Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Jumat, 19 Juni 2020

Pengertian Rantai Makanan Beserta Jenis - Jenis dan Contoh - Contoh Rantai Makanan

| Jumat, 19 Juni 2020
contoh rantai makanan


Rantai makanan merupakan sebuah peristiwa makan dan dimakan antara sesama makhluk hidup dengan urutan-urutan tertentu. Dalam suatu rantai makanan terdapat makhluk hidup yang mempunyai peran sebagai produsen, konsumen, dan sebagai dekomposer (pengurai). Pada kejadian rantai makanan terjadi suatu proses makan dan dimakan dalam suatu urutan tertentu. 

Rantai makanan merupakan salah satu materi yang dipelajari dalam pelajaran biologi. Dalam proses belajar rantai makanan, ada makhluk hidup yang berperan sebagai produsen dan konsumen. Untuk mempermudah proses belajar mengenai rantai makanan, biasanya akan diberikan ilustrasi pendukung yang menjelaskan prosesnya. Untuk lebih jelas mempelajari rantai makanan, berikut penjelasan dan jenis-jenis rantai makanan.


Pengertian Rantai Makanan

Rantai makanan ialah proses makan dan dimakan yang terjadi pada makhluk hidup secara linier untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Rantai makanan juga dapat diartikan sebagai tingkatan atau urutan makan dan dimakan antara makhluk hidup. Rantai makanan ini menjadi bagian ekosistem yang tidak bisa dipisahkan. Hal ini disebabkan karena ekosistem selalu terdiri dari kumpulan banyak spesies.

Rantai makanan adalah perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan melalui seri organisme atau melalui jenjang makan. Rantai makanan merupakan bagian dari jaring-jaring makanan, di mana rantai makanan bergerak secara linear dari produsen ke konsumen teratas. Panjang rantai makanan ditentukan dari seberapa banyak titik yang menghubungkan antar tingkatan trofik. Pada setiap tahap pemindahan energi, 80%–90% energi potensial kimia hilang sebagai panas, karena itu langkah-langkah dalam rantai makanan umumnya terbatas 4-5 langkah saja. Dengan kata lain, semakin pendek rantai makanan semakin besar pula energi yang tersedia pada setiap suksesi level.


Tingkatan Rantai Makanan

Setiap tingkat dari rantai makanan dalam sebuah ekosistem disebut juga dengan tingkat trofik. Berikut penjelasannya :

Produsen

Produsen adalah makhluk yang mampu membuat makanannya sendiri. Dalam rantai makanan, yang menduduki posisi sebagai produsen adalah tumbuhan dan fitoplankton.

Konsumen

Konsumen dalam rantai makanan berarti makhluk hidup yang mendapatkan makanan dari pihak produsen.
  • Konsumen tidak dapat mengolah makanannya sendiri, mereka hanya melakukan kegiatan konsumsi. Posisi konsumen dalam rantai makanan terbagi menjadi beberapa kelas. Konsumen I diduduki oleh hewan herbivora yang memakan tumbuh-tumbuhan. 
  • Konsumen II diisi oleh hewan karnivora yang memakan daging. Posisi konsumen III diduduki oleh omnivora atau pemakan segala.
Dekomposer

Tidak hanya konsumen dan produsen, ada pula posisi dekomposer atau pengurai. Posisi dekomposer diisi oleh bakteri dan jamur.


Jenis - Jenis Rantai Makanan

1. Rantai makanan perumput

Rantai makanan perumput memiliki nama lain grazing food chain. Rantai makanan perumput adalah rantai makanan yang dimulai dari tumbuh-tumbuhan sebagai produsen pada tingkat trofik pertama. Contoh rantai makanan perumput adalah rumput-belalang-kadal-burung elang.

Produsen diduduki oleh rumput. Konsumen I diduduki oleh belalang. Kemudian konsumen tingkat II dan tiga diisi oleh kadal dan burung elang.

Contoh lain dari rantai makanan perumput adalah rumput - belalang - katak - ular - elang - jamur. 

Posisi produsen dalam contoh rantai makanan kedua ini diduduki oleh rumput. Lalu konsumen dimulai dari belalang, katak, ular, elang, dan terakhir konsumen puncak akan diurai oleh dekomposer.

2. Rantai makanan parasit

Dalam pelajaran biologi, parasit merupakan istilah yang dilekatkan pada organisme hidup yang merugikan organisme lain. Pada rantai makanan jenis ini melibatkan posisi parasit yang merugikan inang.

Contoh rantai makanan parasit adalah kerbau - kutu - burung jalak - elang. 

Posisi produsen dalan rantai makanan ini diduduki oleh kerbau sebagai penghasil darah untuk kutu. Kutu menduduki posisi sebagai parasit yang merugikan kerbau karena menghisap darahnya dan menyisakan rasa gatal. Kemudian konsumen selanjutnya diikuti oleh burung jalak dan elang.

3. Rantai makanan detritus

Rantai makanan satu ini memposisikan detrivor sebagai organisme produsen. Detrivor merupakan organisme heterotrof yang mendapatkan energi dengan memakan sisa dari makhluk hidup. Penjelasan lebih jelas dari detritus adalah fragmen dari organisme yang telah mati dan sisa-sisa organisme. Sisa-sisa organisme ini dapat berupa kotoran organisme, ranting gugur, atau daun. Organisme detrivor sendiri meliputi cacing dan rayap.

Contoh rantai makanan detritus adalah sisa daun - kutu kayu - burung. 

Posisi produsen adalah sisa-sisa dari organisme berupa serpihan daun. Kemudian konsumen diduduki oleh kutu kayu dan kemudian dilanjutkan oleh burung.


4. Rantai makanan saprofit

Rantai makanan saprofit merupakan rantai makanan yang dimulai dari penguraian jasad mati. Penguraian ini dilakukan oleh bakteri dan jamur. Oraganisme saprofit merupakan organisme yang dapat mengurai sisa organisme yang telah mati. 

Contoh rantai makanan pada jenis saprofit dimiliki oleh kayu lapuk - jamur - ayam - rubah.


Contoh - Contoh Rantai Makanan

1. Rantai makanan di ekosistem sawah.

Padi - tikus - ular sawah - elang - dekomposer/pengurai.


2. Rantai makanan di ekosistem hutan.

Beri dan bunga - belibis - elang - pengurai

Rumput - marmut - beruang - pengurai


3. Rantai makanan di ekosistem padang rumput.

Rumput - kambing - harimau - pengurai

Rumput - belalang - ular - singa - pengurai


4. Rantai makanan di ekosistem laut.

Fitoplangton - zooplankton - ikan kecil - ikan besar - paus bergigi - pengurai


5. Rantai makanan di ekosistem padang es/kutub utara dan selatan.

Tanaman di padang es  - kelinci kutub - rubah - serigala - pengurai


6. Rantai makanan di ekosistem sungai.

Tumbuhan - alga - ikan - burung bangau - buaya - pengurai

Tumbuhan - alga - ikan - burung - kudanil - pengurai


Demikianlah artikel yang menjelaskan tentang "Pengertian Rantai Makanan Beserta Jenis - Jenis dan Contoh Rantai Makanan". Semoga melalui tulisan ini memberikan pemahaman kepada pembaca yang sedang mempelarinya. Pustaka Peengetahuan mengucapkan mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan tinggal tanggapan maupun kritikan yang sifatnya memperbaiki untuk yang akan datang. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, dapat membantu tugas sekolah klik Berbagai Reviews

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel

Media sosial silahkan klik facebook

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar