Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Rabu, 21 Agustus 2019

Lapangan Bulutangkis (Badminton), Ukuran Lapangan dan Sarana Prasarana Bulutangkis (Badminton).

| Rabu, 21 Agustus 2019
Lapangan Bulutangkis (Badminton) - pustakapengetahuan.com


Bulu tangkis, atau yang biasa juga disebut badminton, merupakan salah satu olahraga permainan yang membutuhkan raket dan shuttlecock untuk memainkannya. Bulu tangkis dapat dilakukan secara tunggal ataupun ganda. Olahraga bulu tangkis memang mirip dengan olahraga tenis. Namun bedanya olahraga ini tidak menggunakan lapangan sebesar tenis, dilakukan secara indoor dan lapangannya adalah lapangan non rumput. Raket dan bola yang digunakan pun juga berbeda. Walaupun gerakan tenis dan bulu tangkis hampir sama, yaitu menangkis dan memukul bola ke arah permainan lawan untuk mendapatkan poin kemenangan.


Bentuk Lapangan Badminton

Permainan badminton memiliki lapangan berbentuk persegi panjang yang terbagi dua menjadi bidang permainan yang saling berhadapan dan dipisahkan oleh sebuah net yang membentang di tengah. Setiap bidang terdapat beberapa garis permainan, diantaranya garis servis depan, garis servis tengah, garis servis samping (Untuk permainan tunggal) sisi kiri dan kanan, dan garis servis belakang (Untuk permainan ganda).

Garis-garis permainan lapangan badminton memilki ketebalan 40mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan. Warna garis yang disarankan adalah warna putih atau kuning. Permukaan lapangan badminton disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yg lunak dan sangat tidak dianjurkan permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain.


Ukuran Lapangan Bulutangkis (Badminton).


Ukuran Lapangan Bulutangkis (Badminton) - pustakapengetahuan.com


Ketetapan ukuran lapangan permainan badminton telah ditentukan oleh Federasi Badminton Internasional (IBF, International Badminton Federation) yang sekarang dikenal dengan nama Federasi Dunia Badminton (BWF, Badminton World Federation). Untuk di Indonesia dinaungi oleh PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia). Adapun ukuran internasional lapangan badminton standar internasional adalah :
  • Panjang lapangan badminton adalah 13,40 m
  • Lebar lapangan badminton 6,10 m
  • Jarak garis servis depan dari garis net 1,98 m
  • Jarak garis servis tengah dari garis samping lapangan 3,05 m
  • Jarak garis servis belakang (untuk permainan ganda) dari garis belakang lapangan 0,76 m
  • Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan 0,46 m
  • Tinggi tiang net 1,55 m
  • Tinggi net 1,52 m

Ukuran lapangan badminton mini yang biasa dipakai untuk anak usia di bawah 9 tahun sedikit berbeda yaitu ukuran panjang lapangannya adalah 10,05 meter sedangkan untuk lebarnya 4,40 meter.


Bidang Permainan Bulutangkis/ Badminton 

Setiap garis lapangan  di dalam permainan bulutangkis memiliki fungsinya masing-masing. Garis samping memiliki 2 garis (Luar dan dalam) dan garis belakang juga memiliki 2 garis (Luar dan dalam). Setiap permainan bulutangkis memiliki aturan yang berbeda antara partai tunggal dan partai ganda. 


Lapangan badminton pertandingan partai tunggal 


Lapangan badminton pertandingan partai tunggal - pustakapengetahuan.com


Dalam bidang permainan partai tunggal, lebar area permainan menggunakan garis lapangan samping bagian dalam dan untuk panjangnya menggunakan garis belakang bagian luar. Sedangkan area permainan partai ganda untuk lebar permainan menggunakan garis luar bagian samping dan untuk panjangnya menggunakan garis belakang bagian luar.

Bidang permainan, ukuran lapangan badminton untuk partai tunggal sebagai berikut: 
  • Panjang bidang permainan 13,40 m
  • Lebar bidang permainan 5,18 m
  • Panjang bidang penerima servis 4,72 m
  • Lebar bidang penerima servis 2,59 m


Lapangan badminton pertandingan partai ganda


Lapangan badminton pertandingan partai ganda - pustakapengetahuan.com


Dalam bidang permainan partai tunggal, lebar area permainan menggunakan garis lapangan samping bagian dalam dan untuk panjangnya menggunakan garis belakang bagian luar. Sedangkan area permainan partai ganda untuk lebar permainan menggunakan garis luar bagian samping dan untuk panjangnya menggunakan garis belakang bagian luar.

Adapun bidang, ukuran lapangan bulutangkis untuk permainan ganda adalah sebagai berikut: 
  • Panjang bidang permainan 13,40 m
  • Lebar bidang permainan 6,10 m
  • Panjang bidang penerima servis 3,96 m
  • Lebar bidang penerima servis 3,05 m


Garis lapangan badminton area servis 


Garis Lapangan Badminton Area Servis - pustakapengetahuan.com


Bidang area service permainan bulutangkis untuk partai tunggal adalah garis samping dalam dan garis belakang luar, sedangkan untuk area service untuk partai ganda adalah garis samping luar dan garis belakang bagian dalam.

Area servis lapangan badminton untuk pertandingan tunggal yaitu lebar 5,18 meter dan panjangnya 13,40 meter. Sedangkan area servis untuk pertandingan ganda berukuran 6,10 meter lebarnya dan 11,88 meter panjangnya.


Perlengkapan Dalam Permainan Bulu Tangkis.

Berikut ini merupakan beberapa perlengkapan yang digunakan dalam permainan bulu tangkis.

Jaring net


Jaring net bulutangkis (badminton) - pustakapengetahuan.com


Tiang net pada permainan olahraga bulu tangkis dipasang tepat pada tengah ujung garis samping lapangan bulu tangkis. Net ini terbuat dari tali halus berwarna gelap. Sudah dijelaskan di atas bahwa tinggi tiang net yaitu 1,55 meter. Kemudian untuk lengkapnya ukuran net tersebut panjang net 6,1 meter, lebar net 0,75 meter. Puncak net paling atas diberi batasan putih selebar 7,5 cm. Net merupakan kelengkapan permainan bulu tangkis yang juga sangat penting. Anda juga harus mengerti teknik dasar bulu tangkis agar dapat melakukan teknik netting dengan baik. Serta dapat melakukan smash keras ke area lapangan lawan dengan shuttlecock tidak menyangkut di net.

Raket




Raket secara tradisional terbuat dari bahan kayu. Sekarang ini pembuatan raket juga menggunakan bahan pilihan seperti alumunium atau logam ringan. Hampir seluruh raket pemain bulu tangkis profesional terbuat dari komposit serat karbon (plastik bertulang grafit).
Serat karbon mempunyai kekuatan hebat dalam perbandingan berat, kaku, serta memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Akan tetapi, beberapa model rendahan masih memakai baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan bahan raket.

Senar


Senar rakek - pustakapengetahuan.com


Senar adalah salah satu alat atau perlengkapan yang sangat diperhatikan dalam permainan bulu tangkis. Jenis senar mempunya beberapa ciri-ciri yang berbeda satu sama lainnya. Kuat dan koko atau keawetan senar tergantung pada kinrjanya. Umunya senar memiliki ketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb.

Kok (shuttlecock)


Kok (shuttlecock) - pustakapengetahuan.com


Bola yang digunakan dalam permainan bulu tangkis dinamakan dengan kok. Kok terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. Sekarang ini ada juga kok yang terbuat dari bahan plastik.

Sepatu




Perlengkapan yang dibutuhkan dalam permainan bulu tangkis selanjutnya adalah sepatu. Sepatu digunakan untuk melakukan percepatan sepanjang lapangan. Sepatu bulu tangkis memerlukan sol karet yang berfungsi untuk cengkraman yang baik. Selain itu, terdapat pula dinsing sisi yang bertulang pada sepatu yang berfungsi agar tahan lama selama tarik menarik yang dilakukan. Selain memberi dampak positif, sepatu juga memiliki dampak negatif berupa menyebabkan agak banyak stres atau ketegangan pada lutut dan juga pergelangan kaki.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.


Badminton (Bulutangkis)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar