Minggu, 24 Maret 2019

Pengertian Membaca Intensif, Tujuan dan Manfaat Membaca Intensif, Karakteristik dan Cara Membaca Intensif, Intensive Reading.

| Minggu, 24 Maret 2019
Pengertian membaca intensif - pustakapengetahuan.com


Membaca intensif merupakan kegiatan membaca yang dilakukan secara cermat dan teliti terhadap teks yang dibaca. Membaca intensif ini diterapkan dalam upaya mencari informasi secara detail atau diterapkan pada pencarian informasi sebagai bahan diskusi.


Pengertian Membaca Intensif

Membaca Intensif adalah teknik membaca dengan serius atau bersungguh-sungguh untuk memahami isi dari bacaan. Pengertian lain menurut Wikipedia, membaca intensif adalah studi seksama, telaah teliti, dan penanganan terperinci yang dilakukan pembaca terhadap suatu bacaan yang pendek kira-kira dua sampai empat halaman.

Sedangkan pengertian kemampuan membaca intensif yaitu suatu kemampuan dalam memahami secara detail isi dari bacaan dengan lengkap, akurat dan kritis pada suatu fakta, konsep, pendapat, gagasan, pengalaman, perasaan dan pesannya. Ketika membaca beberapa pembaca seringkali membaca hanya satu atau hanya beberapa bacaan yang ada. Hal ini mempunyai tujuan supaya menumbuhkan dan mengasah kemampuan dalam membaca dengan kritis.

Dalam membaca intensif di ibaratkan dengan teknik dalam membaca untuk pembelajaran. Keterampilan membaca intensif para pembaca adalah untuk memahami teks, bisa tingkat lateral, kritis interperatif, ataupun evaluatif. Dalam aspek kognitif, pengembangan teknik membaca intensif adalah agar kemampuan membaca dengan komprehensif.


Tujuan Membaca Intensif

Tujuan dari membaca intensif adalah untuk memperoleh informasi dari bahan diskusi, selain itu bisa juga dijadikan sebagai serana dalam menentukan suatu pokok permasalahan atau perihal yang menarik dari teks bacaan agar bisa atau layak dijadikan bahan dalam diskusi.

Membaca intensift bisa juga diaplikasikan sebagai sarana dalam memilih salah satu atau beberapa pokok pikiran yang tepat untuk dijadikan bahan diskusi bersama teman. Selain cara tersebut, kita juga bisa menentukan bahan diskusi dengan cara membuat suatu kesimpulan dari pokok-pokok pikiran tersebut lalu mengambil inti sari permasalahannya.

Ada hal yang perlu diperhatikan tentang adanya informasi yang layak dijadikan bahan diskusi antara lain bisa menambah pengetahuan atau wawasan, mempunyai manfaat dan akan lebih baik apabila menjadi bahan pembicaraan di masyarakat.


Karakteristik Membaca Intensif

Adapun karakteristik dari membaca intensif adalah sebagai berikut:
  • Membaca untuk mendapatkan tingkat pemahaman yang luas dengan harapan bisa mengingatnya untuk waktu yang lama.
  • Membaca dengan jelas dan rinci supaya memperoleh pemahamana semua yang meliputi isi dan bagian teks bacaan
  • Cara membaca jenis ini adalah dasar untuk belajar melakukan pemahaman yang lebih bagus dan mengingatnya lebih lama
  • Membaca intensif tidak menggunakan cara membaca tunggal namunu dengan berbagai variasi teknik membaca yaitu scanning, membaca komprehensif, skimming, dan teknik lain
  • Tujuan membaca intensif adalah mengembangkan keterampilan dalam membaca dengan rinci yang menekankan kepada pemahaman kata, pengembangan kosakata, kalimat serta memahami semua dari isi teks
  • Aktivitas ini menjadikan siswa untuk terlatik membaca kalimat teks secara cermat dan penuh konsentrasi, adanya kecermatan akan menemukan kesalahan struktur, kosakata dan juga pemakaian ejaan atau tanda baca.
  • Aktivitas ini bisa untuk melatih siswa dalam berpikir lebih kritis, kreatif, dan inovatif



Cara Membaca Intensif

Ada beberapa cara yang harus diperhatikan berhubungan dengan informasi yang layak untuk menjadi bahan diskusi, antara lain bisa menambah pengetahuan dan wawasan, mempunyai manfaat dan lebih baik lagi apabila menjadi pembicaraan di masyarakat.

Ketika menyimpulkan tentang informasi atau perihal yang layak dijadikan sebagai bahan diskusi dari suatu teks, maka harus melakukan hal berikut ini:
  • Membaca dengan jeli akan bisa menentukan hal yang paling menarik dari hal-hal lainnya. Tetapi lebih bagus apabila kalian menemukan pokok-pokok pikiran yang ada lalu memilih yang paling layak untuk dijadikan bahan diskusi.
  • Pertimbangkan kesiapan diri dan kesiapan teman diskusi berkaitan dengan kemampuan diri menguasi atau memahami perihal yang akan didiskusikan. Jangan sampai kalian menentukan diskusi yang bagus tetapi kalian sendiri tidak paham terhadap persoalan tersebut.
  • Pertimbangan referensi yang telah menjadi milik peseta diskusi berhubungan dengan hal yang akan didikskusikan.

Manfaat Membaca Intensif

Ketika membaca intensif dilakukan, maka ada manfaatnya, yaitu:
  • Pembaca dapat menguasai isi dari teks dengan baik
  • Pembaca dapat tahu latar belakang penulisan teks tersebut
  • Pembaca bisa memiliki daya ingat yang lebih lama yang berkaitan dengan isi teks

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang sifatnya membangun, Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Teks Persuasif

Fiksi (Fiction)


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar