Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Jumat, 12 Agustus 2022

Bahan Pangan Nabati Lengkap Pengertian dan Contohnya

| Jumat, 12 Agustus 2022
pengertian bahan pangan nabati


Pada tubuh manusia sangat membutuhkan asupan makanan yang sehat dan kaya nutrisi, sehingga kita bisa beraktifitas dengan baik. Diantara sumber pangan tersebut bisa berasal protein nabati yang berguna bagi tubuh.

Maka dari itu, bahan pangan merupakan salah satu sumber makanan yang menjadi kebutuhan utama bagi kehidupan makhluk hidup, terutama manusia. Manusia yang sebagai makhluk hidup membutuhkan bahan pangan sebagai sumber nutrisi yang akan membantu pertumbuhan dan memberikan energi untuk melakukan berbagai aktifitas kegiatan sehari  -  hari. Bahan pangan manusia dapat kita kelompokkan menjadi dua, yaitu bahan pangan nabati dan bahan pangan hewani. Bahan pangan tersebut, menjadi sumber makanan yang sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai asupan makanan yang sehat dan bernutrisi. 

Pada artikel kali ini, pustakapengetahuan.com hanya akan menjelaskan seputar bahan pangan nabati. Untuk itu, silahkan dibaca dan pahami ulasan dibawah ini.


Pengertian Bahan Pangan Nabati 

Bahan pangan nabati adalah bahan - bahan makanan yang berasal dari tanaman atau tumbuhan baik berupa akar, batang, dahan, daun, bunga, buah maupun beberapa bagian dari tanaman, hingga keseluruhan dari tanaman) yang dapat dikonsumsi oleh makhluk hidup terutama manusia

Sebagai contohnya : beras, kedelai , gandum, kacang-kacangan, tahu, tempe, sayur,sayuran.


Jenis Bahan Pangan Nabati

Adapun jenis bahan pangan dapat terbagi menjadi dua. 

1. Bahan pangan yang berasal dari tanaman hortikultura.

Tanaman hortikultura merupakan tanaman yang dihasilkan dari proses budidaya pertanian baik secara manual maupun secara modern. Tanaman hortikultura atau tanaman yang dibudidayakan ini memiliki beberapa ciri, yaitu dapat mudah busuk, memerlukan ruangan yang besar dalam proses penanamannya, panen secara musiman, serta memerlukan lokasi tanam yang sesuai. Sebagai contoh tanaman hortikultura yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan yaitu buah - buahan dan sayur - sayuran.

2. Sedangkan jenis yang kedua yaitu tanaman pangan. 

Tanaman pangan merupakan berbagai jenis tanaman yang banyak mengandung karbohidrat dan protein yang bermanfaat, sebagai sumber makanan utama manusia, yang mendukung untuk keberlangsungan hidup.

Contoh tanaman pangan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan manusia, yaitu berbagai tanaman serealia, umbi - umbian dan kacang - kacangan.


Contoh Bahan Pangan Nabati

Adapun beberapa contoh - contoh bahan pangan nabati , antara lain :

a. Serealia


contoh bahan pangan nabati


Serealia merupakan salah satu tanaman yang mengandung protein, dapat dijadikan bahan pangan berasal dari jenis tanaman biji - bijian. Tanaman atau tumbuhan ini, dapat dibudidayakan sebagai sumber makanan pokok bagi keberlansungan hidup manusia.

Tanaman biji - bijian mengandung nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, mineral, serta memiliki kandungan vitamin, seperti vitamin E dan vitamin B. Adapun beberapa contoh tanaman serealia, yaitu beras, jagung, gandum, sorgum, dan barley.


b. Kacang - kacangan


contoh bahan makanan nabati


Tanaman pangan selanjutnya yaitu kacang - kacangan. Kacang - kacangan merupakan sebutan untuk biji - bijian yang berukuran relatif lebih besar dibandingakan dengan serealia, yang dapat digunakan sebagai bahan pangan bagi makhluk hidup terutama manusia. Kacang - kacangan yang dihasilkan oleh tanaman, memiliki banyak kandungan serat, protein, lemak yang menyehatkan, mineral, dan vitamin, terutama vitamin E. 

Adapun beberapa contoh dari jenis kacang - kacangan , yaitu kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai, kacang almond, kacang mete, dan kacang pinus.


c. Buah - buahan


contoh bahan pangan nabati


Buah - buahan merupakan bahan pangan yang terkenal memiliki rasa enak dan segar. Dan juga, buah - buahan banyak mengandung nutrisi yang berguna bagi tubuh manusia, seperti mineral, serat, serta berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin C.

Adapun beberapa contohnya, yaitu apel, nanas, mangga, jambu, manggis, pisang, jeruk, melon, dan semangka.


d. Umbi - umbian

contoh bahan pangan nabati


Umbi - umbian merupakan salah satu jenis tanaman dengan batang yang menebal untuk mengumpulkan dan menyimpan zat cadangan makanan di dalam batang yang tumbuh di bawah tanah dan dapat juga menjadi bahan pangan bagi makhluk hidup, termasuk manusia. Umbi-umbian menjadi salah satu sumber bahan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat atau pati, serat, vitamin, mineral, protein, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, dan lainnya.

Adapun beberapa contoh umbi - umbian yaitu kentang, singkong, talas, ubi jalar, bawang, bawang, dan bengkoang.


e. Sayur - sayuran


contoh bahan pangan nabati


Sayur - sayuran dapat menjadi salah satu bahan pangan dengan gizi yang baik bagi tubuh manusia. Pada setiap sayuran mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin, mineral, serat, kalsium, kalium, zat besi, dan folat.

Adapun beberapa contohnya, yaitu sawi, bayam, terong, kangkung, selada, kol, buncis, dan mentimun.


Kelebihan Bahan Pangan Nabati

Sebagai bahan pangan nabati memiliki kelebihan dibanding dengan bahan pangan hewani, antara lain: 

  • Bahan pangan nabati umumnya kaya akan sumber karbohidrat, vitamin, mineral, lemak, dan protein. 
  • Dari segi ketahanan daya simpan, bahan pangan nabati memiliki daya simpan yang jauh lebih panjang daripada bahan pangan hewani. Hal tersebut, terkait dengan struktur jaringannya
  • Bahan pangan nabati bersifat solid, sehingga tidak mudah terpenetrasi oleh faktor tekanan dari luar.

Manfaat Bahan Pangan Nabati

Bahan pangan nabati mengandung protein yang sangat bermanfaat bagi tubuh untuk mendukung dari segala kegiatan manusia. Bahan pangan yang mengandung protein menjadi pembentuk 20 persen dari bagian tubuh serta memiliki peran penting untuk memperbaiki jaringan tubuh, membangun otot, menghasilkan hormon, enzim dan lainnya. 

Adapun beberapa manfaat dari bahan pangan nabati, antara lain :
  • Menjaga berat badan
  • Meningkatkan performa olahraga
  • Membuat tubuh menjadi lebih sehat
  • Menurunkan resiko penyakit jantung
  • Menurunkan risiko penyakit kanker
  • Menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2


Demikianlah artikel yang berjudul Bahan Pangan Nabati Lengkap Pengertian dan Contohnya. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Pustaka Pengetahuan mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar