Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Minggu, 26 April 2020

Cara Mencuci Tangan Yang Benar Menurut WHO Mencegah Penyebaran Virus Corona (Covid-19).

| Minggu, 26 April 2020
Tips mencuci tangan untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19)


Mencegah virus corona COVID-19 dapat dilakukan dengan beberapa cara. Mulai dari meliputi pola hidup sehat, menjaga kebersihan, konsumsi makanan sehat, olahraga, hindari interaksi secara langsung, dan banyak lagi lainnya. Salah satu yang terbukti cukup ampuh adalah dengan mencuci tangan. Mencuci tangan adalah tindakan yang cukup mudah untuk dilakukan. Banyak tidak diketahui, terdapat beberapa langkah dalam mencuci tangan yang benar.

Mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir merupakan salah satu cara palin efektif mencegah penyebaran virus corona covid-19. Hal ini juga sudah ditegaskan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Mencuci tangan sangat disarankan, apalagi jika Anda masih harus berkegiatan di luar rumah. Virus corona covid-19 bisa menempel di berbagai permukaan yang mungkin Anda pegang. 

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyarankan setiap orang untuk selalu mencuci tangan demi mencegah penyebaran virus corona COVID-19. Bersihkan tangan secara teratur dan menyeluruh dengan sabun dan air atau cairan berbasis alkohol. Mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan cairan pembersih berbasis alkohol bisa membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda. 

Tetapi, saat di rumah saja, mencuci tangan juga tetap sangat disarankan. Apalagi jika Anda memesan makanan dari luar, atau setelah menerima paket dan macam-macam. Tentu saja meskipun sudah mencuci tangan, Anda tetap disarankan tak memegang-megang bagian wajah, karena tindakan itu berisiko membuat terpapar virus corona covid-19 yang mungkin menempel pada tangan. 


Penyebab virus dapat masuk ke dalam tubuh

Mencuci tangan dapat membuat Anda tetap sehat dan mencegah penyebaran infeksi pernapasan dan diare dari satu orang ke orang lain. Kuman dapat menyebar dari orang lain atau permukaan saat Anda: 
  • Menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci. 
  • Makan atau menyiapkan makanan dan minuman dengan tangan yang tidak dicuci. 
  • Menyentuh permukaan atau benda yang terkontaminasi. 
  • Mengesang, batuk, atau bersin ke tangan dan kemudian menyentuh tangan orang lain atau benda-benda. 


Langkah - langkah mencuci tangan yang benar menurut WHO.

Menurut WHO, mencuci tangan agar bersih menghabiskan waktu sekitar 20-30 detik. Ikuti langkah mencuci tangan yang benar menurut WHO untuk mencegah infeksi virus, kuman, dan bakteri. 
  1. Basahi tangan dan tuangkan atau oleskan produk sabun di telapan tangan. 
  2. Tangkupkan kedua telapak tangan dan gosokkan produk sabun yang telah dituangkan. 
  3. Letakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari yang terjalin dan ulangi untuk sebaliknya. 
  4. Letakkan telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dengan jari saling terkait. 
  5. Tangan kanan dan kiri saling menggenggam dan jari bertautan agar sabun mengenai kuku dan pangkal jari. 
  6. Gosok ibu jari kiri dengan menggunakan tangan kanan dan sebaliknya. 
  7. Gosokkan jari-jari tangan kanan yang tergenggam di telapak tangan kiri dan sebaliknya. Keringkan tangan dan tangan Anda sudah aman dari kotoran.


Sumber: WHO


Demikianlah artikel yang menjelaskan secara lengkap mengenai "Cara Mencuci Tangan Yang Benar Menurut WHO". Semoga melalui tulisan ini memberikan pemahaman kepada pembaca yang sedang mempelarinya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan tinggal tanggapan maupun kritikan yang sifatnya memperbaiki untuk yang akan datang. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar