Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Minggu, 22 Januari 2023

Investasi Emas Digital Aman Terpercaya

| Minggu, 22 Januari 2023
aplikasi emas digital


Para orang dewasa tentunya sudah mengenal dengan yang namanya emas. Emas dalam artian secara ilmu, yaitu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au dan nomor atom 79, logam yang bersifat lunak dan mudah ditempa serta kekerasannya berkisar antara 2,5 – 3 (skala Mohs), lalu dengan berat jenisnya tergantung pada jenis dan kandungan logam lain yang berpadu dengannya. Emas terbentuk dari proses magmatisme atau pengkonsentrasian di permukaan dengan transisi yang lembek, mengkilap, kuning, berat, "malleable", dan "ductile"

Sejak dulunya emas menjadi logam perhiasan dan alat tukar dalam perdagangan. Dalam ekonomi, emas sudah menjadi alat jual beli dan investasi bagi para pemilik modal. Karena emas merupakan alat investasi yang sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu, logam mulia ini menjadi pilihan investor pemula untuk memulai investasi karena risikonya terbilang rendah. Investasi emas pada saat sekarang ini masih menjadi populer di Indonesia. 

Karena investasi emas ini, dianggap aman dan menguntungkan. Harga emas cenderung stabil serta bisa saja bertambah, bahkan pergerakan harga emas di pasar dunia berpotensi terus menguat. Pada saat terjadi penurunan, harga emas biasanya tidak terlalu jatuh. Emas memang termasuk ke dalam jenis instrumen investasi tradisional. Walaupun begitu, seiring berkembangnya zaman, investasi emas saat ini sudah bisa dilakukan secara daring atau online.  Di negara Indonesia sudah banyak aplikasi investasi yang menyediakan aset tersebut untuk investasi. Bahkan sebagian besar lainnya telah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga investasi emas secara digital dapat dikatakan aman dan merupakan bentuk instrumen investasi baru. 


Apa itu Emas Digital

Emas digital merupakan salah satu jenis emas 24 karat yang bisa disimpan secara digital. Artinya, para pemilik modal atau investor dapat membeli emas secara online tanpa perlu dipusingkan dengan penyimpanannya. Emas digital dapat menjadi salah satu pilihan rekomendasi investasi emas yang mudah dan praktis. Karena, investor dapat melakukan simpan dan beli emas secara daring atau online. Walaupun demikian, untuk melakukan investasi emas digital calon investor harus memperhatikan dengan benar perusahan atau aplikasi yang menyediakan investasi tersebut. Para investor bisa memilih aplikasi yang sudah terdaftar pada Otoritas Jasa keuangan (OJK) yang ada di Indonesia. 

Berikut ini beberapa rekomendasi investasi emas digital yang aman serta mudah bagi pra investor : 

Antam


pt aneka tambang

Perusahaan BUMN ini menjadi salah satu produsen emas terpercaya di Indonesia. Di bawah naungan PT Aneka Tambang (Antam), emas yang diproduksi terjamin kemurniannya yaitu 99,99% atau 24 karat. Emas Antam sendiri telah mendapat sertifikat London Bullion Market Association (LBMA) sehingga legalitasnya diakui secara internasional. Kita bisa membeli emas Antam dengan berbagai opsi, mulai datang langsung di gedung pusat atau membeli di unit bisnis dan cabang Antam. Bahkan, saat ini, kamu bisa melakukan investasi emas secara online melalui aplikasi Brankas LM.


Pegadaian Digital 


pegadaian

Pegadaian Digital adalah salah satu platform investasi emas secara digital. Pegadaian merupakan Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menjadi pelopor investasi yang menyediakan tabungan emas. Jika dilihat dari situs resminya, masyarakat dapat memiliki saldo emas dengan nominal tertentu yang keamanannya sudah terjamin. Jika ingin membuka tabungan emas di Pegadaian Digital, calon nasabah dapat membuka rekening pertama minimal Rp.50.000. Selain itu, dapat juga disimpan secara digital, nasabah bisa menggadaikan, menjual, dan mencetaknya menjadi emas batangan dan bersertifikat SNI/LBMA 24 karat. Aplikasi Pegadaian Digital dapat diunduh secara gratis dan sangat mudah melalui Play Store. Pegadaian Digital dapat menjadi salah satu rekomendasi investasi emas digital yang aman, mudah, dan praktis.


 Platform Pluang


investasi emas digital

Pluang adalah salah satu platform investasi emas digital yang berlisensi Bappebti dan dijamin KBI. Investasi emas di platform Pluang terbilang sangat mudah dan aman. Platform Pluang bisa menjadi rekomendasi investasi emas digital yang bisa kita coba. jika dilihat dari situs resminya, dengan bid-ask spread yang hanya 1.75%, para pengguna bisa memiliki emas dengan biaya cukup rendah. 

 

Platform Indogold


penyedia layanan investasi emas

Indogold merupakan salah satu penyedia jasa layanan di sektor emas sejak pertama kali berdiri tahun 1978. Platform Indogold telah terdaftar di Otoritas Jasa keuangan (OJK) dan mendapat sertifikasi ISO untuk menjamin keamanannya. Platform Indogold juga menyediakan layanan investasi emas online mulai dari Rp 10.000 saja tanpa biaya administrasi. Sama juga seperti Pegadaian, Indogold juga memasok emas dari pihak ketiga seperti Antam dan UBS. Indogold telah bekerja sama untuk memperluas layanannya dengan menggandeng beberapa platform dan aplikasi seperti Bukalapak, OVO, DANA, LinkAja, dan Gopay.


Menabung Emas di Shopee 


marketplace shopee

Warga negara Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan platform marketplace seperti Shopee. Selain para konsumen membeli berbagai barang dari merchant dan toko layanan Shopee, para pengguna Shopee juga dapat berinvestasi emas melalui tabungan emas yang sudah bekerjasama. Aplikasi Shopee juga menyediakan layanan tabungan emas untuk penggunanya. Sehingga, pengguna dapat memiliki emas digital yang disimpan pada layanan tersebut dengan cara yang sangat mudah. Pengguna hanya perlu mendaftarkan diri di aplikasi Shopee, kemudian datang ke kantor Pegadaian untuk registrasi. Layanan tabungan emas di Shopee merupakan kerja sama yang dilakukan dengan pihak Pegadaian. Sehingga keamanannya sudah terjamin sekaligus diawasi oleh OJK.  Tabungan emas di Shopee bisa menjadi rekomendasi investasi emas digital yang bisa dilakukan oleh masyarakat.  


Aplikasi BukaEmas (Bukalapak) 


bukalapak


Aplikasi BukaEmas merupakan layanan investasi yang disediakan oleh platform marketplace Bukalapak. Layanan dari aplikasi ini, pengguna dapat memulai investasi emas dengan modal yang begitu kecil yakni Rp. 100 perak atau sekitar 0,0001 gram emas batangan. Aplikasi BukaEmas memberikan layananan, kepingan emas resmi dari ANTAM dan tersertifikasi LBMA (London Bullion Market Association). Artinya, untuk keamanan serta keaslian kepemilikan emas di platform tersebut cukup baik. Pengguna bisa menarik kepingan emasnya mulai dari 1 gram. 


Aplikasi DANA eMas


dana

Salah satu rekomendasi investasi emas digital berikutnya yang bisa dilakukan oleh masyarakat adalah dengan berinvestasi pada fitur terbaru di aplikasi dompet digital DANA. Baru - baru ini platform tersebut meluncurkan layanan DANA eMas. Jika dilihat dari situs resminya, semua transaksi pada aplikasi tersebut tercatat di lembaga otoritas yang berwenang, yakni Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Serta emas fisik yang disimpan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (KBI). Para pengguna DANA bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram atau seharga kurang dari Rp10.000 tanpa ada biaya tambahan. Sehingga fitur aplikasi ini menjadi rekomendasi investasi emas digital alternatif yang bisa kita coba. 


Menabung Emas di Tokopedia


tokopedia

Jika dilihat dari situs resminya, Tokopedia menjalin kerjasama dengan penyedia tabungan emas yang berada di bawah naungan OJK dan Bappebti. Para Pengguna bisa menabung dan menjual emas digital yang tersimpan. Jika ingin membuka tabungan emas di Tokopedia, pengguna bisa memulainya dengan membeli kepingan emas seharga Rp.5000. 


Aplikasi Go Investasi (Gojek) 


Gojek


Salah satu rekomendasi investasi emas digital yang mudah dan aman adalah berinvestasi emas di Go Investasi yang disediakan oleh platform Gojek. Jika dilihat menurut situs resminya, produk investasi emas Investasi dikelola oleh PG Berjangka yang telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Sehingga proses investasi ini sudah terjamin keamanannya. Jika ingin memulai berinvestasi, pengguna bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram dengan menggunakan saldo GoPay. Selain murah dan mudah, Go Investasi sudah menyediakan fitur jual dengan selisih harga jual dan beli sebesar 3%. 


Demikianlah artikel tentang "Investasi Emas Digital: yang dapat dijelaskan. Jika ada kekurangan maupun kesalahannya, kami selaku pustakapengetahuan.com mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan komentar yang sifatnya membangun demi kemajuan artikel ini dimasa yang akan datang. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar