Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Selasa, 26 Februari 2019

Pekerjaan yang Menghasilkan Barang dan Jasa, Lengkap Beserta Gambar.

| Selasa, 26 Februari 2019


Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan atau profesi yang dalam kegiatannya membuat atau mengolah sesuatu yang mana hasilnya tampak berupa barang dan dapat dijadikan uang. Berdasarkan jenis produk yang dihasilkan, pekerjaan dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu kelompok pekerjaan yang menghasilkan barang dan kelompok pekerjaan yang menghasilkan jasa.


Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah setiap pekerjaan yang pekerjanya dituntut untuk menghasilkan suatu produk nyata, berbentuk, dan dapat dipindahtangankan. Pekerja dalam hal ini bertindak selaku produsen sehingga ia baru akan memperoleh penghasilan ketika barang yang diproduksinya laku terjual. Berikut ini contoh pekerjaan yang menghasilkan barang serta barang yang dihasilkannya.


Percetakan menghasilkan buku


Percetakan menghasilkan buku - pustakapengetahuan.com


Percetakan adalah pekerjaan yang memproduksi secara masal tulisan atau gambar, biasanya menggunkan media tinta dan sebuah mesin cetak. Percetakan sendiri merupakan salah satu jenis pekerjaan yang menghasilkan barang. Barang yang dihasilkan dari percetakan ini pada umumnya buku, koran, majah-majalah dan lain sebagainya.

Peternak menghasilkan daging


Peternak menghasilkan daging - pustakapengetahuan.com


Selain petani, peternak juga termasuk pekerjaan yang menghasilkan barang. Barang yang para peternak hasilkan bisa berupa daging, susu, kulit hewan, bulu, atau produk perikanan. Mereka baru akan memperoleh penghasilan setelah produk peternakan yang dihasilkan telah laku terjual. 

Petani menghasilkan padi


Petani menghasilkan padi - pustakapengetahuan.com


Petani termasuk contoh pekerjaan yang menghasilkan barang. Mereka bekerja menanam, merawat, dan memanen hasil pertaniannya untuk menghasilkan berbagai macam produk barang. Dalam hal ini, barang yang mereka hasilkan adalah produk-produk hasil pertanian seperti padi, jagung, kelapa, sayuran, dan lain sebagainya.

Pandai besi menghasilkan golok


Pandai besi menghasilkan golok - pustakapengetahuan.com


Pandai besi adalah pekerjaan yang menghasilkan beragam alat pertanian seperti cangkul, golok, sabit, pisau, dan lain sebagainya. Karena menghasilkan barang berupa alat-alat pertanian tersebut, pandai besi juga termasuk contoh pekerjaan yang menghasilkan barang.

Penjahit menghasilkan baju


Penjahit menghasilkan baju - pustakapengetahuan.com


Para penjahit mengubah barang setengah jadi berupa kain menjadi barang siap pakai berupa pakaian. Oleh karena menghasilkan pakaian, maka para penjahit juga termasuk contoh pekerjaan yang menghasilkan barang. Kendati begitu, penjahit juga bisa termasuk jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa, misalnya bila Anda memintanya untuk menjahitkan pakaian Anda yang sobek atau rusak.

Tukang mebel menghasilkan perabotan kayu


Tukang mebel menghasilkan perabotan kayu - pustakapengetahuan.com


Perabotan dari kayu yang ada di rumah Anda seperti meja, kursi, lemari, dan dipan adalah barang yang dihasilkan para tukang mebel. Tukang mebel mengubah bahan baku kayu menjadi perabotan tersebut dengan keahliannya. Oleh karena itu, mereka juga termasuk orang dengan pekerjaan yang menghasilkan barang. 

Desainer menghasilkan pola atau rancangan


Desainer menghasilkan pola atau rancangan - pustakapengetahuan.com


Desainer adalah orang yang pekerjaannya merancang atau mendesain pola atau rancangan terhadap suatu produk baru, seperti bangunan (arsitektur), baju, atau desain produk. Produk yang mereka hasilkan adalah rancangan atau desain tersebut.

Pengrajin menghasilkan kerajinan tangan


Pengrajin menghasilkan kerajinan tangan - pustakapengetahuan.com


Membuat kerajinan tangan juga termasuk pekerjaan yang menghasilkan barang. Para pengrajin mengubah barang-barang bekas menjadi suatu produk kerajinan yang memiliki nilai jual. Keset, bros, dan hiasan dinding adalah beberapa contoh produk barang yang mereka hasilkan.

Penjaja makanan menghasilkan makanan


Penjaja makanan menghasilkan makanan - pustakapengetahuan.com


Para penjaja makanan seperti tukang gorengan, tukang bakso dan mie ayam, atau warung nasi termasuk orang-orang yang bekerja untuk menghasilkan barang. Dalam hal ini, barang yang mereka hasilkan adalah beragam jenis makanan yang siap dikonsumsi oleh para pembelinya. Mereka baru mendapatkan uang bila makanan yang dibuatnya laku terjual.


Pelukis menghasilkan lukisan


Pelukis menghasilkan lukisan - pustakapengetahuan.com


Pelukis adalah orang yang menciptakan karya seni dua dimensi berupa lukisan. Pelukis juga merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang. Barang yang dihasilkan berupa lukisan. Pada zaman sekarang kreatifitas-kreatifitas seni lukis sangat tinggi. Jika dahulu pelukis hanya menggunkan alat tulis sebagai alat untuk melukis. Akan tetapi sekarang banyak sekali media yang dijadikan alat untuk melukis.

Pengrajin bambu menghasilkan kerajianan bambu


Pengrajin Bambu - pustakapengetahuan.com


Pengrajin bambu adalah orang yang pekerjaannya membuat kerajinan yang berbahan dasar bambu untuk dijadikan sesuatu yang bernilai dan berharga. Pengrajin bambu masuk kedalam jenis pekerjaan yang menghasilkan barang. Karena pengrajin bambu ini menghasilkan barang seperti perabot rumah tangga, meja dan kursi serta barang-barang hiasan yang terbuat dari bambu lainnya. Biasanya para pengrajin memanfaatkan bambu yang ada di sekitar mereka.


Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

Tukang cukur
Setiap bulan Anda tentu mencukur rambut Anda yang terus tumbuh. Bila rambut tidak dipotong, alamat akan gondrong dan Anda mungkin akan dimarahi oleh guru Anda. Karena tidak bisa memotong rambut sendiri, maka kita akan membutuhkan jasa tukang cukur. Tukang cukur memberikan pelayanan pemotongan rambut sesuai model yang kita inginkan.Tukang pos

Supir taksi


Supir taksi - pustakapengetahuan.com


Supit taksi juga termasuk pekerjaan yang menghasilkan jasa. Pelayanan yang diberikannya berupa layanan transportasi khusus yakni mengantarkan Anda dari suatu tempat ke tempat tujuan. Kemudahan untuk berpindah tempat tanpa harus mengantri menjadi layanan unggulan bagi penyedia jasa angkutan ini. 

Tukang Pos



Tukang pos adalah salah satu contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa. Pelayanan yang diberikannya berupa jasa pengantar barang atau surat. Bayangkan bila tidak ada tukang pos, kita tentu akan kesulitan ketika harus mengirimkan paket barang kepada teman atau saudara yang jauh.

Tukang sedot WC



Septictank di rumah selalu diisi oleh kotoran karena setiap hari kita buang air besar. Ada kalanya, septictank itu penuh karena kapasitasnya yang terbatas. Kita tidak mungkin menyedot sendiri isi dalam septictank untuk membuang kotoran di dalamnya. Kita membutuhkan jasa tukang sedot WC. Mereka memiliki peralatan lengkap untuk melakukan pekerjaan ini.

Tukang laundry



Bagi orang yang sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri, mereka akan membutuhkan jasa dan layanan dari tukang laundry. Tukang laundry memberikan layanan mencuci dan menyetrika baju kotor dengan tarif tertentu.

Bodyguard


Bagi orang penting seperti pejabat atau pengusaha besar, keamanan dirinya menjadi sebuah kebutuhan tersendiri. Untuk memperoleh keamanan tersebut, mereka membutuhkan pengawal pribadi yang bisa menjaga dirinya dari serangan musuh yang bisa datang kapan saja. Pengawal pribadi atau bodyguard dalam hal ini merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa keamanan bagi mereka. 

Dokter



Contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa lainnya adalah dokter. Dokter memberikan layanan pemeriksaan dan konsultasi penyakit pasiennya. Mereka juga memberikan resep obat yang tepat untuk menyembuhkan orang-orang yang sedang sakit.

Guru

Guru - pustakapengetahuan.com


Guru Anda di sekolah atau guru les yang datang ke rumah setiap hari termasuk para pekerja jasa. Mereka memiliki pekerjaan yang menghasilkan jasa pengajaran. Mereka memberikan ilmu, pendidikan, dan akses pengetahuan kepada murid-muridnya untuk memperoleh uang.

Montir

Montir - pustakapengetahuan.com


Montir merupakan seorang yang mempunyai keahlian dalam meperbaiki dan mengutak-atik mesin. Montir biasanya disebut juga sebagai tukang bengkel. Tugas dari montir ini adalah memperbaiki atau melakukan perawatan pada mesin yang mengalami kerusakan. Montir disebut pekerjaan yang memberikan jasa. Jasa yang diberikan adalah pelayanan dalam memperbaiki sesuatu yang berhubungan dengan mesin, baik itu mobil, motor dan lain sebgainya

Pengacara

Pengacara - pustakapengetahuan.com


Pengacara adala profesi yang membutuhkan pengetahuan dan keahlian dalam masalah hukum. Seorang Pengacara memperoleh keahlian dan pengetahuan hukum melalui pendidikan Hukum yang dapat diperoleh di di perguruan-perguruan tinggi. Pengacara disebut pekerjaan yang menghasilkan jasa karena, pengacara melalui keahlian dan pengetahuannya di bidang hukum membantu klien saat bermasalah dengan hukum.


Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang sifatnya membangun, Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN)
https://www.pustakapengetahuan.com/2019/03/assosciation-of-southeast-asian-nations.html

Wawasan Nusantara
https://www.pustakapengetahuan.com/2019/04/pengertian-dan-latar-belakang-unsur.html


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar