Minggu, 04 Februari 2024

Cara Membuat Komunitas Dengan Mudah

| Minggu, 04 Februari 2024
community

Sahabat Pustaka Pengetahuan, adapun dalam suatu kelompok masyarakat pastinya ada yang dinamakan dengan komunitas, meskipun tidak semua orang memahami dengan benar pengertian komunitas tersebut seperti apa. Komunitas muncul dalam kelompok tertentu, biasanya mengatasnamakan dan mewakili suatu bidang, tokoh dan lain sebagainya sesuai yang dikehendaki kelompok tersebut. Dapat dikatakan secara umum, komunitas merupakan kelompok sosial di dalam masyarakat yang terdiri dari beberapa individu, dimana para individu ini saling berinteraksi dengan lingkungan tertentu. Dalam komunitas biasanya memiliki ketertarikan dan latar belakang yang sama, meskipun komunitas muncul atau yang lahir memiliki arti tersendiri sesuai dengan konteks nya.

Pengertian Komunitas

Menurut Syahyuti Kata community adalah berasal dari bahasa Latin, yaitu “Cum” yang mengandung arti together (kebersamaan) dan “Munus”, yang bermakna the gift (memberi) antara satu sama lain. Maka dapat diartikan bahwa komunitas adalah sekelompok orang yang saling berbagi dan mendukung antara satu sama lain. Iriantara (2004: 22) mendefinisikan makna komunitas adalah sekumpulan individu yang mendiami lokasi tertentu dan biasanya terkait dengan kepentingan yang sama. Sedangkan menurut Wenger (2004: 4) komunitas itu adalah sekumpulan orang yang saling berbagi masalah, perhatian atau kegemaran terhadap suatu topik dan memperdalam pengetahuan serta keahlian mereka dengan saling berinteraksi secara terus-menerus. Selain itu, pengertian komunitas ada yang mengacu pada orang yang berdasarkan nilai-nilai dan kepentingan bersama yang khusus, seperti para penyandang cacat atau kelompok imigran. 

Adaoun secara khusus, menunjuk pada satu kategori manusia yang berhubungan satu sama lain karena didasarkan pada lokalitas tertentu yang sama karena kesamaan lokalitas itu secara tidak langsung membuat mereka mengacu pada kepentingan dan nilai-nilai yang sama. Komunitas memiliki banyak makna. Komunitas dapat dimaknai sebagai sebuah kelompok dari suatu masyarakat atau sebagai sekelompok orang yang hidup di suatu area khusus yang memiliki karakteristik budaya yang sama. Apapun definisinya, komunitas harus memiliki sifat interaksi. Interaksi yang ditekankan lebih kepada interaksi informal dan spontan daripada interaksi formal, serta memiliki orientasi yang jelas. Ciri utama sebuah komunitas adalah adanya keharmonisan, egalitarian serta sikap saling berbagi nilai dan kehidupan.

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Pengertian Komunitas Menurut ParaAhli Istilah komunitas berasal dari bahasa latin yaitu communitas yang berasal dari kata dasar communis yang artinya masyarakat, publik atau orang banyak. Komunitas juga dapat didefenisikan sebagai kelompok khusus dari orang-orang yang tinggal dalam wilayah tertentu, memilii kebudayaan dan gaya hidup yang sama, sadar sebgai satu kesatuan dan dapat bertindak secara kolektif dalam usaha mereka mencapai suatu tujuan. 

Agar lebih memahami apa itu komunitas, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini: 

Hendro Puspito 

Menurut Hendro Puspito, pengertian komunitas adalah suatu kelompok social atau kumpulan nyata, teratur, dan tetap dari individu - individu yang melaksanakan peran - perannya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama. 

Soenarno 

Menurut Soenarno, pengertian komunitas adalah suatu identifikasi dan interaksi sosial yang dibentuk dengan berbagai dimensi kebutuhan fungsional. 

Kertajaya Hermawan 

Menurut Kertajaya Hermawan, komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values. 

Etienne Wenger 

Menurut Etienne Wenger, pengertian komunitas adalah kelompok sosial yang memiliki habitat lingkungan dan ketertarikan yang sama dalam ruang lingkup kepercayaan ataupun ruang lingkup yang lainnya. 

Paul B. Horton dan Chaster L.Hunt 

Menurut Paul B. Horton &Chaster L. Hunt, arti komunitas adalah suatu kelompok social atau sekumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi.

Christensson danRobinson

Menurut Christensson dan Robinson, pengertian komunitas adalah orangorang yang tinggal di daerah yang terbatas secara geografis, mereka berkomunikasi dengan satu sama lain dan memiliki ikatan antara orang-orang yang tinggal di daerah tempat tinggalnya. 

Menurut KBBI

Komunitas adalah kelompok organisme (orang dan sebagainya) yang hidup dan saling berinteraksi di dalam daerah tertentu. KBBI juga menyebutkan jika komunitas dapat diartikan sebagai kelompok masyarakat atau sebuah paguyuban.

Indikator Komunitas

Indikator komunitas adalah "pengukuran yang menyediakan informasi tentang dan arus tren masa lalu dan membantu perencana dan tokoh masyarakat dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi hasil masa depan". Terkait informasi tentang keseluruhan arah komunitas: apakah itu membaik, menurun, atau tetap sama, atau beberapa gabungan dari ketiganya. Pada intinya, ini adalah indikator pengukuran yang mencerminkan interaksi antara, lingkungan, dan faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi suatu wilayah atau kesejahteraan masyarakat.

Ini bukanlah konsep baru, karena telah di diperkenalkan sejak 1910, ketika Russell Sage Foundation memprakarsai pengembangan survei lokal untuk mengukur pendidikan, rekreasi, dan berbagai faktor industri. Proses yang digunakan oleh Yayasan Sage mirip dengan yang muncul kembali pada tahun 1990an. Namun saat ini perbedaannya adalah pada penggunaan indikator untuk mempertimbangkan spektrum penuh kesejahteraan suatu masyarakat, bukan hanya faktor keterisolirannya saja. Jadi, dapat disimpulkan bahwa komunitas adalah suatu kumpulan orang orang tertentu pada suatu wilayah tertentu dan waktu tertentu yang membentuk kelompok-kelompok sosial, yang kemudian menghasikan kebudayaan dan peraturan-peraturan yang dijadikan dasar bersama, serta dapat bertindak secara kolektif dalam mencapai tujuan yang sama.

Jenis - Jenis Komunitas

Komunits berdasarkan Minat

Munculnya interaksi antar kesatuan berbagai orang ini terbentuk karena adanya kesamaan minat atau ketertarikan para anggota. Biasanya komunitas yang terbentuk karena minat ini memiliki jumlah anggota yang sangat besar, hingga bisa bertambah dan terus bertambah.

Komunita berdasarkan lokasi

Komunitas dengan lingkungan disebut komunitas yang berdiri atau muncul berdasarkan lokasi, adanya kesamaan lokasi atau tempat secara geografis. Umumnya terbentuk karena adanya keinginan untuk saling mengenal satu sama lain, sehingga tercipta interaksi yang bisa membantu perkembangan lingkungan.

Berdasarkan Komuni

Komunitas ini terbentuk karena adanya keinginan dan kepentingan masyarakat bersama, seperti organisasi sosial. Adanya komunitas dalam suatu tempat tertentu bisa muncul karena kepentingan suatu organisasi sosial yang ada di tempat tersebut.

Cara Membangun Komunitas 

Jika sebuah masyarakat ingin bergabung atau membuat komunitas dapat menjadi salah satu cara untuk mengembangkan diri, mengekspresikan diri, dan berinteraksi dengan orang lain. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan kita lakukan :

Tentukan visi dan misi komunitas. 

Visi adalah gambaran besar tentang apa yang ingin dicapai oleh komunitas. Misi adalah langkah-langkah konkret untuk mewujudkan visi tersebut. Visi dan misi harus jelas, spesifik, dan realistis. Contohnya, visi komunitas adalah “menjadi komunitas anak muda yang peduli lingkungan”. Misi komunitas adalah “melakukan kegiatan bersih-bersih sampah, menanam pohon, dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan”.

Cari anggota yang sesuai. 

Anggota komunitas harus memiliki minat, tujuan, atau kegiatan yang sama dengan visi dan misi komunitas. Anggota juga harus memiliki komitmen, tanggung jawab, dan kerjasama yang baik. Cara mencari anggota yang sesuai dapat dilakukan dengan menyebarkan informasi tentang komunitas melalui media sosial, teman-teman, atau acara-acara yang relevan.

Buat perencanaan dan evaluasi kegiatan. 

Perencanaan kegiatan adalah proses menentukan apa yang akan dilakukan oleh komunitas dalam jangka pendek maupun panjang. Perencanaan harus mencakup tujuan, sasaran, strategi, anggaran, waktu, tempat, dan divisi tugas. Evaluasi kegiatan adalah proses menilai sejauh mana kegiatan telah mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan. Evaluasi harus mencakup indikator, metode, hasil, hambatan, dan solusi.

Bangun jejaring dan kerjasama dengan pihak lain. 

Jejaring dan kerjasama dengan pihak lain dapat membantu komunitas untuk mendapatkan dukungan, sumber daya, informasi, atau peluang yang lebih luas. Pihak lain dapat berupa individu, organisasi, lembaga, atau komunitas lain yang memiliki kesamaan visi, misi, atau kegiatan dengan komunitas kita. Cara membangun jejaring dan kerjasama dapat dilakukan dengan mengikuti acara-acara yang relevan, berkomunikasi secara aktif dan profesional, serta memberikan kontribusi atau manfaat bagi pihak lain.

  • Pastikan tujuan untuk komunitas 
  • Pilih platform yang cocok untuk komunitas
  • Berikan informasi atau konten yang mereka sukai
  • Berinteraksi dengan audiens 
  • Ajak Kolaborasi dan Partisipasi

Manfaat Komunitas

Adapun tujuan dibentuknya komunitas yaitu untuk dapat saling membantu satu sama lain dalam menghasilkan sesuatu, sesuatu tersebut adalah tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Saat mengikuti komunitas, kamu dapat berbagi banyak hal dengan orang lain yang memiliki minat serupa. Hal ini secara otomatis membuat hubungan setiap orang di dalamnya semakin erat sehingga kamu bisa mendapatkan teman yang mendukung

Berikut ini manfaat mengikuti komunitas, yakni 

  • Sarana informasi
  • Menjalin hubungan
  • Saling mendukung
  • Memperluas koneksi profesional
  • Melatih keterampilan komunikasi
  • Mendapatkan saran dan nasihat
  • Berbagi ilmu dan pengalaman
  • Berkolaborasi

Contoh Komunitas

Ada terdapat banyak sekali contoh komunitas yang tersebar di dunia, pun termasuk di Indonesia mengingat negara ini memiliki aneka ragam budaya, serta masyarakat dengan minat dan kesukaan berbeda - beda.

Komunitas Petani dan Peternak

Bagi petani dan peternak merupakan salah satu jenis kegiatan bekerja yang banyak ditemui di Indonesia, selain karena keuntungan yang diberikan tak main-main. Komunitas ini muncul karena adanya ketertarikan dan kebutuhan pada dunia pertanian atau peternakan. Lewat komunitas, para anggota bisa saling berbagi informasi dan memberi dukungan.

Komunitas Pedagang

Adapun pasar yang ada di Indonesia tumpah ruah dan nyaris di setiap tempat ada, tak pelak hal itu membuat banyaknya bermunculan komunitas pedagang. Bagi para pedagang yang ingin berbagai informasi mengenai sesuatu, atau ingin cepat mendapat info dari pasar tempat mereka berdagang.

Komunitas Seni

Dalam bidang seni menjadi salah satu bidang yang banyak digemari dan ditekuni masyarakat Indonesia pada umumnya. Termasuk seni musik, tari, lukis dan lain sebagainya, para anggota di komunitas ini bisa menyalurkan bakat dan kemampuan mereka atau sekadar berbagi pengalaman.

Komunitas Gamers

Sebuah permainan game dalam dewasa ini sudah tak lagi dipandang sebelah mata, selain karena bisa menghasilkan uang jika ditekuni. Karena itulah banyak orang beralih profesi menjadi seorang gamers, komunitas game muncul karena minat dan ketertarikan para gamers terhadap suatu game tertentu atau secara umum.


Demikianlah artikel yang berjudul Cara Membuat Komunitas Dengan Mudah. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Pustaka Pengetahuan mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.


Bahan bacaan lainnya, dapat membantu tugas sekolah klik Berbagai Reviews

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm 

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel  

Media sosial silahkan klik facebook

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar