Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Sabtu, 11 Mei 2024

Jenis Drama Beserta Contoh

| Sabtu, 11 Mei 2024


drama


Sebuah drama adalah genre karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dan gerak serta dialog realita kehidupan, watak, serta tingkah laku manusia melalui peran yang dipentaskan.

Ciri - Ciri Drama

Berikut ini merupakan beberapa dari ciri - ciri drama, yakni :

  • Mempertunjukkan dialog. 
  • Mengandung nilai - nilai kehidupan
  • Adanya adegan.
  • Merupakan bagian dari prosa.
  • Menceritakan suatu konflik
  • Menggunakan gaya bahasa yang khas
  • Bisa menampilkan puisi.
  • Dipentaskan di atas panggung dengan properti

Jenis - Jenis Drama

Berikut ini adalah jenis - jenis drama, antara lain : 

1. Tragedi

Tragedi merupakan satu di antara jenis drama yang berisi cerita penuh kesedihan. Sepanjang jalannya cerita, kita akan menyaksikan tokoh atau pelaku utama akan mengalami kegagalan yang biasanya berujung dengan duka atau kematian.

2. Komedi

Komedi merupakan jenis drama yang menggambarkan suasana suka cita yang biasanya berisi lelucon. Jenis drama ini menjadi satu di antara yang cukup digemari semua kalangan karena akan menimbulkan tawa penonton. Meski demikian, drama komedi tidak sama seperti acara lawak sehingga masih sesuai dengan kaidah atau unsur drama.

3. Opera

Opera adalah drama yang dialognya diiringi dengan musik. Adapun lagu yang dinyanyikan pemain satu biasanya berbeda dengan pemain lain. Bentuk dari drama ini lebih mementingkan musik dan nyanyian, sementara para tokoh yang terlibat hanya sebagai sarana untuk menggambarkan suasana dalam cerita.

4. Melodrama

Melodrama merupakan jenis drama yang dialognya diucapkan dengan iringan melodi atau musik. Jenis drama ini berasal dari drama opera yang kemudian dikembangkan menjadi aliran tersendiri dengan iringan peralatan musik. Jadi, dalam pementasan ini biasanya para tokoh ikut bernyanyi dan menari mengikuti irama musik.

5. Farce

Farce (dagelan) adalah jenis drama yang ringan dan lucu. Adegan dalam drama ini biasanya dibuat berlebihan dengan komedi yang melibatkan fisik. Drama jenis ini biasanya dikenal dengan nama komedi picisan.

6. Tablo

Tablo adalah jenis drama yang mengutamakan penampilan pada aspek gerak atau tarian. Pemain akan melakukan gerakan sepanjang pementasan tanpa mengucapkan dialog sama sekali. Jadi, pemain menyampaikan cerita kepada penonton dengan gerakan yang mengandung banyak arti.

7. Sendratari

Sendratari adalah jenis drama yang menggabungkan antara seni drama dan seni tari. Sendratari mengutamakan gerak-gerak penguat ekspresi sebagai pengganti dialog. Di Indonesia, sendratari banyak digunakan untuk menceritakan kisah ramayana yang menyelamatkan Dewi Sinta.


Contoh Drama 


Drama 5 Tokoh

Tokoh :

  • Cinta Gusnaldi
  • Egi Sepryadi
  • Felicia Farahap
  • Lisa Mona
  • Rayhan Darma
  • Rizki Ramli


DRAMA MELAMAR PEKERJAAN DI SEBUAH BANK 


5 Bulan yang lalu Cinta dan Mona telah menyelesaikan studynya di Universitas UNP, Jurusan S1 Informatika. Setelah lulus mereka kebingungan mencari pekerjaan kesana kemari. Mereka merasa lelah hingga lalu beristirahat di salah satu restoran.

Disaat mereka sedang menikmati makanannya mereka melihat sebuah kartu ATM tergeletak dilantai restoran, dan mereka mengambil kartu ATM tersebut. Tak jauh dari meja mereka makan, mereka melihat seseorang pria yang kebingungan mencari sesuatu. Dan terjadi percakapan sebagai berikut.

Cinta : “ Permisi pak, bapak mencari kartu ATM ini ? ” ( sambil melihatkan kartu ATM tersebut )  

Tiba – tiba Cinta terkejut ketika pria tersebut menoleh ke arahnya. Ternyata pria tersebut adalah kakak tingkat pada saat kuliah di UNP.

Cinta : “ Eh ini kak rizki kan ? kating waktu kuliah di UNP dulu ? ”

Rizki : “ Kalau nggak salah ini Cinta kan, yang dulu sering di ketawain Rayhan ”

Mereka berdua tertawa karna bernostalgia mengingat masa kuliah dulu.

Rizki : “ Btw, lagi kerja dimana ni ? ”

Cinta : “ Belum kak, ini lagi cari lowongan pekerjaan ”

Rizki : “ Oiya kebetulan di kantor saya sedang buka lowongan pekerjaan ”

Cinta : “ Beneran kak ? kalau gitu aku sama temanku besok ke kantor kakak deh, buat coba lamar ”

Lalu rizki menjelaskan persyaratan untuk bekerja di kantor tersebut 

Cinta : “ Makasih banyak, ya kak ”

Rizki : “ Iyaa, sama – sama. semoga ada rezeki nya ya ”

Cinta : “ See you kak ”

Setelah itu Cinta kembali menghampiri Mona, untuk memberitahu kejadian tersebut.

Mona : “ Ngapain aja sih, kok lama banget ? ”

Cinta :  “ Iyaa maaf tadi soalnya aku ketemu sama kating kampus kita dulu kak Rizki, kebetulan kantornya lagi buka lowongan pekerjaan. Gimana kalau kita coba kesana besok ? ”

Mona : “ Eh bagus juga tuh, yaudah gimana besok pagi kita kesana ”

Setelah berbicara dengan Rizki. Cinta dan Mona segera membuat lamaran pekerjaan tersebut, keesokan harinya mereka tiba di kantor bank tersebut. 

Cinta : “  Gimana Mona apakah kamu siap untuk mendaftar ? ”

Mona : “ Tentu, mari kita ke ruangan pendaftaran ”

Cinta : “ Marii ”

Mereka berjalan menuju ruang pendaftaran, di ruang pendaftaran tersebut di bagi menjadi beberapa bagian. Di ruangan pertama terdapat resepsionis, yang kedua pengumpulan data. Cinta dan Mona datang menghampiri resepsionis.

Cinta : “ Assalamualaikum ”

Faza : “ Waalaikumsalam, ada yang bisa saya bantu mbak ? ”

Cinta : “ Saya dan rekan saya ingin mendaftar di Bank ini ”

Faza : “ Oh iya mbak, ini formulir pendaftarannya. Silahkan diisi dulu ”

Cinta : “ Baik mbak ”

Setelah beberapa menit kemudian.

Mona : “ Ini mbak sudah saya isi semua ”

Faza : “ Baik, sekarang silahkan menuju ke lantai 2 untuk menemui panitia pendaftaran ”

Mona : “ Baik mbak, Terima kasih atas bantuannya ”

Cinta dan Mona menuju ke lantai 2 untuk menemui panitia pendaftaran, di dalam ruangan tersebut terdapat dua panitia.

Cinta & Mona : ( Ketuk pintu ) “ Assalamualaikum ”

Rayhan : “ Waalaikumsalam, silahkan masuk ”

Cinta & Mona : ( Masuk ke ruangan panitia ) “ Permisi pak, saya dan rekan saya ingin melamar pekerjaan di bank ini ”

Egi : “ Oh iya baik, Apakah anda sudah membuat surat lamaran pekerjaan ? ”

Cinta & Mona : “ Sudah pak ” ( Sambil menyodorkan )

Egi : “ Baik tunggu sebentar ya, saya akan cek terlebih dahulu ”

Cinta & Mona : “ Baik pak, silahkan ”

Egi : ( Kemudian egi mengecek surat lamaran pekerjaan Cinta dan Mona ) “ Baik mbak surat lamaran ini saya terima, apabila anda diterima di Bank ini, maka akan menghubungi mbak secepatnya ”

Cinta & Mona : “ Terima kasih banyak pak, Saya berharap bahwa Bank ini menerima kami berdua, Terima kasih atas waktu nya. Kami permisi dulu, Selamat siang pak ”

Satu minggu kemudian Bank mengeluarkan pengumuman tentang penerimaan karyawan baru. Beruntungnya Cinta dan Mona di terima surat lamaran pekerjaan nya. Kemudia mereka berdua di hubungi oleh panitia pendaftaran. 

Kring… kring… kring…

Cinta : “ Hallo, Assalamualaikum. Maaf ini dengan siapa ? ”

Rayhan : “ Hallo, Waalaikumsalam. Ini dengan panitia Bank, Selamat untuk Mbak Cinta dan Mona telah di terima menjadi karyawan baru di Bank ”

Cinta : “ Allhamdulillah, Terima kasih banyak atas pemberitahuannya pak ”

Rayhan : “ Nanti silahkan datang pada tanggal 1 Oktober 2022 Jam 07.00 WIB. Mohon tepat waktu ya mbak, karena akan tes selanjutnya ”

Cinta : “ Baik pak Terima kasih ”

Panitia tersebut menutup telfonnya, Kemudian Cinta menghubungi Mona.


Tamat


Demikianlah artikel yang berjudul Jenis Drama Beserta Contoh. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Pustaka Pengetahuan mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.



Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar