Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Kamis, 16 April 2020

Pengertian Tenun dan Motif Kain Tenun Beserta Maknanya.

| Kamis, 16 April 2020
Motif kain tenun beserta maknanya


Negara Indonesia dikenal akan keanekaragaman teknik tenunnya yang sangan mengagumkan. Tak heran jika kain nusantara mendapat tempat yang istimewa dalam dunia wastra. Tak seperti kain lainnya, kain tenun tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Kain tenun sudah merupakan bagian tradisi yang sudah merasuk dalam sendi-sendi kehidupan masyarakatnya.


Pengertian Tenun

Tenun merupakan teknik dalam pembuatan kain yang dibuat dengan prinsip yang sederhana, yaitu dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. Dengan kata lain bersilangnya antara benang lusi dan pakan secara bergantian.Kain tenun biasanya terbuat dari serat kayu, kapas, sutra, dan lainnya.

Pembuatan kain tenun ini umum dilakukan di Indonesia, terutama di daerah Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.Biasanya produksi kain tenun dibuat dalam skala rumah tangga. Beberapa daerah yang terkenal dengan produksi kain tenunnya adalah Sumatra Barat, Palembang, dan Jawa Barat. Seni tenun berkaitan erat dengan sistem pengetahuan, budaya, kepercayaan, lingkungan alam, dan sistem organisasi sosial dalam masyarakat. Karena kultur sosial dalam masyarakat beragam, maka seni tenun pada masing-masing daerah memiliki perbedaan. Oleh sebab itu, seni tenun dalam masyarakat selalu bersifat partikular atau memiliki ciri khas, dan merupakan bagian dari representasi budaya masyarakat tersebut. Kualitas tenunan biasanya dilihat dari mutu bahan, keindahan tata warna, motif, pola dan ragam hiasannya.


Motif Tenun

Karena Indonesia terdiri dari banyak suku budaya yang tersebar diseluruh penjuru nusantara, maka tak heran jika motif dan corak yang terdapat pada kain tenun pun sangat beragam. Terkadang meskipun motif satu kain dengan kain lainnya sama tetapi makna filosofinya bisa saja berbeda karena perbedaan budaya dan adat istiadat.

Menurut Suhersono (2005 : 13) motif adalah desain yang dibuat dari bagian-bagian bentuk, berbagai macam garis atau elemen-elemen yang terkadang begitu kuat dipengaruhi oleh bentuk-bentuk situasi alam, benda, dengan gaya dan ciri khas tersendiri.

Motif yang terdapat pada kain tenun Indonesia sangat beragam karena perbedaan latar belakang wilayah, kepercayaan, suku dan adat isitiadat, sehingga terdapat perbedaan dalam mengungkapkan motif pada kain tenun yang dibuat. Perbedaan motif pada berbagai kain tenun di nusantara ternyata tidak hanya dipengaruhi oleh kepercayaan, melainkan juga disebabkan padanya faktor teknis penciptaan lingkungan setempat serta fungsi motif dalam kehidupan sehari-hari sehingga ada perbedaan makna motif antara daerah satu dengan daerah lainnya.

Dahulu pengguanaan motif pada kain tenun hanya terbatas pada motif motif tradisional saja, tetapi seiring dengan perkembangan zaman dan permintaan pasar penggunaan motif berkembang dan dimodifikasi sesuai kebutuhan tanpa meninggalkan bentuk aslinya.


Makna Motif Kain Tenun

Berdasakan pernggolongan motif kain tenun yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, maka motif kain tenun memiliki beberapa makna :

1. Motif Geometris.


Kain tenun motif geometris


Motif geometris atau umumnya berupa garis, baik garis lurus maupun garis melengkung, atau juga bangun ruang umumnya menggambarkan tentang keyakinan. Garis menggambarkan hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta. Dibeberapa daerah seperti Lombok, motif garis menggambarkan sifat manusia yang harusnya memiliki sifat jujur dan tegas


2. Motif Flora.


Kain tenun motif flora


Motif flora atau tumbuhan adalah motif yang sering muncul dalam kain tenun. hampir disemua daerah menggunakan motif flora. Bagian dari tumbuhan yang biasanya muncul sebagai motif adalah daun dan bunga. Bunga merupakan motif flora yang sangat umum digunakan. Jenis bunga yang digunakan sebagai motif dalam kain tenun sangat beragam sesuai dengan jenis bunga yang banyak terdapat didaerah tersebut. Umumnya bunga menggambarkan keindahan dan kelembutan. Kain tenun yang menggunakan motif bunga lazimnya dipakai oleh wanita.


3. Motif Binatang.


Kain tenun motif binatang


Motif binatang juga selalu ada disetiap daerah. Binatang yang dipilih sesuai dengan kepercayaan masyarakat setempat. Binatang biasanya melambangkan kepemimpinan, kekuatan, keteladanan, keberuntungan. Ada beberapa jenis binatang yang menggambarkan pemimpin sehingga tidak boleh sembarangan digunakan. Biasanya motif tertentu ini hanya digunakan untuk raja atau pemimpin. Beberapa jenis binatang yang melambangkan pemimpin adalah buaya dan kura kura.


4. Motif Figuratif.


Makna motif kain tenun


Motif figuratif seperti manusia atau wayang biasanya digunakan untuk melambangkan manusia itu sendiri. motif figuratif ini biasanya melambangkan kepolosan, kesendirian dan ketakutan.


Demikianlah artikel yang menjelaskan secara lengkap mengenai "Pengertian Tenun dan Makna Motif Kain Tenun". Semoga melalui tulisan ini memberikan pemahaman kepada pembaca yang sedang mempelarinya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan tinggal tanggapan maupun kritikan yang sifatnya memperbaiki untuk yang akan datang. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar