Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Rabu, 21 Agustus 2019

Peraturan Permainan Bulu Tangkis (Badminton), Pertandingan Tunggal, Ganda, Dan Penilaian Score Badminton.

| Rabu, 21 Agustus 2019
Peraturan bulutangkis (badminton) - pustakapengetahuan.com


Peraturan permainan Bulu Tangkis ditetapkan oleh Induk organisasi Bulu Tangkis Internasional IBF atau yang kini berganti nama menjadi BWF (Badminton World Federation). Ada dua kategori tunggal dan ganda dalam Bulu Tangkis. Masing-masing peraturan permainan Bulu Tangkis tunggal dan ganda adalah berbeda. Untuk itu, mari simak penjelasan singkatnya dan temukan perbedaannya.

Peraturan Pertandingan Tunggal

  • Sebelum pertandingan dimulai, pihak yang melakukan servis pertama kali telah ditentukan berdasarkan persetujuan wasit pula.
  • Pemain akan melakukan atau menerima servis dari bidang servis kanan hanya bila nilai pelaku servis 0 atau angka genap setelah pertandingan (2, 4, 6, dan seterusnya). Sedangkan, penerima atau pelaku servis dari bidang servis kiri dilakuakn jika nilai pelaku servis merupakan angka ganjil (1, 3, 5, dan seterusnya).
  • Kedua pemain yang bertanding akan mengubah bidang servis dari tempat masing-masing mereka berdiri, setiap kali sebuah angka dihasilkan dalam setiap pertandingan.


Peraturan Pertandingan Ganda

Beberapa peraturan pertandingan ganda adalah sebagai berikut;

  • Sebelum pertandingan dimulai, pihak yang melakukan servis pertama kali telah ditentukan dan penentuannya disaksikan oleh wasit pula.
  • Pemain di bidang servis kanan akan memulai pukulan servis kea rah lawan yang berdiri secara diagonal di hadapannya.
  • Hanya pemain yang berdiri diagonal dihadapan pelaku servislah yang dapat menerima shuttlecock. Jika terjadi kesalahan, misalnya shuttlecock hasil servis tersentuh atau dipukul oleh pemain pasangannya yang tidak berhadapan secara diagonal dengan pelaku servis, maka tim pelaku servislah yang mendapatkan angka.
  • Pukulan servis yang pertama dilakukan selalu dimulai dari bidang servis kanan.


Peraturan Penilaian

Terdapat beberapa peraturan permainan Bulu Tangkis perihal penilaian yang beberapa mungkin sudah banyak diketahui, antara lain:

  • Dalam permainan Bulu Tangkis, baik tunggal maupun ganda, penilaian terdiri atas 21 angka. Namun, jika terdapat angka yang sama mendekati angka penilaian, maka harus ditambah 2 poin. Misalnya, kedua belah pihak mendapatkan angka yang sama, yaitu 20-20, maka selisih poinnya harus 2.
  • Baik nomor tunggal ataupun ganda, pertandingan Bulu Tangkis terdiri dari 2 set. Jika tim Anda memenangkan 2 set secara langsung, maka Anda tidak membutuhkan tambahan set dan sudah jelas keluar sebagai pemenang. Namun, jika Anda menang pada set pertama dan kalah pada set kedua, maka ada tambahan satu set lagi sebagai penentuan pemenang pertandingan. Inilah yang dinamakan rubber game.


Peraturan Pemain

  • Servis dalam Bulu Tangkis juga memiliki peraturan yang wajib dipatuhi. Terkadang, ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan pemain ketika melakuakn servis.
  • Kesalahan yang dilakukan pemain yang berada pada sisi dalam lapangan atau pemain yang ditunjuk sebagai pelaku servis, bisa menggagalkan servis yang dilakukannya dan akan menambah poin bagi tim lawan.
  • Sedangkan, jika kesalahan dilakukan oleh pemain yang tang berada di sisi luar area servis atau sisi lapangan yang menerima servis, maka poin akan didapatkan bagi pelaku servis.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar