Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Rabu, 08 Januari 2020

Contoh Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan Beserta Strukturnya

| Rabu, 08 Januari 2020
Observasi merupakan sebuah penelitian yang salah satu teknik dalam pengumpulan datanya digunakan dalam suatu penelitian tertentu. Sedangkan untuk teks hasil observasinya mempunyai pengertian isi teks yang menjelaskan tentang suatu informasi baik itu hewan, tanaman, fenomena alam, hasil karya manusia, serta fenomena sosial yang sesuai dengan fakta.

Untuk tahu lebih lanjut bisa lihat contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan pada artikel ini. Singkatnya hasil observasi merupakan sebuah teks yang memaparkan hasil observasi secara sistematik dan objektif yang sesuai dengan fakta dan kenyataan yang ada.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan Beserta Strukturnya

Teks Laporan Hasil Observasi.


Teks laporan hasil observasi


Bunga Mawar 

Definisi Umum

Mawar adalah salah satu tanaman hias yang popular yang merupakan tanaman semak dari jenis genus Rosa. Tanaman mawar tinggi 2-5 meter dan ada lebih dari 100 spesies. Batang mawar berduri tajam, licin, dan halus, serta bentuk daun yang menyirip dengan panjang sekitar 5-15 cm.

Terdapat berbagai macam warna bunga mawar, seperti warna merah muda, merah, kuning, putih, biru, bahkan hitam. Di bagian mahkota bunga, terdapat 4 sampai 5 helai daun mahkota. Mawar hidup di daerah yang sejak.

Definisi Bagian

Budidaya bunga mawar bisa dilakukan dengan menanam biji, okulasi, dan stek batang. Di masa pertumbuhannya, perawatan merupakan faktor paling penting agar bunga mawar tumbuh kokoh dan tentunya indah.

Beragam cara bisa dilakukan untuk merawat bunga mawar, diantaranya dengan membasmi rumput liar dan gula disekitar tanaman, menyiram tanaman dengan rutin, dan memberi pupuk secara rutin 3-4 bulan sekali dengan dosis yang sesuai.

Contoh teks observasi tumbuhan lainnya: Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan dan Struktur.
Perlu kamu tahu, pagi dan sore hari merupakan waktu terbaik untuk menyiram tanaman karena suhu udara tidak terlalu panas. Lakukan juga pemangkasan terhadap tangkai yang sudah layu dan dahan yang kering. Dengan tujuan agar batas menjadi kokoh dan tumbuh tunas yang baru.

Di Indonesia sendiri kita dapat menemukan jenis bunga mawar seperti modern garden roses, buck roses, old garden roses, climbing roses, shrub rose, english rose, dan wild rose (mawar liar).

Bagian Manfaat

Dikarenakan warna dan bentuknya yang sangat indah, bunga mawar biasanya dijadikan sebagai tanaman hias. Tetapi dibalik keindahannya, bunga mawar mempunyai banyak manfaat, diantaranya sebagai anti bakteri, anti viral, anti depresan, anti peradangan, dan sumber vitamin C.

Selain itu banyak produk kecantikan seperti parfum, sabun, pelembab, dan sebagainya yang menggunakan bunga mawar sebagai bahan pembuatannya. Mawar juga bisa dimanfaatkan untuk teh, jelly, dan selai.

Penutup

Kesimpulan yang bisa kita dapatkan setelah melakukan pengamatan observasi, bahwa mawar merupakan tanaman hias yang selain mempunyai bentuk yang indah juga mempunyai banyak manfaat yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.


Contoh Teks Laporan Observasi.


Contoh teks laporan hasil observasi


Pohon Kelapa

Definisi Umum

Pohon kelapa (Cocos nucifera) atau disebut juga pohon nyiur merupakan tumbuhan palem yang berbatang tinggi, tingginya bisa mencapai 3 meter. Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air.

Kelapa adalah sebutan dari nama buah yang yang dihasilkan tumbuhan inin.Kelapa menjadi tumbuhan serba guna karena dimanfaatkan semua bagiannya oleh manusia,  karena banyak manfaatnya maka tunas kelapa dijadikan sebagai lambang pramuka di Indonesia.

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun sekarang sudah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

Definisi Bagian

Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah buah kelapa, batang, pelepah dan akar. Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air kelapa dan lembaga. Pohon kelapa atau pohon nyiur banyak terdapat di bagian tepi pantai.

Definisi Manfaat

Berdasarkan penelitian yang ada, kelapa diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Selain itu, buah kelapa bagus untuk mengobati keracunan, karena buah ini dapat menetralkan racun didalam tubuh kita dan dapat dijadikan sebagai makanan atau minuman.

Definisi Penutup

Para dokter gigi juga meyakini bahwa kelapa bisa mencegah gigi berlubang. Sedangkan, batang pohonnya sangat bermanfaat untuk pembuatan janur, pembungkus ketupat dan masih banyak lagi.


Contoh Laporan Hasil Observasi.


Contoh teks laporan hasil observasi


Rumput

Pernyataan Umum

Rumput adalah tumbuhan monokotil yang mempunyai daun berbentuk sempit meruncing yang tumbuh dari dasar batang, rumput berasal dari keluarga poacae.Daun rumput yang biasa ada di pekarangan rumah kita panjangnya antara 5 – 10 cm dan tumbuhnya tidak beraturan dan sulit di kontrol pertumbuhannya.Beberapa contoh rumput yang biasa ditanam di Indonesia antara lain rumput manila, rumput teki, rumput kucai, rumput jepang, rumput gajah mini, rumput peking, dan rumput ilalang.Anggota/aspek yang dilaporkanRumput seringkali ditanam sebagai tanaman hias, tanaman obat, dan pakan ternak. Di Indonesia rumput banyak digunakan sebagai pakan untuk hewan ternak seperti sapi, kambing, dan kerbau.Rumput juga bisa ditanam untuk membuat lanskap taman dan berfungsi sebagai karpet taman, warna daunnya yang hijau bisa menarik perhatian dan dapat menyejukkan mata orang yang melihat.

Rumput yang tumbuh di tanah yang lapang pertumbuhannya dibiarkan liar karena bisa dimanfaatkan peternak untuk melepas hewan ternaknya.Namun di sisi lain rumput yang tumbuh di lahan pertanian bersifat mengganggu pertumbuhan tanaman sehingga sering disebut sebagai tanaman pengganggu (gulma).


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi.


Contoh laporan hasil observasi


Lidah Buaya

Pernyataan Umum

Lidah Buaya memiliki nama latin Aloe Vera atau Aloe Barbadensis Millear. Lidah buaya merupakan 1 dari 10 tipe tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dapat dikembangkan sebagai tanaman obat dan juga bahan baku industri.

Anggota/aspek yang dilaporkan

Lidah buaya dapat hidup di tempat yang mempunyai suhu panas atau biasa ditanam di pot ataupun di pekarangan rumah untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Lidah buaya mempunyai daun agak runcing berupa taji, tidak tipis, getas, pinggirnya bergerigi, permukaannya berbintik-bintik, panjangnya 15-36 cm, lebarnya 2-6 cm.

Lidah buaya dikenal sebagai tumbuhan yang kaya akan kandungan vitamin nya (kecuali vitamin D). lidah buaya dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit yaitu obat cacing, amandel, sakit mata, keseleo, luka bakar, bisul, luka, bernanah, serta jerawat. Lidah buaya pun berguna untuk menebalkan dan menghitamkan rambut.


Contoh Teks Laporan Observasi.


Contoh teks laporan hasil observasi


Bunga Anggrek Bulan

Definisi Umum

Anggrek Bulan atau Phalaenopsis ambilis adalah tanaman indah masuk dalam salah satu suku tumbuhan berbunga terbanyak yang juga ditetapkan sebagai puspa pesona Indonesia yang berasal dari Genus Phalaenopsis.

Definisi Bagian

Anggrek Bulan merupakan jenis Anggrek Ochidaceae yang mempunyai ciri khas kelopak bunga yang lebar. Anggrek Bulan berasal dari Asia Tenggara dan dapat ditemukan diseluruh dunia kecuali di Benua Antartika. Anggrek Bulan pertama ditemukan di Maluku, dan termasuk tumbuhan Epifit.

Definisi Manfaat

Anggrek Bulan banyak dimanfaatkan untuk tanaman hias karena keindahannya. Anggrek mudah dirawat dibandingkan dengan jenis bunga lain, seperti dahlia, melati, mawar, dan sebagainya. Anggrek Bulan salah satunya yang dapat hidup/tumbuh hanya dengan digantungkan, sehingga tidak banyak membutuhkan ruangan.

Definisi Penutup

Cara budidaya Anggrek Bulan termasuk mudah, hanya dengan menyetek atau penyebaran biji. Media yang digunakan dapat berupa arang kayu, serabut kelapa, atau potongan batang pohon/genting/batu bata.


Demikianlah artikel yang berjudul Contoh Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan Beserta Strukturnya. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Pustaka Pengetahuan mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, dapat membantu tugas sekolah klik Berbagai Reviews 

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm 

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel 

Media sosial silahkan klik facebook 

Related Posts

17 komentar: