Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Jumat, 13 September 2019

Ikhtiar, Pengertian, Macam - Macam, Dalil, Hadist, Manfaat, Hikmah, Dampak dan Contoh - Contoh Ikhtiar, Endeavor.

| Jumat, 13 September 2019
Ikhtiar (endeavor) - berbagaireviews.com


Allah menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna, selain mempunyai nafsu manusia juga diberi akal pikiran, itu suatu yang sangat istimewa yang tentunya Allah mempunyai maksud tersendiri. Karena agar manusia lebih beradab dan beretika. Dan salah satu sifat yang harus dilakukan oleh manusia agar menjadi manusia yang beradab dan beretika adalah berikhtiar.

Islam selalu  mendidik umatnya untuk mau berikhtiar secara maksimal sesuai dengan kemampuannya. Sedangkan allah swt. Yang memberikan keputusan dari setiap apa yang sudah di usahakan nya. Islam sangat melarang umatnya untuk bermalas-malasan.


Pengertian Ikhtiar.

Kata ikhtiar berasal dari bahasa Arab yang artinya sama dengan berusaha. Ikhtiar secara istilah ialah segala bentuk perilaku atau perbuatan manusia untuk mencapai sesuatu yang diinginkannya, atau usaha yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan dalam hidupnya yang dilakukan dengan sepenuh hati, sungguh-sungguh dan semaksimal mungkin dengan mengerahkan seluruh kemampuan dan keterampilannya serta dilakukan sesuai dengan syariat Islam.

Secara bahasa ikhtiar artinya memilih. Secara istilah ikhtiar adalah usaha seseorang hamba untuk mendapatkan apa yang di kehendaki nya. Orang yang mau berikhtiar dia memilih sesuatu pekerjaan kemudian dia melakukan pekerjaan itu dengan sungguh-sungguh agar dapat berhasil dan sukses. Dan sebagai seorang muslim kita di wajibkan untuk senantiasa berikhtiar sekuat tenaga dan sekuat kemampuan kita. Setelah kita berikhtiar maka kita harus bertawakal kepada allah swt.


Macam - Macam Ikhtiar.


Bersungguh-sungguh

Bersungguh-sungguh Ialah salah satu yang harus diperhatikan, dalam mencapai semua keinginan diperlukan kesungguhan yang mendalam dan jangan sekali-kali melakukannya dengan setengah hati.
Misalnya, sedang mencari jodoh tentunya kita menginginkan jodoh yang yang baik, untuk itu kita harus berusaha dengan sungguh-sungguh untuk memantaskan diri dan memperbaiki diri kita, jika kita sudah pantas dan baik maka dengan izin allah jodoh kita akan datang.

Bekerja keras

Kita harus berusaha semampu mungkin untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Kita harus bekerja keras dan berjuang dengan sekuat mungkin agar mendapatkan hasil yang baik.

Misalnya, dalam mengkais rezeki kita tidak boleh bermalas-malasan dalam bekerja. Kita harus rajin, rapi dan bersungguh-sungguh dan ikhlas dalam bekerja.

Jangan putus asa dan pantang menyerah

Jika kita melakukan usaha lalu tidak menghasilkan seperti yang kita harapkan atau mungkin gagal kita jangan pernah putus as atau pun menyerah, karena sebuah kegagalan merupakan sebuah proses pembelajaran supaya kita bisa lebih berusaha.

Contohnya, ketika menginginkan suatu keberhasilan dibidang bisnis, jangan mudah menyerah ketika mengalami kegagalan. Setelah berusaha dengan cara yang satu gagal, maka cobalah bangkit lagi dan mencoba cara lain dan begitu seterusnya.


Dalil dan Hadist tentang Ikhtiar.

 Sabda Rasulullah sebagai berikut :

احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ، وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلَا تَعْجِزْ، فَإِنْ أَصَابَكَ شَيْءٌ فَلَا تَقُلْ: لَوْ أَنِّي فَعَلْتُ كَذَا وَكَذَا؛ وَلَكِنْ قُلْ: قَدَّرَ اللهُ وَمَا شَاءَ فَعَلَ.
 
artinya :
"Bersemangatlah kamu menempuh aoa yang bermanfaat bagimu, mohonlah pertolongan kepada Allah dan janganlah sekali-kali kamu malas. Jika sesuatu menimpamu, janganlah kamu katakan "Seandainya dahulu aku lakukan ini dan itu niscaya akan demikian dan demikian". Namun katakanlah,"Inilah takdir Allah, apa yang Ia kehendaki pasti terjadi".

Dihadits lain Rasulullah bersabda

حَدَّثَنَا أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ حَدَّثَنَا حَيْوَةُ أَخْبَرَنِي بَكْرُ بْنُ عَمْرٍو أَنَّهُ سَمِعَ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ هُبَيْرَةَ يَقُولُ إِنَّهُ سَمِعَ أَبَا تَمِيمٍ الْجَيْشَانِيَّ يَقُولُ سَمِعَ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ إِنَّهُ سَمِعَ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَوْ أَنَّكُمْ تَتَوَكَّلُونَ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرَزَقَكُمْ كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ تَغْدُو خِمَاصًا وَتَرُوحُ بِطَانًا (رواه أحمد)
 
Artinya :
"Dari Umar Ibn Khattab berkata, bahwa beliau mendengar Rasulullah saw., bersabda. "Sekiranya kalian benar-benar bertawakkal kepada Allah SWT., dengan tawakkal yang sebanar-benarnya, sungguh kalian akan diberi rizki (oleh Allah swt.,) sebagaimana seekor burung diberi rizki, dimana ia pergi pagi dalam keadaan lapar, dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang". (H.R. Ahmad, Turmudzi danIbnu Majah).

Rasulullah saw., bersabda :

"Sungguh jika sekiranya salah seorang diantara kamu membawa tali untuk mencari kayu bakar, kemudian ia kembali membawa seikat kayu diatas punggungnya, lalu ia jual sehingga Allah mencukupi kebutuhannya dengan hasil itu adalah lebih baik dari pada meminta-minta kepada manusia, baik mereka (yang dimintai) memberi atau menolaknya". (H.R.Al-Bukhari)

Dari beberapa dalil tersebut diatas, menunjukkan betapa pentingnya dalam beriktiar, sebagaimana yang di sebutkan pada ayat 10 pada surah al-Jum'ah yang berisikan perintah secara tegas agar sehabis melaksanakan ibadah jum'at segera berusaha mencari reski untuk keperluan diri keluarganya. Sedangkan dari hadits-hadits tersebut merupakan motivasi agar kita suka bekerja keras demi untuk mencukupi kebutuhan hidup sendiri dan keluarga tanpa mengharap elas kasih dari orang lain.

Berikut ini adalah dalil tentang ikhtiar dalam alquran

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ * سورة الرعد 11

Artinya : … Sesungguhnya allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri … ( QS. Ar-Ra’du 11 ).


فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ * سورة الجمعة 10
 
Artinya : Apabila telah di tunaikan shalat, maka bertebarlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia allah dan ingatlah allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. ( QS. Al-Jumu’ah 10 )

 Artinya : Sungguh jika sekiranya salah seorang di antara kamu membawa talinya ( untuk mencari kayu bakar ) kemudian ia kembali dengan membawa seikat kayu di punggungnya lalu ia menjualnya sehingga allah mencukupi kebutuhanya ( dengan hasil itu ) adalah lebih baik daripada ia meminta-minta kepada manusia baik mereka memberi atau mereka menolak. ( HR.Bukhari ).

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

" … Sesungguhnya allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri …" ( QS. Ar-Ra’du 11 ).

Sebagai seorang muslim di wajibkan untuk senantiasa berikhtiar sekuat tenaga dan sekuat kemampuanya. setelah dia berikhtiar maka dia harus menyerahkan segala usahanya kepada allah SWT.

Dalam firman Allah SWT:

 
فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
"Apabila telah di tunaikan shalat, maka bertebarlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia allah dan ingatlah allah banyak-banyak supaya kamu beruntung." ( QS. Al-Jumu’ah 10 ).


Manfaat Ikhtiar

Seorang muslim yang selalu berikhtiar akan memiliki dampak positif, adapun manfaat dari berikhtiar adalah sebagai berikut :
  • Merasakan kepuasan batin, karena sudah berusaha dengan sekuat tenaga dengan kemampuan yang dia miliki
  • Terhormat dihadapan allah dan sesama manusia
  • Bisa berhemat karena merasakan susahnya bekerja
  • Tidak mudah putus asa
  • Menghargai jerih payahnya dan jerih payah orang lain
  • Tidak berpangku tangan dengan orang lain dalam hidupnya
  • Menyelamatkan akidah nya, karena tidak (bebas) bertawakal kepada makhluk.

Hikmah Ikhtiar

Adapun hikmah berikhtiar adalah sebagai berikut :
  • Menghilangkan rasa malas, murung, dan kesuh
  • Mendatangkan harapan baru dalam hidup, karena setiap dari satu usaha dapat mendatangkan sejuta harapan. Dan dengan banyaknya usaha maka akan semakin banyak harapan
  • Meninggikan derajat kita dihadapan allah swt.

Dampak Positif Ikhtiar

Ada beberapa dampak positif dalam berikhtiar diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Merasakan kepuasan batin karena bisa mencukupi kebutuhan hidupnya sendiri, meskipun usahanya dilakukan dengan susah payah
  • Terhormat dalam pandangan allah dan sesama manusia karena sikap perwira yang dia punyai
  • Bisa berlaku hemat dalam membelanjakan harta karena hasil yang diperoleh memerlukan usaha dan kerja keras.

Membiasakan Diri Berikhtiar.


Kita harus sadar bahwa kebutuhan hidup manusia semakin hari semakin banyak sekali dan bermacam-macam. Sedangkan allah swt. Yang maha pemurah telah menyediakan semua kebutuhan hidup manusia.

Oleh karena itu wajib bagi manusia untuk berikhtiar, berusaha mencapainya dengan kemampuannya yang semaksimal mungkin. Dan untuk memenuhi kebutuhan itu, maka manusia harus :
  • Bersemangat dan giat dalam melakukan suatu usaha terutama yang bersifat halal
  • Tekun dalam melakukan tugasnya yang sudah di amananah kan
  • Pandai-pandai memanfaatkan waktu kosong nya untuk hal-hal yang positif
  • Tidak mudah putus asa jika menghadapi kesulitan
  • Berusaha mendapatkan cara yang baru untuk memajukan usahanya
  • Harus mempunyai semboyan bahwa kerja keras untuk mencukupi kebutuhan hidup lebih mulia dari pada meminta bantuan dan menunggu belas kasih orang lain.

Contoh - Contoh Ikhtiar.

Contoh - contoh ihktiar yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali karena allah memberi kebebasan untuk manusia berikhtiar dengan syarat tidak melanggar syariat allah swt, contoh ikhtiar seperti belajar dengan tekun agar mendapat nilai yang baik, seorang ayah bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarganya, dan lain sebagainya.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar