Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Rabu, 09 Oktober 2019

Patung Patung Tertinggi yang Menjadi Ikon Negara di Dunia.

| Rabu, 09 Oktober 2019
Patung tertinggi di dunia - pustakapengetahuan.com


Pada beberapa negara patung memang memiliki nilai estetika tersendiri dibandingkan dengan jenis karena seni lainnya. Ada banyak sekali patung-patung buatan manusia yang terkenal akan keindahan dan kemegahannya. Bahkan ada beberapa yang menjadi ikon sebuah negara. Berikut beberapa patung yang paling terkenal di dunia, antara lain :

Patung Tertinggi di Dunia.

1. Statue of Unity, tinggi patung 182 meter, India.


Statue of Unity, tinggi patung 182 meter, India - pustakapengetahuan.com


Statue of Unity yang resmi dibuka pada tahun 2018 ini didedikasikan untuk Vallabhbhai “Sardar” Patel, seorang pemimpin gerakan kemerdekaan di India. Patung yang dibangun dengan dana sebesar Rp6 triliun ini resmi dikukuhkan sebagai patung tertinggi di jagat raya karena ukurannya yang mencapai 182 meter. Patung yang satu ini berlokasi di tengah pulau Sadhu, Gujarat yang dikelilingi oleh sungai Narmada.

2. Spring Temple Buddha, tinggi patung 128 meter, Tiongkok.


Spring Temple Buddha, tinggi patung 128 meter, Tiongkok - pustakapengetahuan.com


Sebelum digeser posisinya digeser oleh Statue of Unity, patung yang berlokasi di Tiongkok ini merupakan patung tertinggi di dunia. Selesai dibangun pada tahun 2008, patung ini dibuat dari 108 kg emas, 3.300 ton tembaga, serta 15 ribu ton baja. Patung ini berdiri di sebuah kawasan terpencil di Fodushan Scenic Area, provinsi Henan, atau sekitar 2 jam dari Kota Lushan.

3. Ushiku Daibutsu, tinggi patung 120 meter, Jepang.


Ushiku Daibutsu, tinggi patung 120 meter, Jepang - pustakapengetahuan.com


Berlokasi di Ibaraki, Jepang, Ushiku Daibutsu merupakan patung berwaja Amida Nyorai atau lebih dikenal dengan sebutan lain, yakni Amitabha. Patung yang menjulang tinggi hingga 120 meter ini dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada tahun 2002. Di patung yang dibagi ke dalam 5 tingkat ini, kamu bisa belajar banyak hal, mulai dari mempelajari kitab suci sutra hinggai khotbah Buddha.

4. Garuda Wisnu Kencana (GWK) tinggi 120 meter, Indonesia.


Garuda Wisnu Kencana (GWK) tinggi 120 meter, Indonesia - pustakapengetahuan.com


Beralih ke Indonesia, Garuda Wisnu Kencana muncul di posisi ketiga dengan tinggi patung yang mencapai 120 meter. Patung yang berdiri megah di kompleks Taman Budaya Garuda Wisnu Kencan ini didesain oleh seniman terkenal dari Bali, I Nyoman Nuarta. Selain itu, patung yang memiliki berat sebesar 4 ribu ton ini dibangun dengan biaya yang tidak sedikit, yakni mencapai Rp450 miliar.

5. Laykyun Sekkya ( tinggi 116 meter), Myanmar.


Laykyun Sekkya Tinggi 116 meter, Myanmar - pustakapengetahuan.com


Patung yang berlokasi di Myanmar ini mulai dibangun pada tahun 1996 dan selesai diselesaikan pada tahun 2008. Dengan ukuran yang sangat tinggi dan bentuk yang sangat unik., tidak aneh jika banyak sekali wisatawan lokal hingga mancanegara yang berkunjung ke sini. Di sana, kamu akan terkagum dengan 2 jenis patung yang bisa kamu nikmati, yakni yang berdiri dan yang berbaring.

6. Liberty Statue (USA), tinggi patung 93 meter, Amerika Serikat.


Liberty Statue (USA), tinggi patung 93 meter, Amerika Serikat - pustakapengetahuan.com


Patung ini adalah salah satu patung yang sangat terkenal di dunia. Patung Liberty terletak di Amerika Serikat, selesai dibangun pada tahun 1886. Patung ini memiliki tinggi 93 meter, dan merupakan patung yang dihadiahkan oleh Perancis kepada Amerika Serikat. Patung perunggu yang diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886 ini merupakan hadiah seratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat dan merupakan ungkapan persahabatan antara kedua negara.

7. The Motherland Calls, tinggi patung 85 meter, Rusia.



The Motherland Calls, tinggi patung 85 meter, Rusia - pustakapengetahuan.com


Patung The Motherland Calls ini dibuat dari beton setinggi 85 meter, dengan berat sekitar 8.000 ton. Patung ini berlokasi di Mamayev Kurgan di Rusia, selesai dibangun pada akhir tahun 1960. The Motherland Calls dirancang oleh pematung Yevgeny Vuchetich, dan insinyur sipil Nikolai Nikitin. Bentuk patung ini memperlihatkan seorang perempuan yang memegang pedang tinggi-tinggi. Patung ini dibangun untuk memperingati pengorbanan tentara Soviet dalam Pertempuran Stalingrad pada Perang Dunia Kedua.

8. Christ the Redeemer, tinggi patung 39,6 meter, Brasil.


Christ the Redeemer, tinggi patung 39,6 meter, Brasil - pustakapengetahuan .com


Patung ini juga merupakan salah satu patung yang terkenal, karena seringkali muncul didalam film-film yang diproduksi Hollywood. Patung setinggi 39,6 meter ini terletak di Rio de Janeiro, Brasil. Selesai dibangun pada tahun 1931. Patung yang memiliki berat 700 ton ini menjadi simbol Kekristenan di seluruh dunia, dan juga menjadi ikon budaya Rio de Janeiro dan Brasil.


Demikianlah ulasan tentang seni patung tertinggi di dunia yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar