Sabtu, 02 September 2023

Contoh Pidato Dan Ceramah

| Sabtu, 02 September 2023

Judul : Tahun Baru Hijriah

Si udin pintar menyelam 

Tiba-tiba matanya sembab 

Jika saya ucapkan salam 

Maka hadirin wajib menjawab ......


As-salāmu ʿalaykum wa-raḥmatu -llāhi wa-barakātuh ..

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, was sholatu wassalamu ‘ala, asyrofil ambiyaa iwal mursalin, wa a’laa alihi wa sahbihi ajmain amma ba’du. 

Izinkan saya pada pagi hari yg cerah ini, menyampaikan pidato singkat yg bertemakan "Tahun Baru Hijriah"  

Di awal tahun baru Hijriyah ini marilah kita bersyukur kepada Allah Swt. dan meningkatkan iman serta takwa kepada-Nya sehingga kualitas pribadi kita sebagai orang islam semakin tinggi dan  mulia di dunia dan di akhirat, amin. 

Tidak terasa hampir setahun sudah kita jalani hidup di tahun 1444 Hijriah, sekarang kita  memasuki tahun baru Islam 1445 Hijriah, berarti satu tahun umur kita bertambah padahal  hakikatnya justru umur kita berkurang, bergantinya tahun berarti berkurangnya umur kita, besok berkurang satu hari, lusa berkurang lagi satu hari, begitu dan begitu seterusnya. 

Jika di masa-masa yang lalu kita masih banyak melakukan perbuatan-perbuatan maksiat, maka marilah pada tahun baru ini kita ganti kemaksiatan-kemaksiatan dengan semangat  memperbanyak amal saleh. 

Kapan kita memperbaiki diri kalau tidak dimulai dari sekarang? Janganlah suka menunda-nunda  waktu, sebab kita tidak tahu kapan kehidupan kita akan berakhir. Mana tau disaat sedang  bergadang bermain game, tetiba ajal menjemput!! Maka dari itu Gunakan waktu-waktumu sebaik- baiknya. Waktu itu ibarat pedang, jika kita tidak bisa menggunakan pedang itu dengan sebaik- baiknya, tentulah pedang itu akan memenggal lehermu. 

Dan marilah kita tengok ke belakang sejenak dalam lembaran-lembaran buku yang penuh dengan catatan-catatan, jadikanlah hal itu pengalaman dan suri teladan, yang baik kita ambil dan mana  yang buruk kita buang atau singkirkan.

Pengalaman adalah guru yang paling baik. 

inti pergantian tahun baru Hijriah ada pada bentuk perubahan.  Tak hanya pertanda pergantian  tahun namun juga sebagai kesempatan untuk melakukan perubahan atau pembenahan menjadi lebih baik, dan inilah esensi sesungguhnya dari peringatan tahun baru Islam. 

Allah SWT berfirman dalam surat Fatir ayat 37 yang berbunyi: 

 

contoh pidato

"Dan apakah kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berpikir bagi orang yang mau berpikir, dan apakah tidak datang kepada kamu pemberi peringatan?" 

Ayat tadi memberi pelajaran kepada kita, bahwa setiap orang yang diberi umur panjang  hendaknya mau berpikir mengenai apa yang telah diperbuatnya di masa lalu, atau dengan kata lain merenungkan perbuatan yang telah diperbuat. 

Lalu, dari renungan itu seseorang akan berbenah diri tentang perbuatan yang salah haruslah  diubah agar menjadi benar dan yang kurang hendaknya ditambah supaya menjadi sempurna, demikian seterusnya sehingga amalan kita menjadi semakin sempurna 

Semoga di tahun baru 1445 Hijriah, kita senantiasa ada dalam bimbingan, lindungan dan rida  Allah Swt. Itu saja pidato yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar- besarnya. 

Akhirul kalam, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikianlah artikel yang berjudul Contoh Pidato Dan Ceramah. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Pustaka Pengetahuan mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, dapat membantu tugas sekolah klik Berbagai Reviews

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel

Media sosial silahkan klik facebook


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar