Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Kamis, 16 Januari 2020

Pengertian Teks Tanggapan Kritis, Ciri - Ciri, Struktur, Kaidah, Contoh

| Kamis, 16 Januari 2020
Critical response text


Teks tanggapan kritis merupan teks yang berisi kritik pedas terhadap suatu hal mengenai kesalahan. Contoh biasanya terjadi ketika debat, si A memberi kritik kepada si B dikarenakan apa yang disampaikan B kurang pas. Sehingga hal ini kita bisa menyebutnya juga dengan menganalisa suatu pendapat. Setiap tanggapan yang diberikan harus mempunyai alasan, dan manfaatnya membuat orang yang di tanggap semakin lebih baik. 


Pengertian teks tanggapan kritis

Teks Tanggapan Kritis adalah teks yang berisi kritik tajam terhadap suatu hal yang mengenai kesalahan. Biasanya terjadi jika ada debat , orang B memberi kritik kepada orang A karena apa yang disampaikannya kurang pas. Bisa disebut juga dengan menganalisa suatu pendapat. Kita harus menerima semua tanggapan yang diberikan oleh orang atau teman kita saat kita memberikan pendapat. Karena setiap tanggapan yang mereka berikan pasti ada alasan dan bisa membuat kita menjadi lebih baik.


Ciri - ciri teks tanggapan kritis

Ciri-ciri yang dimiliki teks tanggapan kritis sangat khusus, karena pasti di dalamnya terhadap tanggapan-tanggapan berbeda. Ciri teks tanggapan kritis ini berfungsi agar kita dapat lebih mudah untuk mengenali apakah teks yang kita baca merupakan teks tanggapan kritis atau bukan. Jika suatu teks memiliki semua ciri teks tanggapan kritis, maka dapat dikatakan bahwa teks tersebut adalah sebuah teks tanggapan kritis. Berikut ciri teks tanggapan kritis.

Teks ini memuat tanggapan terhadap fenomena yang terjadi di sekitar dengan disertai fakta dan alasan.
Mempunyai  3 Struktur teks yaitu : Evaluasi , Deskripsi Teks , dan Penegasan Ulang.
Mengandung kaidah kebahasaan atau ciri kebahasaan yang dimiliki teks tanggapan kritis.


Fungsi sosial teks tanggapan kritis

Teks tanggapan kritis dalam konteks sosial berfungsi sebagai kepedulian kita terhadap lingkungan dan menanggapi kebiasaan secara kritis permasalahan di sekitar tempat tinggal kita.


Tujuan teks tanggapan kritis

Adapun tujuan teks tanggapan kritis yakni untuk memilih salah satu pernyataan, karena pada teks tanggapan kritis berisi alasan yang mendukung dan yang menolak.


Struktur teks tanggapan kritits
 
Evaluasi
Evaluasi,merupakan bagian pertama dalam Teks Tanggapan Kritis. Bagian Evaluasi berisi pernyataan umum tentang apa yang akan disampaikan penulis dalam teks.

Deskripsi teks
Deskripsi teks,merupakan bagian kedua atau lebih jelasnya adalah bagian isi dalam Teks Tanggapan Kritis. Bagian Deskripsi Teks ini memuat informasi tentang data-data dan pendapat pendapat yang mendukung pernyataan atau melemahkan pernyataan.

Penegasan ulang
Penegasan ulang,merupakan bagian ketiga teks atau lebih jelasnya adalah bagian terakhir teks yang berisi penegasan ulang terhadap apa yang telah dilakukan atau yang telah diputuskan.


Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis
  • Kalimat kompleks, kalimat yang memiliki lebih dari dua struktur dan dua verba.
  • Konjungsi, kata penghubung yang menghubungkan setiap kata dan juga setiap struktur.
  • Kata Rujukan, sesuatu yang digunakan pemberi informasi (pembicara) untuk menyokong atau memperkuat pernyataan dengan tegas. Dikenal juga dengan sebutan referensi.
  • Pilihan Kata, pemilihan kata yang sesuai dalam penggunaan dan pembuatan teks tanggapan kritis.

Perbedaan teks tanggapan kritis

Perbedaan teks Tanggapan Kritis satu dengan teks lain dari aspek struktur  dan aspek fitur bahasa.
  • Fitur bahasa teks Tanggapan Kritis
  • Teks bertujuan mempengaruhi, mendebat, membujuk, atau menyanggah
  • Bahasa yang digunakan mengutamakan aspek persuasif atau ajakan
  • Menggunakan bahasa yang efektif
  • Bagian resume disusun secara kronologis

Contoh teks tanggapan kritis

Judul Teks: Smartphone

Orientasi

Smartphone adalah sebuah alat komunikasi yang canggih. Alat ini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi,tetapi juga digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan, aktivitas,dan lain-lain.

Evaluasi

Canggihnya smartphone membuat para remaja juga turut adil untuk menggunakannya. Menurut mereka smartphone adalah kehidupan mereka. Alat canggih ini sudah seakan-akan tidak bisa hilang dari kehidupan mereka.

Tafsiran

Namun,banyak orang tua yang tidak setuju anaknya menggunakan smartphone. Dengan alasan,smartphone belum terlalu penting bagi anak remajanya. Juga, smartphone dianggap membawa dampak negatif bagi remaja karena smartphone bisa digunakan untuk melihat situs-situs dewasa.

Ada juga orang tua yang setuju anaknya menggunakan smartphone dengan smartphone bisa digunakan untuk mengakses aplikasi atau web yang berbau pembelajaran seperti Yuksinau.id. Dampak positif lainnya smartphone bisa digunakan untuk mencari teman-teman lama dan berkomunikasi jarak jauh.


Demikianlah artikel yang berjudul Pengertian Teks Tanggapan Kritis, Ciri - Ciri, Struktur, Kaidah, Contoh ​. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Pustaka Pengetahuan mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, dapat membantu tugas sekolah klik Berbagai Reviews 

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm 

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel 

Media sosial silahkan klik facebook 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar