Senin, 31 Agustus 2020

Pengertian Iklan Beserta Ciri - Ciri, Tujuan, Jenis - Jenis Dan Contoh Iklan.

| Senin, 31 Agustus 2020
jenis - jenis dan contoh iklan


Iklan merupakan suatu bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, instansi atau lembaga, perusahaan, yang isinya berupa pesan yang menarik tentang sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak. Maksud dan tujuan dibuatnya iklan adalah untuk membujuk atau mendorong masyarakat sehingga menjadi tertarik menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Pada umumnya iklan berbentuk informasi non personal mengenai sebuah produk atau jasa, perusahaan, merek, dan lainnya, dengan kompensasi biaya tertentu. Semua komunikasi dalam bentuk iklan ini bertunjuan untuk menarik perhatian atau membujuk orang lain untuk membeli atau melakukan sesuatu yang menguntungkan si pembuat iklan.


Pengertian Iklan,

Pengertian Iklan adalah berita atau pesan untuk membujuk dan mendorong orang agar tertarik pada barang ataupun jasa yang ditawarkan, iklan biasa dipromosikan melalui media periklanan seperti, televisi, radio, koran, majalah, internet dll.

Biasanya iklan dipasang di berbagai media agar terlihat oleh banyak orang, baik itu media offline maupun media online. Beberapa media tersebut diantaranya Koran, Majalah, Tabloid, Televisi, Situs Berita, Blog, Media Sosial, Mesin Pencari, dan tempat-tempat umum.

Iklan mengandung pemberitahuan kepada masyarakat dan bersifat mempengaruhi pembaca agar melakukan apa yang dikehendaki. Iklan tidak terbatas pada produk, melainkan juga pada informasi, ajakan atau seruan untuk melakukan suatu hal. Seperti contohnya ajakan untuk menanam pohon atau menjauhi narkoba.

Pembuatan iklan di media cetak dibatasi oleh ruang atau tempat, sedangkan iklan di media digital dibatasi oleh durasi. Jadi, pembuatan iklan biasanya dibuat singkat, padat dan berisi untuk mengurangi beban biaya penayangan.

.
Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian atau definisi iklan menurut beberapa orang yang ahli dalam bidang periklanan atau yang berhubungan dengan pemasaran.

Courtland L. Bovee.

Menurut Courtland L. Bovee, pengertian iklan adalah suatu komunikasi non-personal yang biasanya berbayar dan sifatnya persuasif tentang suatu produk, jasa, atau ide dari sponsor yang dimuat melalui berbagai media.

Kotler

Menurut Kotler, pengertian iklan adalah bentuk penyajian dan promosi suatu barang, jasa, dan ide, secara non-personal oleh suatuk sponsor tertentu dimana untuk penayangannya biasanya harus membayar suatu media.

Rhenald Kasali.

Menurut Rhenald Kasali, pengertian iklan adalah suatu pesan yang menawarkan sebuah produk/ jasa yang ditujukan kepada khalayak dengan melalui suatu media.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menurut KBBI, pengertian iklan adalah pesan atau berita yang bertujuan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang/ jasa yang ditawarkan.

Rachmat Kriyanto

Pengertian iklan adalah pesan mengenai suatu produk yang disampaikan lewat media dengan biaya tertentu untuk disebarluaskan kepada masyarakat.

Suhandang

Iklan merupakan salah satu teknik komunikasi massa untuk menyebarkan informasi mengenai suatu barang atau jasa yang dikenakan biaya tertentu.

Gilson dan Berkman

Iklan adalah media komunikasi yang bertujuan untuk mempersuasi atau membujuk masyarakat yang berguna untuk pemasaran suatu produk tertentu.


Fungsi Iklan
  • Memberikan Informasi (Informing)
  • Membujuk (Persuading)
  • Mengingatkan (Reminding)
  • Memberikan nilai tambah (Adding Value)


Tujuan Iklan

Sedangkan Roberti V Zacher, salah seorang ahli dan praktisi dalam bidang periklanan, mengungkapkan bahwa iklan memiliki beberapa tujuan, diantaranya:
  • Memberikan informasi terhadap suatu produk (jasa, barang, ide dan lain-lain)
  • Upaya untuk menimbulkan citra yang baik atau rasa suka komunikan (penerima pesan iklan) terhadap produk yang diiklankan.
  • Meyakinkan masyarakat (penerima iklan) tentang kebenaran suatu produk.
  • Membuat atau mempermudah konsumen mengetahui spesifikasi suatu produk, baik itu harga, fungsi, manfaat dan lain - lain.


Unsur - Unsur Iklan.

Iklan setidaknya mempunyai 2 unsur, diantarnya:

a. Kalimat Deskriptif.

Deskripsi iklan berguna untuk menguraikan atau menjelaskan produk atau layanan yang diiklankan.

b. Kalimat Persuasif.

Persuasi dalam sebuah iklan bertujuan untuk membujuk atau mempengaruhi orang agar menggunakan produk ataupun layanan yang diiklankan.


Ciri - Ciri Iklan.

Agar mendapat perhatian dari khalayak ramai. Pada umumnya, iklan mempunyai ciri- ciri sebagai berikut :
  • Menggunakan pilihan kata yang menarik, logis, tepat dan sopan
  • Menggunakan pilihan kata yang mempunyai sugesti bagi khalayak.
  • Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi utama yang dipentingkan
  • Menggunakan pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran.


Syarat - Syarat Iklan.

Agar suatu informasi dapat dikatakan sebagai iklan, maka harus memenuhi beberapa syarat syarat iklan, diantaranya.
  • Iklan harus bersifat Objektif dan jujur
  • Jelas dan Mudah dipahami
  • Menarik perhatian banyak orang
  • Tidak mengandung sara dan menyinggung pihak lain.


Jenis - Jenis Iklan

Iklan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Berdasarkan media yang digunakan iklan dapat digolongkan menjadi beberapa bagian berikut.

1. Jenis Iklan Berdasarkan Sifatnya.

 a. Iklan Niaga

Iklan niaga adalah iklan yang dibuat dengan tujuan agar orang tertarik untuk menggunakan atau membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan. contohnya iklan indomie, sprite, sajiku, iklan kendaraan dll.

b. Iklan Layanan Masyarakat.

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang tujuannya untuk mempengaruhi orang agar memberikan dukungan atau mengikuti kampanye yang dilakukan pembuat iklan. contohnya iklan anti narkoba, iklan lingkungan hidup dll. 


2. Jenis Iklan Berdasarkan Media yang Digunakan

a. Iklan Cetak

Iklan cetak adalah iklan yang dipublikasikan melalui media cetak seperti koran, majalan, surat kabar, tabloid dan sebagainya. berdasarkan ruang yang digunakan iklan jenis ini dibedakan lagi  menjadi 2 bentuk, yakni Iklan baris dan Iklan Kolom

b. Iklan Advertorial

Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita dengan bahasa penulisan jurnalistik.

c. Iklan Display

Hampir sama seperti iklan kolom, Namun mempunyai ukuran yang lebih besar gambar dan tulisannya dari iklan kolom

d. Iklan Elektronik

Iklan elektronik adalah adalah iklan yang dipublikasikan melalui media elektronik seperti, radio, televisi dan internet

e. Iklan Perusahaan

Iklan perusahaan atau corporate advertising adalah iklan yang tujuannya untuk membangun citra perusahaan yang kemudian akan membangun citra produk atau jasa yang diproduksi perusahaan tersebut agar diminati masyarakat. contohnya seperti iklan aqua yang membantu pembuatan sumber- sumber air di daerah terpencil.

f. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang berisi himbauan atau ajakan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang diiklankan. contohnya seperti iklan KB, iklan pencegahan demam berdarah dan iklan pencegahan narkoba.


3. Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

a. Iklan Pengumuman

Iklan yang isinya menyampaikan pengumuman mengenai suatu peristiwa kegiatan ataupun lainnya.

b. Iklan Penerangan

Memberi penerangan tentang suatu hal, dalam istilah lain iklan jenis ini bisa juga disebut iklan layanan masyarakat.

c. Iklan Reklame

Iklan yang isinya mempromosikan barang atau jasa yang hendak dijual untuk mencari keuntungan dan disampaikan berulang- lang melalui media massa. Iklan reklame biasanya memuji atau menyanjung suatu yang diawarkan, seperti, tiada banding, kualitas no 1 dll.


Manfaat Iklan.

Iklan tidak akan pernah ada jika tidak memberikan manfaat bagi si pengiklan. Secara umum ada beberapa manfaat iklan yang bisa didapatkan oleh pengiklan, yaitu:
  • Produk atau jasa yang diiklankan akan dikenal atau lebih terkenal di masyarakat luas.
  • Konsumen baru semakin bertambah sehingga meningkatkan angka penjualan produk/ jasa yang diiklankan.
  • Keuntungan pihak pengiklan akan meningkat karena penjualan produk/ jasanya yang diiklankan.
  • Meningkatkan brand awareness sebuah merek di masyarakat luas sehingga masyarakat mudah mengidentifikasi produknya.


Tips Membuat Iklan.

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat digunakan ketika akan membuat sebuah iklan.
  • Gunakan kalimat yang singkat, padat, jelas dan efektif.
  • Berikan nilai tambah produk (garansi, pilihan warna dll)
  • Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target pasar.
  • Gunakan slogan yang mudah diingat calon konsumen dll.


Contoh Iklan.

Berikut adalah contoh iklan.

1. Iklan Slogan.


contoh iklan


Iklan slogan adalah salah satu contoh iklan yang menggunakan kalimat pendek dan singkat yang digunakan sebagai dasar tuntunan dan pegangan hidup. Slogan atau yang biasa disebut dengan motto atau semboyan adalah salah satu contoh iklan yang mengutamakan penggunaan kalimat yang hemat dan padat, namun memiliki pesan mendalam.

Iklan slogan biasanya tidak menggunakan gambar ilustrasi atau visualisasi yang menarik, namun hanya berupa tulisan saja. Contoh dari iklan slogan misalnya slogan “Hemat Pangkal Kaya” yang berarti kita harus hemat dan jangan menghambur-hamburkan uang atau slogan “Dua Anak Cukup!” yang berarti memiliki dua anak saja untuk menekan laju pertumbuhan penduduk.


2. Iklan Poster.


contoh iklan


Iklan poster adalah iklan yang terdiri dari kalimat pesan dan gambar ilustrasi yang berisi tentang pengenalan suatu produk, pemberitahuan mengenai suatu hal, yang bertujuan untuk memberitahukan dan membujuk masyarakat. Poster dapat Anda temui di tempat-tempat umum. Poster biasanya dipajang atau ditempelkan pada tiang listrik atau tembok.

Untuk bisa menarik perhatian masyarakat, poster dibuat semenarik mungkin dengan memadukan bahasa yang menarik, singkat, padat, dan jelas, serta visualisasi atau gambar ilustrasi yang indah dan sesuai dengan isi iklan. Contoh iklan poster misalnya iklan pertunjukan teater, festival seni dan kebudayaan, konser musik, lomba menggambar dan mewarnai, dan lain-lain.



Demikianlah artikel yang menjelaskan tentang "Pengertian Iklan Beserta Jenis - Jenis, tujuan Dan Contoh Iklan". Semoga melalui tulisan ini memberikan pemahaman kepada pembaca yang sedang mempelarinya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan tinggal tanggapan maupun kritikan yang sifatnya memperbaiki untuk yang akan datang. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar