Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Selasa, 01 Oktober 2019

Hari Kopi Internasional, International Coffe Day

| Selasa, 01 Oktober 2019

Hari Kopi Internasional (International Coffee Day) - pustakapengetahuan.com


Setiap tahun ke-1 dirayakan sebagai Hari Kopi Internasional untuk mengakui dan merayakan upaya semua orang yang terkait dengan bisnis kopi. Organisasi Kopi Internasional (ICO) menyelenggarakan dan meluncurkan hari kopi dunia pertama di 2015 di Milan.


Hari Kopi.

Hari Kopi adalah perayaan tahunan yang dirayakan pada tanggal yang berbeda-beda di setiap negara untuk merayakan kenikmatan minuman kopi sekaligus meningkatkan kepedulian terhadap petani kopi. Hari Kopi pertama kali diperingati pada tanggal 1 Oktober 2015 oleh Organisasi Kopi Internasional di Milan. Pada Hari Kopi, mereka berkampanye tentang perdagangan kopi yang adil serta kesejahteraan para petani kopi.Saat ini, berbagai bisnis di seluruh dunia menawarkan kopi secara gratis ataupun harga yang murah terutama kepada pelanggan loyal, hingga tawaran menarik mengenai kopi melalui jejaring sosial.

Setahun sebelumnya, pada tahun 2014 Organisasi Kopi Internasional memutuskan untuk merayakan Hari Kopi Internasional setiap tahun pada tanggal 1 Oktober. Hari ini juga dirayakan untuk menciptakan kesadaran tentang masalah petani kopi di seluruh dunia.


Sejarah Munculnya Hari Kopi Internasional.

Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kopi Internasional atau World Coffee Day. Awalnya, terdapat dua versi soal penanggalan Hari Kopi International. Sekitar 17 negara merayakan Hari Kopi International pada 29 September seperti Amerika Serikat (AS), Kanada, Jepang, Skotlandia, Ethiopia, Britania Raya, dan Australia. Namun, 1 Oktober disepakati menjadi International Coffee Day atau Hari Kopi Internasional. Hal ini disepakati berdasarkan sidang International Coffee Organization (ICO) pada Maret 2014. Sementara itu, perayaan Hari Kopi Internasional dirayakan pertama kali pada 1 Oktober 2015.

ICO merupakan organisasi antarpemerintah untuk kopi untuk menyatukan ekspor dan impor menghadapi tantangan perkopian dunia melalui kerja sama internasional. Selanjutnya, Hari Kopi Internasional diresmikan organisasi kopi Internasional di Kota London, Inggris pada 2015. Awalnya hanya terdapat 74 negara, namun kini telah terdiri atas 77 negara dan 24 asosiasi kopi tergabung dalam ICO.


Sejarah Kopi di Indonesia.


Sejarah Kopi di Indonesia - pustakapengetahuan.com


Peringatan Hari Kopi International bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kopi senusantara. Tak hanya itu, Hari Kopi Internasional juga dirayakan untuk mempromosikan beragam jenis kopi nusantara. Di masa awal bangsa Arab melakukan monopoli perdagangan biji kopi.

Memasuki abad ke-17 orang Eropa mulai mengembangkan perkebunan kopi. Orang Eropa tersebut kemudian membudidayakan kopi dan kemudian tersebar di berbagai penjuru bumi. Hasilnya, orang Eropa berhasil menggeser dominasi bangsa Arab dalam memproduksi kopi. Sementara itu di Indonesia sejarah kopi dimulai pada tahun 1969.

Saat itu Belanda masuk dan membawa kopi dari Malabar, India, ke Jawa. Orang Belanda membudidayakan tanaman kopi di Kedawung, sebuah perkebunan yang terletak dekat Batavia. Namun, budidaya kopi tersebut gagal karena gempa bumi dan banjir.

Hingga pada tahun 1907, Belanda mendatangkan spesies kopi lain yaitu Robusta. Hingga saat ini perkebunan kopi robusta ada di dataran rendah dapat bertahan. Kemudian, setelah kemerdekaan Indonesia, seluruh perkebunan kopi yang ada di Indonesia dinasionalisasi. Sehingga sejak saat itu Belanda tidak menjadi pemasok kopi dunia.


Penyambutan Hari Kopi Internasional.


Penyambutan Hari Kopi Internasional - pustakapengetahuan.com


Sejak 2014, Organisasi Kopi Internasional memutuskan untuk membuat Hari Kopi Sedunia pertama yang diselenggarakan di Milan dan setelah itu dirayakan setiap tahun. Dikutip dari sejumlah sumber, beberapa negara telah merayakan Hari Kopi Sedunia seperti Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Skotlandia, Ethiopia, Britania Raya, dan Australia.

Awalnya hanya terdapat 74 negara, namun kini telah terdiri atas 77 negara dan 24 asosiasi kopi tergabung dalam International Coffee Organization (ICO) atau Organisasi Kopi Internasional. Selain itu, perayaan ini juga menyatukan pecinta kopi dalam perayaan global untuk berbagi kecintaan mereka terhadap minuman tersebut dan mendukung jutaan petani yang mata pencahariannya bergantung pada kopi.

Namun tahun ini, Organisasi Kopi Internasional berupaya menyoroti keadaan para petani kopi. Ancaman yang mereka hadapi terhadap mata pencaharian mereka dan kebutuhan untuk mengambil tindakan kolektif.


Perayaan Hari Kopi Internasional di Indonesia.


Perayaan Hari Kopi Internasional di Indonesia - pustakapengetahuan.com


Pada tahun 2017, Presiden Joko Widodo turut serta merayakan Hari Kopi Internasional di Istana Bogor. Saat perayaan berlangsung, Jokowi mengungkapkan bahwa senang melihat pertumbuhan terkait bisnis kopi di sebagian besar wilayah Indonesia. Perkembangan tersebut terjadi berkat budaya minum kopi di kalangan anak muda yang kian meningkat.

Pada tahun 2018, Hari Kopi Internasional juga diselenggarakan di Sulawesi Selatan. Acara tersebut dirangkai dengan pameran dan kompetisi kopi. Tak hanya itu, pada tahun 2017, di Malioboro juga memeriahkan Hari Kopi Internasional dengan menyuguhkan 10.000 cangkir kopi.


Fakta tentang Kopi.

Hal - Hal yang perlu diketahui tentang kopi
  • Seorang penggembala kambing Ethiopia, Kaldi, pertama kali menemukan biji kopi di dunia.
  • Sesuai dengan laporan internasional, Kopi adalah komoditas yang paling diperdagangkan kedua di dunia setelah minyak.
  • Negara-negara bagian selatan mendominasi dalam produksi Kopi di India. Karnataka tumbuh 71% dari total produksi kopi di India sementara Kerala dan Tamil Nadu masing-masing tumbuh 21% dan 5% dari total produksi nasional.
  • Di Karnataka, Chikmagalur dikenal sebagai tanah kopi Karnataka karena pertama kali diperkenalkan di sini saja.
  • Dipercayai bahwa berbagai suku Ethiopia dulu memakan biji kopi dan kemudian mereka belajar menggunakannya sebagai minuman.
  • India adalah produsen kopi terbesar keenam di dunia setelah Brasil, Vietnam, Kolombia, Indonesia dan Ethiopia.
  • Pembeli utama produksi kopi India adalah Italia, Rusia dan Jerman.
  • Dua varietas kopi, Robusta (atau Coffea canephora) dan Coffea Arabica ditanam dalam skala besar di India.
  • Di India, 98% petani kecil menanam kopi di sekitar 4,54 lakh hektar lahan.
  • India menghasilkan 3,16 lakh ton kopi selama 2017-18 dan ekspor India adalah 3,92 lakh ton.


Organisasi Kopi Internasional (ICO).


Organisasi Kopi Internasional (ICO) - pustakapengetahuan.com


Organisasi Kopi Internasional (ICO) didirikan pada tahun 1963 di London. Tujuan utamanya adalah untuk mengatasi tantangan yang dihadapi sektor kopi dunia melalui kerja sama internasional. Pemerintah anggota ICO mewakili 98% dari produksi kopi dunia dan 67% dari konsumsi dunia.


Demikianlah ulasan tentang menara Saidah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar