Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Jumat, 10 September 2021

Kriminalitas

| Jumat, 10 September 2021
crime


Kriminalitas asal katanya dari kriminal, tentu kita yang dewasa ini mengetahui apa itu kriminal. Kriminal secara sederhananya merupakan segala tindakan atau sesuatu yang dilakukan individu, kelompok, ataupun komunitas yang melanggar hukum atau suatu tindakan kejahatan, sehingga mengganggu keseimbangan atau stabilitas sosial dalam masyarakat. Secara lebih singkatnya sesuatu perbuatan yang merugikan orang lain dan mengganggu ketertiban atau merusak dirinya sendiri.

Seseorang individu atau  kelompok yang melakukan kriminal bisa dikenai hukuman, baik melalui hukum masyarakat, adat ataupun hukum negara. Untuk lebih lengkapnya silahkan pahami uraian yang di bawah ini.


Pengertian Kriminalitas

Kriminalitas berasal dari kata “Crimen”, yang berarti kejahatan atau tindakan yang melanggar hukum. Tentu tindakan kejahatan ini tidak baik alias negatif, karena tindakan ini berbahaya dan dapat merugikan bagi banyak pihak dan pelakunya dikenal sebagai penjahat atau kriminal.

Definisi kriminalitas ini mencakup tindakan individu / seseorang, kelompok atau komunitas yang melakukan pelanggaran hukum hukum atau pelanggaran pidana, sehingga memengaruhi keseimbangan sosial dalam masyarakat.


Pengertian Kriminalitas Menurut Para Ahli

Adapun penjelasan mengenai kriminalitas, dalam pandangan para ahli adalah sebagai berikut :

Susilo

Definisi kriminalitas dalam pandangannya merupakan suatu perbuatan yang merugikan parakorban, juga masyarakat karena fenomena ini menghilangkan ketentraman dan ketertiban

Kartono

Pengertian kriminalitas mencakup segala aktivitas yang dilawan atau tidak disetujui oleh masyarakat karena melanggar aturan agama, sosial, dan hukum, juga merugikan secara psikologis maupun ekonomis

Elliat

Definisi kriminalitas merupakan tingkah laku atau tindakan yang melanggar hukum. Oleh karena itu, mendapat hukuman berupa hukum denda penjara, bahkan hukuman mati.

A. Bonger

Menurut Bonger, kriminalitas adalah perilkau antisosial yang dipraktikkan secara sadar maupun tidak sadar yang dilakukan oleh individu, kelompok ataupun komunitas.

E. Sahetapy Dan B. Mardjono Reksodipuro

Kriminalitas yakni kejahatan, setiap perbuatan yang diberi sanksi berupa pidanan dan dilarang oleh masyarakat karena melanggar norma-norma yang disepakati oleh masyarakat dalam kehidupan. Selengkapnya, baca; Pengertian Kejahatan, Penyebab, dan Contohnya.

Dari pengertian para ahli di atas tentang kriminalitas, bisa disimpulkan secara umum bahwa kriminalitas merupakan sebagai perbuatan atau perilaku menyimpang yang melanggar aturan-aturan dan mengganggu atau memberi goncangan ketertiban masyarakat, sehingga pelakunya akan dijatuhi hukum pidana.


Ciri - Ciri Kriminalitas

Adapun ciri-ciri awal akan kemunculan kriminalitas antara lain sebagai berikut:

Sistem yang tidak adil

Secara naluriah, manusia adalah pencemburu, terutama dalam hal kekayaan dan kekuasaaan. Oleh sebab itu, kesenjangan yang lahur diikuti oleh aksi-aksi kriminal untuk menyetarakan atau mengimbanginya.

Suasana atau lingkungan yang individualis

Acapkali, individu yang dari lingkungan individualis akan terjun bebas menjadi seorang kriminal. Oleh karena, lingkungan tadi mengarahkannya untuk egois dan menomersatukan dirinya dengan lingkungan sekitar.

Kemiskinan yang diderita

Problem klasik dalam kehidupan dari ciri-ciri kriminal adalah alasan kemiskinan. Seringkali dilontarkan sebagai tameng dan pembenaran dari setiap pelaku kriminal yang tertangkap dan berharap mendapat keringanan dari jeratan hukum. Selengkapnya, baca; Pengertian Kemiskinan, Jenis, dan Cirinya.

Nafsu yang tidak terkendali

Ketika individu menggebu-gebu untuk mendapatkan sesuatu, beragam cara rela ditempuh untuk memenuhi nafsu tadi, bahkan dengan menghalalkan segala cara. Misalnya saja, individu tadi melakukan mencuri atau pencurian untuk memenuhi atau karena nafsunya.

Rasa benci

Tindakan kriminal atau menyimpang yang dilakukan terpancing karena rasa benci di dalam hati seseorang atau kelompok pada seseorang, kelompok atau komunitas yang lain. Hal ini, secara nyata telah banyak terjadi di dalam kehidupan masyarakat.


Penyebab terjadinya kriminalitas

Berikut inilah beberapa penyebab kriminalitas , diantaranya adalah sebagai berikut:

Urbanisasi serta industrialisasi

Keadaan yang diakibatkan dari urbanisasi dan industrialisasi di suatu Negara, misal Negara berkembang, pasti berada dalam posisi dilema perpindahan. Hal ini karena akan mengakibatkan ledakan penduduk yang nantinya menjadi penyebab naiknya tingkat kriminalitas.

Kondisi - kondisi sosial

Beragam kondisi sosial sebagai penyebab kriminalitas yang merugikan kehidupan manusia. Misalnya, beragam jenis pengangguran, kemiskinan yang makin menjamur, kondisi lingkungan yang mendukung individu melakukan kejahatan, kepincangan sosial, tekanan mental serta kebencian.

Moral

Kunci dari individu atau kelompok melakukan atau tindakan melakukan kriminalitas adalah karena moralitas. Oleh karena, moral atau moralitas tentang opini seseorang mengenai sesuatu. Dalam hal ini, kriminalitas terjadi bukan karena ada celah, namun dari penilaian baik atau buruk dari seseorang.

Degradasi mental

Penyebab ini lahir dari tingkat stres, depresi, serta tidak menemukan tempat untuk melampiaskan atau sebagai pelampiasan rasa kesal. Oleh sebab itu, membuat seseorang melakukan kriminalitas supaya meredam degradasi mentalnya. Dengan kata lain, tindakan itu adalah wujud katarsisnya.

Tingkat Pendidikan

Pendidikan yang masih mahal, sampai saat ini, juga belum bisa sepenuhnya mereta disebagian daerah menyebabkan terjadinya kriminalitas. Hal ini karena, mereka tidak memiliki pendidikan sehingga sulit untuk mendapat pekerjaan.

Gengsi yang tinggi

Kemajuan berjalan sangat cepat, setiap detiknya ada terjadi kemajuan, termasuk di bidang teknologi. Hal ini membuat sebagian sulit mengikutinya, namun ada yang dengan berlomba-lomba terus mengikuti perkembangan padahal secara nyata individu itu tidak mampu. Tindakan ini sebagai pemantik dari penyebab kriminalitas, karena demi gengsi sampai nekat merampok.


Jenis - Jenis Kriminalitas.

Tindak kriminalitas terbagi menjadi beberapa bagian, pembagian tersebut antara lain:

  • Crimes without victims (dianggap perbuatan tercela)
  • Organized Crime (kejahatan terorganisir, komplotan)
  • White Collar Crime (dilakukan orang berstatus tinggi)
  • Corporate Crime (kejahatan yg dilakukan atas nama organisasi formal utk menaikkan keuntungan)
  • Blue collar Crime (dilakukan rakyat miskin karena ekonomi)


Contoh Kriminalitas


Adapun beberapa contoh kriminalitas di masyarakat Indonesia yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, beserta dengan dampaknya antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kekerasan seksual terhadap anak usia dini yang dilakukan oleh Ryan Jombang, yang kemudian memutilasi para korbannya yang berdampak pada adanya penyimpangan maupun kekerasan seksual tidak dapat dihindari.
  • Praktek prostitusi online yang dilakukan oleh Vanessa Angel dan beberapa artis yang terjerat kasus prostitusi. Yang akhirnya berdampak pada tingkat kriminalitas dan prostitusi semakin meningkat.
  • Melakukan kejahatan berupa penipuan dengan alibi korban telah memenangkan undian berhadiah. Yang berdampak pada adanya korban yang tidak cermat akan mengalami kerugian besar akibat penipuan tersebut.
  • Praktik pelecehan seksual yang sering terjadi di dalam transportasi umum di kota-kota besar. Yang berdampak pada adanya transportasi umum menjadi tidak nyaman lagi dan peminat penggunaan transportasi umum menjadi berkurang.
  • Penyelundupan narkoba dibeberapa daerah. Yang berdampak pada rusaknya generasi muda akibat penyalahgunaan narkoba.
  • Pemerkosaan secara bergilir yang menimpa seorang gadis remaja di beberapa kota besar. Yang berdampak pada adanya rasa mecederai psikologis remaja tersebut dan menyebabkan frustasi terhadap korban.
  • Pembunuhan berencana yang dilakukan oleh sepasang kekasih terhadap mantan kekasih karena faktor dendam masa lalu. Yang berdampak pada keluarga korban merasa kehilangan dan para pelaku akan dikucilkan oleh masyarakat.
  • Pengeboman yang dilakukan oleh satu keluarga di Surabaya beberapa waktu lalu yang bertujuan untuk menegakkan syari’at agama. Yang berdampak pada lingkungan masyarakat menjadi tidak kondusif dan menimbulkan keresahan dalam masyarakat.
  • Korupsi yang dilakukan oleh beberapa oknum pemerintahan yang telah merugikan negara. Yang berdampak pada adanya pembangunan daerah tersebut menjadi terhambat dan menimbulkan dampak masalah sosial yang lain akibat tindakan korupsi tersebut.
  • Pembegalan motor yang sering terjadi di daerah yang jauh dari penduduk pada malam hari. Yang berdampak pada hadirnya perasaan tidak aman saat berpergian pada malam hari dan merasa selalu waspada.
  • Pembunuhan terhadap aktivis HAM sebagai upaya pembungkaman terhadap fakta yang ada. Yang berakibat pada hadirnya ketidakadilan terkait HAM akan terus terjadi di lingkungan masyarakat.
  • Penipuan yang dilakukan salah satu agen perjalanan Haji dan Umroh. Yang berdampak pada Masyarakat menjadi tidak percaya untuk menggunakan jasa agaen perjalanan.
  • Penghilangan dengan sengaja terhadap saksi kunci pada sebuah kasus yang dilakukan oleh beberapa oknum. Yang berdampak pada fakta yang diketahui oleh saksi kunci dari kasus tersebut tidak akan terungkap.
  • Penggusuran secara paksa lahan penduduk yang akan dijadikan perkebunan sawit. Yang berdampak pada adanya penduduk setempat kehilangan tempat tinggal.


Dampak Kriminalitas.

Dampak dari kriminalitas mempunyai dua sisi, ada yang negatif dan positif, karena sesuatu itu pasti bersifat dualisme. Akibat Negatif dari prilaku kriminalitas yang menjadi contoh kejahataan ini, antara lain sebagai berikut;

Cacat tubuh serta mental

Tindakan kriminal yang ekstrim atau sadis akan mengakibatkan kerugian scara psikis juga raga pada korban. Misal, perampokan yang disertai dengan penganiayaan, pemerkosaan, pembunuhan, dan sebagainya.

Traumatis

Dampak negatif kriminalitas yang fundamental adalah terjadi trauma pada korban. Hal ini terjadi misalnya karena pelaku kriminal menodongkan senjata tajam ke arah korban.

Merusak keamanan

Tingginya tindakan kriminalitas berdampak pada kerusakan keamanan di dalam hidup bermasyarakat, seperti ketakutan, kecemasan, dan lain sebagainya.

Banyak hal yang terbuang

Gangguan-gangguan kriminalitas yang muncul di dalam masyarakat oleh pelaku kriminal akan menyebabkan banyak materi serta energi yang keluar dengan sia-sia dari berbagai pihak terkait.


Cara Mengatasi Kriminalitas

Tentunya dibutuhkan sebuah cara guna mengatasi atau mencegah terjadinya tindakan kriminalitas. Berikut ini adalah 10 cara dalam mengatasi atau mencegah kriminalitas yang efektif, diantaranya :

  • Adanya tindakan yang tegas dari aparat hukum
  • Tidak melakukan tebang pilih, yakni berlaku tidak adil terhadap pelaku tindak kejahatan.
  • Menciptakan lapangan kerja bagi mereka yang mampu membuatnya.
  • Tidak membedakan dalam hal perlakuan berdasarkan tingkatan ekonomi
  • Menggerakan roda perekoniman yakni ekonomi kerakyatan
  • Menjunjung tinggi norma-norma seperti norma agama, norma hukum, dan norma sosial.
  • Tidak mengikuti emosi atau tidak mudah terpancing emosi
  • Peran orang tua semakin di tingkatkan
  • Lebih selektif terhadap budaya-budaya asing yang masuk
  • Meningkatkan kerja sama antara aparat/ pihak tertentu dengan seluruh masyarakat demi menjaga keamanan dan ketertiban bersama.


Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai kriminalitas. Semoga melalui tulisan ini memberikan pemahaman kepada pembaca yang sedang mempelarinya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan tinggal tanggapan maupun kritikan yang sifatnya memperbaiki untuk yang akan datang. Jika berkenan silahkan juga subcribe, komentar, like dan share, terima kasih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar