Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Sabtu, 15 Agustus 2020

Pengertian Resonansi Bunyi Beserta Syarat - Syarat, Sifat - Sifat, Struktur Dan Contoh Soal Resonansi Bunyi.

| Sabtu, 15 Agustus 2020
resonansi bunyi


Resonansi merupakan peristiwa ikut bergetarnya suatu benda, karena pengaruh getaran dari benda lain disekitarnya yang mempunyai frekuensi yang sama dengan benda tersebut. Syarat terjadinya resonansi adalah frekuensi alami kedua sumber bunyi harus sama atau kelipantannya. Sebagai contoh. Seutas dawai bergetar sehingga menghasilkan bunyi dengan frekuensi fo di dekat lubang sebuah pipa organa terbuka yang memiliki frekuensi alamiah fi maka resonansi terjadi jika fo = fi.


Pengertian Resonansi.

Kata resonansi berasal dari bahasa latin, yaitu bergema terdengar bersama-sama suara keras. Resonansi gak bisa dipisahkan dari getaran dan bunyi, karena dari getaran tersebut resonansi akan menghasilkan suara. Resonansi bunyi adalah suatu peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena ada nya benda lain yang bergetar dan mempunyai frekuensi yang sama atau kelipatan bilangan bulat dari frekuensi itu. Resonansi sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, pada resonansi bunyi pada kolom udara bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan bunyi.

 Percobaan mengenai resonansi yang umum dilakukan adalah dengan menggunakan dua garpu tala. Dua garputala tersebut mempunyai frekuensi sama. Jika garputala A digetarkan, maka garputala B akan ikut bergetar karena adanya resonansi.


Syarat Terjadinya Resonansi Bunyi
  • Ada sebuah sumber bunyi (benda yang bergetar)
  • Terdapat sebuah medium perantara untuk merambat (bisa benda pada dan udara)
  • Terdapat penerima atau benda yang lain
  • Frekuensi sumber bunyi sama dengan frekuensi alamiah benda yang mempunyai frekuensi yang sama.


Sifat - Sifat Resonansi Bunyi
  • Bisa dituliskan dalam sejumlah struktur Leweis yang dinamakan dengan struktur resonan. Tapi, gak satupun struktur itu melambangkan format asli molekul yang bersangkutan.
  • Di antara struktur yang saling beresonansi bukanlah isomer.
  • Masing-masing struktur struktur Leweis mesti punya jumlah elektron valensi dan elektron gak berpasangan yang sama.
  • Ikatan yang punya orde ikatan yang bertolak belakang pada setiap struktur gak punya panjang ikatan yang khas.
  • Struktur yang sebetulnya punya energi yang lebih rendah dikomparasikan energi setiap struktur resonan.


Struktur Resonansi Bunyi.


resonansi bunyi


Struktur resonansi yaitu di antara dari dua atau lebih struktur Leweis bikin satu molekul yang gak dapat dinyatakan secara tepat dengan cuma menggunakan satu struktur Leweis. Tanda panah dua arah mengaku kalo struktur-struktur yang diserahkan adalah struktur resonansi. Istilah resonansi berarti pemakaian dua atau lebih struktur Leweis buat mencerminkan molekul tertentu. Masing-masing struktur resonansi dapat melambangkan struktur Leweis, dengan hanya satu ikatan kovalen antara setiap pasangan atom. Beberapa struktur Leweis digunakan bersama-sama buat menyatakan struktur molekul. Tapi struktur itu gak tetap, tetapi ada suatu isolasi antara ikatan rangkap dengan elektron saling berbolak-balik, makanya dinamakan resonansi. Struktur yang sebenarnya barangkali aja adalah peralihan dari dua struktur resonan. Bentuk pergantian (intermediet) dari struktur resonan dinamakan dengan hibrida resonan.


Rumus Resonansi Bunyi.

Dibawah ada rumus buat menilai resonansi, yaitu:


λ = l/n atau λ = V.f

Keterangan:

λ = Panjang gelombang (m)
V = Cepat rambat suara di udara
f = Frekuensi
l = Panjang kolom udara diatas permukaan air dalam tabung (m)
n = Resonansi ke-n (n = 1, 2, 3, …)

Percobaan lainnya buat memperlihatkan terjadinya resonansi yakni dengan mencelupkan tabung yang kedua ujungnya tersingkap ke dalam air secara vertikal. Rumus resonansi pada tabung air yaitu:


L = (2n-1) . λ / 4

Keterangan:

L = Panjang kolom udara pada tabung air (cm)
n = 1, 2, 3, ….
n = 1 kalo terjadi resonansi pertama
n = 2 kalo terjadi resonansi kedua
λ = Panjang gelombang


Contoh Resonansi Bunyi.


resonansi bunyi


Saat gitar akustik dipetik, maka akan berbunyi. Itu dikarenakan karena dawai atau senar yang kita petik akan bergetar dan mengakibatkan suara pada kolom gitar. Itulah mengapa gitar akustik dibuat ruang yang dalamnya bolong dan tengahnya bulat (bisa bentuk selain bulan) sehingga udara yang di dalam kolom itu ikut menyebabkan bunyi yang bagus. yang Artinya frekuensi getar yang dihasilkan oleh senar gitar sama dengan frekuensi alami udara di dalam kolom udara gitar.
Suara beduk yang ditabuh. Suara beduk yang kita pukul itu dihasilkan oleh suatu lapisan kulit sapi beduk yang bergetar itu sama saja dengan frekuensi udara yang berada di kolom beduk.


Manfaat Resonansi Bunyi.

Meski terlihat paling sepele, cuma suatu getaran yang menghasilkan bunyi. Tapi dalam kehidupan sehari-hari, terjadinya resonansi ini pun memberikan guna loh buat anda semua, diantaranya yaitu:
  • Resonansi dapat menghasilkan suara pada perangkat musik ketika dimainkan laksana pada perangkat musik gitar, biola, kendang, kulintang, gamelan dan perangkat musik beda sebagainya.
  • Dengan adanya resonansi, manusian jadi dapat mendengar bunyi sebab adanya peristiwa resonansi pada telinga. Didalam telinga terdapat selaput gendang telinga yang paling tipis, jadi gampang beresonansi dengan bunyi audiosonik.
  • Di samping alat musik diatas tadi, resonansi juga dapat menghasilkan suara merdu bikin alat-alat musik klasik laksana seruling, jadi suara yang didapatkan menjadi keras.


Contoh Soal Resonansi Bunyi

Sebuah sumber bunyi beresonansi kesatu kali pada ketika tinggi kolom udara 50 cm. Jika frekuensi sumber bunyi ialah 250 Hz, maka anda hitunglah:

Panjang gelombangnya?
Panjang kolom ketiga ketika terjadi resonansi?
Jawaban:

Diketahui:

l = 50 cm = 0,5 m
f = 250 Hz

Ditanya:
Panjang gelombangnya?
Panjang kolom ketiga saat terjadi resonansi?

Dijawab:

a. Menghitung panjang gelombangnya:

0.5= {[2(1) – 1] / 4} x λ 0.5 / 0.25 = λ λ =  2 m

b. Menghitung panjang kolom ketiganya:

l3 = {[2(3) – 1] / 4} x 2 l3 = 5/2 l3 = 2.5 m


Demikianlah artikel dari pustakapengetahuan.com mengenai "Pengertian Resonansi Bunyi Beserta Syarat - Syarat, Sifat - Sifat, Struktur Dan Contoh Soal Resonansi Bunyi". Jika ada kesalahan kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar yang berguna bagi perbaikan artikel ini selanjutnya. Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar