Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Selasa, 01 September 2020

Olahraga Permainan Bola Tangan, Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan Bola Tangan.

| Selasa, 01 September 2020
handball


Olahraga permainan bola tangan merupakan olahraga beregu di mana dua regu dengan masing-masing 7 pemain (6 pemain dan 1 penjaga gawang) berusaha memasukkan sebuah bola ke gawang lawan. Permainan ini mirip dengan sepak bola, tapi cara memindahkan bola adalah dengan tangan pemain, bukan kaki.

Olahraga bola tangan hampir sama seperti sepak bola, hanya saja perbedaanya terletak pada cara memainkannya. Sepak bola dimainkan menggunakan kaki, sedangkan sepak tangan jelas menggunakan tangan untuk memainkannya. Selain itu jumlah anggota tim/pemain bola tangan lebih sedikit dibanding sepak bola.

Lapangan bola tangan berukuran 50 m x 20m dengan garis pemisah di tengah dan gawang di tengah kedua sisi pendek. Di sekeliling gawang dibuat garis untuk menandai daerah yang hanya boleh dimasuki penjaga gawang. Bola yang digunakan lebih kecil dari bola sepak. Handball dimainkan selama 2 x 30 menit. Penalti dilakukan dari jarak 29 meter. Handball juga dipertandingkan di Olimpiade.


Pengertian Olahraga Bola Tangan.

Bola tangan adalah salah satu cabang olahraga bagian bola besar beregu yang saling berlawanan satu sama lain, terdiri dari 14 – 16 pemain dalam satu tim dengan 7 pemain inti termasuk kiper dan sisanya adalah pemain cadangan yang berguna untuk mengganti pemain inti jika terjadi cedera atau performanya kurang bagus.

Permainan bola tangan hampir mirip dengan permainan sepak bola, yang membedakan antara kedua permainan ini terletak pada teknik dasarnya. Pada sepak bola lebih cenderung dengan kaki namun pada bola tangan dengan menggunakan tangan.

Tujuan dari olahraga bola tangan ini adalah untuk mencetak gol atau skor ke gawang lawan sebanyak – banyaknya agar memenangkan sebuah pertandingan dan mempertahankan gawang sendiri dari lawan agar tidak kebobolan.


Pengertian Bola Tangan Menurut Para Ahli.

Sedangkan menurut para ahli pengertian bola tangan adalah :

Menurut Haris (1991:12)

Haris mengatakan bahwa permainan bola tangan juga memiliki prinsip-prinsip seperti cabang olah raga pada umumnya. Yang mana prinsip-prinsip tersebut seperti permainan bola tangan merupakan permainan tim, menggunakan tangan untuk memainkannya, serta hasil pertandingan ditentukan dengan banyaknya goal yang terjadi. Olah raga ini dikatakan sebagai bentuk modifikasi/gabungan dari sepak bola dan bola basket.

Menurut Mahendra (2000:9)

Permainan bola tangan umumnya melatih kemampuan gerak dasar untuk membentuk kemampuan kecepatan gerak dan kekuatan selain tentunya adalah koordinasi dan kolektivitas. Permainan ini memerlukan gerak dasar yang menyerupai permainan bola basket, seperti kemampuan berlari cepat, lari mengubah arah dengan, melompat, melempar dan bergerak ekplosif.

Menurut Lutan (1998:67)

Adapun menurut Lutan bola tangan merupakan sebuah permainan dengan irama yang cepat dengan melibatkan dua tim yang mana masing – masing tim terdiri dari tujuh orang dengan berbagai tugas, seperti mengoper, melempar, menangkap, dan mendribel sebuah bola kecil menggunakan tangan mereka sambil berusaha menciptakan gol ke gawang tim lawan. Tim dengan gol terbanyak dinyatakan sebagai pemenang. Permainan ini terdiri dari dua babak dengan masing -masing babak sepanjang 30 menit yang dipotong dengan sepuluh menit istirahat.


Sejarah Bola Tangan.


bola tangan


Olahraga bola tangan ini diperkirakan sudah ada sejak zaman Yunani Kuno sekitar abad ke 130 – 200 Masehi. Urania, adalah nama olahraga yang mirip dengan bola tangan dan tentu saja peraturan serta cara bermainnya sedikit berbeda dengan sekarang.

Pada abad ke 11 Masehi, permainan bola tangan berkembang hingga ke negara Jerman yang dipopulerkan oleh seorang pria bernama Walther Von Der Vgelweide dengan nama yang berbeda, yaitu fangballspiel atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia permainan tangkap bola yang terdiri dari 11 pemain.

Bola tangan kemudian mengalami penyebaran yang sangat cepat sampai ke beberapa negara yang ada di benua Eropa dan Amerika, yaitu pada abad ke 14 Masehi, olahraga ini telah dimainkan di Denmark dan Perancis. Serta penduduk asli Amerika yang disebut suku Eskimo telah memainkan ini pada abad 17 Masehi.

Sekitar abad ke 19 Masehi, bola tangan mulai mengalami beberapa perubahan peraturan dengan 7 orang pemain dan dikenal dengan bola tangan lapangan. Tokoh – tokoh yang mengembangkan olahraga ini adalah seorang pria asal Jerman yang bernama Hirschman dan Dr. Karl Schelenz. Mereka berdua dikenal sebagai penemu dari bola tangan lapangan modern.

Bola tangan kemudian semakin popular dan menyebar hingga seluruh dunia, banyak kompetisi – kompetisi telah diselenggarakan. Hingga pada akhirnya, dibentuklah IHF (International Handball Federation) pada tahun 1946 dan mengadakan kejuaraan dunia bola tangan pada tahun 1954. IHF telah tercatat memiliki kurang lebih 160 negara sebagai anggota.


Jenis - Jenis Permainan BolaTangan.

Ada tiga macam jenis permainan bola tangan, antara lain :

  1. Bola tangan outdoor handball, permainan bola tangan ini dimainkan oleh 11 pemain di lapangan terbuka.
  2. Bola tangan indoor handball, permainan bola tangan ini dimainkan oleh 7 pemain di lapangan tertutup.
  3. Permainan bola tangan gabungan, dimainkan di lapangan terbuka, tetapi menggunakan peraturan indoor handball.

Teknik Dasar Bola Tangan.

1. Teknik Menggiring Bola (Dribbling).

bola tangan

Dalam sepak bola, dribbling menjadi hal yang sangat penting untuk menentukan kemenangan. Sama hal nya dengan bola tangan, dibutuhkan latihan yang rutin untuk dapat melakukan teknik ini dengan baik. Dribbling yang bagus membutuhkan tangan yang elastic atau tidak kaku agar lebih mudah dalam memantulkan bola.

2. Teknik Menembak (Shooting).


bola tangan


Teknik ini sangat berpengaruh bagi tim, karena dengan shooting yang keras dan akurat, akan bisa mencetak sebuah gol dan menghasilkan suatu kemenangan. Shooting biasa dilakukan oleh pemain yang memiliki lemparan yang kuat dan diletakkan diposisi depan. Ada beberapa macam shooting, yaitu:

a. Tembakan melompat (Jump shot).
Teknik ini dilakukan dengan cara melakukan dribbling terlebih dahulu lalu melakukan lompatan sebelum menembak ke gawang lawan.

b. Tembakan berdiri (Standing throw shot).
Teknik ini dilakukan dengan cara melakukan dribbling terlebih dahulu lalu menembak bola sekeras – kerasnya.

c. The fall shot
Teknik ini dilakukan dengan cara melakukan dribbling terlebih dahulu yang kemudian menjatuhkan badan ke depan sambil menembak bola dengan posisi akhir dengan badan terlentang.

d. Tembakan menyamping (Side shot) 
Teknik ini dilakukan dengan cara melakukan dribbling terlebih dahulu, lalu menembak bola dengan keras dengan posisi tubuh sedikit menyamping ke kanan jika anda seorang pengguna tangan kanan.

e. The dive shot
Teknik ini dilakukan dengan cara membelakangi gawang terlebih dahulu lalu lakukan lompatan sambil menembak kea rah gawang dengan kuat.

f. Tembakan membalik (Reverse shot) 
Teknik ini dilakukan dengan cara membelakangi arah tembakan lalu memegang bola dengan kedua tangan, dimana posisi tangan kiri berada di bawah bola (jika anda seorang pengguna tangan kanan), balekkan tubuh sambil menembak bola.

g. Tembakan melayang (Flying shot).
Teknik ini dilakukan dengan cara melakukan tembakan sambil melompat menggunakan kaki kiri.

3. Teknik mengumpan (Passing Bola Tangan).

bola tangan

Jika anda tidak ahli dalam menembak ataupun mendribbling bola, maka akan tertutupi jika anda mahir dalam mengumpan bola. Teknik ini sangat – sangat berperan penting dalam tim, mengapa demikian? Karena seorang pemain bisa mencetak gol karena umpan – umpan indah dari teman. Berikut ini 2 teknik dalam mengumpan dalam berbagai situasi dan kondisi:

  • Mengumpan dengan satu tangan, cara ini digunakan untuk mengumpan teman jika jaraknya jauh dari anda.
  • Mengumpan dengan dua tangan, cara ini digunakan untuk mengumpan teman jika jaraknya dekat dari anda.
4. Menangkap bola (Catch).

bola tangan

Dalam olahraga bola tangan, teknik ini sangat diperlukan agar bisa menerima umpan – umpan dan tembakan dari lawan. Teknik ini tidak terlalu sulit dan juga tidak gampang, butuh latihan yang banyak agar bisa menguasainya. Anda harus tau bagaimana cara menangkap bola yang datang dengan keras, bola tinggi, bola rendah, serta bola yang sedang menggelinding. Insting anda sangat diperlukan dalam memprediksi kapan bola harus ditangkap.

5. Teknik menghadang lawan.


bola tangan


Teknik terakhir yang tidak kalah penting dari semuanya adalah teknik menghadang lawan. Jika anda mahir dalam mengahalau lawan, bisa dipastikan anda memiliki potensi untuk menjadi pemain bertahan. Dalam menghadang lawan, dibutuhkan badan yang besar, fisik yang kuat, serta stamina yang ekstra.


Peraturan Bola Tangan

1. Ukuran Lapangan.

ukuran lapangan bola tangan

Bola tangan dimainkan di lapangan dengan panjang 40 meter dengan lebar 20 meter.

2. Ukuran bola tangan.

ukuran bola tangan

Untuk putra berusia 16 tahun ke atas, berat bola yang dianjurkan adalah dari 425 sampai dengan 475 gram. Untuk putri berusia 14 tahun ke atas, berat bola yang dianjurkan adalah dari 325 sampai dengan 375 gram. Sedangkan untuk putra dan putri dibawah 16 dan 14 tahun, berat bola yang dianjurkan adalah 290 sampai dengan 330 gram.

3. Durasi waktu permainan bola tangan

Dalam olahraga bola tangan, dalam satu pertandingan terdiri dari 2 babak, yang masing – masing babak berdurasi untuk putra 35 menit dan putrid 30 menit.

4. Jumlah pemain

Terdiri dari dua regu yang saling berlawan dalam satu lapangan. Setiap regu terdiri dari 14 – 16 pemain dengan 7 pemain inti dan sisanya cadangan.

5. Jumlah wasit

Jumlah wasit dalam pertandingan bola tangan resmi terdiri dari 2 wasit yang memiliki tugas yang sama dengan dibantu oleh seorang pencatat waktu dan pencatat skor.

6. Pelanggaran
  • Sebuah pelanggaran akan terjadi jika:
  • Mendribbling bola lebih dari tiga langkah.
  • Memegang sebuah bola lebih dari tiga detik.
  • Melempar bola dan menangkapnya kembali sebelum ada sentuhan dari lawan atau teman.
  • Tampak sengaja melempar bola kelawan dengan keras.
  • Memasuki daerah kiper.
  • Melakukan hal – hal yang berbau kekerasan kepada lawan.


7. Cara memainkan bola tangan
  • Pemain boleh menghendtikan, menangkap, menangkap dan meyentuh bola dengan menggunakan tangan, kepala, badan, paha dan lutut.
  • Membawa bola paling banyak 3 langkah kaki dan bola harus dipantulkan atau di dribble.
  • Menahan bola paling lama 3 detik.


Aturan bermain di wilayah atau daerah gawang
  • Penjaga gawang bebas bergerakk di area gawang.
  • Pemainyang memasuki area gawang akan terkena hukuman, dan hukumannya adalah lemparan bebas.
  • Pemain bertahan memasuki area gawang hukumannya lemparan 14 meter.
  • Bola di wilayah gawang adalah hak penjaga gawang.
  • Mengembalikan Bola ke Daerah Gawang


Boleh melempar bola memasuki area gawang dan kiper.
  • Tidak boleh menahan bola selama 3 detik.
  • Boleh membawa bola di area gawang.
  • Akan terjadi lemparan sudut bila bola keluar.


Aturan Penjaga Gawang atau Kiper
  • Boleh melempar dengan segala cara.
  • Tidak boleh menahan bola selama 3 detik.
  • Boleh membawa bola di areanya.
  • Terkena hukuman apabila membawa bola keluat area gawang.


Terjadinya Gol
  • Gol akan terjadi apabila seluruh bagian bola lebih banyak melewati garis.
  • Apabila terjadi gol, permainan kan dimulai kembali dengan permulaan pada lemparan awal.


Offside
  • Untuk regu yang bertahan, apabila terdaoat kebih dari 7 pemain termasuk penjaga gawang atau kiper, sedangkan bola berada dalam penguasaan regu yang bertahan.
  • Untuk penyerang, apabila wilayah offside terdapat 6 pemain, sedangkan bola dalam penguasaan penyerang.


Manfaat Bola Tangan.

Berikut ini manfaat dalam berolahraga bola tangan.
  • Membuat tubuh bekerja keseluruhan.
  • Meningklatkan ketahanan kardiovaskular.
  • Mengembangkan kecerdasan.
  • Menjaga jantung tetap sehat.
  • Manjaga badan tetap fit.
  • Meningkatkan fokus dan rasa percaya diri.
  • Membakar kalori dan lemak yang ada pada tubuh.
  • Meningkatkan koordinasi tangan dan mata.
  • Menjaga keseimbangan dalam tubuh.
  • Dpat dimainkan secara umum untuk semua umur.
  • Belajar kerjasama tim dengan baik.
  • Bermain secara fair.
  • Melatih pengendalian diri.



Demikianlah artikel yang menjelaskan tentang "Olahraga Bola Tangan, Pengertian, Sejarah, Jenis - Jenis, Peraturan Dan Manfaat Olahraga Bola Tangan". Semoga melalui tulisan ini memberikan pemahaman kepada pembaca yang sedang mempelarinya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan tinggal tanggapan maupun kritikan yang sifatnya memperbaiki untuk yang akan datang. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar