup cuping telinga.

b. Ayam Pelung

ayam berg

Ayam pelung merupakan ras ayam lokal unggul dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Berbeda dengan kebanyakan ayam yang dikembangbiakan, diseleksi untuk penampilan fisik, ayam pelung diseleksi karena suara kokokannya yang panjang dan memiliki lagu, seperti ayam ketawa dan ayam Berg. Ayam pelung ini mempunyai keunggulan yang spesifik dibanding dengan ayam ras lainnya yaitu suaranya panjang dan merdu dengan bentuk tubuh tinggi besar, berpenampilan indah, gagah,dan berbobot badan besar.

c. Ayam batik.

ayam hias

Ayam batik merupakan unggas hias asal Inggris yang memiliki bulu dan ekor menyerupai batik. Terdapat dua jenis ayam hias, yakni coklat dasar kemerahan dan hitam putih. Ayam sebright atau yang lebih populer dikenal dengan sebutan ayam batik merupakan spesies ayam yang berasal dari Inggris. Salah satu hal yang menjadi ciri khas dari ayam batik, yaitu bulunya. Bulunya mempunyai motif menyerupai batik, warna bulunya berukir - ukir seperti bersisi yang tampak rapi dan jelas.

2. Merpati Hias

a. Merpati Lahore

merpati

Lahore merupakan sejenis merpati yang bersaiz agak besar dengan tinggi kira-kira 10.5 inci dan panjang 11.5 inci. Ukuran dari bahu ke bahu pula adalah 5.5 ini. Corak warnanya juga luar biasa: warna asas adalah putih, dan warna keduanya bermula di hujung paruh, membentuk lengkungan di sekeliling mata dan melintasi belakang leher dan sayap. Bahagian belakang dan ekor adalah berwarna putih. Walau bagaimanapun bagi tujuan pertandingan perhatian lebih tertumpu pada kualiti warna pada bahagian kepala, leher dan sayap.

b. Merpati Ekor Kipas

merpati hias

Merpati ekor kipas atau Fantail merupakan salah satu jenis merpati mewah yang populer. Hal ini ditandai dengan ekor berbentuk kipas yang terdiri dari 30 sampai 40 bulu, tidak normal lebih dari kebanyakan anggota keluarga merpati dan merpati, yang biasanya memiliki 12 sampai 14 bulu ekor. Ciri - ciri burung merpati kipas atau disebut juga burung merpati kapas ialah bulu berwarna putih seperti kapas, bulu ekornya tebal mengembang seperti kipas berwarna putih elegan dan indah. Karena warna bulunya yang putih bersih dan bulu ekornya yang mirip kipas sehingga kelihatan indah dan elegan   

c. Merpati Jacobin

merpati hias

Jacobin merupakan sejenis merpati mewah yang dikembangkan selama bertahun - tahun dari pembiakan selektif yang berasal dari Asia. Jacobin, bersama dengan varietas lain dari merpati peliharaan, semuanya adalah keturunan merpati batu. Ciri - ciri Jacobin adalah penutup kepala berbulu ketara yang membentuk roset pada kedua-dua belah kepalanya. Kakinya pula licin tiada berbulu. Selain dari tudung kepala, merpati ini berbadan ramping dan tinggi. Ia boleh didapati dalam warna hitam,putih, merah dan kuning.  

3. Burung 

a. Kacer

burung

Kacer merupakan sejenis burung yang termasuk burung kicau dan juga terkenal karena penampilan dan perilakunya. Burung kacer banyak mendiami dataran rendah sampai ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Burung ini memiliki bulu berwarna hitam dan putih dengan ekor panjang. Ekor kucica akan terangkat ke atas jika melompat di tanah atau sedang bertengger. Makanan kacer termasuk serangga dan invertebrata lainnya. Meski pemakan serangga, burung ini juga bisa memakan nektar, reptil, lintah, kelabang, bahkan ikan.

b. Cucak Rowo

burung hias

Cucak rowo atau cucak rawa merupakan salah satu jenis burung kicau yang termasuk dalam suku Pycnonotidae. Nama ilmiahnya adalah Pycnonotus zeylanicus. Cucak rowo menyebar di dataran rendah dan perbukitan di Semenanjung Malaya, Sumatra (termasuk Nias), Kalimantan, dan Jawa bagian barat. Seperti namanya, cucak rowo biasa ditemukan di paya-paya dan rawa-rawa di sekitar sungai, atau di tepi hutan. Di alam, burung ini memangsa aneka serangga, siput air, dan berbagai buah-buahan yang lunak.

c. Murai Batu

burung hias

Murai batu atau kucica hutan termasuk ke dalam famili Muscicapidae atau burung cacing. Murai batu merupakan jenis burung yang cukup eksis di kalangan pecinta burung. Burung ini tersebar di seluruh pulau Sumatera, Semenanjung Malaysia, dan sebagian pulau Jawa. Jenis burung ini memiliki tubuh hampir seluruhnya hitam, kecuali bagian bawah badan berwarna merah cerah hingga jingga kusam. Terdapat sedikit semburat biru di bagian kepala. Ekor panjang ditegakkan dalam keadaan terkejut atau berkicau. Badan berukuran 14-17 cm. Di habitat aslinya kucica hutan cenderung memilih hutan alam yang rapat atau hutan sekunder.  

4. Kelinci 

a. Kelinci Anggora

kelinci

Kelinci anggora merupakan sejenis kelinci yang berasal dari Ankara, Turki. Layaknya kucing, kelinci anggora juga berbulu lebat dan lembut yang membaluti seluruh tubuhnya. Bahkan, terkadang wajahnya tidak terlihat karena tertutup bulu. Kelinci jenis ini awalnya ditemukan oleh pelaut Inggris lalu dibawa ke Prancis pada tahun 1723. Bobotnya sekitar 3,5 kg. Jika biasanya kelinci sangat aktif berlarian kesana-kemari, kelinci anggora justru lebih kalem dan tenang.

b. Kelinci Himalaya

kelinci hias

Kelinci himalaya ini sering disebut juga dengan kelinci cina atau kelinci rusia. Warnanya dominan putih dengan warna gelap di sekitar hidung, telinga, ekor, dan kaki. Tubuh berwarna putih dengan titik berwarna, warna yang dikenali adalah hitam, biru, coklat dan ungu. Mereka adalah salah satu ras tertua dan paling tenang. Kelinci Himalaya dewasa memiliki berat 2 1/2 hingga 4 1/2 pound (1 hingga 2 kg) dengan berat ideal 3 1/2 pound. Mereka adalah satu-satunya jenis kelinci berbentuk silinder .

c. Kelinci English Lop

kelinci hias

English Lop meruakan sejenis kelinci domestik mewah yang dikembangkan di Inggris pada abad ke-19 melalui pembiakan selektif. Ini diyakini sebagai jenis kelinci lop pertama yang dikembangkan oleh manusia, dan mungkin salah satu ras kelinci domestik tertua. Kelinci lop memiliki bentuk tubuh yang cenderung bulat. Bukan hanya itu saja, namun setiap kelinci lop baik dari jenis fuzzy maupun jenis holland, semuanya memiliki tubuh yang bulat. Selain bentuk tubuh yang cenderung bulat dan terlihat gemuk, kelinci lop juga memiliki ukuran kepala yang kecil dibandingkan jenis kelinci lain seperti anggora atau jenis kelinci lain.

5. Kucing 

a. Kucing Persia

kucing

Kucing persia merupakan sejenis kucing yang imut dengan memiliki kepala dan dahi yang bulat lebar dan telinga kecil yang ujungnya membulat. Bentuk ekornya pun pendek dan kaki yang pendek. Kucing persia memiliki karakter yang ramah dan mudah bergaul, jadi cocok jadi teman bermain. Jenis kucing ini juga memiliki kebiasaan yang lemah lembut, ramah, santai periang, dan cerdas.  Parasnya yang menggemaskan dan unik membuat Kucing Persia jadi primadona para pecinta kucing. Kucing Persia dikenal memiliki raut wajah datar dan bulu panjang yang lembut.

b. Kucing Anggora

kucing hias

Kucing Anggora merupakan kucing yang memiliki ciri khas pada bentuk kepalanya yang segitiga berbulu lebat menyerupai singa dengan hidung yang lebih mancung dari kucing jenis lainnya. Leher dengan bulu yang panjang juga jadi ciri khas yang tidak bisa dialihkan dari Kucing Anggora. Itu lah yang membuat kucing jenis ini sangat menggemaskan. Bulu yang lembut, panjang, dan lebat mungkin membuat Anggora sulit dibedakan dari Kucing Persia. Jika Kucing persia berbadan gemuk, lain halnya dengan Kucing Anggora yang cenderung memiliki ukuran bentuk tubuh yang lebih kurus. 

c. Kucing Siam

siamese cat

Kucing Siam merupakan jenis kucing dengan ras oriental yang populer di Thailand dan paling terkenal dari semua jenis kucing pedigree. Di negara asalnya, Kucing Siam dikenal sebagai “Royal Cat of Siam”. Kucing Siam memiliki 3 jenis, yakni Kucing Siam klasik, Kucing Siam Tradisional, dan Kucing Siam Modern. Kucing Jenis ini memiliki karakteristik bentuk tubuh yang ramping, ekor panjang, mata biru, dan bulunya pendek bertitik gelap pada muka, telinga, ekor, dan kakinya.  

6. Hamster

a. Hamster Eropa

hamster

Hamster Eropa merupakan hamster memiliki warna perut yang gelap kehitaman. Hewan menggemaskan ini juga terancam populasinya karena banyak sekali perburuan hamster di Eropa. Sedikit berbeda dengan jenis hamster lainnya yang memiliki badan kecil. Hamster Eropa memiliki badan yang cukup besar. Sesuai dengan namanya hamster ini berhabitat asli di Eropa dan biasanya ditemukan di sekitar peternakan dan juga di padang rumput atau kebun. 

b. Hamster Roborovski.

hamster

Hamster roborovski merupakan jenis hamster yang paling kecil dibandingkan jenis lainnya. Hamster ini hanya memiliki dua variasi warna, yaitu normal dan white face dengan bulu kekuningan dan putih. Hamster Roborovski memiliki sifat yang lincah, suka berlari, dan melompat. Tetapi, hamster ini lebih takut kepada manusia dibandingkan jenis lainnya. Hewan mungil ini memiliki ukuran sekitar 4–5 cm ketika sudah dewasa.   

c. Hamster Chinese

hamster

Hamster chinese merupakan jenis hamster yang jinak memiliki perilaku destruktif saat merasa bosan, sehingga akan cocok untuk kamu yang bisa memberikan banyak interaksi dengan hamster. Ketika kamu melihat jenis hamster chinese kamu akan mengira kalu ini adalh tikus berukuran kecil. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir akan digigit karena hamster ini merupakan jenis hamster yang jinak dan tidak menggigit.  

7. Reptil

a. Bearded Dragon

reptil

Bearded dragon atau yang sering disebut beardies merupakan sejenis kadal berukuran sedang. Ini adalah reptil perawatan rendah yang mudah ditangani, ramah, dan menikmati interaksi, yang menjadikannya hewan peliharaan yang bagus untuk anak-anak. Dikutip dari laman Wildlife Informer, makanan bearded dragon bervariasi dan mudah didapat. Reptil ini adalah omnivora yang makanannya berupa serangga, buah, dan sayuran segar untuk memenuhi.

b. Kadal Caiman

caiman lizard

Kadal caiman merupakan sejenis kadal yang banyak disukai karena memiliki pola warna yang unik. Spesies ini memiliki sisik yang berat dengan warna pelangi. Mereka juga pendaki dan perenang hebat sehingga termasuk hewan yang sangat aktif. Hewan ini adalah karnivora yang memakan invertebrata, seperti serangga, siput, dan kerang. Kadal Caiman cerdas dan tidak agresif secara alami, tetapi mereka tidak selalu mudah beradaptasi.

c. Iguana Hijau

iguanas

Iguana hijau merupakan sejenis kadal yang sangat populer karena penampilannya yang cantik dan memiliki pola makan herbivora. Hewan yang populer di kalangan pecinta reptil pemula ini merupakan pemakan daun, buah-buahan, dan bunga. Dilansir laman Everything Reptiles, iguana biasnya merupakan hewan yang pemalu sehingga mungkin perlu lama untuk menyesuaikan diri di rumah. Mereka juga memiliki cakar yang tajam, sehingga kamu mungkin perlu berhati-hati.

 

Demikianlah artikel yang berjudul Hewan Peliharaan Jinak Beserta Ciri - Ciri Dan Karakteristiknya. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Pustaka Pengetahuan mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, dapat membantu tugas sekolah klik Berbagai Reviews 

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm 

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel 

Media sosial silahkan klik facebook 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar