Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Kamis, 15 September 2022

Tari Daerah Beserta Properti

| Kamis, 15 September 2022
properti tari daerah


Negara Indonesia memiliki berbagai keanekaragaman budaya yang tinggi. Hal ini, tercermin dari tari - tarian tradisional yang khas yang dimiliki oleh masing - masing daerah yang ada di Nusantara Indonesia. Mungkin ada beberapa gerakan - gerakan dari setiap tarian daerah bisa saja sama kelihatan, namun ada perbedaannya. Ada beberapa makna yang terkandung dari berbagai tarian daerah, seperti tari Gantar dari Kalimantan yang menggambarkan gerakan orang yang tengah menanam padi.

Dalam menampilkan tari - tarian, para penari menggunakan berbagai properti seperti tongkat yang menggambarkan kayu penumbuk, sedangkan bambu dan biji - bijian di dalam wadah penumbuk menggambarkan benih padi dan wadahnya. Sehingga terdapat makna yang terkandung pada sebuah properti dalam menampilkan sebuah tarian. 

Ada juga properti dalam sebuah penampian tari merupakan pelengkap untuk mendukung sajian pementasan yang disesuaikan dengan tema, gerak, dan tujuan tarian. Dengan menggunakan properti yang memadai, tari yang ditampilkan mampu menyampaikan pesan dengan baik sehingga dapat diterima oleh penikmatnya.

Properti yang digunakan dalam sebuah tarian daerah memegang peranan yang penting juga. Properti tari menjadi bagian dari perlengkapan tari yang ditampilkan untuk meningkatkan estetika atau keindahan sebuah tarian, serta untuk memperdalam makna yang terkandung dalam sebuah tarian.

Untuk itu, berikut beberapa tarian daerah dan properti yang digunakan:

Tari Sekapur Sirih dari Jambi


properti tari sekapur sirih


Tarian sekapur sirih merupakan sebuah tari persembahan dari adat Jambi. Ada juga beberapa persamaannya dengan tari Melayu lainnya. Properti utma yang digunakan seperti cerano atau wadah yang berisikan lembaran daun sirih, payung, keris.

Properti tari Sekapur Sirih tidak hanya payung dan wadah yang disebut Cerano. Para penari Sekapur Sirih juga menggunakan kostum berupa baju kurung dalam yang dibalut dengan songket, serta hiasan kepala berupa sanggul lipat pandan, sunting yang terdapat kembang goyang, beringin dan cempaka. Dengan iringan musik langgam melayu dengan alat musik yang terdiri dari biola, gambus, akordion, rebana, gong dan gendang.


Tari Payung dari Sumatra Barat


properti tari payung


Tarian payung ini, menceritakan tentang pergaulan muda - mudi. Sedangkan penggunaan payung dalam tarian bertujuan untuk melindungi diri dari hal - hal buruk. Tari payung yang seperti namanya, properti utama dalam tarian ini menggunakan payung. 

Properti payung yang digunakan oleh penari laki-laki. Sedangkan penari perempuan memakai selendang. Dan untuk busana tari Payung, penari perempuan menggunakan baju adat Minangkabau seperti baju kurung, bawahan rok dari kain songket, serta hiasan kepala seperti mahkota.


Tari Serimpi dari Yogyakarta


properti tari serimpi


Tarian Serimpi merupakan tarian klasik dari daerah Yogyakarta. Tarian Serimpi ditampilkan oleh empat orang penari wanita yang cantik dan anggun. Kata serimpi itu sendiri berarti empat. 

Properti tari Serimpi yang digunakan di antaranya adalah jebeng, cundrik atau keris kecil, pistol, jemparing, dan tombak pendek. Gending yang dipergunakan untuk mengiringi tari Serimpi Merak Kasimpir adalah Gending Merak Kasimpir.


Tari Seudati dari Aceh


properti tari seudati


Tari Seudati berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Tari Seudati dengan gerakan yang dinamis penuh keseimbangan serta dibalutin suasana keagamaan. Tarian Seudati sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh.

Properti yang digunakan berupa celana panjang dan kaos oblong lengan panjang yang ketat warna putih. Kain songket yang dililitkan sebatas paha dan pinggang, rencong yang disematkan di pinggang, ikat kepala berwarna merah, sapu tangan berwarna, aksesoris, alat musik tradisional, dan lagu pengiring tari. 


Tari Legong dari Bali


properti tari legong


Tari Legong Ini adalah sebuah tarian klasik. Kata Legong berasal dari kata "leg" yang artinya gerak tari yang luwes atau lentur dan "gong" yang artinya gamelan. Sejarahnya, tari legong dibawakan oleh dua orang gadis remaja. Penari yang disebut dengan legong akan menari dibawah sinar rembulan di lingkungan keraton. Adapun ciri khas utama dari tarian Bali ini adalah penari yang membawa kipas sebagat alat bantu untuk menari.

Properti utama yang digunakan dalam Tari Legong adalah rangkaian kipas. Sedangkan properti lainnya antara lain gelungan, kain kancan, gelang tangan.


Tari Andun dari Bengkulu


properti tari andun


Tari Andun ini merupakan salah satu kesenian tarian rakyat yang berasal dari daerah Bengkulu Selatan, Sumatra, yang sering di tampilkan pada saat pesta perkawinan. Para penari tari andun biasanya diperagakan oleh para bujang dan gadis secara berpasangan pada malam hari dengan diiringi musik kolintang.

Properti utama dari tari Andun yang digunakan adalah kipas dan selendang, serta diiringi dengan musik yang dihasilkan dari suara kolintang dan rebana.


Tari Remo dari Jawa Timur


properti tari remo


Tari Remo merupakan salah satu kesenian tari berasal dari daerah Jombang, Provinsi Jawa Timur yang ditampilkan untuk penyambutan tamu agung. Tarian Remo berasal dari kata Reyoge Cak Mo yang ditampilkan oleh baik satu orang atau banyak penari untuk penyamputan tamu.

Properti utama yang digunakan dalam tari remo yaitu sabuk dan keris yang dipakai di pinggang serta dipaha kanan ada slendang yang menggantung sampai kemata kaki. Sedangkan properti lainnya yakni ikat kepala khusus berwarna merah, celana hitam sepanjang lutut, pakaian dengan lengan panjang, kain batik khas pesisiran, selendang, stagen, dan gelang kaki berlonceng.

                                                 

Tari Rangguk Ayak dari Jambi


properti tari rangguk ayak


Kata Rangguk berarti “tari”, rangguk ayak  berarti  tari ayak. Tari Rangguk Ayak merupakan sebuah kesenian tari tradisional yang berasal dari Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Pada awal penciptaan dan perkembangannya, tarian ini hanya dibawakan oleh kaum pria. Namun, perkembangan tari Rangguk Ayak juga dipentaskan oleh perempuan.

Properti utama dalam tari Rangguk Ayak yakni menggunakan rebana yang terdiri dari berbagai ukuran. Selain Rebana, tarian tradisional dari Jambi ini juga menggunakan selendang dan topeng kelana sebagai pelengkap tari. Selain rebana, properti lain yang dibutuhkan dalam Tari Rangguk Ayak adalah busana atau pakaian serta selendang.

                 

Tari Kipas Pakarena dari Sulawesi Selatan


properti tari kipas pakarena


Tari Kipas Pakarena adalah sejenis tarian tradisional yang berasal dari kerajaan Gowa Makasar Sulawesi Selatan. Tari Kipas Pakarena berasal dari kata "karena " yang artinya bermain. dan "pa" yang berati pelakunya. Tari Kipas Pakarena ini menjadi kekuatan tradisi budaya masyarakat Gowa yang sudah berabad abad lamanya. Tarian Kipas Pakarena merupakan salah satu tradisi di kalangan masayarakat Gowa yang masih dipertahankan sampai saat ini.

Properti yang digunakan dalam tari kipas pakarena adalah kipas. Selain itu menggunakan baju Bodo (warna merah dan hijau). Baju bodo merupakan pakaian khas masyarakat Bugis. Lalu sarung/top yang dulunya dipakai dalam tari kipas pakarena adalah sarung polos dan tidak bercorak. Tari Kipas Pakarena juga menggunakan selendang ditaruh di pundak sebelah kiri dan dimainkan saat menari.                     


Tari Baksa Kambang dari Kalimantan Selatan


properti tari baksa kambang


Tari Baksa Kambang merupakan sebuah tari tradisional klasik dari Banjar sebagai tari penyambutan tamu agung yang datang ke Kalimantan Selatan, dengan penarinya adalah wanita. Tari Baksa Kambang ini bercerita tentang seorang gadis remaja yang sedang merangkai bunga, yang sering dimainkan di lingkungan istana. Dalam perkembangannya tari Tari Baksa Kambang beralih fungsi sebagai tari penyambutan tamu. 

Properti tari Baksa Kembang ini merupakan rangkaian berbagai bunga seperti bunga mawar, bunga melati, bunga kantil dan bunga kenanga.



Demikianlah artikel yang berjudul "Tari Daerah Beserta Properti". Jika terdapat kesalahan ataupun kekurangan dari artikel ini, pustakapengetahuan.com mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan komentar yang sifat membangun dan memperbaiki untuk kemajuan artikel ini di masa yang akan datang. Terima kasih sudah mengunjungi pustakapengetahuan.com dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar