Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Kamis, 23 Juli 2020

Teks Berita : Pengertian, Unsur - Unsur, Kaidah, Ciri - Ciri, Jenis - Jenis Dan Contoh Teks Berita

| Kamis, 23 Juli 2020
ciri - ciri dan contoh teks berita


Hampir setiap hari ada berita baru yang muncul mengenai peristiwa yang sedang terjadi di dunia ini, tentu pastinya anda juga sering mendengar suatu berita baik melalui media cetak, elektronik ataupun melalui media lain. Berita mempunyai arti, “segala sesuatu yang diberitakan” Berdasarkan cara penyampaian berita dibagi menjadi berita yang disampaikan secara lisan dan berita yang disampaian secara tertulis (tulisan). Berita diartikan sebagai cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat berisi kabar atau pengumuman atau pemberitahuan.


Pengertian Teks Berita.

Teks Berita adalah teks yang berisikan hal-hal yang mengulas tentang peristiwa yang terjadi didunia kemudian disebar luaskan melalui media media seperti internet, televisi, radio, situs web dan media lainnya. Bukan hanya itu saja teks berita juga berisi fakta akan tetapi tidak semua fakta dijadikan berita.

Dalam berita, kita akan memperoleh informasi penting yang tentunya akan lebih menambah wawasan kita apabila rajin membaca teks berita, sehingga dapat membuat kita berfikir lebih kreatif, efektif dan kritis terhadap berbagai macam hal. Peristiwa dapat bertahan selama beberapa jam, hari dan bahkan bisa bertahan selama bertahun-tahun. Tergantung dari seberapa hangat berita tersebut saat diperbincangkan oleh orang-orang atau seberapa populer pada suatu media.


Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Menurut Mickhel V. Charniey (Romli, 2009:5).

mengemukakan bahwa “berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian pembaca, serta menyangkut kepentingan mereka”. Willard C. Bleyer ( Romli, 2009:35) berita adalah sesuatau yang terkini (baru) yang di pilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar sehingga menarik minat bagi pembaca.

Wiliam S maulsby ( Romli, 2009:35).

berita adalah suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta yang punya arti penting arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat hal tersebut. Sedangkan Eric C Hepwood ( Romli, 2009:35) mengemukakan bahwa berita adalah laporan pertama dari kejadia penting dan dapat menarik perhatian umum.


Tujuan Teks Berita.

Adapun tujuan dari teks berita ialah untuk menyampaikan kepada para pembaca, pendengar, dan lainnya mengenai informasi penting.


Unsur - Unsur Berita.

Dalam proses pembelajaran memahami sebuah berita tentunya kita harus memahami unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah berita. Adapun unsur-unsur berita terdiri atas what (apa), who (siapa), where (dimana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Berikut penjelasan yang lebih lengkap dari unsur-unsur menurut Inung Cahya S. (2012:17) yaitu :

1). What
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur what, yaitu berisi pernyataan yang dapat menjawab pertanyaan apa.

2). Who
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur who, yaitu disertai keterangan tentang orang-orang yang terlibat dalam peristiwa.

3). When
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur when, yaitu menyebutkan waktu  kejadian peristiwa.

4). Where
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur where, yaitu berisi deskripsi lengkap tentang tempat kejadian.

5). Why
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur why, yaitu disertai alasan atau latar belakang terjadinya peristiwa.

6). How
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur how, yaitu dapat dijelaskan proses kejadian suatu peristiwa dan akibat yang ditimbulkan.


Unsur - Unsur Dalam Pembuatan Berita.

a. Unsur aktual

Mengandung unsur terkini, terbaru, terhangat, baru saja atau sedang  terjadi. Pengertian terbaru, bisa merupakan fakta terbaru yang ditemukan dari suatu peristiwa lama, atau peristiwa yang baru saja terjadi.

b. Unsur Faktual

Dalam unsur faktual, kejadian benar-benar merupakan suatu kenyataan, bukan suatu rekayasa, khayalan atau karangan. Fakta dalam sebuah berita muncul dan diperoleh dari sebuah kejadian nyata, pendapat ataupun pernyataan.

c. Unsur Penting.

Ada dua hal dalam berita dinilai penting.

  • Pertama tokoh yang terlibat dalam pemberitaan adalah tokoh penting atau memiliki kapasitas yang telah diakui oleh masyarakat. 
  • Kedua, materi berita menyangkut kepentingan orang banyak dan mempengaruhi kondisi masyarakat.
d. Unsur Menarik

Menimbulkan rasa ingin tahu, dan ketertarikan dari masyarakat untuk menyimak isi berita tersebut. Peristiwa yang menarik dan diminati oleh masyarakat biasanya bersifat menghibur, aneh, memiliki unsur kedekatan, mengandung nilai kemanusiaan, mengandung unsur seks, kriminalitas dan konflik.


Struktur Teks Berita

Teks berita mempunyai tiga struktur yang saling berhubungan yang kemudian membentuk teks berita secara utuh. Berikut di bawah ini penjelasannya :

  • Orientasi Berita yaitu berisikan pembuka dari suatu peristiwa yang diberitakan pada teks tersebut.
  • Peristiwa yaitu berisikan tentang proses kejadian dari awal sampai akhir berdasarkan peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara fakta yang ada
  • Sumber Berita yaitu dari mana asal sumber berita tersebut muncul

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Sedangkan kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks berita adalah sebagai berikut :

a. Verba transitif 

Verba transitif merupakan verba yang dapat diubah ke bentuk pasif.
Contoh : Pejabat Kementerian Luar Negeri Tiongkok menuduh kapal-kapal asal Vietnam telah lebih dari 1.400 kali menabrak kapal-kapal Tiongkok di dekat lokasi anjungan pengeboran minyak yang kontroversial di Laut Tiongkok Selatan.

b. Verba pewarta

Verba pewarta adalah verba yang mengindikasikan suatu percakapan.
Contoh : Dalam tayangan televisi di Iran, Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi mengatakan bahwa pertemuan di Geneva, Swiss, itu juga membahas sanksi yang telah merusak ekonomi negara yang sangat bergantung pada minyak tersebut.

c. Adverbia atau kata keterangan

Adveria adalah kelas kata yang memberikan keterangan kepada kata lain.

d. Konjungsi temporal

Konjungsi temporal adalah kata hubung yang berhubungan dengan waktu.
Contoh : kemudian, setelah, akhirnya.

e. Kalimat langsung

Kalimat langsung adalah sebuah kalimat yang merupakan hasil kutipan langsung dari pembicaraan seseorang yang sama persis seperti apa yang dikatakannya.

f. Kalimat tidak langsung

Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang melaporkan atau memberitahukan perkataan orang lain dalam bentuk kalimat berita.

g. Bahasa yang digunakan

  • Baku dan sederhana
  • Menarik
  • Singkat, padat dan lugas
  • Komunikatif
  • Netral atau objektif


Jenis - Jenis Berita.

Berikut adalah jenis berita, Sumadiria (2008 : 69-71) “ada tiga jenis berita dalam ativitas jurnalistik, yang terdiri atas berita elementary, berita intermediate dan berita advance.”

1)   Berita Elementary

  • Straight news report adalah laporan langsung mengenai suatu peritiwa. Misalnya, sebuah pidato biasanya merupakan berita-berita langsung yang hanya menyjikan apa yang terjadi dalam waktu singkat.
  • Depth news report. Reporter (wartawan) menghimpun informasi dengan fakta-fakta mengenai peristiwa itu sendiri sebagai informasi tambahan untuk peristiwa tersebut. Dalam sebuah pidato pemilihan calon presiden, reporter akan memasukkan pidato itu sendiri dan dibandingkan dengan pernyataan-pernyataan yang telah dikeluarkan oleh calon presiden tersebut beberapa waktu lalu.
  • Comprehensive newsmerupakan laporan tentang fakta yang bersifat menyeluruh ditinjau dari berbagai aspek.

2)   Berita Intermediate

  • Interpretative report lebih dari sekedar  straight news dan Depth news. Berita Interpretativebiasanya memfokuskan sebuah isu, masalah, atau peristiwa-peristiwa kontroversial. Namun demikian, fokus laporan beritanya masih berbicara mengenai fakta yang terbukti bukan opini.
  • Feature story. Penulis mencari fakta untuk menarik perhatian pembacanya. Penulis featuremenyajikan suatu pengalaman pembaca yang lebih bergantung pada gaya penulisan dan humor daripada pentingnya informasi yang disajikan.

3)   Berita Advence

  • Depth reporting adalah pelaporan jurnalistik yang bersifat mendalam, tajam, lengkap dan utuh tentang suatu peristiwa fenomenal atau aktual.
  • Investigative reporting berisikan hal-hal yang tidak jauh berbeda dengan laporan interpretatif. Berita jenis ini biasanya memusatkan pada sejumlah masalah dan kontroversi. Namun demikian, dalam laporan investigatif, para wartawan melakukan penyelidikan untuk memperoleh fakta yang tersembunyi demi tujuan. Pelaksanaannya sering ilegal atau tidak etis.
  • Editorial writing adalah penyajian fakta dan opini yang menafsirkan berita-berita yang penting dan memengaruhi pendapat umum.

Fungsi Teks Berita

Supaya kita terus update informasi dan tidak ketinggalan informasi mengenai suatu peristiwa penting dan terbaru yang diberitakan secara langsung.


Ciri - ciri Teks Berita

Adapun ciri-ciri teks berita yang baik dan benar, diantaranya :

  • Suatu berita yang benar-benar terjadi, bukan opini atau gagasan penulis
  • Suatu peristiwa yang jarang terjadi, bukan suatu yang umum terjadi setiap harinya
  • Aktual, ialah suatu peristiwa yang diberitakan yang masih hangat, bukan peristiwa lampau
  • Data yang disajikan sesuai dengan peristiwa yang asli dan tidak ada rekayasa
  • Bahasa yang disajikan mampu memikat dan menarik minat pembaca
  • Data yang diberitakan harus lengkap, khususnya data yang sangat penting
  • Waktu dan tempat peristiwa harus jelas
  • Bersifat objektif
  • Bahasa yang sangat mudah dipahami
  • Kalimat yang digunakan harus singkat, padat dan jelas
  • Alur peristiwa harus berurutan
  • Judul berita harus mewakili isi berita
  • Sumber yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan

Pedoman Penulisan Berita

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyusun Pedoman Penulisan Berita yang isinya antara lain sebagai berikut.

  • Teras berita ditempatkan di paragraf pertama dan harus mencerminkan pokok terpenting berita.
  • Teras berita tidak lebih dari 45 kata dan sebaiknya tidak lebih dari 3 kalimat.
  • Hal-hal yang tidak begitu mendesak hendaknya dimuat dalam tubuh berita.
  • Unsur why dan how diperjelas dalam tubuh berita, tidak dalam teras berita.

Berdasarkan pedoman yang sudah disepakati oleh PWI tersebut, dapat disimpulkan bahwa unsurwhat, where, when, dan who itu wajib ditulis dalam teras berita, tidak boleh dalam tubuh berita. Unsur why dan how yang dirasa sangat penting, menarik, dan berkaitan erat dengan pokok berita ditulis dalam teras berita, sedangkan unsur why dan how yang tidak terlalu penting harus diuraikan dalam tubuh berita.


Contoh Teks Berita

Berikut di bawah ini merupakan contoh teks berita diantaranya :


Contoh teks berita tentang kecelakaan

“Pengemudi Mengantuk, Mobil Mini Bus Hantam Pembatas Jalan”

Kecelakaan kembali terjadi di ruas tol Cipali tepatnya pada malam hari Senin tanggal 30 Agustus 2019 kecelakaan ini dialami oleh sebuah mobil mini bus yang dikendarai oleh seorang remaja bernama mamat. Penyebab utama kecelakaan mobil ini ialah karena sang pengemudi sedang mengantuk.

Saat sedang melaju sang pengemudi tiba-tiba mengantuk. Akibatnya, mobil mini bus bernomor polisi D 0987 CC menabrak pembatas jalan. Untungnya pengemudi tersebut masih bisa diselamatkan dan langsung di bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penangan sementara.


Contoh teks berita tentang kebakaran

“Diduga Lupa Mematikan Kompor Gas, Rumah Hangus Terbakar”

Kemarin malam, tepatnya pada pukul 02:30 WIB telah terjadi peristiwa tak terduga di wilayah Perumahan Mawar Putih. Peristiwa tersebut menimpa keluarga pak jeki dimana rumah milik mereka hangus terbakar dilalap si api. Penyebab utama kebakaran diduga karena istri pak jeki lupa mematikan kompor gas.

Beruntung bagi keluarga pak jeki karena musibah tersebut tidak memakan korban jiwa. Hal ini dikarenakan pada saat kejadian tersebut pak jeki beserta istri sedang rumah tetangga. Meski tidak memakan korban jiwa, akan tetapi peristiwa tersebut mengakibatkan kerugian materi yang diperkirakan sebanyak 60 juta rupiah.


Contoh teks berita tentang pendidikan

Soal Bocor, UN Diulang???

[Terkini News] Jakarta – Bocornya soal ujian nasional untuk tingkat SMP yang dilaksanakan pada Rabu, 23 April 2015 merupakan berita besar untuk pelaksanaan ujian tahun ini. Menteri Pendidikan, Anies Baswedan menuturkan bahwa pelaku yang membocorkan soal ujian telah diselidiki. Ia menjelaskan bahwa pelaku pembocoran akan diproses hukum sesuai pasal yang berlaku.

Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan (PUSPENDIK) Balitbang Kemendikbud, ditemukan sebanyak 30 buklet soal dari 11.730 yang diunggah ke internet secara ilegal. Setelah mendapatkan laporan tersebut, Menteri Pendidikan segera berkoordinasi dengan Menteri Komunikasi dan Informasi untuk memblokir tautan di Google yang berisi konten ilegal tersebut. Koordinasi pun dilakukan dengan pihak Google dalam upaya pemblokiran konten tersebut.

Diduga kebocoran soal UN ini melibatkan oknum dari pihak percetakan negara RI yang merupakan tempat yang ditunjuk untuk mencetak semua soal-soal ujian nasional. Penggeledahan pun dilakukan secara internal oleh pihak percetakan untuk mengetahui dalang dibalik peristiwa ini.

Bocornya soal UN ini masih menjadi pertimbangan Menteri pendidikan untuk mengadakan ujian ulang atau tidak. Namun kemungkinan besar ialah ujian tidak akan diulang, hal ini berdasarkan pertimbangan menyangkut biaya pembuatan soal yang cukup besar.


Contoh teks berita bencana alam

Gempa Jepang tewaskan 500 Warga

Kyoto – Gempa dengan kekuatan 8,1 skala ritcher yang melanda negara matahari terbit pada 23 Mei 2014 telah menewaskan 500 warga. Menurut informasi setempat, data ini belum sepenuhnya valid. Hal ini karena Tim Penanggulangan Bencana Alam setempat kian gencar mencari korban-korban yang mungkin masih tertimpa puing-puing bangunan yang runtuh.

Kerugian yang dirasakan oleh pemerintah Jepang meliputi kerusakan bangunan-bangunan penting. Kerugian ini diperkirakan mencapai senilai Rp3 milyar. Gempa yang terjadi ini merupakan bukan kali pertama bencana yang melanda negara matahari terbit. Sebelumnya Jepang pernah dilanda tsunami yang menewaskan ribuan warga Jepang dan menghancurkan bangunan-bangunan penting.

Kini para warga yang selamat mengungsikan diri ke bangunan-bangunan umum yang selamat, diantaranya Masjid Kyoto, Jepang. Pemerintah setempat kian gencar mencari korban yang belum ditemukan dan membersihkan sisa-sisa bangunan yang runtuh


Demikianlah artikel yang berjudul Teks Berita : Pengertian, Unsur - Unsur, Kaidah, Ciri - Ciri, Jenis - Jenis Dan Contoh Teks Berita​. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Pustaka Pengetahuan mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, dapat membantu tugas sekolah klik Berbagai Reviews 

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm 

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel 

Media sosial silahkan klik facebook 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar