Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Rabu, 29 Januari 2020

Pengertian Toleransi, Ciri - Ciri, Tujuan, Manfaat, Contoh Sikap Toleransi.

| Rabu, 29 Januari 2020
Contoh sikap toleransi


Kata toleransi memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bahkan istilah ini sudah diajarkan sejak di bangku sekolah. Toleransi merupakan sikap saling menghargai setiap orang atau kelompok yang ada di masyarakat. Sikap toleransi ini ditunjukkan untuk menghormati adanya perbedaan pendapat, agama, ras dan budaya pada setiap orang atau kelompok.


Pengertian toleransi

Toleransi adalah kata serapan yang diambil dari bahasa inggris yaitu kata tolerance. Tolerance memiliki arti membiarkan. Sehingga dari akar katanya, toleransi adalah tindakan pembiaran. Karena secara bahasa, toleransi berasal dari bahasa latin yaitu Tolerare yang artinya sabar, menahan diri atau membiarkan sesuatu yang terjadi. Sedangkan menurut istilah, toleransi adalah sikap saling menghormati antar sesama manusia sesuai norma yang berlaku. Jika dikaitkan dengan bahasa arab, toleransi sepadan dengan kata tasamuh. Kata tasamuh artinya adalah mengizinkan atau bisa juga diartikan saling memudahkan. Selain itu, toleransi juga didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk bersikap sabar dan menahan diri terhadap sesuatu yang tidak disetujui.


Pengertian toleransi menurut para ahli

Setelah mengetahui pengertian toleransi secara umum, penting juga mengetahui pengertian toleransi menurut para ahli. Hal ini bertujuan agar kita bisa lebih memahami definisi dari toleransi. Nah, berikut ini pengertian toleransi menurut para ahli yang perlu diketahui:

Friedrich Heiler
Friedrich Heiler mendefinisikan toleransi sebagai sikap mengakui adanya pluralitas agama. Serta menghargai semua orang yang memeluk agama tersebut. Heiler mengatakan bahwa setiap pemeluk agama memiliki hak untuk mendapatkan perlakukan yang sama dari setiap orang.

Michael Wazler
Toleransi menurut Michael Wazler yaitu sikap yang harus ada di dalam kehidupan bermasyarakat.

Max Isaac Dimont
Toleransi menurut Max Isaac Dimont yaitu sikap yang mengakui perdamaian dan tidak menyimpang dari norma yang berlaku. Selain itu, toleransi juga didefinisikan sebagai sikap menghargai atau menghormati setiap tindakan orang lain.

W. J. S poerwadarminta
J. S poerwadarminta mendefinisikan toleransi sebagai sikap memperbolehkan suatu pendapat yang berbeda. Karena, dalam toleransi sangat dijunjung tinggi untuk menghargai pendapat orang lain.

Kamus Besar Bahasa Indonesia
Definisi toleransi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah perilaku atau sikap toleran. Selain itu, toleransi juga didefinisikan sebagai penyimpangan yang masih bisa diterima dalam pengukuran kerja.


Tujuan dan manfaat toleransi

Setelah mengetahui definisi dari toleransi menurut beberapa ahli, penting juga untuk mengetahui tujuan dari toleransi itu sendiri. Karena, pada dasarnya menciptakan suasana yang harmonis di dalam masyarakat yang majemuk adalah tujuan dari toleransi.

Jika setiap orang memiliki sikap toleransi, kehidupan yang lebih baik akan mudah diciptakan. Meskipun ada beragam agama, ras, suku, dan golongan dalam masyarakat atau golongan. Tujuan dari toleransi memang tak lepas dari definisinya. Nah, mengacu pada definisi-definisi yang telah dijelaskan sebelumnya, berikut ini manfaat dari toleransi:

Meningkatkan Rasa Persaudaraan
Sikap toleransi dalam diri seseorang bisa meningkatkan rasa persaudaraan. Dengan adanya sikap toleransi ini, bisa menimbulkan kasih sayang di dalam dirinya. Sehingga rasa persaudaraan akan semakin besar terhadap sesama manusia. Masyarakat secara umum akan terhindar dari perpecahan, jika dalam diri seseorang sudah tertanam sifat toleransi.

Meningkatkan Rasa Nasionalisme
Rasa nasionalisme pada diri seseorang memang berasal dari sikap positif dan toleransi yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang akan semakin cinta tanah airnya, jika setiap orang menyadari dan menerima bahwa Indonesia merupakan negara yang majemuk.

Meningkatkan Kekuatan dalam Iman
Banyak sekali bentuk keimanan seseorang yang dapat terlihat, salah satunya yaitu menghargai menghormati agama lain. Biasanya orang yang memiliki iman yang kuat, pasti mampu bersosialisasi dengan orang lain yang berbeda budaya dan kepercayaan

Memudahkan Mencapai Kata Mufakat
Manfaat lain dari adanya sikap toleransi yaitu bisa memudahkan mencapai mufakat ketika dilakukan musyawarah. Karena sikap toleransi ini sangat menjunjung rasa menghormati dan menghargai perbedaan pendapat dari orang lain. Jika dalam sebuah musyawarah, tidak ada rasa toleransi sama sekali, tentu saja akan sulit untuk mencapai kata mufakat.

Memudahkan Pembangunan Negara
Manfaat lainnya dari sikap toleransi yaitu bisa memudahkan pembangunan Negara. Jika orang yang berfikir bahwa perbedaan adalah sebuah masalah dalam Negara, itu adalah salah.

Karena, pada dasarnya dengan adanya perbedaan dalam apapun, justru membuat suatu negara semakin kuat. Maka dari itu, sangat dibutuhkan sikap toleransi yang tinggi.


Ciri - ciri sikap toleransi

Seseorang yang memiliki sikap toleransi, pastinya sudah terlihat jelas dari sikap seseorang tersebut kepada orang-orang yang ada di sekitarnya. Nah, lebih jelasnya berikut ini ciri-ciri sikap toleransi yang dimiliki seseorang:
  • Seseorang yang memiliki sikap toleransi yang tinggi, pastinya bisa menghargai dan menghormati orang lain meskipun berbeda agama, suku, dan ras.
  • Seseorang yang memiliki toleransi, pastinya akan mudah menghargai pendapat orang lain yang berbeda.
  • Sikap toleransi akan menjunjung tinggi dengan tidak memandang agama, suku, dan ras untuk melakukan kebaikan.
  • Sikap toleransi yaitu selalu memberikan kebebasan setiap orang untuk beribadah sesuai dengan kepercayaannya. Selain itu, ciri-ciri dari sikap toleransi yaitu tidak melakukan intimidasi meskipun berbeda kepercayaan.
  • Ciri-ciri sikap toleransi yang terakhir yaitu memberikan kesempatan yang sama kepada setiap orang, tanpa memandang perbedaan agama.

Contoh sikap toleransi.

Setelah mengetahui ciri-ciri dari sikap toleransi, kita juga perlu mengetahui contoh dari sikap toleransi. Hal ini bertujuan agar kita bisa lebih faham mengenai sikap toleransi. Nah, berikut ini beberapa contoh sikap toleransi kepada orang lain yang patut untuk ditiru:
  • Menghormati dan menghargai hak dan kewajiban orang lain dengan memberikan hak setiap orang beragama untuk menjalankan kegiatan agamanya.
  • Turut serta menjaga kedamaian di masyarakat dengan cara menghargai pendapat orang lain yang berbeda, sehingga bisa mencegah terjadinya pertikaian.
  • Sebagai makhluk sosial, saling membantu dan tolong-menolong sesama manusia tanpa membeda-bedakan agama, ras dan suku.
  • Dalam kehidupan bermasyarakat, selalu menghargai dan menghormati kegiatan umat beragama yang berbeda menjadi hal yang sangat penting agar tidak terjadinya pertikaian.


Demikianlah artikel yang menjelaskan secara lengkap mengenai "Toleransi". Semoga melalui tulisan ini memberikan pemahaman kepada pembaca yang sedang mempelarinya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan tinggal tanggapan maupun kritikan yang sifatnya memperbaiki untuk yang akan datang. Terima kasih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar