Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Senin, 14 Oktober 2019

Senam Lantai, Pengertian, Sejarah, Gerakan Dasar dan Teknik Senam Lantai.

| Senin, 14 Oktober 2019
Pengertian senam lantai - pustakapengetahuan.com


Olahraga Senam lantai adalah cabang olahraga yang dilakukan di atas permukaan lantai yang beralaskan sebuah matras. Dalam olahraga ini, matras menjadi salah satu faktor terpenting dalam melakukan senam lantai setelah kamu melakukan teknik dengan benar, karena hal ini dapat melindungi tubuh kamu dari benturan yang terlalu keras.


Pengertian Senam Lantai

Ada berbagai jenis senam yang saat ini dikembangkan dan dilakukan di dalam masyarakat sebagai salah satu olah raga yang paling sering dilakukan baik sendiri ataupun bersama-sama seperti misalnya senam aerobik, senam pramuka, senam ibu hamil, senam lansia, senam SKJ, dan lain sebagainya. Namun ada juga senam yang tidak bisa sembarangan dilakukan oleh orang karena senam ini membutuhkan ketrampilan tubuh yang ekstrim, yakni senam artistik.

Senam artistik terbagi menjadi dua kategori, yakni senam artistik dengan menggunakan alat (meja lompat, palang bertingkat, balok keseimbangan, gelang-gelang, kuda pelana, palang sejajar dan palang tunggal) dan senam artistik tanpa menggunakan alat atau disebut juga sebagai senam lantai.

Secara sederhana senam lantai adalah salah satu jenis senam artistik yang memadukan berbagai bentuk keterampilan tubuh yang menonjolkan keindahan gerak, kerumitan gerak, kekuatan gerak, keluwesan gerak, keseimbangan dan kelenturan gerak untuk dipertunjukkan dalam lapangan senam lantai.


Sejarah Senam Lantai.


Sejarah Senam Lantai - pustakapengetahuan.com


Sejarah senam lantai pertama kali dikenal oleh bangsa Cina, pada 2700 sebelum masehi silam, bangsa Cina kuno sudah mengenal gerakan sederhana dari senam lantai. Namun jika kita melihat dari segi yang lebih umum, senam sebenarnya pertama kali berasal dari Yunani.
Pada masa lampau, biarawan Cina dulu mengenal gerakan senam bukan sebagai pertunjukan ataupun tari, namun sebagai alat bela diri dan pengobatan atau terapi. Hal tersebut diperkuat dengan adanya peninggalan kitab warisan  dari Kong Hu Cu yang merangkum gerakan atau bentukan sederhana dari dasar senam lantai.

Ada pula pendapat yang mengutarakan senam lantai pertama kali di kenal oleh bangsa India. Karena bangsa India sedari dulu sudah terkenal dengan gerakan-gerakan unik yang digunakan sebagai alat pengobatan atau terapi. Di era modern ini ada beberapa gerakan pada sebuah pengobatan yang dinilai mirip dengan gerakan senam lantai, yaitu yoga.

Memang jika kita lihat lebih seksama ada beberapa gerakan yoga yang mirip dengan senam lantai, seperti kayang yang terdapat pada senam lantai juga terdapat pada yoga. Pada senam lantai Teknik yang ditekankan adalah pernapasan dan gerakan yang dinamis, poin tersebut juga terdapat pada yoga yang banyak dikenal oleh orang di zaman sekarang sebagai gerakan terapi. 

India selain banyak masyarakat yang mempercayai yoga mampu mengobati dan menyehatkan tubuh, pada masa lampau masyarakat India juga melakukan gerakan yoga sebagai pemujaan kepada dewa- dewa.

Mesir dikenal merupakan sebagai bangsa dengan peradaban yang sangat maju pada masanya, ternyata juga memiliki sejarah yang berkaitan dengan senam lantai. Pada banyak penelitian ditemukan gambar Mesir Kuno pada piramida terukir mirip sekali dengan gerakan dasar senam lantai. Pada peninggalan Mesir Kuno memang banyak menggambarkan kehidupan masa lampau dari kebiasaan, acara, adat sampai tarian semua diukir dalam gambar dua dimensi termasuk sejarah senam lantai.

Para ilmuwan peneliti piramida banyak menemukan ukiran yang menggambarkan gerakan- gerakan senam lantai. Senam lantai pada jaman dulu sangat unik, karena seakan identik dengan yoga yang ada di India dan Gymnastic yang berasal dari German. Dan gerakan tersebut adalah cikal bakal terbentuknya senam lantai.

Dalam penjelasan di atas sekaligus mematahkan argumen bahwa senam pertama kali di kenal pada abad 20. Bahkan pada tahun sebelum masehi ternyata banyak masyarakat dari berbagai negara sudah mengenal dasar dari senam lantai. Akan tetapi pada masa dulu gerakan tersebut pada umumnya diperuntukkan untuk pengobatan dan terapi penyakit, bahkan sebagai pemujaan dewa- dewa yang diyakini pada masa itu.

Mungkin penjelasan yang benar adalah pada abad ke-20 masyarakat mulai mengenal senam tidak hanya sebagai pengobatan dan pemujaan. Akan tetapi senam lantai di masukkan dalam kategori plah raga dan pertunjukan, bahkan dilombakan. Dan pada abad ke 20 juga senam lantai mulai menyebar dan dikenal oleh dunia.


Sejarah senam lantai di Indonesia.


Sejarah senam lantai di Indonesia - pustakapengetahuan.com


Di Indonesia sendiri sejarah senam lantai di kenal sejak tahun 1912. Saat itu adalah masa penjajahan Belanda berlangsung. Pada saat itu senam dimasukkan dalam kurikulum sekolah, dan dari situlah masyarakat Indonesia mulai mengenal senam.

Pada tahun 1916 adalah awal dimana penyebaran senam lantai di seluruh Indonesia. Dr. H. F Minkema adalah pencetus tersebarnya senam di Indonesia. Pada 1918 silam Dr. Minkema mulai mendirikan kursus senam lantai tepatya di kota Malang. Di kota Bandung juga di bilang sebagai pelopor menyebarnya senam di Indonesia. Karena sekolah senam pertama kali didirikan di Bandung pada tahun 1922 dengan nama MGSS.

Namun pada tahun 1942 segala aktifitas senam harus terhenti karena pada saat itu Jepang menjajah Indonesia dan melarang semua kegiatan senam. Sebagai gantinya jepang memberikan taiso, taiso merupakan senam pagi yang hanya dilakukan pada pagi hari oleh murid sekolah.

Singkat cerita setelah penjajahan jepang, pada tahun 1963, tepatnya pada tanggal 14 Juli Indonesia resmi mendirikan organisasi senam yang di beri nama PERSANI. Organisasi PERSANI dibentuk oleh tokoh- tokoh olah raga Indonesia pada saat itu. Pada tahun 1964 Indonesia mengikuti perlombaan senam lantai internasional. Kompetisi pertama itu dikenal sebagai GANEFO 1 yang diikuti oleh Indonesia, Rusia, Cina, Mesir, Korea. Itulah beberapa sejarah perkembangan senam lantai dari masa ke masa hingga sampai masuk ke Indonesia.


Organisasi Olahraga Senam Lantai.


Organisasi Olahraga Senam Lantai - pustakapengetahuan.com


FIG (Federation Internationale De Gymnastique) merupakan induk organisasi senam artistik internasional termasuk didalamnya cabang senam lantai. FIG bertugas menyusun segala petunjuk peraturan, penilaian dan regulasi untuk semua aspek kompetisi senam internasional.
Sementara itu dalam lingkup nasional, senam diatur oleh masing-masing federasi nasional. Di Indonesia, PERSANI (Persatuan Senam Indonesia) merupakan induk organisasi senam lantai nasional. PERSANI bertugas untuk membina atlet senam Indonesia untuk diikutkan dalam kompetisi nasional, Sea games, Asian Games, Olimpiade dan kompetisi senam internasional.


Gerakan Dasar Senam Lantai

Senam lantai memiliki gerakan dasar yang harus dilakukan sebagai menu latihan setiap hari. Gerakan dasar senam lantai bertujuan untuk melatih keseimbangan, kelenturan dan kekuatan karena ketiga hal ini merupakan modal atlet untuk mengembangkan ketrampilan tubuhnya.

Berikut ini merupakan gerakan dasar pada latihan senam lantai:

1. Latihan peregangan


 Latihan peregangan tubuh - pustakapengetahuan.com


Peregangan merupakan aktivitas meregangkan seluruh bagian tubuh mulai dari kepala hingga ujung kaki. Contoh gerakan peregangan ini adalah memutar kepala ke arah kiri dan kanan, memutar bahu kiri-kanan ke arah depan dan belakang, memutar tulang dada ke arah kiri dan kanan, memutar tulang pinggul ke arah kiri dan kanan, memutar sendi tulang selangkangan kiri dan kanan ke arah depan dan belakang, memutar pergelangan kaki kiri dan kanan ke arah kiri dan kanan, dan masih banyak berbagai jenis gerakan tubuh yang bertujuan untuk meregangkan otot dan persendian. Gerakan ini dilakukan sebagai pegantar untuk melakukan latihan pelenturan.

2. Latihan kelenturan.


Latihan kelenturan tubuh - pustakapengetahuan.com


Pelenturan dilakukan dengan tujuan untuk membuat gestur tubuh bisa menampilkan performa estetis dengan menonjolkan lengkung tubuh pada gerakan-gerakan tertentu misalnya dalam mengakhiri gerakan salto dalam kompetisi. Tak hanya itu, tubuh yang lentur memungkinkan untuk melakukan berbagai gerakan ekstrim tanpa khawatir akan cidera. Tubuh yang lentur juga menandakan keluasan dimensi gerak. Oleh karena itu ada beberapa titik tubuh yang wajib dilakukan dengan beberapa jenis latihan seperti split samping, split depan, cium lutut, cium lantai pada posisi cium lutut, dan kayang arah belakang, samping kiri dan samping kanan.

3. Melatih keseimbangan.


Melatih keseimbangan tubuh - pustakapengetahuan.com


Keseimbangan juga merupakan salah satu hal terpenting yang harus dimiliki oleh atlet senam lantai karena tanpa keseimbangan yang baik maka mustahil baginya untuk melakukan gerakan-gerakan sulit.

Beberapa cara untuk melatih keseimbangan adalah, misalnya dengan berdiri dengan satu kaki (kiri/kanan). Pada posisi ini, salah satu kaki menjadi tumpuan dan kaki satunya diangkat hingga posisi lurus mengarah kedepan, belakang, samping kiri dan kanan. Setelah latihan ini berhasil dilakukan, tingkat kesulitannya ditambah, yakni pada posisi tersebut-misalnya kaki kiri menjadi tumpuan dan kaki kanan diangkat lurus ke depan-kaki kiri kemudian ditekuk dan diturunkan perlahan hingga posisi jongkok tanpa merubah posisi tubuh (yang tegap lurus) dan kaki (yang terlentang lurus ke depan) lalu kemudian diangkat perlahan hingga posisi semula.

4. Latihan kekuatan tubuh


Latihan kekuatan - pustakapengetahaun.com


Tiga latihan yang telah disebutkan diatas sebetulnya merupakan salah satu cara untuk melatih kekuatan tubuh terutama pada latihan pelenturan dan keseimbangan karena untuk melakukan hal tersebut tubuh mengeluarkan energi yang sangat besar. Selain itu, latihan kekuatan bisa dilakukan dengan cara mudah seperti misalnya dengan berlari, berenang, bersepeda, push-up, back-up, sit-up dan lain sebagainya. Latihan kekuatan ini juga bisa dilakukan dengan cara melakukan gerakan-gerakan senam lantai secara berulang dan terus menerus, misalnya dengan mengambil bentuk salto yang dilakukan berulang kali.


Gerakan Senam Lantai

Setelah Anda mampu melakukan beberapa latihan dasar dalam olahraga senam lantai, tiba saatnya untuk mengenal dan berlatih melakukan beberapa gerakan. Berikut ini akan dijelaskan macam gerakan senam lantai yang harus Anda ketahui;

Hand stand roll


Hand stand roll senam lantai - pustakapengetahuan.com

Teknik and stand roll senam lantai :
  • Sikap permulaan berdiri, angkat kedua tangan ke atas bersamaan dengan mengangkat kaki kanan atau kiri, pandangan ke depan bawah.
  • Kaki kanan bengkok menolak bersamaan dengan badan rebah ke depan, tangan menumpu di bawah bahu, kaki kiri diayunkan ke arah vertikal.
  • Berat badan seluruhnya berpindah ke tangan, segera kedua kaki rapat lurus ke atas. Pandangan ke arah depan titik sejauh 30-40 cm.
  • Setelah sikap hanstand benar, maka tekuklah lengan, kepala dilipat. Setelah pundak mendarat dilanjutkan roll depan.


Headstand


Headstand senam lantai - pustakapengetahuan.com


Gerakan headstand ada dua macam yaitu gerakan headstand total yaitu dengan posisi berdiri menggunakan kepala saja sebagai tumpuannya dan gerakan headstand sederhana yaitu dengan cara berdiri menggunakan kepala dan kedua telapak tangan. Untuk lebih jelasnya, sebagai contoh berikut penjelasan bagaimana caranya melakukan gerakan headstand sederhana.

Teknik headstand senam lantai ;
  • Mula-mula, posisi tubuh seperti akan melakukan gerakan push up, yaitu kedua tangan diletakkan di depan dada
  • Kemudian, tarik maju kedua telapak kaki Anda hingga pantat terangkat ke atas dengan posisi kedua tangan tetap pada posisi semula
  • Dengan melakukan step kedua ini, secara otomatis posisi badan hingga kepala Anda akan menunduk seperti orang melakukan sujud dalam sholat
  • Tempelkan kepada bagian depan ke lantai hingga posisi Anda membentuk seperti sudut segitiga sama kaki
  • Setelah itu, kemudian angkat kedua kaki ke atas sebisa mungkin tegak lurus untuk mendapatkan keseimbangan secara sempurna dan tidak terlalu menghabiskan energi.


Handstand.


Gerakan handstand senam lantai - pustakapengetahuan.com


Gerakan handstand akan mudah dilakukan apabila seseorang memiliki tiga syarat utama yaitu memiliki kekuatan otot perut, kekuatan otot lengan, dan keseimbangan. Gerakan handstand ini dapat dilakukan dengan berbagai macam gaya awalan, yaitu awalan berdiri, berjalan, berlari, atau bahkan dengan gerakan awalan yang lebih ekstrim yaitu langsung melakukan gerakan roll baik roll depan maupun roll belakang.

Teknik gerakan awalan handstand.

Sebagai contoh berikut cara melakukan gerakan awalan handstand dengan awalan sederhana yaitu awalan berdiri;
  • Mula-mula posisikan badan dalam posisi siap
  • Bungkukkan tubuh Anda hingga kedua telapak tangan menyentuh lantai
  • Jarak telapak tangan dengan kaki jangan terlalu dekat tapi juga tidak boleh terlalu jauh
  • Kemudian tarik kedua kaki ke atas hingga tegak lurus ke atas. Tahan beberapa hitungan detik, misalnya 10 detik, 15 detik dan seterusnya menurut tingkat kemampuan Anda
  • Bagi seorang pemula, tentunya melakukan gerakan heandstand ini akan sulit karena belum terbiasa. Karena itu Anda bisa meminta bantuan teman untuk menahan kaki agar tidak jatuh di atas.


Gerakan lompat harimau.


Gerakan lompat harimau senam lantai - pustakapengetahuan.com


Gerakan lompat harimau merupakan gerakan melompat yang diawali dengan gerakan berlari kemudian melompat ke arah depan seperti seekor harimau yang hendak menerkam namun diakhiri dengan pendaratan menggunakan gerakan roll depan. Untuk lebih mudah mempraktikannya berikut penjelasan secara lebih detailnya.

Teknik gerakan lompat harimau :
  • Ambil posisi tubuh berdiri dan persiapan untuk berlari
  • Setelah mulai berlari, tentukan waktu yang tepat untuk melompat sesuai dengan tempat yang telah direncanakan sebelumnya
  • Buatlah lompatan setinggi dan sejauh mungkin yang Anda mampu
  • Lakukan pendaratan dengan posisi kedua telapak tangan sebagai tumpuan pertama kemudian langsung disusul dengan menjatuhkan leher Anda ke belakang sedangkan punggung dalam keadaan roll depan
  • Setelah melakukan roll depan, akhiri gerakan melompat harimau ini dengan sikap berdiri secara langsung.


Gerakan salto.


Gerakan salto senam lantai - pustakapengetahuan.com


Salto merupakan salah satu gerakan berguling di udara, salto juga dapat dilakukan ke depan ataupun kebelakang. Mungkin salto merupakan salah satu gerakan senam lantai yang tersulit. Sehingga harus sering dilatih supaya dapat melakukan gerakan ini. Sebab apabila gagal dalam melakukan salto dapat berakibat fatal. Sebelum melakukan salto ada baiknya melakukan pemanasan salah satunya dengan melakukan loncat harimau.

Teknik gerakan salto :
  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan berdiri tegak dan posisi kedua tangan lurus di samping badan.
  • Selanjutnya melangkahlah kaki beberapa kali atau bila perlu berlarilah, sebelum melakukan tolakan sekuat tenaga.
  • Ayunkan tangan ke bawah pada waktu melakukan tolakan untuk memberikan dorongan tambahan.
  • Ketika badan sedang melayang di udara, lipat tangan ke arah lutut serta kemudian tundukkan kepala.
  • Sesudah badan berputar 360 derajat, luruskan tungkai untuk melakukan pendaratan.
  • Dan diikuti dengan tangan diangkat ke atas.
  • Posisi terakhir yaitu berdiri tegak kembali dengan menggunakan tangan sebagai keseimbangan.

Kesalahan yang sering kali terjadi pada saat melakukan salto:
  • Pada waktu sedang melakukan tolakan, kedua kaki kurang kuat.
  • Kedua lengan kurang atau tidak kuat terayun ke atas.
  • Loncatan condong ke depan, bukan ke atas. Hal tersebut akan mengakibatkan loncatan tidak dapat mencapai tinggi yang maksimal. Kesalahan jenis ini seringkali akan membuat kalian mendarat dengan posisi duduk.
  • Posisi badan yang kurang melingkar. Sebab, lutut serta tangan tidak rapat, kepala juga tidak menunduk.
  • Pada waktu pendaratan lengan tidak merentang ke atas tetapi di ayun ke arah depan. Hal ini tentunya akan mengurangi keseimbangan.


Senam lantai sikap lilin


Senam lantai sikap lilin - pustakapengetahuan.com


Sikap lilin merupakan salah satu gerakan dalam olahraga senam lantai yang membutuhkan keterampilan khusus untuk dapat melakukannya. Pada saat melakukan sikap lilin, tubuh bukan hanya melatih otot lengan, leher dan perut saja namun juga membutuhkan keseimbangan yang baik agar tidak terjatuh. Posisi sempurna dari sikap lilin ini adalah dengan posisi kaki berada di atas dan lurus dengan badan yang ditumpu leher dengan bantuan bahu dan siku.

 Teknik sikap lilin adalah sebagai berikut :
  • Posisikan tubuh tidur terlentang dengan pandangan mata ke atas
  • Angkat kedua kaki bersama-sama dengan melakukan tolakan dan dibantu dengan tarikan otot perut
  • Pada waktu yang sama, tangan kiri dan tangan kanan memegang bagian samping tubuh yaitu bagian area tubuh tulang rusuk bagian samping belakang
  • Pastikan juga posisi kaki sejajar dengan dada Anda dengan arah vertikal
  • Bahu, siku dan leher dan kaki menyangga tubuh.


Senam lantai gerakan meroda.


Senam lantai gerakan meroda - pustakapengetahuan.com


Gerakan senam lantai meroda merupakan salah satu latihan wajib yang harus dikuasai oleh seorang atlet senam. Gerakan ini bermanfaat untuk melatih otot-otot tubuhnya dan melatih keseimbangan tubuh.

Meski gerakan meroda dapat dikatakan sebagai gerakan yang mudah, namun jika diolah dengan baik maka gerakan meroda ini dapat menciptakan gerakan ekstrim yang memukau perhatian. Misalnya saja meroda dengan menggunakan satu tangan sebagai tumpuan atau meroda tanpa bantuan tangan yang bisa diistilahkan sebagai gerakan salto samping.

Teknik Gerakan meroda dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut;
  • Ambil awalan sikap tubuh yang tegak lurus dengan posisi kaki terbuka lebar melebihi lebar bahu
  • Jatuhkan tubuh ke samping kanan atau kiri dengan disertai lentingan ringan
  • Misalnya saja saat melakukan gerakan meroda ke samping kanan, ketika bagian tubuh atas mulai miring ke kanan dan telapak tangan menyentuh lantai, segera susul dengan kaki kiri dilentingkan ke atas dan tangan kiri menyentuh lantai sehingga kedua tangan menjadi titik tumpuan lalu disusul dengan kaki kanan juga diangkat ke atas
  • Tanpa sebuah jeda segeralah turunkan kaki kiri ke samping kanan kemudian kaki kanan dan tubuh mulai terangkat hingga posisi tegak lurus sebagaimana posisi awal.


Unsur - Unsur Gerakan Senam Lantai

Olahraga senam lantai memiliki 6 unsur pokok yang harus terpenuhi agar penampilan di area pertandingan terlihat menarik dan memukau perhatian penonton. Keenam unsur tersebut adalah sebagai berikut;

Unsur keindahan

Yang pertama adalah unsur keindahan gerak. Unsur keindahan gerak ini dapat dilakukan dengan membuat variasi disiplin gerak dengan kolaborasi yang baik. Unsur keindahan gerak ini bisa diambil dari disiplin tari dan acrobat seperti gerakan-gerakan kecil yang mengandung unsur tari ataupun gestur-gestur dalam tari balet.

Unsur kekuatan

Kekuatan merupakan unsur penting dalam olahraga senam tari. Sebab olahraga ini membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Bahkan jika masih dalam tahap latihan dasar dan belum terbiasa melakukannya gerakan-gerakan dalam senam lantai akan terasa sangat melelahkan.

Unsur keberanian

Seorang atlet senam lantai harus memiliki keberanian yang tinggi untuk dapat melakukan berbagai gerakan ekstrim di area pertandingan. Seorang atlet harus mampu melumpuhkan rasa takutnya agar bisa memberikan pertunjukkan terbaiknya yang terkadang benar-benar terlihat sulit dan ekstrim dengan tetap memperhatikan keseimbangan tubuh.

Unsur kelenturan

Dengan tubuh yang lentur akan lebih  muda melakukan berbagai gerakan. Memiliki tubuh yang lentur juga akan menambahkan nilai estetika dalam gerakan senam lantai.

Unsur keluwesan

Keluwesan gerak dalam pertunjukkan senam menunjukan kedisiplinan latihan yang telah dilakukan oleh sang atlet. Ketika atlet sudah terbiasa melakukan sebuah gerakan tertentu maka tidak akan canggung dan bingung melakukannya lagi.

Unsur keseimbangan

Tentu saja hal yang tidak kalah pentingnya adalah menanamkan unsur keseimbangan. Tanpa memiliki keseimbangan yang baik seorang atlet akan sulit memberikan performa terbaiknya. Bahkan hal yang sangat fatal, karena keseimbangan yang belum baik atlet akan terjatuh di arena pertandingan saat melakukan suatu gerakan yang cukup sulit. Tentu hal ini sangat dihindari dalam sebuah pertunjukan olahraga senam lantai.


Tujuan Senam Lantai

Menjadi juara ataupun memiliki tubuh yang atletis dan sexy tampaknya menjadi salah satu tujuan seseorang berlatih senam lantai. Namun, ada hal lain yang juga menjadi tujuan dari senam lantai ini. Yaitu rasa hidup yang hanya dapat diperoleh saat seorang atlet senam lantai sukses dalam melampaui batasan-batasan tubuhnya. Seperti rasa takutnya, serta rasa tidak percaya bahwa tubuh mampu melakukan hal yang sangat berbahaya sekalipun.Pada umumnya, tujuan dari sang atlet senam lantai terus melakukan latihan ialah untuk terus menerus berusaha memperlebar jangkauan dari tubuhnya sendiri. Sehingga ia tidak lagi sanggup melakukannya. Atau tidak ada seorang pun yang dapat melakukan gerakan tubuh seperti yang telah ia capai.


Manfaat Senam Lantai.

Setiap olahraga yang dilakukan pastilah mempunyai manfaatnya masing masing, berikut akan kami jelaskan manfaat senam lantai :
  • Dapat menurunkan berat badan
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Meningkatkan daya tahan jantung
  • Memperkuat otot lengan, kaki, paha, pinggang, perut dan dada
  • Melatih keseimbangan
  • Melatih fokus
  • Dapat membakar lemak dalam tubuh


Demikianlah ulasan tentang senam lantai yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar