Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Selasa, 09 April 2019

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui Natural Beserta Gambar Dan Penjelasannya, Resources That Cannot Be Updated.

| Selasa, 09 April 2019


Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui - pustakapengetahuan.com


Sumber energi jenis ini jumlahnya terbatas dan tidak dapat diperbarui walaupun ada yang bisa diperbaharui tetapi memerlukan waktu yang sangat lama. sumber energi ini saat ini masih merupakan sumber energi utama yang banyak digunakan walaupun banyak pihak yang sudah beralih menggunakan sumber energi alternatif. 


Saat ini, mayoritas masyarakat maupun perindustrian lebih mengutamakan penggunaan energi fosil (minyak bumi, gas alam dan batu bara), terutama dalam bentuk bahan bakar. Padahal energi fosil digolongkan sebagai sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Karena proses pembentukannya membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan mencapai jutaan tahun.

Keberadaan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui sangat terbatas, karena proses pembentukannya membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan mencapai jutaan tahun. Sedangkan proses eksploitasinya dilakukan secara besar-besaran, sehingga ketersediaan sumber energi tersebut dari tahun-ketahun mengalami penurunan secara drastis.

Berikut sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Tembaga


Tembaga - pustakapengetahuan.com


Salah satu logam yang tak sedikit dipakai manusia adalah tembaga. Sebab terbukti sifatnya yang baik untuk penghantar energi, pemakaian paling besar tembaga adalah dalam bidang listrik, umpamanya sebagai kabel, tabung microwave, sakelar serta lain sebagainya. Di Indonesia, tembaga tak sedikit ditemukan di daerah Papua, Jawa Barat, Sulawesi Utara serta Sulawesi Selatan.

Intan


Intan - pustakapengetahuan.com


Intan adalah contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Intan memang menarik untuk dijadikan perhiasan dan keutamaan lain dari intan sendiri, ternyata Intan adalah salah satu batuan yang paling keras. Hal itu di kemukakan oleh para ilmiah dalam uji coba memotong batu seperti marmer, kaca dengan intan.


Batubara


Batubara - pustakapengetahuan.com


Batu yang paling banyak dijadikan sebagai perdagangan negara ini, juga termasuk SDA yang terbatas karena tidak dapat diperbaharui. Batubara ini tersusun dari bahan-bahan yang mudah terbakar. Proses terciptanya batubara, berawal mula dari sisa-sisa tumbuhan yang berbentuk gambut lalu mengendap di suatu tempat. Setelah berlama-lama semakin banyak lalu terjadilah tekanan dari penimbunan dan adanya gerakan tanah, hasil dari kumpulan gambut tersebut yang menjadi batubara. Batubara sangat bermanfaat bagi kelangsungan kehidupan manusia, seperti contoh  sebagai energi pembangkit listrik, bahan bakar kereta api, bahan bakar kapal laut, serta banyak lagi yang lainnya. Karbon yang terkandung dalam batubara sangat membantu kehidupan manusia, maka dari itu batubara hingga kini masih menjadi incaran bagi perindustrian.


Gas bumi


Gas bumi - pustakapengetahuan.com


Manfaat yang dihasilkan oleh gas bumi bisa memberikan energi untuk pembangkit listrik, bahan bakar penggerak mesin, hingga bahan bakar untuk memasak. Letak mendapatkan gas bumi sama dengan minyak bumi karena gas ini berasal dari minyak tersebut.

Untuk mengatasi sumber daya alam yang akan habis ini salah satunya cara ialah, manusia harus menggunakan alternatif lain sebagai pengganti gas bumi seperti pengurangan pemakaian atau mencari penggantinya.


Minyak bumi


Minyak bumi - pustakapengetahuan.com


Minyak bumi tidak dapat diperbarui jumlahnya karena minyak bumi tercipta dari fosil makhluk hidup pada zaman purba. Maka dari itu untuk menunggu waktu jutaan tahun lamanya, minyak bumi dicatat sebagai SDA yang tidak bisa didapat kembali. Hingga saat ini hasil olahan dari minyak bumi menjadi sumber daya alam yang paling banyak digunakan oleh manusia. bahkan setengah dari aktivitas keseharian seseorang bergantung pada hasil olahan minyak bumi. Hasil minyak bumi tersebut biasa digunakan untuk menggerakkan mesin, sumber daya listrik dan banyak lagi yang lainnya.


Besi


Besi sebagai sumber daya alam - pustakapengetahuan.com


Pada zaman dahulu kayu merupakan bahan utama untuk membangun rumah atau tempat tinggal lainnya. Lalu terdapat penemuan baru yang disebutnya dengan “besi” yang bersifat padat, keras dan mampu menahan berat, jadilah besi sebagai bahan-bahan pokok bangunan. Sifatnya yang keras terbuat dari biji besi yang dicampur dengan partikel-partikel kecil berupa nikel, timah dan bahan-bahan lainnya. Pada dasarnya masih banyak besi yang dijadikan stok, hanya saja besi yang semakin kerap digunakan sehingga bahan untuk pembuatan besi semakin menipis dan diajukan besi sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.


Batu alam mahal


Batu alam mahal - pustakapengetahuan.com


Batu alam berjual mahal yang kita maksud berupa emas, perak, perunggu dan lain sejenisnya. Bila kita kaji lebih dalam mungkin sangat mustahil emas akan habis, di bumi ini. Emas yang digunakan sebagai perhiasan, sebagai pemanis keindahan para wanita tidak akan mengalami ke punahan. Hanya saja yang kita maksud adalah emas yang murni dari alam tidak akan lagi tersedia karena stok dari perut bumi sudah tidak lagi bisa diperbarui.


Batu granit


Batu granit - pustakapengetahuan.com


Batu ini tergolong kepada batuan beku yang melewati proses bertahap lama. Proses  batu granit berawal dari batuan kecil yang mengeras pada kerak atau pada lapisan bumi di bagian luar. Itu terjadi karena suhu bagian atas magma lebih rendah dai pada suhu bagian bawah yang terus memanas.


Bahan bakar nuklir


Bahan bakar nuklir - pustakapengetahuan.com


Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui lainya yaitu bahan bakar nuklir. Uranium merupakan bahan bakar nuklir utama, seperti halnya batu bara, bahan bakar nuklir juga terdapat didalam lapisan tanah sehingga untuk mengeksploitasinya dibutuhkan proses penambangan. Energi dari uranium tidak dilepaskan melalui proses pembakaran tetapi melalui proses reaksi khusus berupa pemisahan inti atom yang akan menghasilkan energi yang sangat besar. Pemisahan satu atom akan melepaskan beberapan neutron yang akan membantu proses pemisahan atom uranium lainnya. Dalam proses pemisahan tersebut akan berlangsung sangat cepat disertai energi tinggi berupa energi panas.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang sifatnya membangun, Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Pengertian Energi

Sumber Daya Alam

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar