Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Senin, 18 Mei 2020

Pengertian Poster Beserta : Ciri - Ciri, Tujuan, Jenis - Jenis, Syarat dan Manfaat Poster

| Senin, 18 Mei 2020
Jenis - jenis dan ciri - ciri poster


Poster merupakan media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai. Pada umumnya informasi atau pesan yang ada di dalam sebuah poster sifatnya persuasif atau mengajak orang lain. Itulah sebabnya mengapa poster selalu dibuat semenarik mungkin agar pembacanya terpengaruh dan mengikuti pesan yang ada di dalam poster tersebut.


Pengertian Poster.

Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar atau kecil. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat. Poster bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda, sosialisasi dan dekorasi. Selain itu bisa pula berupa salinan karya seni terkenal. Cat poster biasa juga disebut cat plakat karena meniliki sifat yang pekat, sifatnya datar cocok untuk menggambar dekoratif.

Ada juga yang menjelaskan bahwa arti poster adalah suatu bentuk pengumuman atau iklan yang berisi tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya yang dipasang di tempat-tempat umum yang strategis (pasar, kantor, mall, sekolah, dan lainnya) agar mudah terlihat khalayak ramai. Jadi, fungsi poster adalah untuk memberikan pemahaman kepada publik mengenai suatu informasi yang disampaikan melalui gambar dan kalimat yang singkat.


Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu poster, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai

Menurut Nana Sudjana dan Ahmad Rivai (2010:51), pengertian poster adalah kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan, dimana tujuannya untuk menangkap perhatian orang yang melihatnya dan cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya.

2. Arsyad

Menurut Arsyad (2007), pengertian poster adalah suatu media visual dua dimensi berisikan gambar dan pesan tertulis yang singkat untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu, serta mampu mempenggaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya.

3. Sri Anitah

Menurut Sri Anitah (2008:12), pengertian poster adalah suatu gambar yang mengombinasikan unsur-unsur visual seperti garis, gambar dan kata-kata yang bertujuan untuk menarik perhatian serta mengkomunikasikan pesan secara singkat.

4. Rudi susilana dan Cepi Riana

Menurut Rudi susilana dan Cepi Riana (2009:14), pengertian poster adalah sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.

5. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud)

Menurut Depdikbud (1988:50), pengertian poster adalah suatu media yang terdiri dari lambang kata atau simbol yang sangat sederhana, dan pada umumnya mengandung anjuran atau larangan.


Ciri - Ciri Poster

Perbedaan poster dengan media publikasi lain utamanya adalah perihal ukuran serta cara penyampaian pesannya. Poster tidak membutuhkan kalimat-kalimat terperinci, namun hanya menggunakan kalimat sederhana yang mudah diingat. Berikut ini adalah ciri-ciri dari poster:
  • Poster harus didesain dengan komposisi huruf dan gambar di atas media datar (kertas atau kain) berukuran besar.
  • Dipasang dengan cara ditempelkan di bidang dengan permukaan rata seperti dinding atau papan di tempat-tempat keramaian agar dapat menarik perhatian banyak orang.
  • Dibuat dengan menggunakan teknik pewarnaan yang kontras dan pemilihan warna yang berani,
  • Bahasa yang digunakan singkat, padat, jelas, dan harus mudah dipahami.
  • Diberi gambar agar pesan lebih mudah tersampaikan.
  • Harus dapat dibaca sambil lalu, namun meninggalkan kesan yang mendalam.


Tujuan Dibuatnya Poster

Seperti yang telah disebutkan pada penjelasan tentang pengertian poster di atas, tujuan utama dibuatnya poster adalah untuk memberikan informasi atau pesan kepada khalayak. Secara lengkap, adapun tujuan poster adalah sebagai berikut:
  • Untuk menyampaikan informasi atau pesan tertentu kepada masyarakat sehingga masyarakat memiliki pengetahuan mengenai isi dari poster tersebut.
  • Untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dari publik mengenai suatu informasi/ pesan yang ada di poster.
  • Untuk mempengaruhi publik agar mau mengikuti isi pesan yang ada pada suatu poster.
  • Untuk mengingatkan kembali suatu pesan atau informasi penting kepada publik.
  • Untuk mencari perhatian dan simpati dari publik agar mengingat dan perduli dengan isi pesan dalam suatu poster.


Fungsi Poster

Adapun fungsi dari poster adalah untuk memberikan informasi tambahan mengenai sesuatu kepada masyarakat luas. Diharapkan dengan melihat dan membaca poster, tujuan dari si pembuat akan tersampaikan melalui tulisan dan gambar yang ditampilkan.

Ada beberapa hal penting yang membedakan poster dengan media publikasi dua dimensi lainnya. Selain menurut pengertian poster yang dicetak pada bidang media yang besar, isi dan cara tersampaikannya informasi dari poster pun berbeda dengan media publikasi lain.


Prinsip - Prinsip Poster

Prinsip-prinsip poster yang baik (Hujair AH. Sanaky, 2009:87), diantaranya adalah:
  • Direkayasa sedemikian rupa sehingga poster tersebut seakan-akan bersuara “lihatlah Aku”
  • Gambar yang disajiakaan harus memperlihatkan segi-segi aristik, sederhana dan memperhatikan komposisi warna yang pas.
  • Kalimat-kalimat yang digunakan harus diutarakan dlam bahasa yang sederhana, populer, familiar, dan akrab.uk hurufnya pun harus sederhan adan tidak aneh-aneh.
  • Ukurannya disesuaikan dengan kondisi tempat dan iosi pesan.
  • Poster juga hrus bisa mempengaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya.
  • Poster bisa dibuat diatas kertas, triplek, kain, batang , kayu, seng dan bahan-bahan lain semacam itu.
  • Pemasangan dapat di kelas, di luar kelas, dan bisa di majalah atau koran.


Syarat Poster

Karena perbedaan ukuran media publikasi dan cara penyampaiannya, pembuatan poster memiliki syarat-syarat khusus. Ini dimaksudkan untuk membedakan dengan bentuk media publikasi lain dan lebih mengoptimalkan fungsi dari poster itu sendiri. Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi dari sebuah poster:
  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan.
  • Memiliki susunan kalimat yang singkat, padat, jelas, akan tetapi tetap dapat menyampaikan maksud dari poster tersebut.
  • Kombinasi antara tulisan dan gambar.
  • Harus bisa menarik perhatian orang banyak.
  • Menggunakan bahan yang kuat dan tahan terhadap cuaca, sehingga tidak mudah rusak dan/atau sobek, dan terakhir.
  • Sesuaikan ukuran poster dengan sasaran lokasi yang akan digunakan untuk menempel dan/atau memasang poster, serta target pembaca.


Jenis - Jenis Poster

Secara umum, poster dapat dibedakan dalam dua kelompok, yaitu berdasarkan isinya dan berdasarkan tujuannya. Mengacu pada pengertian poster, adapun beberapa macam poster adalah sebagai berikut:


a. Jenis Poster Berdasarkan Isinya

Berdasarkan isinya, poster dapat dibagi menjadi 4 macam, yaitu:

Poster Niaga, yaitu poster yang dibuat sebagai media komunikasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan penawaran barang dan jasa.
Poster Kegiatan, yaitu poster yang dibuat untuk menyampaikan informasi mengenai suatu kegiatan. Misalnya kegiatan gerak jalan, senam bersama, gotong royong, dan lain sebagainya.
Poster Pendidikan, yaitu poster yang dibuat untuk menyampaikan informasi yang isinya memberikan pengarahan atau mendidik masyarakat.
Poster Layanan Masyarakat, yaitu poster yang dibuat untuk menyampaikan informasi mengenai pelayanan kesehatan yang terkait dengan kesejahteraan masyarakat.
Poster Karya Seni, yaitu poster yang bersifat ekspresif dimana pesan di dalamnya dapat diartikan berbeda oleh setiap orang.


b. Jenis Poster Berdasarkan Tujuannya

Berdasarkan tujuannya, poster dapat dibagi menjadi 10 macam, yaitu:
  • Poster Propaganda, yaitu poster yang dibuat untuk memberikan motivasi atau semangat kerja kepada masyarakat umum agar melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan.
  • Poster Kampanye, yaitu poster yang dibuat untuk mendapatkan simpati masyarakat sebanyak mungkin agar memilihnya saat pemilu tiba.
  • Poster Komersial, yaitu poster yang dibuat untuk memperomosikan suatu barang atau jasa yang dijual oleh suatu perusahaan.
  • Poster Afirmasi, yaitu poster yang dibuat untuk memberikan dan meningkatkan motivasi kepada publik yang membacanya di mana di dalamnya terdapat kata-kata yang dapat mempengaruhi.
  • Poster “Dicari”, yaitu poster yang isinya bertujuan untuk mencari orang atau benda yang dibutuhkan. Misalnya, poster Lowongan Kerja, poster Orang Hilang, dan lainnya.
  • Poster Film, yaitu poster yang isinya mempromosikan suatu film sehingga masyarakat yang melihat poster tersebut tertarik untuk menonton.
  • Poster Komik, yaitu poster yang isinya mempromosikan dan mempopulerkan komik-komik tertentu kepada masyarakat.
  • Poster “Cheesecake”, yaitu poster yang isinya bertujuan untuk mencari perhatian publik dengan memuat nama-nama dan gambar orang terkenal.
  • Poster Riset, yaitu poster yang isinya memberikan informasi dan undangan kegiatan penelitian “riset” kepada masyarakat. Umumnya poster ini ditemukan di kalangan akademik, misalnya sekolah dan kampus.
  • Poster Kelas, yaitu poster yang isinya memberikan motivasi dan arahan kepada siswa agar giat belajar dan tertib dalam melakukan kegiatan belajar. Jenis poster ini sering ditemukan di kelas-kelas yang ada di sekolah atau kampus.


Kekurangan Poster

Berikut ini terdapat beberpa kekurangan poster, diantaranya adalah:
  • Sangat dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan orang yang melihatnya
  • Karena tidak adanya penjelasan yang terperinci, maka dapat menimbulkan interpretasi yang bermacam-macam dan mungkin merugikan
  • Suatu poster akan banyak mengandung arti atau makna kalangan tertentu, tetapi  dapat juga menarik bagi kalangan yang lainnya.
  • Bila pooster terpasang lama di suatu tempat, maka akan berkuurang nilainya, bahkan akan membosankan orang yang melihatnya.


Kelebihan Poster

Berikut ini terdapat beberpa kelebihan poster, diantaranya adalah:
  • Dapat membantu guru dalam menyampaikan pelajaran dan membantu peserta didik belajar.
  • Menarik perhatian, dengan demikian mendorong peserta didik untuk lebih giat belajar.
  • Dapat dipasang atau ditempelkan dimana-mana,sehingga memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari dan mengingat kembali apa yang telah dipelajari.
  • Dapat menyarankan  perubahan tingkah laku kepada peserta didik yang melihatnya


Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Membuat Poster

Selain mengenai ciri dan syarat poster, perlu diketahui pula hal-hal penting mengenai poster. Dengan demikian poster dapat lebih sesuai dengan target pembaca. Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan poster:
  • Untuk menarik perhatian buat poster yang memuat gambar yang mencolok, agar menggugah rasa penasaran orang.
  • Biasanya poster dibaca dari jarak minimal 1 meter, karenanya harus dipastikan untuk memilih bentuk dan ukuran huruf yang mudah terbaca meski sambil lalu.
  • Pembaca poster adalah orang yang sedang bergerak, oleh sebab itu isilah poster dengan tulisan yang efektif, sugestif, dan mudah diingat.
  • Hindari keinginan untuk mengisi penuh poster dengan gambar dan/atau tulisan, karena akan menurunkan keinginan orang untuk membaca secara detail.
  • Perhatian komposisi keindahan dari poster agar semakin menarik perhatian masyarakat secara luas.


Manfaat Poster

Berikut ini terdapat beberapa manfaat poster, diantaranya adalah:
  • Pertama, untuk memotivasi. Penggunaan poster dalam pengajaran sebagai pendorong atau motivasi  kegiatan belajar sisiwa
  • Kedua, sebagai peringatan. Penggunaan poster yang kedua diartikan sebagai suatu peringatan atau menyadarkan
  • Ketiga, pengalaman yang kreatif. Sebagai alat bantu mengajar poster memberikan kemungkinan belajar kreatif dan partisipasi.

Demikianlah artikel yang berjudul Pengertian Poster Beserta : Ciri - Ciri, Tujuan, Jenis - Jenis, Syarat dan Manfaat Poster​. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Pustaka Pengetahuan mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, dapat membantu tugas sekolah klik Berbagai Reviews 

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm 

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel 
Media sosial silahkan klik facebook 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar