Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Selasa, 09 Agustus 2022

Konsep Gotong Royong

| Selasa, 09 Agustus 2022
pengertian gotong royong


Apa itu Gotong Royong

Sebagai masyarakat yang hidup di negara Indonesia, tentu perlu memahami tentang gotong royong yang sudah berkembang dari zaman dulu. Apalagi sering kita lihat disekitar rumah atau perkampungan, warga secara bersama - sama membersihkan jalan, membersikan got dan sebagainya.

Masyarakat menyebutnya sebagai kegiatan gotong - royong atau kerja bakti. Kegiatan tersebut, tentunya sudah dikenalkan serta di ajarkan oleh para orang tua kepada anaknya sejak dari kecil. Kita hidup bermasyarakat di nusantara Indonesia, tentunya membuat seseorang tak jauh dari kegiatan gotong royong atau kerja bakti.

Kegiatan gotong royong merupakan salah satu ciri khas masyarakat bangsa Indonesia. Kegiatan gotong royong ini, dapat mempersatukan warga dari berbagai golongan. Sehingga dapat meningkatkan persatuan. Sebagaimana tertuang dalam pancasila yaitu sila ke 3 yang berbunyi persatuan Indonesia. Kegiatan gotong royong menjadi kepribadian bangsa dan merupakan budaya yang telah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat. Dan juga, sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat yang hampir semua daerah di Indonesia menanamkan nilai gotong royong.

Dengan adanya kesadaran setiap elemen dan lapisan masyarakat dalam menerapkan perilaku gotong royong maka hubungan persaudaraan atau silaturahmi akan semakin erat. Memahami sikap gotong royong itu seharusnya dimiliki seluruh elemen atau lapisan masyarakat yang ada di Indonesia.


Pengertian Gotong Royong

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Jika berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menyatakan bahwa gotong royong memiliki arti bekerja bersama-sama. Seperti tolong menolong, maupun bantu membantu diantara anggota dalam suatu komunitas.

Sakjoyo dan Pujiwati Sakjoyo

Menurut sakjoyo dan Pujiwati Sakjoyo mengemukakan pengertian gotong royong merupakan adat istiadat tolong menolong antara warga dalam berbagai macam lapangan aktivitas sosial, baik berdasarkan hubungan tetangga kekerabatan yang berdasarkan  efisien yang sifatnya praktis dan ada pula aktifitas kerja sama yang lain.

Koenjaraningrat

Menurut Koenjaraningrat, gotong royong adalah suatu konsep yang erat sangkut pautnya dengan kehidupan masyarakat sebagai petani pada masyarakat agraris. Gotong royong merupakan suatu sistem pengarahan tenaga tambahan dari luar keluarga untuk mengisi kekurangan dalam rangka aktifitas produksi bercocok tanam.

Mubyarto 

Sedangkan pengertian gotong royong menurut Mubyarto adalah kegiatan bersama untuk mencapai tujuan bersama.


Tujuan dan Manfaat Gotong Royong

Tujuan Gotong Royong

MelakukankKegiatan gotong royong merupakan prilaku yang mencerminkan kebersamaan yang tumbuh dalam lingkungan masyarakat. Dengan adanya kegiatan gotong royong, membuat masyarakat mau bekerja secara bersama - sama untuk membantu orang lain atau untuk membangun fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan bersama. Berikut sejumlah tujuan gotong royong, di antaranya:
  • Mengajak setiap individu untuk bekerja sama dalam memecahkan suatu permasalahan ataupun menjaga suatu lingkungan.
  • Meningkatkan tali persausdaraan dan kebersamaan antar warga.
  • Membuat warga agar lebih kompak serta saling mengenal satu sama lain.
  • Membuat suatu pekerjaan agar menjadi lebih ringan.
  • Mempererat rasa kesatuan dan persatuan.
  • Menghemat pengeluaran dan mempercepat suatu pekerjaan.
  • Membuat setiap pekerjaan menjadi lebih ringan.
  • Dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.
  • Untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama, karena dengan gotong royong, bisa berkumpul dengan tetangga.


Manfaat Gotong Royong

Kegiatan gotong royong mengajari setiap orang untuk bekerja sama untuk menyeleseikan pekerjaan. Pekerjaan atau masalah dapat secara bersama - sama diseleseikan secara musyawarah. Pekerjaan tersebut tentunya bersifat positif dan untuk kepentingan bersama. Berikut ini, beberapa manfaat gotong royong yaitu:
  • Dapat terjalinnya rasa solidaritas dalam lingkungan masyarakat
  • Meningkatnya persatuan dan kesatuan
  • Keamanan lingkungan semakin terjamin, dengan rasa persaudaraan dan kebersamaan serta saling kenal di antara warga akan memudahkan jika ada pendatang baru ataupun tamu asing yang mencurigakan.
  • Maka ketentraman dan kedamaian akan diperoleh jika antar sesama warga saling peduli dan saling membantu dengan warga lainnya.
  • Gotong royong tidak mengenal perbedaan, sehingga ketika di laksanakan semua akan terasa sama.
  • Menjadikan lingkungan masyarakat dapat menjadi bersih dan terjaga.
  • Menjalin rasa solidaritas dalam lingkungan masyarakat.
  • Agar lingkungan kita dapat dirasakan kebersihan dan keindahannya
  • Agar kehidupan bermasyarakat itu lebih baik dengan diadakannya gotong royong


Nilai dan Karakteristik Gotong Royong

Nilai Gotong Rotong

Dalam kegiatan gotong royong ada berbagai macam nilai yang dapat kita pahami. Berikut ini beberapa nilai - nilai dalam gotong royong, yaitu ;
  • Nilai kebersamaan, gotong royong mencerminkan kebersamaan yang tumbuh dalam lingkungan masyarakat.
  • Nilai persatuan, yaitu kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong sekaligus melahirkan persatuan antar anggota masyarakat.
  • Nilai rela berkorban, yaitu dalam gotong royong mengajari setiap orang untuk rela berkorban tanpa pamrih. Bentuk pengorbanan tersebut dapat berbentuk apapun, mulai dari berkorban waktu, tenaga, pemikiran, hingga uang.
  • Nilai tolong menolong, gotong royong membuat masyarakat saling bahu-membahu untuk menolong satu sama lain.
  • Nilai sosialisasi, gotong royong dapat membuat manusia kembali sadar jika dirinya adalah maskhluk sosial. 

Karakteristik Gotong Royong

Berikut karakteristik gotong royong yang dapat kita pahami, di antaranya :
Sebagai sifat dasar bangsa Indonesia yang menjadi unggulan bangsa dan tidak dimiliki bangsa lain.
Terdapat rasa kebersamaan dalam setiap pekerjaan yang dilakukan. Sebagai bahan pertimbangan bahwa nilai-nilai kebersamaan yang selama ini ada perlu senantiasa dijunjung tinggi dan dilestarikan agar semakin lama tidak semakin memudar.

Memiliki nilai yang luhur dalam kehidupan.

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, karena di dalam kegiatan gotong-royong, setiap pekerjaan dilakukan secara bersama-sama tanpa memandang kedudukan seseorang tetapi memandang keterlibatan dalam suatu proses pekerjaan sampai sesuai dengan yang diharapkan. Mengandung arti saling membantu yang dilakukan demi kebahagiaan dan kerukunan hidup bermasyarakat. Suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama - sama dan sifatnya sukarela tanpa mengharap imbalan apapun dengan tujuan suatu pekerjaan atau kegiatan akan berjalan dengan mudah, lancar dan ringan.


Jenis Gotong Royong

Ada berbagai jenis gotong royong yang dapat kita lihat, seperti:

Kerja bakti

Kerja bakti adalah salah satu kegiatan yang dilakukan secara bersama - sama dalam suatu lingkungan sosial masyarakat sekitar tempat tinggal atau domisili. Kegiatan kerja bakti ini, merupakan suatu wujud untuk bisa meningkatkan rasa saling tolong menolong dan peduli antar sesama dan lingkungan.

Membantu korban bencana (Tanggap Bencana)

Tanggap bencana merupakan sebuah rasa peduli   dari masyarakat untuk saling bekerja sama dalam kondisi terkena suatu musibah. Kegiatan tanggap bencana tersebut terbentuk dari rasa peduli masyarakat sekitar guna membantu sesama yang sedang berada dalam keadaan sulit.

Kegiatan panen raya

Panen raya merupakan kondisi musim panen dengan skala besar dari seluruh jenis pertanian. Musim panen ini umumnya terjadi dalam jangka waktu satu tahun dua kali atau tergantung pada jenis tanaman yang ditanamnya.

Musyawarah

Musyawarah merupakan sebuah media guna mencapai mufakat dan berkumpul dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah dan mengambil suatu keputusan secara bersama-sama. Dengan adanya musyawarah, masyarakat dapat saling bertukar pikiran dan pendapat dengan tujuan mencapai mufakat yang diharapkan serta saling menguntungkan semua pihak.

Contoh Gotong Royong 

Ada beberapa contoh gotong royong yang dapat kita lihat, diantaranya adalah :
  • Masyarakat bahu - membahu menolong korban bencana alam
  • Warga kerja bakti membersihkan lingkungan.
  • Warga membantu membangun rumah warga yang terkena musibah.
  • Warga gotong royong dalam membangun fasilitas umum di lingkungan sekitar, seperti jalan atau jembatan.
  • Saling membantu warga masyarakat yang terkena musibah.


Demikianlah artikel yang berjudul "Konsep Gotong Royong". Apabila ada kesalahan ataupun kekurangan artikel tersebut. Kami selaku pustakapengetahuan.com mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan komentar untuk kemajuan artikel ini yang akan datang. Terima kasih dan semoga artikel ini bermanfaat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar