Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Kamis, 25 Juli 2019

Teks Laporan Percobaan: Pengertian, Ciri - Ciri, Struktur Dan Contoh

| Kamis, 25 Juli 2019
contoh teks laporan hasil percobaan


Teks laporan percobaan merupakan teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh peneliti. Biasanya teks seperti ini digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum. Teks ini dibuat untuk memberikan informasi kepada orang lain mengenai hasil percobaan yang telah dibuat. Percobaannya sendiri dapat dilakukan secara berkelompok atau sendiri.


Pengertian Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan adalah teks yang berisi paparan tentang tujuan, proses, dan hasil percobaan. Teks laporan percobaan merupakan teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh peneliti.

Teks laporan percobaan umumnya digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum. Tujuan teks laporan hasil percobaan adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang hasil percobaan yang telah dibuat. Teks laporan hasil percobaan bersifat umum atau universal.


Ciri – Ciri Teks Laporan Percobaan

Berikut ini merupakan sejumlah ciri – ciri teks laporan hasil dari percobaan :

  • Melaporkan hasil dari percobaan.
  • Percobaan ilmiah dilaksanakan untuk menguji sesuatu.
  • Teks laporan percobaan berawal dengan menjabarkan tujuan percobaan.
  • Menjabarkan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk melasanakan percobaan.
  • Menjabarkan prosedur pelaksanaan percobaan dan melaksanakan pengamatan.
  • Menjabarkan pencatatan hasil dari percobaan.
  • Diakhir laporan dijabarkan simpulan hasil dari percobaan menurut hasil analisis terhadap data hasil dari pengamatan.

Kaidah Kebahasaan dari Teks Laporan Percobaan

Dibawah ini adalah kaidah kebahasaan dari teks laporan percobaan.

1. Memakai Sinonim dan Antonim
Secara umum dalam teks laporan percobaan ada kata yang bersinonim serta kata yang berantonim. Sinonim adalah persamaan kata, sementara antonim adalah lawan kata. Didalam teks laporan percobaan, antonim dan sinonim ini biasanya terdapat pada bagian di sejumlah langkah percobaan.

2. Memakai Kata Bilangan
Kata bilangan dalam teks laporan percobaan ini menunjukan jumlah bahan yang dipakai dalam percobaan.

3. Menggunakan Kalimat Perintah
Contoh sebuah kalimat perintah dalam teks laporan percobaan antara lain (siapkan, tambahkan, tuangkan, aduklah, hindari, sebaiknya, cmpurkan, dan lain lainnya).

4. Menggunakan Kata Hubung
Selain memakai kata perintah, teks laporan percobaan memakai pula kata hubung. Contoh kata hubung yang ada dalam teks laporan percobaan antara lain (dan, saat, jika, sehingga, tetapi, apabila, meskipun, dan lainnya).


Struktur Teks Percobaan.

Struktur teks rekaman percobaan memiliki bagian-bagian yang menjadi pondasi atau dasar teks ini dapat berdiri. Struktur dalam teks rekaman percobaan terdiri dari 4 bagian yaitu :

  • Tujuan
  • Alat dan Bahan
  • Langkah-Langkah
  • Hasil
  • Kesimpulan
Di dalam teks rekaman percobaan, strukturnya meliputi tujuan, alat dan bahan, langkah-langkah, hasil, dan kesimpulan yang mana merupakan struktur utamanya. Hal ini berarti pada suatu percobaan tertentu dapat diperlukan struktur tambahan untuk melengkapi percobaan atau penelitian yang sudah dilakukan.

Contohnya, ada kalanya suatu percobaan atau penelitian juga perlu untuk melampirkan hipotesis di awal. Beberapa teks rekaman percobaan juga perlu dilengkapi dengan adanya kajian teori atau sebuah landasan berpikir. Pada dasarnya hal ini bertujuan untuk lebih melengkapi dan lebih memperjelas laporan percobaan yang kamu buat.

Struktur teks rekaman percobaan ini pada dasarnya hampir sama dengan teks prosedur. Hanya saja, terdapat sedikit perbedaan pada hasil dan kesimpulannya, dimana hasil dan kesimpulan ini tidak ditemukan pada teks prosedur seperti yang terdapat pada teks rekaman percobaan.

Pada teks prosedur, isinya sekedar menyampaikan tentang suatu proses kegiatan atau tindakan yang tidak perlu untuk dilakukan dari awal sampai akhir. Sementara teks rekaman percobaan, hal yang disampaikan sangat lengkap hingga pada bagian setelah hasil dan kesimpulannya.


Tahap Membuat Teks Laporan Percobaan

Cara atau tahap membuat teks laporan percobaan ialah :

1. Menulis Struktur dari Teks Laporan Percobaan
Langkah pertama dalam membuat teks laporan percobaan ialah terlebih dahulu dengan cara membuat struktur teks laporan percobaan. Langkah ini bisa dimulai dari :

  • Menulis judul
  • Tujuan percobaan
  • Alat serta bahan yang dipakai
  • Dan langkah awal sampai akhir percobaan.
2. Tulislah hasil dari percobaan ke dalam bentuk grafik, tabel, bagan atau gambar
agar pembaca lebih mudah dalam memahami hasilnya. Sesudah semuanya selesai, selanjutnya tulislah kesimpulan dari hasil percobaan yang telah dilakukan.

3. Mengembangkan Kerangka jadi Sebuah Teks
Sesuah menyelesaikan kerangka tersebut, lalu kembangkanlah jadi sebuah teks. Jangan lupa pula untuk memerhatikan kaidah dari kebahasaannya yang dipakai supaya teks percobaan ini mudah dipahami oleh pembaca.


Contoh Teks Percobaan 


Cara membuat sabun - pustakapengetahuan.com


Membuat sabun mandi

Tujuan 

Sabun merupakan kebutuhan manusia yang biasa digunakan untuk membersihkan diri (mandi). Banyak orang yang memilih membeli sabun yang ada dipasaran. Padahal kita bisa membuat sabun sendiri lho dengan menggunakan lidah buaya. Tujuan dari pembuatan sabun dengan menggunakan lidah buaya ini adalah untuk menambah wawasan kita tentang bagaimana cara membuat sabun. Kemudian kita juga belajar mengenai pentingnya keamanan dari sabun itu sendiri

Alat dan Bahan  :
  • Lidah buaya
  • Pewangi
  • Pisau
  • Sendok sayur
  • Air
  • Saringan
  • Panci

Cara membuat sabun  :
  1. Cuci terlebih dahulu lidah buaya sampai benar-benar bersih.
  2. Kemudian potong lidah buaya dengan potongan kecil-kecil.
  3. Lalu peras lidah buaya yang sudah dipotong tersebut hingga seratnya keluar.
  4. Tambahkan sedikit air dan pewangi secukupnya saja.
  5. Aduklah sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Setalah campuran tersebut mengembang, tambahkan sabun cair. Cairan tersebut sudah bisa untuk digunakan (jika ingin sabun cair)
  7. Jika kamu ingin membuat sabun batangan, maka simpanlah kedalam lemari pendingin.
  8. Setelah membuka keluarkan sabun tersebut dari dalam lemari pendingin, dan sabun lidah buaya siap untuk digunakan.

Hasil percobaan :

Sabun mandi yang terbuat dari lidah buaya telah berhasil dibuat. Selain itu juga terbukti sangat bermanfaat bagi tubuh dan kulit kita. Hal itu dikarenakan kandungan dan manfaat dari lidah buaya sangat banyak sekali. Salah satunya membuat kulit menjadi lebih segar.

Kesimpulan percobaan :

Sabun lidah buaya sangat ramah lingkungan dan sangat mudah untuk dibuat. Selain itu juga terbukti bermanfaat bagi tubuh karena membuat kulit menjadi lebih segar.


Demikianlah artikel yang berjudul Teks Laporan Percobaan: Pengertian, Ciri - Ciri, Struktur Dan Contoh​. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Pustaka Pengetahuan mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, dapat membantu tugas sekolah klik Berbagai Reviews 

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm 

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel 

Media sosial silahkan klik facebook 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar