Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Senin, 03 Agustus 2020

Perencanaan Sungai Dalam Teknik Sipil.

| Senin, 03 Agustus 2020
perencanaan sungai


Sungai adalah bagian dari alam, dan perilaku manusia di wilayah sungai, terutama perubahan bentuk dan dinamika akibat pembangunan, harus selalu diingat sebagai fitur perencanaan sungai. Sebagai contoh, jika bendungan dan gulungan dibangun di sungai, aliran sungai berubah ke hulu dan hilir. Karena struktur ini disediakan untuk tujuan menyimpan air sungai dan mengambil air, laju aliran hilir umumnya berkurang tidak hanya selama banjir tetapi juga selama waktu normal. Yang penting adalah jika aliran air diubah, aliran sedimen yang terkandung dalam aliran akan berubah, dan karakteristik sungai itu sendiri akan berubah.

Sungai memberi manfaat tanpa akhir bagi kehidupan kita, seperti irigasi, pembangkit listrik, dan transportasi kapal, banjir Itu mengancam kehidupan dan harta benda manusia. Orang - orang telah membentuk desa dan peradaban di tepi sungai sejak lama, tetapi bagaimana menangani banjir adalah masalah penting. Sungai juga memainkan peran penting sebagai tempat rekreasi, lanskap yang sangat baik, dan lingkungan yang damai secara spiritual. Rencana yang dilaksanakan dengan tujuan memanfaatkan secara efisien manfaat sungai tersebut dan mencegah kerusakan banjir secara kolektif disebut rencana sungai.


Perencanaan Sungai.

Untuk membuat rencana sungai, (sungai) geologi, (sungai) hidrologi , (Sungai) hidrolika  diperlukan pengetahuan akademis terkait, dan survei dari bidang tersebut harus dilakukan terlebih dahulu. Dengan kata lain, medan, geologi, kondisi meteorologi, curah hujan, salju turun, aliran sungai, aliran di sungai dan waduk, pergerakan bumi dan pasir, dan keterkaitannya diukur, diamati, diukur, atau, menggunakan foto udara, dll. data yang diperoleh sebagai dasar dari berbagai rencana sungai. Di sisi lain, survei dilakukan pada tingkat permintaan untuk pengendalian banjir dan penggunaan air di wilayah sungai, yang merupakan dasar bagi kebutuhan setiap rencana sungai. 

Landasan rencana pengendalian banjir adalah status kerusakan, frekuensi, dan rincian kerusakan banjir yang telah terjadi di DAS sejauh ini, dan ini diperiksa dalam menanggapi skala banjir dan curah hujan. Sebagai dasar untuk rencana pemanfaatan air, konsumsi air untuk air pertanian, air industri, dan pasokan air, perkiraan permintaan air di masa depan, sarana teknis untuk memperoleh sumber daya air dari sungai, dan rencana fasilitas untuk tujuan itu dipertimbangkan. Dalam hal perencanaan pembangkit listrik tenaga air, perlu untuk menyelidiki hubungan antara permintaan daya dan efisiensi pembangkit listrik, serta perencanaan fasilitas seperti bendungan dan estimasi jumlah daya yang dihasilkan sehubungan dengan aliran sungai.


Pekerjaan Sipil Dalam Perencanaan Sungai.

Pada perencanaan sungai terdapat berbagai macam pekerjaan sipil yang dilaksanakan, antara lain pembangunan  sistem pengamanan banjir, pembuatan bangunan sadap untuk berbagai kebutuhan akan air, usaha-usaha pelestarian alam dan lingkungan hidup, ataupun perbaikan alur sungai untuk mendukung keamanan lalu lintas sungai. Pada umumnya perancangan bangunan sungai dilakukan untuk menunjang kegiatan perencanaan persungaian, yang dibagi menjadi :
  • perencanaan perbaikan dan pengaturan sungai,
  • perencanaan pemanfaatan air sungai,
  • perencanaan pengembangan wilayah,
  • perencanaan perbaikan dan pelestarian lingkungan sungai,
  • perencanaan lalu lintas sungai.

Perencanaan perbaikan dan pengaturan sungai diadakan dan disesuaikan dengan tingkat perkembangan suatu lembah sungai, serta kebutuhan masyarakat. Sungai diperbaiki dan diatur sedemikian rupa sehingga dapat diadakan pencegahan terhadap bahaya banjir dan sedimentasi, serta mengusahakan agar alur sungai senantiasa dalam keadaan stabil. Dengan demikian akan memudahkan pemanfaatan air yang akan memberikan kemudahan dalam penyadapan, pelestarian lingkungan, dan menjamin kelancaran serta keamanan lalulintas sungai. Jadi tujuan utama dari perencanaan persungaian adalah pengamanan terhadap banjir, pengendalian alur sungai dengan memperhatikan peranan sungai sebagai sumber air dan sedimen, pelestarian lingkungan, serta keamanan dan keamanan lalulintas sungai.

Perencanaan pemanfaatan air adalah perencanaan untuk meningkatkan kemampuan sungai dalam menyediakan air, khususnya di musim kemarau. Air yang berlebih pada musim hujan sebagian harus ditampung dengan suatu cara, dan kemudian di manfaatkan di mana diperlukan (terutama pada musim kemarau). Perencanaan pemanfaatan air dapat berarti perencanaan pengurangan debit banjir, sehingga dalam perencanaannya sering dilakukan bersama-sama dengan perencanaan pengembangan wilayah sungai.

Perencanaan pengembangan wilayah sungai secara garis besar merupakan pengembangan sumber air sungai dalam mendukung pengmabangan ekonomi lainnya, seperti pengembangan industri dan pertanian dalam daerah pengaliran sungai. Rencana ini akan menetapkan sasaran-sasaran tertentu yang terdiri dari pengendalian banjir, pembangkit listrik, irigasi, penyediaan air bersih, air industri, ataupun sarana lalulintas sungai. Terhadap sasaran-sasaran tersebut harus disusun dalam skala prioritas dan dapat dikelompokkan  secara berurutan dalam sasaran primer dan sasaran sekunder. Tingkat pengembangan sungai biasanya dibatasi oleh berbagai kondisi, seperti kondisi geografis, teknis, sosial, dan dapat mempertimbangkan kebutuhan masyarakat, sehingga modal yang akan ditanam dapat meningkatkan kemajuan ekonomi secara maksimum.

Perbaikan lingkungan sungai akan bertambah penting setelah dilaksanakan kegiatan perbaikan dan pengaturan serta pengembangan wilayah sungai yang disebabkan oleh pertambahan jumlah penduduk dan peningkatan harta benda milik masyarakat di daerah pengaliran sungai tersebut. Inti dari perbaikan lingkungan sungai ini meliputi konservasi kualitas air sungai, serta konservasi dan pengaturan sungai menjadi ruang terbuka yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi penduduk. Dengan terjadinya pertambahan jumlah penduduk, yang disebabkan oleh urbanisasi, maka di daerah pusat-pusat pemukiman, kualitas air semakin menurun. Hal ini menimbulkan pengaruh yang tidak diinginkan terhadap sumber air dan lingkungan di sekitarnya. Oleh sebab itu kualitas air harus dipelihara, agar tidak menurun melampaui batas-batas yang diijinkan. Dengan demikian perbaikan sistem pembuangan air kotor dan pengaturan pembuangan limbah industri pada dasarnya sangta diperlukan, dan bersamaan dengan itu perlu pula dipertimbangkan pengamanan terhadap sungainya sendiri, seperti perbaikan resim hidrologi, pembersihan air buangan yang akan dialirkan ke sungai, serta penmgerukan sedimen.


Pengertian Bangunan Sungai.

Yang dimaksud bangunan sungai adalah semua bangunan yang berkaitan dengan kegiatan pengelolaan sungai, dapat terletak pada alur sungai, tebing sungai, ataupun lembah sungai. Bangunan-bangunan sungai tersebut antara lain :
  • bendungan,
  • bendung,
  • tanggul,
  • parapet,
  • pelindung tebing,
  • dam pengendali dasar,
  • dam penahan sedimen,
  • kantong pasir,
  • pangkal dan pilar jembatan, serta
  • krib sungai.

Pengelolaan sungai hampir selalu melibatkan masalah pembangunan bangunan-bangunan sungai. Agar fungsi bangunan yang dibuat dapat sesuai dengan tujuan pengelolaan sungai maka bangunan tersebut harus dirancang sebaik mungkin, dengan memperhatikan aspek hidraulika. Perancangan bangunan sungai juga ditujukan agar bangunan yang dipilih (jenis maupun dimensinya) betul-betul merupakan bangunan yang tepat untuk memenuhi sasaran kegunaannya, serta ekonomis.


Tujuan Pembuatan Bangunan Sungai

Suatu bangunan sungai dapat ditujukan untuk berfungsi lebih dari satu macam, sebagai contoh, bangunan sungai berupa bendungan dapat ditujukan untuk berfungsi sebagai :
  • pengendali banjir,
  • pembangkit listrik tenaga air,
  • irigasi,
  • perikanan,
  • serta pariwisata.


Demikianlah artikel yang menjelaskan secara lengkap mengenai "Perencanaan Sungai Dalam Teknik Sipil". Semoga melalui tulisan ini memberikan pemahaman kepada pembaca yang sedang mempelarinya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan tinggal tanggapan maupun kritikan yang sifatnya memperbaiki untuk yang akan datang. Jika berkenan silahkan juga subcribe, komentar, like dan share, terima kasih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar