Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Rabu, 19 Agustus 2020

Ancaman Terhadap Pancasila.

| Rabu, 19 Agustus 2020


Bangsa Indonesia adalah negara yang majemuk sehingga banyak ancaman terhadap kedaulatan dan eksistensi negara Indonesia. Kita harus berusaha untuk mencegah dan mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi agar tercipta suatu integrasi nasional.

Ancaman terhadap Pancasila dari berbagai bidang antara lain :

a. Bidang Politik 

1. Munculnya pemerintahan yang otoriter.

Adanya pemusatan kekuasaan di tangan pemimpin juga akan membahayakan Indonesia. Karena, dikhawatirkan pemimpin negara tidak akan ada yang mengingatkan jika terjadi penyelewengan dalam pemerintah.

2. Pemerintah yang tidak adil.

Pemerintah yang tidak adil dalam artian dalam mengambil keputusan terlalu tergesa-gesa sehingga aspirasi rakyat kurang tersampaikan dan dapat menimbulkan ketidakadilan di suatu pihak.

b. Bidang Ideologi

1. Adanya radikalisme yg mulai menyebar.

Radikalisme merupakan bentuk ancaman terhadap ideologi suatu negara. Radikalisme ini dapat berupa pengaruh ideologi lain yang diserap dengan tidak bijaksana oleh suatu kelompok masyarakat.

2. Adanya pemberontakan yang ingin menggantikan Pancasila.

Belajar dari pemberontakan pada masa awal kemerdekaan seperti pemberontakan PKI dan DI/TII yang ingin mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi yang mereka anut, kita harus tetap mewaspadainya.

c. Bidang Ekonomi .

Ancaman dalam bentuk ekonomi adalah pihak luar mencoba memainkan ekonomi Indonesia dengan berbagai cara seperti membatasi ekspor dengan syarat bermacam -- macam, mengambil alih perusahaan - perusahaan inti negara, menjungkirbalikkan harga - harga, memainkan kurs valuta asing dan sebagainya. Intinya mereka berusaha agar ekonomi Indonesia jeblok sehingga mereka bisa menguasai ekonomi.

1. Kalah saing dengan pedagang asing.

Kalah bersaingnya produsen dalam negeri dengan produsen luar negeri dapat menyebabkan rakyat Indonesia konsumtif dengan barang asing dan produsen dalam negeri menjadi bangkrut.

2. Korupsi

Seakan menjadi musuh utama Indonesia di bidang ekonomi, baik korupsi yang dilakukan oleh pemerintahan ataupun yang dilakukan oleh pejabat dapat merugikan banyak pihak.

d. Bidang Sosial.

Budaya yg tidak sesuai norma yg berlaku masuk ke indonesia.
Masuknya budaya yang kurang sesuai dengan kepribadian Bangsa Indonesia merupakan ancaman bidang sosial budaya. Hal ini dapat dicegah dengan menyaring kebudayaan yang masuk.
Mengklaim suatu kebudayaan bangsa secara sepihak oleh bangsa lain.
Pengeklaiman budaya secara sepihak oleh bangsa lain terhadap kebudayaan Indonesia termasuk suatu ancaman di bidang sosial-budaya.

e. Bidang Pertahanan dan Keamanan 

Terorisme

Adanya terorisme yang disebabkan oleh sekelompok orang dengan melakukan pengerusakan, pengeboman, dan pembunuhan terhadap masyarakat untuk keuntungan suatu kelompok tertentu.

Invasi militer dari bangsa lain
Invasi militer dari bangsa lain untuk sedikit demi sedikit merebut kedaulatan Negara Republik Indonesia juga termasuk ancaman yang harus dihadapi.
Ancaman bidang keamanan secara fisik sebenarnya sudah bukan zamannya lagi namun demikian ancaman ini tetap harus selalu diwaspadai karena dengan teknologi yang sudah maju ini banyak negara yang berlomba-lomba mempersenjatai dengan senjata -- senjata yang canggih. Indonesia yang terletak di tengah -- tengah banyak negara menjadi sangat riskan terdampak bila terjadi pertempuran militer antar negara.

f. Bidang budaya 

Pada bidang budaya, bukan main mereka memoles berbagai pertunjukan budaya, seni yang kemudian mereka pasarkan dan gembar - gemborkan memiliki nilai yang baik, penuh kemewahan sehingga bisa menyedot perhatian Bangsa Indonesia yang pada akhirnya mereka akan menghipnotis dan meninabobokan untuk mengikuti budaya mereka dan meninggalkan Budaya Indonesia yang luhur. Tujuan mereka adalah Bangsa Indonesia bisa menjadi pelayan mereka dalam berbudaya karena Indonesia harus mengikuti setiap budaya yang mereka buat sendiri.

1. Budaya yg tidak sesuai norma yg berlaku masuk ke indonesia

Masuknya budaya yang kurang sesuai dengan kepribadian Bangsa Indonesia merupakan ancaman bidang sosial budaya. Hal ini dapat dicegah dengan menyaring kebudayaan yang masuk.

2. Mengklaim suatu kebudayaan bangsa secara sepihak oleh bangsa lain

Pengeklaiman budaya secara sepihak oleh bangsa lain terhadap kebudayaan Indonesia termasuk suatu ancaman di bidang sosial-budaya.


Demikianlah artikel yang menjelaskan tentang "Ancaman Terhadap Pancasila". Semoga melalui tulisan ini memberikan pemahaman kepada pembaca yang sedang mempelarinya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan tinggal tanggapan maupun kritikan yang sifatnya memperbaiki untuk yang akan datang. Terima kasih dan semoga bermanfaat.



Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar