Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Minggu, 09 Agustus 2020

Pengertian Musik Beserta Fungsi, Unsur - Unsur, Jenis - Jenis Dan Contoh Musik.

| Minggu, 09 Agustus 2020
jenis - jenis dan contoh musik


Mendengarkan musik saat ini, seiring berkembangnya zaman, telah lahir beragam jenis musik diantaranya adalah blues, jass, klasik, pop, dan musik rock. Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang sejarah berkembangnya musik di dunia. Musik merupakan sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.


Pengertian Musik.

Definisi musik juga bisa diartikan sebagai nada atau suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Arti Musik Menurut KBBI

Arti musik menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

Definisi Musik Secara Umum

Pengertian musik secara umum merupakan suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.


Pengertian Musik Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa definisi dan pengertian seni musik menurut para ahli, baik ahli luar negeri maupun ahli dalam negeri.

Menurut Aristoteles

Pengertian musik menurut Aristoteles adalah curahan kemampuan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam satu rentetan nada (nelodi) yang memiliki irama.

Menurut Shcopenhauer

Shcopenhauer, seorang filsuf asal Jerman ini berpendapat bahwa arti seni musik adalah melodi yang syairnya berupa alam semesta

Menurut David Ewen

Pengertian seni musik adalah ilmu pengetahuan serta seni mengenai kombinasi ritmik dan beberapa nada, baik vokal ataupun instrumental yang mencangkup melodi serta harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu hal yang menginginkan diungkapkan terlebih dalam segi emosional.

Menurut Adjie Esa Poetra

Pengertian seni musik adalah sebuah bunyi yang teratur, bukan saja bersifat moral normatif, melainkan juga diakui selaras yang berdasarkan penghitungan para ahli ilmu fisika.

Menurut Dello Joio

Pengertian musik menurut Dello Joio adalah sesuatu yang bisa menambah pengetahuan dan pandangan, selain juga mengenal banyak hal lain di luar musik. Pada pengenalan terhadap musik akan meningkatkan suatu rasa penghargaan akan nilai seni, selain menyadari akan dimensi lain dari sebuah kenyataan yang selama ini tersembunyi.

Menurut Reed dan Sidnell

Definisi seni musik menurut Reed dan Sidnell merupakan suatu cabang seni berbentuk suara yang di dalamnya terkandung unsur ritme, melodi, harmoni, serta timbre.

Menurut Merriam

Pengertian musik secara umum menurut Merriam adalah suatu lambang dari hal-hal yang berkaitan dengan ide dan perilaku masyarakat.


Sejarah Musik.


musik


Musik dikenal sejak kehadiran manusia modern Homo sapiens yakni sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Tidak ada yang tahu kapan manusia mulai mengenal seni dan musik. Dari penemuan arkeologi pada lokasi-lokasi seperti pada benua Afrika, sekitar 180.000 tahun hingga 100.000 tahun lalu telah ada perubahan evolusi pada otak manusia. Dengan otak yang lebih pintar dari hewan, manusia merancang pemburuan yang lebih terarah sehingga bisa memburu hewan yang besar. Dengan kemampuan otak seperti ini, manusia bisa berpikir lebih jauh hingga di luar nalar dan menggunakan imajinasi dan spiritual. Bahasa untuk berkomunikasi telah terbentuk di antara manusia. Dari bahasa dan ucapan sederhana untuk tanda bahaya dan memberikan nama-nama hewan, perlahan-lahan beberapa kosakata muncul untuk menamakan benda dan memberikan nama panggilan untuk seseorang.

Dalam kehidupan yang berpindah-pindah, manusia purba mungkin mendapat inspirasi untuk mengambil tulang kaki kering hewan buruan yang menjadi makanannya dan kemudian meniupnya dan mengeluarkan bunyi. Ada juga yang mendapat inspirasi ketika memperhatikan alam dengan meniup rongga kayu atau bambu yang mengeluarkan bunyi. Kayu dibentuk lubang tiup dan menjadi suling purba.

Manusia menyatakan perasaan takut dan gembira dengan menggunakan suara-suara. Bermain-main dengan suara menciptakan lagu, hymne, atau syair nyanyian kecil yang diinspirasikan oleh kicauan burung. Kayu-kayu dan batuan keras dipukul untuk mengeluarkan bunyi dan irama yang mengasyikkan. Mungkin secara tidak sengaja manusia telah mengetuk batang pohon yang berongga di dalamnya dengan batang kayu yang mengeluarkan bunyi yang keras. Kulit binatang yang digunakan sebagai pakaian diletakkan sebagai penutup rongga kayu yang besar sehingga terciptalah sebuah gendang.


Perkembangan Musik Dunia.


musik


Berikut ini adalah perkembangan musik yang ada di dunia, dari zaman dahulu sampai sekarang
Musik pada zaman purbakala

Sejarah musik sudah dimulai dari zaman purbakala. Meski tidak ada informasi yang cukup dan jelas, musik primitif ini tidak memiliki tujuan tersendiri. Fungsinya hanyalai sebagai alat atau bahan dalam ritual penyembahan dalam upacara adat kepercayaan mereka.

Musik pada zaman yunani kuno.

Orang Yunani kuno menyukai musik, sehingga mereka menjadikan musik sebagai bagin penting dalam hidup mereka. Mereka memainkan musik untuk memuja dewa – dewi mereka. Walau tidak diketahui ciri khas bunyi musik mereka, saat ini telah diketahui beberapa alat musik Yunani kuno, diantaranya adalah pipa, lira, drum, dan simbal.

Musik pada abad pertengahan

Musik pada abad pertengahan dimulai dari jatuhnya kerajaan Romawi, yaitu pada 476 M sampai dengan “Zaman Reformasi” agama Kristen oleh Marthen Luther, 1572 M. Pada zaman ini, musik tidak hanya digunakan sebagai sarana keagamaan, tetapi juga sebagai sarana hiburan. Berikut ciri – ciri musik abad pertengahan:
  • Peranan paduan suara semakin berkembang
  • Ditemukannya not dan pencatatan nada
  • Masuknya musik duniawi bersuara satu
  • Berkembangnya musik bersuara banya
  • Berkembangnya nyanyian keagamaan dan untuk pertama kalinya nama – nama komponis mucul dalam sejarah.
  • Pada zaman ini pula terdapat beragam jenis alat musik yang dipakai. Diantaranya adalah seruling, triangle, simbal, drum, tamborin, harpa, dan terompet.


Musik pada zaman renaissans

Era musik pada zaman ini adalah musik yang ada diantara tahun 1400 – 1600. Genre musik pada era ini sangatlah bervariasi. Genre yang terkenal dam era ini adalah mass, motet, madrigal spirituale, dan laude. Selain itu ada juga genre – genre seperti toccata, canzone, dan intabulation yang membuat musik era renaissans menjeadi lebih semarak dan meriah. Instrumen musik yang digunakan pada era ini sangatlah bervariasi dan beberapa masih dipakai hingga saat ini. Diantaranya adalah recorder, perkusi, hornpipe, irish harp, lyre, dan cornett.

Musik Pada Zaman Klasik

Zaman Klasik adalah sejarah musik Barat yang berlangsung selama abad ke -18 sampai dengan awal abad ke -19. Komponis yang paling terkenal pada zaman ini adalah Wolfgang Amadeus Mozart dan Ludwig van Beethoven. Berikut ciri – ciri zaman musik klasik:
  • Penggunaan dinamika dari keras menjadi lembut (Crassendo dan Decrasscendo)
  • Perubahan tempo dari cepat menjadi lambat (Accelarando dan Ritarteando)
  • Pemakaian improvisasi dibatasi
  • Menggunakan accord tiga nada


Musik pada zaman romantik

Musik era Romantik dimulai pada tahun 1815 dan berakhir pada tahun 1910. Walaupun dinamakan era romantik, bukan berarti musik yang berisi tentang cinta. Sebenarnya disebut demikian karena dapat menggambarkan adanya ekspresi pada komposisi musik tersebut. Karya – karya musik pada era ini lebih mengutamakan pada garapan emosional dan dramatis. Instrumen yang dipakai pada era musik ini adalah harpsichord, piano, biola, brass, dan cello.

Musik pada zaman modern

Era musik ini dimulai sejak tahun 1900 sampai sekarang. Musik pada zaman ini tidak menggunakan hukum – hukum atau peraturan. Pada masa ini orang – orang dapat mengungkapkan ekspresi mereka dengan bebas menggunakan musik.


Fungsi Musik.


pengertian musik


Musik memiliki sejumlah fungsi dan tujuan bagi kehidupan manusia di berbagai bidang. Berikut ini merupakan pembahasan beberapa fungsi seni musik secara umum.
  • Sebagai media ekspresi diri.
  • Sebagai media hiburan dan pengisi waktu luang.
  • Sebagai sarana untuk komunikasi.
  • Sebagai sarana pendidikan dan pembelajaran.
  • Sebagai ritual dan upacara keagamaan.
  • Sebagai musik pengiring seni tari.
  • Sebagai wujud kebudayaan daerah.
  • Sebagai sarana estetika dan keindahan.
  • Sebagai profesi dan mata pencaharian.


Unsur - Unsur Musik

Nah berikut ini unsur-unsur yang membentuk sebuah lagu yaitu:

Melodi
Merupakan suatu kesatuan frase yang tersusun dari nada-nada dengan urutan, interval dan tinggi rendah  yang teratur, melodi menjadi daya tarik dari suatu musik.

Irama
Merupakan pergantian panjang pendek tinggi rendah dan keras lembut nada atau bunyi dalam suatu rangkaian musik, irama ialah penentu ketukan dalam musik.

Birama
Merupakan unsur seni yang berupa ketukan atau ayunan berulang-ulang yang hadir secara teratur di waktu yang bersamaan, birama yang nilai penyebutnya genap disebut birama bainar, sedangkan birama yang penyebutnya ganjil disebut birama tenair.

Harmoni
Merupakan sekumpulan nada yang apabila dimainkan bersama-sama akan menghadirkan sebuah bunyi yang enak dinikmati “didengar”, selain itu harmoni bisa diartikan dengan suatu rangkaian akor-akor yang disusun selaras dan dimainkan sebagai iringan musik.

Tangga Nada
Merupakan deret nada yang disusun bertingkat ada 2 jenis tangga nada yaitu tangga nada diatonis dan pentatonis. Tangga nada diatonis tersusun dari 7 buah nada dengan 2 jarak “1/2 dan 1” sedangkan pentatonis tersusun dari 5 buah nada dengan jarak tertentu.

Tempo
Merupakan ukuran kecepatan birama lagu, semakin cepat sebuah lagu dimainkan semakin besar juga nilai tempo dari lagu tersebut, ada 8 kategori tempo yaitu:
  • Largo “lambat sekali”
  • Lento “lebih lambat”
  • Adagio “lambat”
  • Andante”sedang”
  • Moderato “sedang agak cepat”
  • Allegro “cepat”
  • Vivace “lebih cepat”
  • Presto “cepat sekali”


Dinamika
Merupakan tanda untuk memainkan nada dengan volume lembut atau keras, dinamika penting karena dapat menunjukan nuansa sebuah lagu “sedih, senang, riang, agresif, datar, dll”.

Timbre
Merupakan kualitas atau warna bunyi, keberadaan timbre sangat dipengaruhi oleh sumber bunyi dan cara bergetarnya. Timbre yang dihasilkan alat musik tiup akan berbeda dengan alat musik petik, meskipun dimainkan di nada yang sama.

Ekspresi
Ungkapan perasaan dari dalam hati bisa ditunjukkan melalui ekspresi, apakah gembira, sedih, romantis dan lainnya. Karena itu penyanyi harus bernyanyi secara total agar pendengar terbawa suasana.


Jenis - Jenis Musik

Seni musik memiliki sejumlah jenis yang dibedakan dalam beberapa kategori. Berikut merupakan klasifikasi jenis-jenis seni musik secara umum dan apa saja genre musik populer.

1. Musik Tradisional

Musik tradisional merupakan jenis seni musik yang terpengaruhi oleh adat, tradisi, serta budaya masyarakat tertentu. Musik tradisional hidup di masyarakat secara turun temurun dan dipertahankan sebagai sarana hiburan.

2. Musik Modern

Musik modern merupakan jenis seni musik yang mendapat sentuhan instrumen dan teknologi dan tidak terlahir dari musik masyarakat adat. Musik modern bersifat universal yang berarti tidak terikat pada suatu daerah tertentu serta dipengaruhi oleh teknologi modern. Umumnya musik modern juga dibedakan menjadi beberapa genre musik populer yang berkembang dari tahun ke tahun. Berikut merupakan macam-macam genre musik populer.
  • Pop
  • Rock
  • R&B
  • Blues
  • Hip hop
  • Jazz
  • Reggae
  • Country
  • Electronic
  • Soul
  • Funk
  • Dance
  • Classic
  • Punk
  • Metal
  • Alternative


Peranan Musik 

Sebagai penghibur jiwa dan pikiran kita. Banyak orang tidak menyadari peranan seni dalam hidup kita adalah sangat penting dan semua orang pasti mengetahui apa itu seni, baik seni rupa, seni musik, seni tari dan sebagainya. Seni adalah bahagian dari sebuah budaya, budaya tanpa adanya seni itu adalah 0 ( nol ) atau kosong, tak berarti dan tidak bermakna. Di Indonesia banyak sekali kita temukan macam- macam seni.

Manfaat Musik
  • Musik sebagai hiburan
  • Musik sebagai terapi kesehatan
  • Musik sebagai kecerdasan
  • Musik sebagai kepribadian


Contoh Musik.

Beriku ini beberapa contoh musik yang biasa kita tahu.

Musik tradisional


contoh musik


Musik modern.

contoh musik



Demikianlah artikel dari pustakapengetahuan.com mengenai "Pengertian Musik Beserta Fungsi, Unsur - Unsur, Jenis - Jenis Dan Contoh Musik. Cara Menentukan Letak Gagasan Utama ". Jika ada kesalahan kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar yang berguna bagi perbaikan artikel ini selanjutnya. Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar