Rabu, 16 Oktober 2019

Olahraga Renang (Lengkap), Sejarah Renang, Macam - Macam Gaya Renang, Manfaat Olahraga Berenang.

| Rabu, 16 Oktober 2019
Olahraga renang dan macam - macam gaya renang - pustakapengetahuan.com


Renang merupakan jenis olahraga yang melombakan kecepatan sang atlet dalam berenang. Mengenai peraturan perlombaan renang sudah ditetapkan oleh badan dunia yang bernama FINA. Olahraga berenang adalah salah satu olahraga yang bisa dilakukan oleh berbagai kalangan usia dari mulai bayi sampai orang tua sekalipun. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Selain menjadi lebih sehat, olahraga renang pun dapat membantu menjaga tubuh tetap fit saat masa pemulihan. Jika fitness dirasakan sangat berat untuk dijalani, berenang bisa menjadi pilihan lain untuk mulai berolahraga.


Pengertian Olahraga Renang

Berenang adalah olahraga atau kegiatan yang menggerakan tubuh di dalam air menggunakan lengan yang biasanya tidak menggunakan alat bantu buatan. Berenang biasanya dilakukan ketika ingin bergerak dari suatu tempat ke tempat lain di dalam air. Ada yang berenang untuk mencari ikan, mencari koin, berolahraga atau hanya sekedar bermain.

Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat. Pemenang babak penyisihan maju ke babak semifinal, dan pemenang semifinal maju ke babak final.

Bersama-sama dengan loncat indah, renang indah, renang perairan terbuka, dan polo air, peraturan perlombaan renang ditetapkan oleh badan dunia bernama Federasi Renang Internasional (FINA). Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) adalah induk organisasi cabang olahraga renang di Indonesia.

Pengertian olahraga renang adalah sebuah olahraga sendiri atau tim yang menggunakan tangan dan kaki untuk menggerakan tubuh di dalam air. Olahraga ini biasanya diadakan di dalam kolam renang atau di laut dan danau. Cabang olahraga renang merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup popular di dalam olimpiade. Gaya renang yang dipertandingkan di dalam olimpiade adalah gaya kupu-kupu, gaya punggung, gaya dada, gaya bebas dan kombinasi.


Sejarah Olahraga Renang.


Sejarah Olahraga Renang - pustakapengetahuan.com


Telah dimulai sejak berabad-abad tahun yang lalu sebelum ada pencatatan sejarah dimana manusia belum mengenal tentang tulisan. Sebagai salah satu bukti tertua yang menjelaskan tentang olahraga renang adalah dengan ditemukannya lukisan mengenai perenang dalam sebuah dinding goa pada zaman batu.

Perlombaan renang dimulai di Eropa sekitar tahun 1800. Sebagian besar perenang berenang dengan memakai gaya dada. Pada 1873, John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya trudgen di lomba-lomba renang setelah meniru renang gaya bebas suku Indian. Akibat ketidaksukaan orang Inggris terhadap gerakan renang yang memercikkan air ke sana ke mari, Trudgen mengganti gerakan kaki gaya bebas yang melecut ke atas dan ke bawah menjadi gerakan kaki gunting seperti renang gaya samping.

Renang menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan sejak Olimpiade Athena 1896. Nomor renang putri dilombakan sejak Olimpiade Stockholm 1912. Pada 1902, Richard Cavill memperkenalkan renang gaya bebas. Federasi Renang Internasional dibentuk pada 1908. Gaya kupu-kupu pertama kali dikembangkan pada tahun 1930-an. Pada awalnya, gaya kupu-kupu merupakan variasi gaya dada sebelum dianggap sebagai gaya renang tersendiri pada 1952.

Di Hindia Belanda, Perserikatan Berenang Bandung (Bandungse Zwembond) didirikan pada 1917. Pada tahun berikutnya didirikan Perserikatan Berenang Jawa Barat (West Java Zwembond), dan Perserikatan Berenang Jawa Timur (Oost Java Zwembond) didirikan pada 1927. Sejak itu pula perlombaan renang antardaerah mulai sering diadakan. Rekor dalam kejuaraan-kejuaraan tersebut juga dicatatkan sebagai rekor di Belanda.

Pada 1936, perenang Hindia Belanda bernama Pet Stam mencatat rekor 59,9 detik untuk nomor 100 meter gaya bebas di kolam renang Cihampelas Bandung. Pet Stam dikirim sebagai wakil Belanda di Olimpiade Berlin 1936. Persatuan Berenang Seluruh Indonesia didirikan 21 Maret 1951, dan sebagai anggota Federasi Renang Internasional sejak tahun berikutnya. Perenang Indonesia ikut berlomba dalam Olimpiade Helsinki 1952.


Perkembangan Olahraga Renang.


Perkembangan Olahraga Renang - pustakapengetahuan.com


Sejarah olahraga renang dimulai jauh sejak jaman batu. Terdapat lukisan batu berusia 10.000 tahun yang menggambarkan orang yang sedang berenang di Wadisura di sebelah barat Mesir. Lukisan tentang renang yang paling terkenal karena seperti menunjukan ritual tertentu terdapat di padang gurun Kebir yang diperkirakan telah dibuat pada 4000 SM.

Pada 1539, Nikolaus Wynmann menuliskan buku pertama tentang berenang berjudul Colymbetes. Dengan tujuan mengurangi orang yang meninggal dunia karena tenggelam, di buku itu Wynmann menuliskan metode berenang gaya dada dan mengajarkan pula pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan saat berenang. Pada 1587, Everard Digby menuliskan dalam bukunya bahwa manusia dapat berenang lebih baik dari ikan. Digby pun mengatakan bahwa gaya dada adalah gaya yang paling berfungsi dalam berenang.

Pada 1828 kolam renang untuk umum pertama dibuka. Sedangkan berenang sebagai kompetisi diadakan pada 1830an di Inggris. Pada tahun 1844 pertandingan di London ini diikuti oleh 2 orang Amerika. Para peserta Inggris menggunakan gaya dada tradisional sedangkan 2 orang berkebangsaan Amerika memakai berbagai macam gaya yang sudah biasa dilakukan oleh orang Amerika dari generasi ke generasi tapi tidak diketahui oleh orang Inggris sebelumnya. Pada 1892, kompetisi olahraga renang untuk perempuan pertama diadakan di Skotlandia. Nancy Edberg adalah perempuan yang mempopularkan olahraga berenang pada perempuan. Dia membuat berenang menjadi olahraga yang bisa dilakukan oleh berbagai gender. Dia pun yang mengajarkan berenang pada perempuan.

Olimpiade renang pertama dimenangkan oleh Alfréd Hajós dari Hungaria pada 1896 di Athena. Pada 1908 Federation Internationale de Natation Amateur (FINA) terbentuk. Pada 1922  Johnny Weismuller menjadi perenang pertama yang mampu melewati 100 meter dalam waktu kurang dari 1 menit. Dari sejarah olahraga renang terlihat bahwa seiring berjalannya waktu, renang menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Olahraga renang masuk ke negara Indonesia melalui penjajah yang datang ke Indonesia. Organisasi Renang Indonesia terbentuk pada tanggal 21 Maret 1951 dengan nama PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) pada saat itu diketui oleh Poerwo Soedarmo.

Prinsip Olahraga Renang

Tunggal (2005: 4-5) menyatakan, bahwa renang mempunyai beberapa prinsip, antara lain:

Prinsip Hambatan dan Dorongan

Kecepatan maju dalam berenang merupakan hasl dari dua kekuatan yakni kekuatan yang cenderung untuk menahannya (tahanan dan hambatan) dan kekuatan yang mendorong maju yang ditimbulkan oleh gerakan lengan dan kaki.

Prinsip Keteraturan dalam Penggunaan Dorongan

Penggunaan gerakan dorongan yang teratur merupakan teknik yang baik serta efektif dibanding yang tidak teratur untuk mendorong tubuh maju.

Prinsip Hukum Aksi-Reaksi dalam Pemulihan (Recovery)

Dalam pemulihan teknis pemulihan lengan tiga dari empat gaya renang terjadi di luar air. Memiliki pengaruh terhadap efisien dan kecepatan renang.

Prinsip Pemindahan Momentum

Memindahkan momentum dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya sangat mudah. Prinsip ini digunakan dalam gerakan-gerakan renang baik yang dilakukan didalam atau diluar air.


Macam - Macam Gaya Renang

Adapun macam-macam atau jenis-jenis gaya renang yaitu:

Gaya renang kupu - kupu 


Gaya renang kupu - kupu - pustakapengetahuan.com


Gaya kupu-kupu dapat disebut juga dengan gaya lumba-lumba yaitu satu diantara beberapa jenis gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua tangan dengan bersama-sama ditekan ke bawah dan digerakkan menuju luar sebelum diayunkan ke depan. Kemudian kedua belah kaki dengan bersama-sama menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. Udara dihembuskan secara kuat dari mulut dan hidup sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup melalui mulut pada saat kepala diatas air.

Gaya kupu-kupu diciptakan pada tahun 1933, dan salah satu gaya renang yang sangat baru. Mempunyai perbedaan dengan gaya renang lainnya, untuk perenang pemula harus mempelajarinya lebih lama untuk mengkoordinasikan gerakan tangan dan kaki.

Berenang menggunakan gaya kupu-kupu mengharuskan kekuatan yang lebih besar dari perenang. Kecepatan renang gaya kupu-kupu diperoleh dari ayunan kedu abelah tangan secara bersamaan. Perenang yang menguasai gaya kupu-kupu bisa lebih cepat dari perenang gaya bebas.


Gaya renang punggung 


Gaya punggung renang - pustakapengetahuan.com


Pada saat berenang menggunakan gaya punggung, orang berenang dengan posisi punggung menghadap permukaan air. Posisi wajah terletak diatas air menjadikan orang lebih mudah untuk mengambil napas. Tetapi perenang hanya bisa melihat atas dan tidak dapat melihat ke depan. Pada waktu berlombang, perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan.

Renang gaya punggung, gerakan lengan dan kaki sama dengan gaya bebas, tetapi posisi tubuh terlentang di permukaan air. Kedua belah tangan bergantian digerakkan mengarah punggun seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung berada di atas air menjadikan mudah untuk mengambil dan mengeluarkan nafas melalui mulut atau hidung.

Dalam perlombaan, perenang dengan gaya punggung memulai star dari dalam kolam. Hal itu berbeda dengan star berenang dengan gaya bebas, gaya dada dan gaya kupu-kupu yang semua itu melakukan start dari atas balok start. Gaya punggung telah dikenal sejak zaman dahulu. Pertama diperlombakan pada saat Olimpiade Paris 1900, gaya punggung juga adalah gaya renang tertua yang diperlombakan secara internasional.


Gaya renang dada 


Gaya dada renang - pustakapengetahuan.com



Gaya dada adalah gaya renang yang sangat populer dalam renang rekreasi. Posisinya adalah tubuh stabil dan kepala bisa berada di laur ari dalam waktu yang lama. Gaya dada atau gaya katak merupakan teknik renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, tetapu berbeda dengan gaya bebas, batang tubuh selalu dalam kondisi tetap.

Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua tangah diluruskan ke depan. Kedua belah tangan dibuka kesamping seperti gerakan membelah air supaya badan maju dengan lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh menirut gerakan katak ketika berenang menjadikan dinamakan juga denagn gaya katak. Pernafasan dilakukan pada saat mulut diatas permukaan air, sesudah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki.

Untuk perenang pemula, maka yang dipelajari adalah gaya dada atau gaya bebas. Apabila melihat nomor renang resmi, Federasi Renang Internasional menetapkan nomor renang gaya dada merupakan perenang yang paling lambat dari gaya lainnya.


Gaya renang bebas


Gaya bebas dalam renang - pustakapengetahuan.com



Gaya bebas merupakan gaya berenang dengan posisi dada mengarah ke permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki bergantian digerakkan naik turun ke atas dan kebawah.

Pada saat berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan pada saat lengan digerakkan ke luar dari air, perenang dapat memilih untuk menghadap kekiri atau kekanan. Apabila dibandingkan dengan gaya berenang lain, maka gaya bebas adalah gaya berenang yang dapat membuat tubuh melaju lebih cepat di air. Gaya bebas juga tidak terikat dengan teknik-teknik dasar tertentu.

Gaya bebas bisa dilakukan dengan beragam gerakan dalam berenang yang dapat menjadikan perenang bisa melaju di dalam air dengan lebih cepat. Gaya bebas dapat dilakukan oleh perenang pemula ataupun yang sudah terlath.


Peraturan perlombaan dalam renang

Pada nomor renang gaya kupu-kupu, gaya dada, dan gaya bebas, perenang melakukan posisi start di atas balok start. Badan dibungkukkan ke arah air dengan lutut sedikit ditekuk. Pada nomor gaya punggung, posisi start dilakukan di dalam air dengan badan menghadap ke dinding kolam. Kedua tangan memegang pegangan besi pada balok start, sementara kaki bertumpu di dinding kolam, dan kedua lutut ditekuk di antara kedua lengan. Posisi start gaya punggung juga dipakai oleh perenang pertama dalam gaya ganti estafet.

Wasit start memanggil para perenang dengan tiupan peluit panjang untuk naik ke atas balok start (bersiap di dalam air untuk gaya punggung dan gaya ganti estafet). Perenang berada dalam posisi start setelah aba-aba Siap (Take your marks dalam bahasa Inggris) diteriakkan oleh wasit start.[6] Start dinyatakan tidak sah bila perenang meloncat dari balok start sebelum ada aba-aba. Hingga tembakan pistol start dimulai, tubuh perenang harus dalam keadaan diam.


Nomor perlombaan olahraga renang

Perlombaan renang terdiri dari nomor-nomor perlombaan menurut jarak tempuh, jenis kelamin, dan empat gaya renang (gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada). Nomor-nomor renang putra dan putri yang diperlombakan dalam Olimpiade:
  • Gaya bebas: 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m (putri), 1500 m (putra)
  • Gaya kupu-kupu: 100 m, 200 m
  • Gaya punggung: 100 m, 200 m
  • Gaya dada: 100 m, 200 m
  • Gaya ganti perorangan: 200 m, 400 m
  • Gaya ganti estafet: 4 x 100 m
  • Gaya bebas estafet: 4 x 100 m, 4 x 200 m
  • Marathon 10 km.

Federasi Renang Internasional mengakui rekor dunia putra/putri untuk nomor-nomor renang:
  • Gaya bebas: 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m, 1500 m
  • Gaya punggung: 50 m, 100 m, 200 m
  • Gaya dada: 50 m, 100 m, 200 m
  • Gaya kupu-kupu: 50 m, 100 m, 200 m
  • Gaya ganti perorangan: 100 m (hanya lintasan pendek), 200 m, 400 m
  • Gaya ganti estafet: 4×100 m
  • Gaya bebas estafet: 4×100 m, 4×200 m.


Manfaat olahraga renang.


Manfaat Olahraga Renang - pustakapengetahuan.com


Dalam kehidupan berenang bermanfaat untuk kesehatan, antara lain:

Menghilangkan Stress

Melakukan olahraga renang dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks serta meningkatkan energi tubuh. Banyak orang yang terbebas dari beban stress ketika melakukan renang.

Meningkatkan Daya Stamina

Orang yang secara rutin melakukan renang dapat mempunyai daya tahan jantung yang kuat dan juga stamina tubuh yang baik. Mereka juga lebih cepat sembuh dari cedera otot.

Meringankan Sakit dan Nyeri

Melakukan kegiatan berenang akan membuat jaringan dalam tubuh menjadi bergerak. Untuk itu olahraga ini sangat bagus dilakukan oleh para penderita keterbatasan fisik. Kegiatan berenang bisa meringankan sakit dan nyeri yang dialami pada penderita sakit punggung kronis, dan juga artritis dan osteoporosis.

Baik untuk Ibu Hamil

Melakukan kegiatan berenang juga sangat baik untuk kesehatan janin pada ibu hamil. Gerakan renang bisa menguatkan otot perut dan juga otot bahu. Oleh seba itu berenang bisa meredakan sendi dan gejalan tidak enak badan lain yang berkaitan dengan kehamilan.


Demikianlah ulasan tentang olahraga renang yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar