Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Selasa, 23 Juli 2019

Pengertian Penyerbukan, Jenis - Jenis Penyerbukan dan Contohnya

| Selasa, 23 Juli 2019
jenis penyerbukan


Penyerbukan merupakan sebuah peristiwa menempelnya serbuk sari pada kepala putik. Penyerbukan disebut juga dengan persarian. Kepala putik ada yang berbulu halus dan ada juga yang berlendir.


Pengertian Penyerbukan

Penyerbukan, atau polinasi (dari bahasa Inggris, pollination cf. pollen, "serbuk sari"), adalah jatuhnya serbuk sari pada permukaan putik. Pada sebagian besar bunga, peristiwa ini berarti "jatuh pada bagian kepala putik". Penyerbukan merupakan bagian penting dari proses reproduksi tumbuhan berbiji.

Perkembangbiakan secara generatif dilakukan oleh tumbuhan berbiji dan terjadi melalui proses penyerbukan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari ke atas kepala putik. Penyerbukan tidak selalu diikuti oleh pembuahan. Apabila penyerbukan diikuti oleh pembuahan, maka bakal buah akan tumbuh menjadi buah. Bakal biji akan tumbuh menjadi biji. Bagian-bagian bunga yang lain akan gugur. Penyerbukan yang sukses akan diikuti segera dengan tumbuhnya buluh serbuk yang memasuki saluran putik menuju bakal biji. Di bakal biji terjadi peristiwa penting berikutnya, yaitu pembuahan.


Jenis - Jenis Penyerbukan.

Penyerbukan Abiotik.


pollination


Polinasi abiotik mengacu pada situasi di mana penyerbukan dimediasi tanpa keterlibatan organisme lain. Hanya 10% dari tanaman berbunga diserbuki tanpa bantuan hewan. Bentuk yang paling umum dari penyerbukan abiotik, anemophily, adalah penyerbukan oleh angin. Bentuk penyerbukan dominan di rumput, konifer kebanyakan, dan pohon deciduous banyak. Hydrophily adalah penyerbukan oleh air, dan terjadi pada tanaman air yang melepaskan serbuk sari mereka langsung ke dalam air sekitarnya. Sekitar 80% dari semua penyerbukan tanaman biotik. Dalam gymnosperma, penyerbukan biotik umumnya insidental ketika itu terjadi, meskipun beberapa gymnosperma dan penyerbuk mereka saling disesuaikan untuk penyerbukan. Yang paling terkenal contoh mungkin adalah anggota dari Cycadales ketertiban dan spesies terkait kumbang. Conifera Kebanyakan anemophilous, mereka bergantung pada penyerbukan angin. Spesies abiotik diserbuki, 98% adalah anemophilous dan hydrophilous 2%, yang diserbuki oleh air.

Penyerbukan Biotik


Penyerbukan


Lebih umum, proses penyerbukan membutuhkan penyerbuk: organisme yang membawa atau memindahkan serbuk sari dari anther ke bagian reseptif dari putik. Ini adalah penyerbukan biotik. Ciri - ciri berbagai bunga (dan kombinasinya) yang diferensial menarik satu jenis penyerbuk atau lain dikenal sebagai sindrom penyerbukan. Di alam liar ada sekitar 200.000 jenis hewan penyerbuk, yang sebagian besar adalah serangga.

Entomophily.

penyerbukan oleh serangga, sering terjadi pada tanaman yang telah dikembangkan kelopak berwarna dan aroma yang kuat untuk menarik serangga seperti, lebah, tawon dan kadang-kadang semut (Hymenoptera), kumbang (Coleoptera), ngengat dan kupu-kupu (Lepidoptera), dan lalat ( Diptera).

Zoophily.

penyerbukan dilakukan oleh vertebrata seperti kelelawar dan burung, khususnya, Kolibri, sunbirds, spiderhunters, honeyeaters, dan kelelawar buah. Tanaman disesuaikan dengan menggunakan kelelawar atau ngengat sebagai penyerbuk biasanya memiliki kelopak putih dan aroma yang kuat, sedangkan tanaman yang menggunakan burung sebagai penyerbuk cenderung untuk mengembangkan kelopak merah dan jarang mengembangkan aroma (beberapa burung bergantung pada indra penciuman untuk menemukan makanan nabati).

Penyerbukan Anthropophily oleh manusia.

umumnya penyerbukan buatan yang digunakan dalam teknik hibridisasi. atau digunakan kepada tanaman yang memerlukan bantuan manusia seperti buah naga, vanili, dan green house atau pertanian dalam ruangan.


Penyerbukan berdasarkan jenis perantaranya.

Penyerbukan berdasarkan jenis perantaranya adalah sebagai berikut ini.

Penyerbukan oleh angin.


jenis penyerbukan


Bunga yang disebukkan oleh angin memiliki ciri-ciri serperti ini: bunga tidak berwarna dan tidak memiliki kelenjar madu. Serbuk sari jumlahnya ada banyak , dan serbuk sari mempunyai berat yang ringan yang membuatnya mudah diterbangkan oleh angin. Kepala sari besar serta tangkai sari panjang dan bergoyang kalau tertiup oleh angin. Putiknya terentang keluar, panjang serta berbulu. Contoh tumbuhan penyerbukan oleh angin adalah bunga, rumput, jagung dan kelapa.

Penyerbukan oleh hewan.


macam - macam penyerbukan


Hewan yang biasa berperan untuk perantara penyerbukan yaitu jenis serangga, misalkan lebah dan kupu-kupu. Selain hewan jenis serangga, hewan lain yang berperan untuk perantara penyerbukan yaitu burung, kelelawar, dan siput. Ciri ciri penyerbukan oleh hewan pada bunga yaitu bunga yang berwarna-warna sebagai daya tarik, memiliki kelenjar madu, berbau harum, serbuk sarinya berlendir sehingga bisa melekat pada tubuh hewan, putik tersembunyi dan berlendir. Proses terjadinya penyerbukan oleh hewan serangga yaitu pada saat lebah, kupu kupu ataupun kumbang datang dan menghisap madu, kemudian serbuk sari akan menempel pada tubuhnya, lalu pada saat serangga tersebut menghinggapi bunga yang lain yang sejenis, penyerbukan akan terjadi.

Penyerbukan oleh air.


jenis - jenis penyerbukan


Penyerbukan tumbuhan yang dibantu oleh air terjadi pada tumbuhan yang bunganya terendam oleh air. Contoh penyerbukan oleh air yaitu Hydrilla.

Penyerbukan oleh manusia.


penyerbukan


Penyerbukan dibantu oleh manusia misalnya yaitu pada vanili dan salak. Bunga vanili dan salak berkelamin tunggal sehingga terdapat bunga jantan dan bunga betina. proses penyerbukan oleh manusia yaitu pada saat bunga jantan yang penuh dengan serbuk sari dipetik, lalu ditempelkan pada bunga betina yang telah masak.


Jenis - jenis penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari

Berikut ini kami jelaskan macam macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari:

Autogami


autogami


Penyerbukan sendiri disebut Autogami. Penyerbukan sendiri merupakan menempelnya serbuk sari dari sebuah bunga pada kepala putik bunga itu sendiri. Penyerbukan sendiri tidak dapat menghasilkan keturunan yang beragam atau bervariasi. Penyerbukan sendiri contohnya yaitu pada bunga turi dan bunga telang.

Geitonogami


geitonogami


Penyerbukan tetangga disebut Geitonogami. Penyerbukan tetangga adalah peristiwa menempelnya serbuk sari dari sebuah bunga pada kepala putik bunga lain yang masih berada dalam satu tumbuhan. Penyerbukan tetangga contohnya yaitu pada bunga jagung.

Alogami


alogami


Penyerbukan silang disebut juga Alogami , penyerbukan silang adalah penyerbukan yang terjadi jika menempelnya serbuk sari dari sebuah bunga pada kepala putik yang lain yang berada pada tumbuhan lainnya yang sejenis. Penyerbukan ini juga dikenal sebagai persilangan. Persilangan bisa menimbulkan variasi keturunan sebab terjadinya perpaduan sifat dari dua tumbuhan induknya. Penyerbukan silang contohnya yaitu persilangan antara bunga merah dengan bunga putih yang bisa menghasilkan bunga merah, bunga putih dan bunga merah muda.


Pengertian Pernapasan.

Demikianlah artikel yang berjudul Pengertian Penyerbukan, Jenis - Jenis Penyerbukan dan Contohnya. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Pustaka Pengetahuan mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, dapat membantu tugas sekolah klik Berbagai Reviews

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm 

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel  

Media sosial silahkan klik facebook

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar