Selasa, 06 September 2022

Pengertian Dan Makna Nilai Pancasila

| Selasa, 06 September 2022
makna pancasila


Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang menjadi dasar pedoman dalam segala pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintahan negara Indonesia termasuk peraturan perundang-undangan. Pancasila merupakan cerminan bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Adapun nilai - nilai Pancasila yang terkandung di dalam Pancasila menjadi tolak ukur bagi bangsa Indonesia dalam penyelenggaraan bernegara. Karena konsekuensi dari hal itu bahwa penyelenggaraan bernegara tidak boleh menyimpang dari nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan.


Pengertian Nilai

Nilai adalah ukuran, patokan - patokan, anggapan - anggapan keyakinan yang ada di dalam masyarakat. Nilai digunakan sebagai patokan  seseorang berperilaku dalam masyarakat. Selain itu, nilai memberi arah bagi tindakan seseorang. Nilai dianut oleh banyak orang dalam suatu masyarakat mengenai sesuatu yang benar, pantas, luhur dan baik untuk  dilakukan .

Menurut Laning Dwi Vina dan Wismulyani Endar (2009), fungsi nilai:

  • Nilai dapat berfungsi sebagai alat solidaritas diantara anggota masyarakat
  • Nilai sebagai pembentuk cara berpikir dan berperilaku yang ideal dalam masyarakat
  • Nilai dapat menciptakan semangat pada manusia untuk  mencapai sesuatu yang diinginkannya
  • Nilai dapat digunakan sebagai alat pengawas perilaku seseorang dalam masyarakat
  • Nilai dapat mendorong, menuntun, dan menekan orang untuk berbuat baik


Pengertian Pancasila

Pancasila adalah Dasar Kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Proses lahirnya Pancasila  menjadi  sejarah  yang tidak akan pernah terlupakan oleh bangsa Indonesia. Kata  pancasila  berasal  dari bahasa Sansekerta. Panca berarti lima dan Sila berarti prinsip atau asas. Pancasila  berarti  lima  asas atau Lima  Dasar atau lima  Sila.    Lima  sila tersebut adalah :
  1. Ketuhanan yang maha Esa.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dan kebijaksanaan dalam Permusyawaratan perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Adapun masing – masing sila Pancasila tersebut, mengandung nilai – nilai yang menjadi pedoman bagi Bangsa Indonesia. Nilai - nilai Pancasila terkandung dalam pembukaan UUD 1945  secara yuridis memiliki kedudukan sebagai pokok kaidah Negara yang Fundamental. Adapun pembukaan UUD 1945  yang di dalamnya memuat nilai-nilai Pancaasila, yang bilamana dianalisis makna yang terkandung di dalamnya tidak lain   merupakan derivasi atau penjabaran dari nilai - nilai Pancasila.


Pancasila Sebagai Sumber Nilai

Pancasila bagi bangsa Indonesia, yang dijadikan sebagai sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara adalah Pancasila. Ini berarti bahwa seluruh tatanan kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara menggunakan Pancasila sebagai dasar moral atau norma dan tolak ukur tentang baik buruk  dan benar salahnya sikap, perbuatan dan tingkah laku bangsa Indonesia.

Nilai - nilai Pancasila itu merupakan nilai intrinsik yang kebenarannya dapat dibuktikan secara objektif, serta mengandung kebenaran yang universal. Dengan demikian, tinjauan Pancasila berlandaskan pada Tuhan, manusia, rakyat, dan adil sehingga nilai-nilai Pancasila memiliki sifat objektif.

Pancasila dirumuskan oleh para pendiri negara yang memuat nilai- nilai luhur untuk  menjadi dasar negara. Sebagai gambaran, di dalam tata nilai kehidupan bernegara, ada yang disebut sebagai nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praktis.

Nilai dasar

Asas - asas yang kita terima sebagai dalil yang kurang lebih mutlak. Nilai dasar berasal dari nilai - nilai kultural atau budaya yang berasal dari bangsa Indonesia itu sendiri, yaitu yang berakar dari kebudayaan, sesuai dengan UUD 1945  yang mencerminkan
hakikat nilai kultural.

Nilai instrumental

Pelaksanaan umum nilai - nilai dasar, biasanya dalam wujud nilai sosial atau nilai hukum, yang selanjutnya akan terkristalisasi dalam lembaga-lembaga yang sesuai dengan kebutuhan tempat dan waktu.

Nilai praktis

Nilai yang sesungguhnya kita laksanakan dalam kenyataan. Nilai ini merupakan bahan ujian, apakah nilai dasar dan nilai instrumental sungguh-sungguh hidup dalam masyarakat atau tidak. Di dalam Pancasila tergantung nilai-nilai kehidupan berbangsa. Nilai - nilai tersebut adalah nilai ideal, nilai material, nilai positif, nilai logis, nilai estetis, nilai sosial dan nilai religius atau keagamaan.


Makna Nilai dalam Pancasila

Pancsila menjadi dasar negara yang kuat, apabila dasar tersebut berasal dan berakar pada diri bangsa yang bersangkutan. Bangsa Indonesia mempunyai dasar negara yang bukan jiplakan dari luar, akan tetapi asli Indonesia. Unsur - unsur Pancasila terdapat didalam berbagai agama, kepercayaan, adat istiadat, dan kebudayaan. Karena dalam agama, kepercayaan, adat istiadat dan kebudayaan tersebut berkembang nilai - nilai antara lain, antara lain sebagi berikut :

1. Nilai Ketuhanan

Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa mengandung arti adanya pengakuan dan keyakinan bangsa terhadap adanya Tuhan pencipta alam semesta. Dengan  nilai ini menyatakan bangsa Indonesia  merupakan bangsa yang religius  bukan bangsa atheis. Nilai  ketuhanan juga  memiliki arti adanya pengakuan akan kebebasan memeluk agama, menghormati kemerdekaan beragama, tidak ada paksaan serta tidak berlaku diskriminatif antar umat beragama.

2. Nilai Kemanusiaan

Nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab memiliki arti kesadaran sikap dan perilaku sesuai  dengan  nilai  moral-moral  dalam hidup bersama atas dasar tuntutan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagaimana mestinya.

3.  Nilai Persatuan

Nilai Persatuan Indonesia mengandung makna usaha ke arah bersatu dalam  kebulatan  rakyat  untuk   membina rasa nasionalisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Persatuan Indonesia sekaligus mengakui  dan menghargai  sepenuhnya  terhadap  keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia.

4.  Nilai Kerakyatan

Nilai Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan mengandung makna suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat dengan cara musyawarah mufakat melalui lembaga-lembaga perwakilan.

5.   Nilai Keadilan

Nilai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia mengandung makna sebagai dasar sekaligus tujuan, yaitu tercapainya masyarakat Indonesia yang Adil dan Makmur secara lahiriah ataupun batiniah. Nilai - nilai dasar itu sifatnya abstrak dan Pnormatif. Karena sifatnya abstrak dan normatif, isinya belum dapat dioperasionalkan. Agar dapat bersifat operasional dan eksplisit, perlu dijabarkan ke dalam nilai instrumental. Contoh nilai instrumental tersebut adalah UUD 1945  dan peraturan perundang-undangan lainnya.

     Pancasila  adalah  dasar negara Indonesia dan sudah sepatutnya menjadi dasar kehidupan   berbangsa dan bernegara bagi seluruh masyarakat indonesia, nilai-nilai Pancasila merupakan cakupan dari nilai, norma,  dan moral yang harusnya  mampu diamalkan oleh seluruh masyarakat Indonesia, sebab apabila Bangsa Indonesia mampu mengamalkan nilai-nilai tersebut maka degradasi moral dan kebiadaban masyarakat dapat diminimalisir, secara tidak langsung juga akan mengurangi kriminalitas di Indonesia, meningkatkan keamanan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Demikianlah yang dapat disampaikan pada artikel "Pengertian Dan Makna Pancasila". Apabila ada kesalahan ataupun kekurangannya, pustakapengetahuan.com mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya dan silahkan tinggalkan komentar yang sifatnya membangun untuk kemajuan artikel di masa yang akan datang. Terima kasih sudah mengunjungi pustakapengetahuan.com dan semoga bermanfaat.




Related Posts

1 komentar:

  1. A multiplier image multiplies your winnings do you have to|must you} be lucky enough to land on one. Depending on the slot you’re taking part in}, the multiplier can enhance your payout by 4x, 2x, or 6x. Unfortunately, they’re rare symbols and are popular with on-line slots. Since the emergence of the Internet, there’s been super improvement in the iGaming industry. The change has been ecstatic from mechanical to computerized machines, and now to the trendy period of the Internet slots. Currently, slot video 카지노사이트 games occupy a grave sector in the lobby of on-line casinos.

    BalasHapus