Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Kamis, 21 November 2019

Cara Mendaftar CPNS Online, Mendaftar CPNS Lewat HP.

| Kamis, 21 November 2019
Cara mendaftar CPNS lewat HP


Pembukaan rekrutmen CPNS biasanya dilakukan satu tahun sekali atau pada saat pemerintah membutuhkan tambahan pengawei negeri sipil pada formasi tertentu. Apabila ingin mendaftar, sobat ponseli harus melalui sistem online dan menyiapkan berbagai persyaratan yang wajib dipenuhi agar bisa diterima sebagai PNS. Namun yang tak kalah penting, sobat harus menyiapkan mental yang kuat agar tidak kecewa berlarut-larut apabila tidak diterima.

Perjuangan menjadi PNS diawali sejak kita mendaftarnya. Untungnya cara mendaftar CPNS sangat sangat mudah. Sekarang sudah ada system online yang membuat proses birokasi semakin mudah. Meskipun begitu, sobat harus mengikuti setiap langkah yang diberikan agar proses pendaftaran CPNS berjalan lancar. Nah bagi yang belum tahu bagaimana cara mendaftar CPNS Online 2019, silahkan simak dibawah ini.


Tutorial Cara Mendaftar CPNS Online 2019

1. Membuka situs SSCN

Proses pendaftaran CPNS Online 2019 harus dilakukan melalui situs https://sscn.bkn.go.id yang merupakan sistus resmi milik Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pada situs tersebut juga disediakan informasi mengenai lowongan CPNS terbaru yang disesuaikan berdasarkan pendidikan, jabatan, instansi, dan lokasi formasi. Selain itu, tersedia pula beragam informasi lainnya seputar penerimaan CPNS, seperti layanan Call Center, Helpdesk, dan menur registrasi CPNS.

2. Membuat akun SSCN

Cara Mendaftar PNS 2019Setelah membuka situs SSCN atau Sistem Seleksi CPNS Nasional, kemudian kita harus membuat akun SSCN agar bisa mendaftar menjadi CPNS. Adapun cara mendaftar CPNS 2019 adalah sebagai berikut
  • Pilih menu registrasi atau mengujungi link https://sscn.bkn.go.id/
  • Kemudian memilih Jenis Formasi yang disediakan
  • Masukan Nomor Induk Kependudukan sesuai KTP
  • Selanjutnya Masukan Nomor Kartu Keluarga
  • Masukan Kode Captcha, lalu klik tombol “Lanjutkan“
  • Langkah selanjutnya adalah mengisikan alamat email yang masih aktif, lalu password akun dan mengisi pertanyaan keamanan
  • Selanjutnya kita harus mengunggah pas foto dengan ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200 kb dengan format .JPG atau .JPEG
  • Apabila semua langkah cara mendaftar CPNS Online 2019 di atas sudah dilakukan, maka selanjutnya tinggal mencetak Kartu Informasi Akun SSCN


Yah, cara mendaftar CPNS Online 2019 memang cukup mudah. Namun prosesnya tak sampai disitu saja. Kita masih harus melewati berbagai macam tahapan dan proses seleksi yang sangat ketat. Terlebih kita harus bersaing dengan ribuan pelamar CPNS dari seluruh Indonesia yang mengincar posisi formasi yang disediakan pada situs SSCN.

3. Login ke SSCN

Pendaftaran CPNS Online Nah apabila proses registrasi sudah selesai, maka langkah selanjutnya kita tinggal Login menggunakan Password dan NIK yang telah didaftarkan. Silahkan klik menu Login pada website SSCN atau mengunjungi link https://sscndaftar.bkn.go.id. Silahkan masukan NIK dan Password, kemudian klik tombol “Masuk”. Nah apabila lupa dengan password yang dibuat, sobat bisa melakukan riset dengan mengisi form lupa password.

4. Mendaftar Instansi

Mendaftar Instansi PNS Cara mendaftar CPNS Online 2019 selanjutnya adalah tinggal mendaftar instansi yang menyediakan formasi lowongan CPNS. Namun sebelum itu, sobat harus terlebih dahulu login ke situs SSCN sesuai yang kami sampaikan di atas. Nah setelah proses login selesai, maka selanjutnya tinggal menyimak langkah-langkah dibawah ini.
  • Yang pertama harus dilakukan adalah mengunggah foto diri atau selfie dengan memegang KTP dan Kartu informasi akun SSCN
  • Selanjutnya kita harus mengisi informasi pada form biodata yang berisi mengenai keterangan alamat domisili, nomor telepon, tinggi badan, status perkawinan, nomor handphone, dan agama
  • Setelah semua form biodata terisi, kemudian kita harus memilih instansi, formasi, dan jabatan sesuai dengan jenjang pendidikan. Selain itu, tersedia pula kolom untuk mengisi riwayat pendidikan yang terdiri dari nomor ijazah, nilai IPK, serta nama dan alamat lembaga pendidikan beserta akreditasinya.
  • Langkah selanjutnya adalah mengupload dokumen yang sudah discan sesuai persyaratan yang ditetapkan oleh instansi yang membuka lowongan CPNS. Pastikan ukuran dokumen yang diupload sudah sesuai dengan yang ditetapkan situs SSCN. Dimana untuk KTP maksimal 200 kb (JPEG/JPG), Surat Lamaran maksimal 300 kb (JPEG/JPG), Ijazah 700 kb (PDF), Transkrip Nilai maksimal 500 kb (PDF), dan dokumen lainnya maksimal 700 kb (PDF).
  • Jangan lupa memasukan Pas Foto dengan background warna merah yang memiliki ukuran maksimal 200 kb bertipe JPEG/JPG.
  • Langkah selanjutnya tinggal melakukan pengecekan ulang pada form Resume. Pastikan semua data sudah dimasukan dengan benar. Begitu pula dengan dokumen yang kita upload. Pasalnya dokumen yang sudah di upload tidak dapat di upload ulang. Jadi sobat harus hati-hati saat mengunggah dokumen yang diperlukan.
  • Apabila semua data yang dimasukan sudah benar, maka langkah selanjutnya tinggal mencetak “Kartu Pendaftaran SSCN”. Kartu tersebut akan digunakan saat mengikuti tes CAT (Computer Assisted Tes) apabila dinyatakan lolos seleksi adminstrasi.
  • Sampai disini, bisa dikatakan proses pendaftaran CPNS 2019 sudah selesai. Selanjutnya kita tinggal menunggu hasil tes seleksi adminstrasi yang dilakukan oleh tim SSCN dengan mempertimbangkan data yang kita masukan saat mendaftar.


5. Verifikasi pendaftaran CPNS

Verifikasi Pendaftaran CPNS Proses verifikasi pendaftaran akan menentukan apakah kita lulus tes seleksi adminstrasi pendaftaran CPNS 2019 atau tidak. Agar bisa lulus seleksi, sobat harus mengisi semua data dan berkas yang dibutuhkan dengan benar sesuai persayaratan yang ditentukan masing-masing instansi pembuka lowongan CPNS. Terkadang instansi juga menyaratkan agar pelamar mengirimkan berkas fisik ke alamat yang tercantum pada situs SSCN, jadi sobat harus memenuhi semua persyaratan tersebut.

6. Melihat hasil seleksi CPNS


Cara Mendaftar CPNS


Untuk melihat hasil seleksi administrasi caranya adalah dengan klik menu “Riwayat”, lalu klik kolom “Kartu Peserta”, kemudian “Kartu Ujian”. Apabila dinyatakan lulus, maka akan muncul status kelulusan dan akan mendapatkan Kartu Ujian yang nantinya digunakan untuk mengikuti tahapan seleksi CPNS selanjutnya, yakni tes CAT CPNS.



Demikianlah ulasan tentang cara mendaftar CPNS Online terbaru yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar