Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Sabtu, 18 Juni 2022

Kerajinan Dari Bahan Limbah Keras Organik

| Sabtu, 18 Juni 2022

Kerajinan bahan limbah keras organik merupakan kerajinan yang dibuat dari produk sisa buangan industri (limbah) yang sifatnya padat, keras, tidak mudah untuk diubah dan diolah bentuknya, akan tetapi dapat terurai secara alami.

Berikut ini merupakan beberapa contoh produk kerajinan dari bahan limbah keras organik, antara lain ;

a. Kerajinan dari Tempurung Kelapa.


kerajinan dari bahan limbah keras organik


Tempurung kelapa merupakan hasil buangan limbah dari industri santan atau minyak kelapa yang dapat dijadikan produk lain. Bagi orang - orang kreatif, tempurung kelapa atau sering disebut juga batok kelapa yang awalnya dianggap sebagai sampah yang mengotori lingkungan dapat diubah menjadi produk kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi.

Dari limbah tempurung kelapa bisa dihasilkan berbagai souvenir pernikahan, perabotan rumah tangga, seperti sendok sayur, tempat minum, gayung air, asbak rokok, dan piring. Selain itu tempurung kelapa juga bisa dibuat berbagai aksesori seperti kalung, pigura, miniatur kendaraan, dan ukiran.

Cara Membuat Kerajinan Tempurung Kelapa

Berikut ini langkah - langkah membuat kerajinan dari tempurung kelapa perlu diperhatikan hal - hal berikut ini ;

  1. Memilih batok atau tempurung kelapa yang sudah benar - benar tua dan kering dengan ciri bagian potongannya berwarna kehitaman.
  2. Lalu bersihkan serabut kasar di permukaan tempurung kelapa menggunakan pecahan kaca atau pisau. Lakukan langkah ini dengan hati-hati.
  3. selanjutnya, bersihkan sisa serabut halus pada permukaan tempurung menggunakan kertas pasir (amplas kasar), kemudian gunakan amplas halus untuk menghaluskan permukaan tempurung secara merata.
  4. Jika ingin permukaan tempurung mengilap, kita dapat menggosok permukaan tempurung menggunakan daun kering secara berulang sampai terlihat mengilap. Cara lain yang bisa ditempuh dengan mengecatnya menggunakan cat pernis.
  5. Lakukan pemotongan tempurung sesuai dengan pola kerajinan yang akan dibuat menggunakan gergaji besi.
  6. Pilihlah salah satu jenis kerajinan yang dapat dibuat dari tempurung kelapa, misalnya gantungan kunci. Maka langkah pertama yang dilakukan untuk membuat gantungan kunci dari tempurung kelapa adalah memotong tempurung kelapa sesuai pola gantungan kunci yang diinginkan.
  7. Setelah itu, setiap potongan dihaluskan dengan gerinda, kemudian beri lapisan vernis dan jemur hingga kering. 
  8. Langkah selanjutnya, beri lubang dan sematkan besi gantungan kunci.


b. Kerajinan Cangkang Kerang

Ada beberapa jenis kerang dengan beraneka ragam bentuknya hidup di perairan Indonesia yang kaya sumberdaya alamnya. Kerang atau yang bahasa latinnya disebut dengan molusca, merupakan hewan air yang memiliki cangkang. Mulusca dengan cangkangnya yang keras itu tidak ikut diproses produksi ataupun dikonsumsi oleh manusia. Sehingga cangkang itu akan dibuang dan menjadi limbah jika dibiarkan begitu saja. Melalui tangan - tangan orang kreatif, limbah cangkang - cangkang kerang tersebut dapat dioleh menjadi produk kerajinan yang menghasilkan nilai jual tinggi ataupun untuk kegunaan sendiri. 

Limbah cangkang kerang merupakan bahan kerajinan yang unik dan disukai banyak orang. Conto produk kerajinan yang dihasilkan dari limbah cangkang kerang adalah mainan, penghias pigura foto, tutup lampu, kotak perhiasan, dan sebagainya, tergantung dari ukuran dan bentuk produk kerajinan cangkang kerang, dengan rincian sebagai berikut.

  • Cangkang kerang yang berukuran kecil dan pipih dapat dibuat sebagai pelapis tempat sabun, penghias pigura foto atau cermin, kap lampu, kotak perhiasan, dan aneka lampu.
  • Cangkang kerang yang berukuran sedang dapat dijadikan sebagai tirai, replika hewan, bunga, dan miniatur bangunan.

Berikut ini adalah benda kerajinan yang dihasilkan dari limbah cangkang kerang.


kerajinan dari bahan limbah keras


a) hiasan kerang; 

b) tempat tisu yang dihiasi kerang; 

c) gantungan kunci dari kulit kerang; 

d) kap lampu dari kerang.


Bahan kerajinan dari Cangkang Kerang

  • Bahan - bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan cangkang kerang adalah cangkang kerang dari kulit jantan dan bahan tambahan lain seperti logam, keramik, dan sebagainya. Beragam kerang yang dimanfaatkan dapat beragam bentuknya, seperti kerang dara, kerang hijau, kerang lokan, kerang remis, dan kerang tiram.
  • Bahan - bahan tersebut dapat dipadukan dengan berbagai hiasan seperti logam perak, manik-manik, dan mata-mataan untuk bentuk hewan. Cangkang kerang betina adalah jenis bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat kerajinan. Hal itu karena cangkang kerang betina bersifat lebih lebar, tebal, dan tidak mudah rapuh dibanding cangkang kerang jantan.

Alat Pembuatan Kerajinan Cangkang Kerang

Berikut ini alat pembuatan kerajinan kerang di antaranya ;

  • amplas
  • kikir
  • lem tembak
  • mesin gerindra

Selain mengamplas dan mengikirnya, ada juga yang menggunakan mesin gerinda untuk menghaluskan atau membuang bagian yang tidak perlu.

Cara Membuat Kerajinan Cangkang Kerang

Langkah pertama yakni, limbah cangkang kerang harus diproses terlebih dahulu sebelum dapat digunakan menjadi bahan kerajinan. Adapun proses pengolahan bahan limbah keras cangkang kerang setelah diambil dari pantai atau tempat lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Awalnya cangkang kerang dipilah - pilah sesuai ukuran dan bentuknya.
  2. Lalu cangkang kerang dicuci dengan menggunakan air mengalir dan direndam dalam larutan natrium soda, agar sisa-sisa daging cangkang kerang dan kotoran, serta bau yang ada di dalam cangkang kerang dapat larut.
  3. Setelah itu, keringkan cangkang kerang dengan pengering, tidak menggunakan sinar matahari langsung, agar kualitas cangkang kerang tetap terjaga dengan baik.
  4. Selanjutnya, persiapan bahan baku cangkang kerang dengan cara dikikir, diamplas, ataupun dipotong sesuai kebutuhan.
  5. Akhirnya, cangkang kerang siap dibuat produk kerajinan sesuai desain yang telah dibuat.


c. Kerajinan Tempat Pensil dari Rotan.


kerajinan dari bahan limbah keras organik

Limbah keras dari rotan yaitu hasil limbah dari industri kerajinan rotan. Seperti rotan - rotan yang berukuran kecil atau pendek sisa pemotongan. Dari sisa industri kerajinan rotan ini dapat diolah kembali menjadi produk kerajinan yang unik dan kreatif. Sehingga menghasilkan daya jual yang bernilai bagi masyarakat.

Alat dan bahan 

Berikut ini merupakan bahan dan alat pembuatan tempat pensil dari rotan :

Bahan dan alat:

  • Limbah rotan
  • Gunting
  • Cetakan (gelas)
  • Pernis
  • Cat
  • Kuas

Cara pembuatan tempat pensil dari rotan

Berikut ini langka - langkah pembuatan tempat pensi dari rotan, antara lain ;

  1. Langkah awal, menyiapkan limbah rotan tersebut.
  2. Lalu rendam dalam suatu mangkuk, hal tersebut dikerjakan agar rotan tak gampang patah ketika kita membentuknya.
  3. Dapat pula memberikan pewarna, agar rotan tampak bagus, tunggulah beberapa saat ya agar airnya menyerap, serta lentur. Hal ini, dikerjakan agar lebih aman, dari sayatan rotan yang keras ke kulit kita.
  4. Ambillah bilah rotan sejumlah 3 lembar, ukuran panjang 4 cm, Di bagian 2 lembar tambahkan 1 lembar yang panjang untuk jadikan pakan (rotan yang jalan).
  5. Buat sumbu yang diawali di bagian tengah, melilit sebagaimana obat nyamuk. Bila telah 3 putaran, bukalah jaring-jaring untuk mengawali anyaman.
  6. Saat telah meraih lingkaran yang dikehendaki, awalilah dengan menegakkan jari-jari (lungsin), supaya terbentuk anyaman 3 dimensi. Bila habis, rotan bisa ditambah lewat cara menyelipkan saja.
  7. Jika telah berdiri, awalilah melilitkan kembali pakan sampai meraih tinggi serta bentuk yang dikehendaki. Lalu, selipkan cetakan supaya bentuk bisa tampak rapi. terus saja kalian lilit hingga benar-benar terbentuk, pelaksanaan nya yang rapi, buat dengan hati-hati, janganlah hingga sisi rotan itu menusuk kulit kita.
  8. Teruskan anyaman sampai ketinggian tertentu yang dikehendaki, lalu buat bentuk sesuai dengan yang sudah anda tentukan.
  9. Untuk hasil akhir, pernis rotan dan percantik rotan dengan warna - warni yang menarik.

Demikianlah artikel yang berjudul "Kerajinan dari bahan limbah keras organik " yang dapat disampaikan. apabila ada kesalahan ataupun kekurangannya, pustakapengetahuan.com mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan ataupun komentar yang dapat memperbaiki untuk masa yang akan datang. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar