Kamis, 12 Desember 2019

Vivipar, Pengertian, Cara Perkembangbiakan, Contoh Hewan Vivipar

| Kamis, 12 Desember 2019
Cara perkembangbiakan Vivipar


Hewan merupakan salah satu makhluk ciptaan tuhan yang bisa berkembangbiak. Perkembangbiakan hewan dibagi menjadi lima kelompok, yaitu Ovipar (bertelur), Vivipar (melahirkan/beranak), Ovovivipar (bertelur dan beranak), Fragmentasi (pemotongan bagian tubuh), dan berkembang biak dengan cara Tunas. Semua makhluk hidup yang ada di dunia ini memiliki kemampuan untuk mempertahankan atau memperbanyak jenisya, proses ini biasa disebut dengan proses perkembangbiakan makhluk hidup. 


Pengertian Vivipar

Vivipar merupakan suatu cara perkembangbiakan yang dialami hewan dengan cara beranak atau sering disebut melahirkan. Perkembangbiakan ini biasanya sering terjadi pada hewan yang menyusui atau sering disebut hewan mamalia. Bisa kita ambil contoh hewan mamalia yaitu seperti Orang Hutan (Kera), gajah, Paus, Sapi, Kambing, Kucing, Tikus, dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena pada dasarnya semua makhluk hidup itu berkembangbiak dengan cara menghasilkan keturunan dengan tujuan agar jenis makhluk hidup tersebut tidak punah. Manusia berkembangbiak dengan cara melahirkan seorang anak kemudian menyusuinya, hewan berkembangbiak juga dengan melahirkan sekor anak dan kemudian menyusuinya sehingga disebut hewan mamalia. Siklusnya hampir sama dengan manusia, akan tetapi yang membedakannya adalah manusia memilik akal sedangkan hewan tidak.

Perkembangbiakan hewan dengan cara beranak atau melahirkan (vivipara) juga mempunyai ciri-ciri. Berikut ciri-ciri dari hewan yang berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan (Vivipar) antara lain:


Ciri - Ciri Hewan Vivipar
  • Memiliki puting susu
  • Penutup tubuh hewan tersebut adalah rambut (bulu)
  • Memiliki daun telinga
  • Memiliki kelenjar susu yang bisa digunakan untuk menyusui anaknya
  • Merupakan kelompok hewan Mamalia
  • Janin anak tumbuh didalam Rahim hewan
  • Induk mengandung dan melahirkan anaknya

Cara Perkembangbiakan Vivipar

Cara perkembangbiakannya disini kami ambil contoh Sapi & Kucing. Sapi adalah kelompok hewan mamalia yang cara perkembangbiakannya yaitu dengan cara melahirkan anaknya. Sebelum sapi tersebut melahirkan tentunya ada asal usulnya kenapa sapi tersebut bisa melahirkan, sebelum sapi tersebut hamil kemudian melahirkan pada awalnya sapi tersebut disilangkan antara sapi jantan dan sapi betina. Dari proses persilang itulah sapi betina kemudian mengandung janin yang ada di Rahimnya tersebut.

Dan setelah sapi betina tersebut mengandung janin  selama berbulan-bulan, hingga sampai pada waktunya janin yang dikandung  tersebut berubah menjadi sapi kecil dan kemudian sapi beina tersebut melahirkannya ke dunia ini, sapi mampu melahirkan 1-2 anak sapi. Setelah anak sapi itu lahir terkadang anak sapi tersebut menyusu pada induknya untuk mendapatkan nutrisi yang bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhannya. Itulah kurang lebih proses perkembangbiakan sapi.

Tidak jauh berbeda dengan proses perkembangbiakan sapi, proses perkembangbiakan yang dialami oleh kucing yang cenderung sama dengan proses perkembangbiakan sapi, hampir tidak ada perbedaan mengenai proses perkembangbiakannya mulai dari persilangan hingga melahirkan, akan tetapi ada sedikit perbedaan pada proses perkembangbiakan kucing, yaitu kucing biasanya mampu melahirkan 3-4 anak kucing.

Contoh Hewan Vivipar

Unta


Cara perkembangbiakan unta (Vivipar)


Unta merupakan hewan yang memiliki harapan hidup cukup tinggi, yaitu sekitar 30-50 tahun. Ciri khas yang dimilikinya yaitu memiliki punuk di tubuhnya dan satu-satunya hewan yang mampu menyimpan air dalam tubuhnya dalam jumlah yang cukup banyak. Masa kehamilan unta bisa dibilang cukup lama, mereka membutuhkan waktu sektiar 13 sampai dengan 15 bulan untuk mengandung anaknya hingga lahir.


Kelelawar.


Cara perkembangbiakan kelelawar (Vivipar)


Kelelawar merupakan hewan noktural yang masuk pada contoh hewan vivipar, karena hewan ini juga merupakan hewa yang cara perkembangbiakannya dengan cara melahirkan. Meskipun hewan ini tergolong bangsa hewan yang bisa terbang seperti halnya burung, akan tetapi kelelawar justru tidak bertelur, mereka justru melahirkan. Adapun jangka waktu kelelawar mengandung yakni selama 1,5-6 bulan, tergantung dari jenis kelelawar tersebut dan juga tempat tinggalnya.


Paus


Carqa perkembangbiakan paus (Vivipar)


Meskipun Paus hidup di air namun sebenarnya hewan besar ini merupakan mamalia yang berkembang biak dengan cara vivipar, meskipun terbilang sangat jarang sekali ada hewan jenis pisces yang berkembang biak dengan cara vivipar. Sayangnya hewan satu ini terancam punah karena perkembangbiakan hewan ini yang cukup lama dan susah.


Sapi


Cara perkembangbiakan sapi (vivipar)


Sapi adalah salah satu hewan yang cukup dekat dengan manusia dan banyak yang membudidayakannya karena hewan ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia mulai dari daging dan susu yang dikonsumsi, sapi juga bisa dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan manusia. Sama halnya dengan Paus, perkembangbiakan sapi juga cukup lama sehingga dibutuhkan bantuan teknologi untuk mempermudah perkembangbiakan sapi.

Kucing.


Cara perkembangbiakan kucing (Vivipar)



Salah satu hewan yang menjadi sahabat manusia ini merupakan saudara jauh dari harimau, sama hal nya dengan harimau, kucing juga berkembangbiak dengan cara vivipar. Berbeda dengan paus dan sapi perkembangbiakan kucing terbilang sangat mudah sehingga binatang yang sangat bersahabat dengan manusia ini memiliki jumlah populasi yang sangat banyak di seluruh dunia dengan jenis yang banyak pula. Maka tak heran jika hewan satu ini menjadi salah satu hewan peliharaan yang paling disukai selain karena sifatnya yang bersahabat tapi juga karena bentuk dan warna bulunya yang lucu.


Demikianlah artikel yang berjudul Vivipar, Pengertian, Cara Perkembangbiakan, Contoh Hewan Vivipar. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Pustaka Pengetahuan mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, dapat membantu tugas sekolah klik Berbagai Reviews

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm 

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel  

Media sosial silahkan klik facebook

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar