Minggu, 11 Februari 2024

Istilah Tradisi Budaya Gotong Royong Setiap Provinsi Di Indonesia

| Minggu, 11 Februari 2024
tradisi gotong royong

Indonesia, negara kepulauan yang kaya akan keberagaman budaya dan tradisi, memiliki sebuah konsep yang merangkul jiwa solidaritas dan kerjasama atau gotong royong. Istilah ini tidak hanya sekadar kata, tetapi juga merupakan pilar utama dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas hingga Rote, semangat gotong royong mengalir sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Gotong royong, sebuah konsep yang merangkul semangat kerjasama dan solidaritas, menjadi salah satu pilar utama dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote, semangat gotong royong terus mengalir sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat di setiap provinsi Indonesia.

Mari kita telaah bagaimana setiap provinsi di Indonesia merayakan nilai-nilai gotong royong dengan cara yang khas dan beragam:

1. Aceh

tradisi gotong royong aceh

Di ujung barat Indonesia, di Provinsi Aceh, gotong royong dikenal dengan sebutan "Meunasah". Meunasah merupakan tradisi gotong royong yang dilakukan di desa-desa untuk kepentingan bersama seperti perbaikan masjid, jalan, atau kegiatan sosial lainnya.

2. Sumatera Utara

tradisi gotong royong sumatera utara

Di sini, gotong royong dikenal dengan nama "Panghulu". Panghulu merupakan tradisi gotong royong yang dipimpin oleh seorang kepala adat setempat untuk memperbaiki infrastruktur desa dan menjaga kebersihan lingkungan.

3. Sumatera Barat

tradisi gotong royong sumatera barat

Batobo merupakan tradisi gotong royong masyarakat Sijunjung, Sumatra Barat. Tradisi ini merupakan implementasi nilai kegotong-royongan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat setempat, yakni bertani. Anggota Batobo bergiliran mengerjakan sawah mereka yang tergabung dalam kelompok tersebut. Biasanya anggota Batobo terdiri dari 10 sampai 15 orang. Mereka bekerja mulai dari pagi hingga tengah hari.

4. Riau

Di Provinsi Riau, gotong royong dikenal dengan istilah "Musyawarah Mufakat". Musyawarah mufakat sering dilakukan untuk memecahkan masalah sosial atau ekonomi di tingkat desa atau kecamatan.

5. Jambi

Masyarakat Jambi memiliki tradisi gotong royong yang disebut "Masang Pulut". Masang Pulut adalah kegiatan membantu tetangga dalam menyelesaikan pekerjaan seperti panen padi atau perbaikan rumah.

6. Sumatera Selatan

Di sini, gotong royong dikenal dengan istilah "Moko". Moko sering dilakukan dalam bentuk kegiatan membersihkan lingkungan, perbaikan infrastruktur desa, atau membantu anggota masyarakat yang membutuhkan.

7. Bengkulu

Masyarakat Bengkulu menjalankan gotong royong dengan tradisi "Nyadran". Nyadran adalah kegiatan membersihkan dan merawat makam leluhur serta memberikan santunan kepada yang membutuhkan.

8. Lampung

Di Provinsi Lampung, gotong royong dikenal dengan sebutan "Sadar Bebaya". Sadar Bebaya sering dilakukan untuk membantu anggota masyarakat yang mengalami musibah atau kesulitan ekonomi.

9. Kepulauan Bangka Belitung

Masyarakat di sini menjalankan gotong royong dengan tradisi "Bersih Desa". Bersih Desa adalah kegiatan rutin membersihkan desa dari sampah dan menjaga kebersihan lingkungan.

10. Kepulauan Riau

Di Provinsi Kepulauan Riau, gotong royong dikenal dengan istilah "Kerja Bakti". Kerja bakti sering dilakukan untuk memperbaiki fasilitas umum seperti jalan, sekolah, atau masjid.

11. DKI Jakarta

Meskipun merupakan wilayah perkotaan yang padat, masyarakat Jakarta juga menjalankan gotong royong dalam bentuk kegiatan seperti "Senam Pagi Bersama" atau "Gotong Royong Lingkungan".

12. Jawa Barat

Di sini, gotong royong dikenal dengan istilah "Ngaliwet". Ngaliwet sering dilakukan dalam bentuk kegiatan membersihkan saluran air atau gotong royong bersama dalam kegiatan keagamaan.

13. Jawa Tengah

Masyarakat Jawa Tengah menjalankan gotong royong dengan tradisi "Arak-arakan". Arak-arakan adalah kegiatan bersama membawa barang-barang hasil bumi dari ladang ke desa dalam perayaan panen.

14. DI Yogyakarta

Di Yogyakarta, gotong royong dikenal dengan istilah "Gotong-royong Keraton". Gotong-royong Keraton sering dilakukan untuk membersihkan dan merawat lingkungan sekitar Keraton atau membantu pelaksanaan upacara adat.

15. Jawa Timur

Di sini, gotong royong dikenal dengan tradisi "Arisan". Arisan adalah kegiatan bersama-sama dalam bentuk tabungan kelompok yang kemudian digunakan untuk membantu anggota yang membutuhkan.

16. Banten

Masyarakat Banten menjalankan gotong royong dengan tradisi "Ngibing". Ngibing adalah kegiatan membersihkan lingkungan dan melakukan perbaikan bersama di desa atau kampung.

17. Bali

Di Pulau Dewata, gotong royong dikenal dengan istilah "Mepandes". Mepandes adalah kegiatan bersama mempersiapkan upacara adat atau merenovasi pura dan rumah ibadah lainnya.

18. Nusa Tenggara Barat

Masyarakat di sini menjalankan gotong royong dengan tradisi "Merarik". Merarik adalah kegiatan membantu tetangga yang akan melaksanakan pernikahan dengan mempersiapkan segala kebutuhan pernikahan.

19. Nusa Tenggara Timur 

Di sini, gotong royong dikenal dengan tradisi "Gotong Tamborin". Gotong Tamborin adalah kegiatan membantu tetangga yang sedang membangun rumah atau kegiatan sosial lainnya.

20. Kalimantan Barat

Masyarakat Kalimantan Barat menjalankan gotong royong dengan tradisi "Karungut". Karungut adalah kegiatan bersama dalam bentuk nyanyian dan tarian yang dilakukan saat membersihkan lingkungan atau merayakan panen.

21. Kalimantan Tengah

Di sini, gotong royong dikenal dengan istilah "Gawai". Gawai adalah kegiatan bersama dalam bentuk perayaan adat atau membantu sesama dalam kegiatan pertanian.

Setiap provinsi di Indonesia memiliki cerita unik tentang bagaimana gotong royong menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan mereka, mencerminkan keberagaman budaya yang memperkuat dan merajut keharmonisan dalam masyarakat.


Demikianlah artikel yang berjudul Istilah Tradisi Budaya Gotong Royong Setiap Provinsi Di Indonesia. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Pustaka Pengetahuan mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, dapat membantu tugas sekolah klik Berbagai Reviews 

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm 

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel 

Media sosial silahkan klik facebook 



Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar